Menu

Percik Kata Nieke

Sabtu, 27 Agustus 2022

Tea n Tea, Gopek Tea House: Review Resto

Nasi godhog merupakan salah satu menu istimewa di Resto Tea n Tea di BG Junction Surabaya.

Teh poci di Tea n Tea Gopek Tea House
Tea n Tea, Gopek Tea House, BG Junction Surabaya.


Awalnya saya ragu-ragu masuk ke Tea n Tea, bagian dari Teh Gopek, di mal BG Junction Surabaya lantaran tempatnya yang terlihat wah. Maklum, dompet sedang kering menjelang pengujung bulan. Uhuk. Area resto Tea n Tea terletak di bagian tengah tanpa dinding penyekat dengan hiasan interior menyerupai kebun dengan pagar pembatasnya. Dengan penampilan seperti itu, saya mengkalkulasi harga-harga menunya di atas Rp 50 ribu. Saat itu akhir bulan dan invoice belum cair (ups). 

Tergerak rasa penasaran, saya menghampir meja kasir yang terletak di bagian depan. Saya memberanikan diri menanyakan, apakah boleh melihat buku menu. Karyawannya dengan ramah mempersilakan. 

Halaman-halaman depan dipenuhi foto-foto makanan dan minuman dengan ukuran besar. Berapa ya harganya? Jari saya terus bergerak hingga hampir mencapai halaman bagian belakang. Ternyata... asumsi saya salah. Harga-harganya dimulai dari Rp 15 ribuan. Wah boleh juga nih buat berhemat di tanggal tua dan saat invoice  belum cair.

Makanan yang saya coba pesan adalah nasi godhog. 

"Apakah nasi godhog ini nasi rebus?" tanya saya pada karyawannya.

"Bukan, Kak. Nasi godhog ini nasi diberi kuah kari ayam dipadu dengan mie di atasnya," dia menjelaskan.

Tentu saja saya penasaran. Lagian harganya hanya sekitar Rp 20 ribuan. Saya pun memesannya. Mata saya masih menjelajahi buku menu. Mencari hidangan lain yang menarik. Akhirnya saya memesan semangkuk soto ayam, mie goreng, dan ayam saus asam manis. Minumannya saya menjajal teh poci, teh tarik, dan teh melati.


Baca juga: Halo Surabaya Heritage: Review Resto


Kesan saya makan di Tea n Tea

Nah kalau teman pembaca penasaran dengan suasana dan interior Tea n Tea di mal BG Junction Surabaya, bisa menonton videonya di sini beberapa detik. Teman pembaca juga bisa melihat penampakan nasi godhognya yang porsinya cukup lumayan. Pas jika dimakan saat baru dihidangkan, karena hangat dan aroma kuah kari ayamnya. 

Saya sih cukup puas mencicip nasi godhog. Bagi lidah saya, kuah kari ayamnya ini yang membuat rasa hidangannya menjadi lezat. Bumbu-bumbunya seperti kunir cukup terasa. Porsinya beneran banyak.



Mie goreng ayam yang saya pesan pun porsinya banyak. Citarasa mie gorengnya cenderung khas Jawa Tengah, dominan rasa manis. Kalau Jawa Timur biasanya gurih asin. 

Nasi soto ayam disajikan dengan mangkuk bermotif jadul  beserta piring kecil sebagai alasnya. Sekilas, porsinya terlihat sedikit. Namun jangan keliru, isinya benar-benar padat. Soto ayam ini rupanya racikan khas Jawa Tengah, seperti yang pernah saya makan kala merantau di kota Jogja. Soalnya dalam kuah soto ada potongan kubis dan kecambah. Bersama semangkuk soto juga diberi saus kecap manis yang dituang di wadah kecil khusus saus. 


soto ayam Tea n Tea Gopek Tea House
Nasi soto ayam di Tea n Tea Gopek Tea House.

Sudah lihat foto nasi soto ayam di atas kan? Porsinya mengenyangkan. Kuahnya bening dan segar. 

Bagaimana dengan menu ayam saus asam manisnya? Potongan daging ayam berbalut terigu, tanpa tulang, dimasak dengan saus asam manis. Daging ayamnya sangat empuk. Apabila mengajak makan orang lanjut usia (lansia) yang biasanya punya problem kesulitan mengunyah, hidangan ini sangat cocok. Tekstur dagingnya sangat empuk. Bumbu asam manisnya pun pas, tidak bikin eneg.


Secara keseluruhan, saya cukup puas dengan hidangannya yang cenderung manis seperti kebanyakan makanan di Jawa Tengah. 


Baca juga: Kuliner di Surabaya: Makan Nasi Kucing ala Kafe D'Admiral


Menu Makanan dan Minuman Tea n Tea BG Junction

Menurut saya, seandainya di dompet hanya ada uang Rp 50 ribu, sudah bisa makan, minum, dan nyamil di resto ini. Harga minumannya mulai dari Rp 5 ribu seperti teh. Aneka rasa teh lainnya seperti teh tarik, teh melati, teh poci. 

Omong-omong, sudah pernah merasakan minum teh yang disajikan dengan poci terbuat dari tanah liat? Poci dan cangkirnya terbuat dari tanah liat. Gulanya menggunakan gula batu kristal putih kekuningan. Tehnya menggunakan daun teh tradisional. Teh poci di sini dinamai Teh Moci dibanderol Rp 15 ribu saja. 

Untuk makanan, seperti yang sudah saya ulas di atas, harganya beragam mulai dari Rp 15 ribu. Nasi soto ayam yang saya pesan seharga Rp 15 ribu. Ayam saus asam manis Rp 25 ribu, mie goreng Rp 20 ribuan, dan nasi godhog sekitar Rp 20 ribuan.

