Menu

Percik Kata Nieke

Senin, 27 November 2023

Sepak Terjang BRI Memberdayakan Ultra Mikro dan UMKM Indonesia

Survei BRI menyatakan sebanyak 5 juta UMKM terjerat rentenir. Bagaimana upaya BRI memberdayakan UMKM Indonesia?


BRI membantu UMKM Indonesia lepas dari jerat rentenir.
Upaya BRI memberdayakan ultra mikro dan UMKM Indonesia. 
Ilustrasi dibuat oleh @katanieke dengan Canva. Sumber foto: Instagram Bank BRI.


Membebaskan Warga dari Jerat Rentenir


Rika Sasmiatun menolong warga desanya yang terjerat rentenir dengan menjadi  BRILink Mitra UMi (Ultra Mikro). Ini kisahnya. Perempuan usia 35 tahun ini tinggal di lereng Gunung Muria, Pati, Jawa Tengah. Tepatnya di Dukuh Karanganyar, Desa Jrahi. 

Mayoritas warga desa Jrahi bekerja sebagai petani di sawah dan kebun dengan jenis komoditas seperti kopi, jagung, sayur-sayuran, dan padi. Walau ada sebagian warga yang bekerja sebagai pedagang.

"Kadang ada kebutuhan mendesak buat modal. Banyak warga yang akhirnya terjerat utang ke rentenir," tutur Rika, dikutip dari saluran Youtube Bank BRI.

Meminjam secara legal tak memungkinkan karena kantor BRI terdekat jaraknya sekitar 10 kilometer ke Gunung Wungkal. Lantaran keadaan tersebut, Rika memperoleh rekomendasi dari Mantri BRI untuk menjadi Mitra UMi dari BRI. 

Agen Mitra UMi BRI jadi pahlawan UMKM menolong bebas dari rentenir.
Agen Mitra UMi Rika Sasmiatun, asal Desa Jrahi, Pati, yang menolong warga desanya terbebas dari rentenir.
Sumber foto: Youtube Bank BRI.


Rekomendasi tersebut diperoleh dengan tak sembarangan. Rika telah aktif menjadi agen BRILink di Kabupaten Pati selama 7 tahun atau sejak 2017. Rika memiliki usaha toko sembako dan frozen food. Di toko itulah Rika menjalankan tugasnya sebagai agen BRILink. Dengan digitalisasi BRI, Rika bisa melayani transaksi pembayaran dan keuangan yang real time online dengan BRI, yakni dengan memakai fitur EDC miniATM BRI.

Toko Rika terletak di tempat yang strategis, di pinggir jalan raya yang menjadi lalu lintas utama warga. Selain sebagai tempat belanja sembako, toko Rika juga melayani pembayaran listrik, beli pulsa, pembayaran BPJS. Tak heran kalau tokonya ramai.

Menjadi Mitra UMi memungkinkan Rika untuk memberi jenis layanan yang lebih berkembang kepada masyarakat. Beberapa di antaranya, edukasi dan konsultasi keuangan, serta pinjaman modal usaha ke BRI.

"Saya tergerak untuk menerima rekomendasi dari Mantri BRI untuk jadi BRILink Mitra UMi," ucapnya.

Sejak Februari 2022, Rika menjadi mitra program pembiayaan ultra mikro (UMi) atau disebut Mitra UMi. Rika memberi edukasi kepada warga desanya pelaku usaha mikro mengenai manfaat mengajukan pinjaman ke BRI. Mulai dari pembukaan akun rekening Tabungan BRI Simpedes yang gratis dan pelunasan pinjaman yang memudahkan.

“Daripada lewat rentenir yang bunganya tinggi," kata Rika.

Melalui Rika sebagai Mitra UMi, warga bisa mengajukan pinjaman ke BRI mulai dari Rp 2 juta. Program ini memudahkan para petani dan pelaku usaha mikro yang belum bisa mengakses fasilitas perbankan, memperoleh dana pinjaman modal usaha. 

"Dengan sistem pinjaman yang fleksibel, debitur bisa melakukan pinjaman dengan jangka waktu jatuh tempo sesuai kemampuan," kata Rika.