Nah, kalau di kota teman pembaca ada Tea n Tea, bisa dicoba. Saya mengecek akun media sosial Instagramnya, Tea n Tea Gopek Tea House ini baru terdapat di Semarang, Jawa Tengah; Tegal, Jawa Tengah; dan Surabaya, Jawa Timur. Lumayan bisa jajan dengan harga yang ramah buat dompet. Hati senang, perut kenyang.


Salam,

Kata Nieke

24 komentar:

  1. Emang enak banget kalau minum teh poci pakai teko dan gelas dari tanah liat. Saya dulu pernah nyicipi saat bapak saya pesen teh tersebut di sate langganannya di daerah Brebes. Bapak penggemar teh. Nikmat banget, walau memang harganya agak mahal dibanding teh biasa. Makasih udah sharing reviewnya Mba.. 🙏

    BalasHapus
  2. Wahhh sayangnyaaa BG Junction ini bukan mall jujugan aku mbaaa

    Klo resto ini ada d Royal plaza, koyoke aku bakal mampir

    Mupeenggg

    BalasHapus
  3. Semoga segera buka di Jakarta. Sebagai penggemar teh Gopek tentu sajian yang saya pesan bakal istimewa bersanding teh Gopek dan hidangan nasi godhog atau mie goreng ayam. Lima puluh ribu saja kenyang dan puas karena lezatnya!

    BalasHapus
  4. Wah, cocok nih untuk makan di luar di akhir bulan. Ternyata tetap bisa dapet susana nyaman nggak harus mahal. TFS mbak 😊

    BalasHapus
  5. Soal makanan memang nggak ada habisnya ya, Mba, apalagi kalau tempatnya cakep dan murah meriah. Terima kasih infonya, ada rekomendasi kalau nanti ke Surabaya.

    BalasHapus
  6. Sebagai pecinta teh saya jadi penasaran MB dengan tempat ini. Ada nggak ya di Jabodetabek tempat seperti ini

    BalasHapus
  7. Aku tergiur makannnya nih...pengen nyicipin juga...outletny sebelah mana y mbak

    BalasHapus
  8. Ramah di kantong ini. 50 ribu udah bisa dapat makan besar, minum sama camilan. Nasi godhog aku belum pernah coba, kayak soto gitu ya bentukannya?

    BalasHapus
  9. wah senang nih saya kalau ada cafe yang harganya murah meriah begini. jadinya nggak perlu nunggu gajian buat datang ke sana. hihi

    BalasHapus
  10. Itu soto kayanya menarik banget. Aku juga pernah merasakan seperti mba, ga berani masuk resto udah mikir harganya mahal, taunyaaaa ya masih bisa dijangkau lah ya sama dompett

    BalasHapus
  11. Wah ini di BG Junction ya mbak?
    Oke bisa jadi rekomendasi saat ngemal ke BGJ , makannya disana

    BalasHapus
  12. Aku pikir yang namanya Tea n Tea Gopek Tea House hanya menyajikan aneka minuman jenis teh. Ternyata ada menu utama untuk makan kenyang juga.
    Ini asik banget.. Jadi akhir bulan tetap bisa dimanjain menu lezat buatan restaurant.

    BalasHapus
  13. Teko dan cangkir dari tanah liat nya jadi selling poin yang menarik nih. Soalnya udah jarang banget yang menghidangkan minuman dengan bahan tersebut

    BalasHapus
  14. Nasi Godhok ama Mie Godhok ini kurang lebih sama engga Mba? Btw dengan harga 15-25 masih keitung ramah di kantong ya Kak Nieke. Tempatnya juga nyaman. Kayanya kalau saya ke Surabaya mau dong ke sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku juga penasaran mbak mie godhog sama nasi godhog ini sama atau nggak tampilannya.

      Hapus
  15. Barusan lihat di IG Mbak Nieke .... lihat daftar harganya ... wuih kok bisa murah2 ya . Unik ya nasi godog ... nasinya direndam dengan kuah kari ayam dan dicampur mie. Tapi kok saya agak merinding ... nasi dimakan dengan mie sama-sama karbohidrat soalnya :D

    BalasHapus
  16. baca ini jadi inget makan di sawah, nasi lauk anget, enak banget kayanya... Sayang Tea n Tea ini jauh dari tempatku, semoga besok-besok bisa nyobain

    BalasHapus
  17. nasi soto ayamnya terlihat enak tuh mba... mungkin nnt kali ya kalau ke sby bs jln2 ksn

    BalasHapus
  18. Waaawww mbaak Nikeee teh poci sangat menggoda, aku tuh sukaa banget teh apalagi yang poci dikasih gula batu.

    Dirumah sampai beli wadah pocinya juga. Murah meriah hati senang dompet aman ya mbaa

    BalasHapus
  19. Baru dengar ada menu nasi soto ayam mba, biasanya nasinya kan dipisah biar gak ngembang dan abisin kuah sotonya, kangen minum teh poci sama gula batunya, rasa tehnya khas banget

    BalasHapus
  20. Sering lihat nih Tea & Tea. Ternyata harganya standar ya. Nasi godhog jadi inget mi godhog ala jawa. Yummy deh

    BalasHapus
  21. Ah kan jadi ngiler..
    Jdi pngn nyicip nasi godhog, tpi sayangnya hanya di Surabaya ya kak.

    BalasHapus
  22. Wiss harganya sangat murmer yaa Mbak, dari harga 5k saja. Tapi aku blum pernah nyobain nasi godhog itu, kalau ada di sini pasti dicobain dehh

    BalasHapus
  23. Jadi ngiler lihat foto-fotonya kak. Pengen icip-icip. Ada di Surabaya juga ya ini, nanti coba intip lokasinya bareng keluarga ah.

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.