Program pinjaman modal usaha untuk UMi Ultra Mikro
Ilustrasi dibuat oleh @katanieke dengan Canva. Sumber: bri.co.id

Satu tahun setelah Rika menjadi mitra UMi BRI, warga desanya mulai mengenal dan mengakses fasilitas perbankan. Warga beralih dari rentenir ke pinjaman modal usaha dari BRI.

"Alhamdulillah, sekarang masyarakat pelan-pelan bisa lepas dari jeratan rentenir yang bunganya tinggi dan beralih ke bank yang lebih terpercaya. Contohnya ya ini, BRILink Mitra UMi," tuturnya.

Dari mantri BRI, Rika belajar melihat riwayat angsuran dan kebiasaan debitur. Apabila ada debitur yang butuh perhatian ekstra dan kesulitan, Mantri BRI siap membantu. Menurut dia, debitur senang mendapat bantuan mengatur setoran agar tepat waktu. 

Program Mitra UMi memudahkan para petani mendapatkan dana pinjaman modal usaha. Setelah calon debitur mengajukan pinjaman dan pengajuan, agen Mitra UMi melakukan assessment lokasi, lalu mengajukan pencairan kepada BRI.

Ketekunan Rika membuahkan hasil. Awal menjadi Mitra UMi, Rika hanya memilki  debitur yang jumlahnya bisa dihitung jari. Kini ia melayani 500 debitur. "Dan enggak ada satupun yang nunggak," ucapnya. 

Rika menjadi salah satu Mitra UMi BRILink paling ramai di desanya. Tak hanya itu, ia meraih penghargaan Best Mitra UMi 2023 lantaran keberhasilannya menyalurkan pinjaman ke banyak debitur sekaligus menjaga kualitasnya. 

Keberhasilan Rika sebagai BRILink Mitra UMi merupakan hasil bimbingan Mantri BRI Achmad Solikin. Achmad mengajarkan cara menggunakan BRISpot, salah satu produk digitalisasi BRI. Ini adalah aplikasi khusus para tenaga pemasar mikro BRI atau Mantri BRI untuk memproses pengajuan dan pencairan pinjaman melalui ponsel.

Selain itu, Achmad mengajarkan cara mendapatkan akuisisi debitur, serta menjalin hubungan baik dengan pemangku wilayah seperti RT, RW, dan tokoh desa setempat. Tujuannya, Rika memperoleh bantuan dari pemangku wilayah dalam memperkenalkan BRILink Mintra UMi ke warga daerahnya.

Mantri BRI berperan sebagai tenaga pemasar BRI yang membantu pelaku usaha Mikro mengembangkan bisnisnya. "Saya sebagai Mantri BRI juga selalu memberikan dukungan dan edukasi kepada Bu Rika untuk menyalurkan Pinjaman KECE secara tepat orang, tepat jumlah, dan tepat waktu," kata Achmad, seperti dikutip dalam saluran Youtube Bank BRI

Pinjaman Kece (Kredit Cepat) adalah kredit untuk usaha mikro dan angsurannya bisa setiap minggu. Achmad juga mengajarkan cara menjaga kualitas debitur, salah satunya dengan mengingatkan angsuran debitur secara rutin sesuai polanya.

BRI pahlawan UMKM. Agen BRIlink membantu masyarakat lepas dari rentenir.
Sorotan kisah agen BRILink dalam media massa.
Sumber: Liputan6, Tempo, Antara.


Rika Sasmiatun bukan satu-satunya Mitra UMi BRILink yang berhasil membantu warga bebas dari jerat rentenir. Ada kisah sukses Mitra UMi BRILink lainnya dalam membantu masyarakat lepas dari rentenir. Di antaranya Pidawati, perempuan 41 tahun, yang memiliki usaha penjualan pulsa di Guntur, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Apa yang dilakukan para Mantri, Agen, dan Mitra UMi BRILink merupakan salah satu kontribusi BRI untuk Indonesia. Melalui tangan-tangan mereka, BRI menjangkau wilayah-wilayah yang berada di desa-desa sekalipun serta pelaku usaha yang belum dapat mengakses fasilitas kredit perbankan. BRI memberdayakan pelaku usaha ultra mikro dan UMKM Indonesia.



Bermula dari Impian Raden Wirjaatmadja 128 Tahun Lalu


Sejarah Bank BRI. Bank Rakyat Indonesia.
Museum Bank Rakyat Indonesia di Purwokerto, Jawa Tengah.
Sumber foto: https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/regency/kabupaten-banyumas/destinasi-wisata/museum-bank-rakyat-indonesia


Seandainya Raden Bei Aria Wirjaatmadja-- perintis berdirinya Bank Rakyat Indonesia--bisa melihat impiannya membantu warga terlepas jerat rentenir, terus berjalan hingga lebih dari satu abad. Sekitar 128 tahun yang lalu, Wirjaatmadja adalah Patih Banyumas di Jawa Tengah, sekaligus wakil bupati. Dialah yang mendirikan sebuah bank yang menjadi cikal bakal BRI.

Bermula dari suatu kejadian di 1894, ketika Wirjaatmadja menghadiri pesta seorang guru di Banyumas. Guru itu mengadakan pesta sunatan anaknya yang terbilang mewah, yang nominalnya jauh di atas gajinya. Wirjaatmadja yang mengetahui jumlah gaji guru tersebut, terheran-heran.

Wirjaatmadja pun bertanya, darimana guru itu memperoleh dana pesta. Guru itu bercerita, ia berutang pada lintah darat dengan bunga yang tinggi. Wirjaatmadja menyadari, guru itu bukan satu-satunya orang yang terjerat rentenir. Dari situlah muncul keinginan untuk membantu kaum priyayi, pegawai, dan petani yang terjebak lintah darat.

Wirjaatmadja memang memiliki keahlian dalam keuangan. Ia mengelola kas masjid Purwokerto. Kas masjid tersebut sempat ia manfaatkan sebagai pinjaman kepada pihak yang membutuhkan seperti pegawai dan petani. Dalam perjalanannya, pengelolaan ini kemudian berubah menjadi lebih formal dalam bentuk bank. 

Bermula dari sebuah bank priyayi di Purwokerto, kini menjelma menjadi BRI untuk Indonesia. Tak hanya kantor cabang di Nusantara, juga kantor mancanegara di Amerika Serikat, Hong Kong, Singapura, dan Taiwan. Jumlah agen BRILink mencapai lebih dari 600 ribu orang.  
 

Infografis sejarah BRI.
Infografis sejarah BRI. Ilustrasi dibuat oleh @katanieke dengan Canva.


Jejak Raden Wirjaatmadja dalam membangun cikal bakal BRI ini bisa ditemukan di Museum Bank Rakyat Indonesia di Purwokerto, Jawa Tengah. Tepatnya di  Jalan Jendral Sudirman No. 57, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas. Bahkan di situ terdapat replika bangunan bank yang didirikan Wirjaatmadja. Kalau singgah ke Purwokerto, jangan lupa mampir ke museumnya ya.



Upaya BRI Memberdayakan Ultra Mikro dan UMKM Indonesia


Program-program BRI untuk memberdayakan UMKM dan ultra mikro.


UMKM berperan besar dalam  pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sekitar 60 persen. UMKM juga mampu menyerap tenaga kerja lebih dari 100 juta orang. Lantaran potensinya dalam menggerakkan perekonomian itulah maka UMKM mendapat perhatian. 

Pada 2018, BRI pernah mengadakan survei yang hasilnya cukup mengejutkan. Dari 57 juta pelaku UMKM yang membutuhkan modal usaha, sebanyak 5 juta UMKM masih terjerat utang rentenir. Sebanyak 30 juta UMKM malah belum tersentuh lembaga pembiayaan formal. Pada 2019, dari 65 juta pelaku UMKM,  sebanyak 14 juta tidak punya akses keuangan.

Masih survei BRI tahun 2018, dari 57 juta UMKM, sebanyak 7 juta UMKM mengandalkan pinjaman modal ke kerabat atau keluarganya. Hanya 15 juta UMKM yang telah mendapat akses pendanaan formal. 

Sejak terbentuknya Holding Ultra Mikro pada 2021, lembaga ini telah menyalurkan pinjaman kepada lebih dari 36 juta usaha mikro dan ultra mikro.

BRI menjalankan sejumlah program pemberdayaan UMKM, di antaranya Desa BRILian, Klasterku Hidupku, Link UMKM, dan Pasar Rakyat Indonesia (PARI).

Sementara beberapa di antara program flagship BRI seperti Growpreneur yakni program aktivasi pemberdayaan dan pendampingan bagi UKM; BRILianpreneur;  pendampingan dan pemberdayaan melalui Rumah BUMN; dan Pengusaha Muda BRILian. 

Program Desa BRILian


Program Desa BRILian bertujuan mendorong kemajuan desa-desa di Indonesia. Menurut Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2022, dari total 74.051 desa di Indonesia,  yang termasuk kategori maju dan mandiri masih kurang dari 35 persen. 

Hingga akhir September 2023, BRI memiliki  2.843 desa binaan di seluruh Indonesia. Desa-desa tersebut memperoleh berbagai pelatihan dari BRI untuk meningkatkan kapabilitas perangkat desa, pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan UMKM.

Salah satunya, Desa Megulung Kidul di bagian barat Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Dari segi akses transportasi, Desa Megulung Kidul dilalui jalur penghubung Kabupaten Purworejo, Kebumen, dan Wonosobo. Dari total luas wilayah desa yang mencapai 165 hektare (ha), sebanyak 92 ha berupa lahan pertanian produktif dengan komoditas padi dan kacang hijau.

Sejak mengikuti Program Desa BRILian, Desa Megulungkidul di Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo ini berubah menjadi Desa Agrowisata yang berpadu dengan panorama alam, kuliner, dan UMKM. Maka dibuatlah destinasi Wisata Dusun Sabin Taman Anggur di tengah persawahan.

Warga diberdayakan melalui sejumlah edukasi seperti budidaya anggur, pembuatan minyak kelapa, kerajinan batik tulis, perikanan, pembuatan kerupuk rambak, pembuatan cotton bath, dan budidaya ulat Hong Kong.

Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes berkolaborasi dengan warga dengan cara membeli hasil panen dan memfasilitasi ruang sentra produksi UMKM. Bumdes juga membuat Agro Resto Cafe yang menawarkan Taman Anggur, Coffee Shop, Edukasi, dan pembibitan Taman Anggur. Dalam proses transaksi bekerja sama dengan BRI dengan menggunakan QRIS, sistem BRILink, dan Stroberi Kasir.

Dengan demikian, kalau suatu hari berkunjung ke Agrowisata Dusun Sabin Taman Anggur, wisatawan bisa membayar dengan QRIS. Warga telah mendapat pelatihan soal digitalisasi perbankan dan keuangan dari BRI.


Sumber video: Youtube Bank BRI.



Program Klaster UMKM

Program 'Klasterku Hidupku' adalah wadah bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis. BRI mendampingi dan membantu pelaku UMKM mulai dari modal, pelatihan-pelatihan, dan program pemberdayaan lainnya. 

Salah satu contohnya adalah Klaster Usaha Kopi Akar Wangi yang memadukan hasil kopi dengan akar wangi sehingga menjadi minuman khas. Klaster Kopi Akar Wangi berlokasi di Kampung Waluran Tonggoh, Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Mayoritas warga di daerah itu berprofesi sebagai petani kopi dan akar wangi. Hasil produksi kemudian dipasarkan Badan Usaha Milik Desa. 


BRILianpreneur

BRI menjembatani para pelaku UMKM untuk memperkenalkan produknya di kelas global atau pasar dunia melalui Program BRILianpreneur.  Sebelumnya UMKM yang hendak menjadi peserta melalui proses seleksi terlebih dulu. Para pelaku UMKM yang lolos seleksi akan ikut serta dalam sebuah pameran seperti UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. 

BRIlianpreneur, BRI memberdayakan UMKM Indonesia.
BRILianpreneur, program pemberdayaan UMKM dari BRI. 
Ilustrasi dibuat dengan Canva. Foto: Instagram Bank BRI.

Demikianlah, di usianya yang lebih dari satu abad, BRI berkiprah memberi makna untuk Indonesia. Berupaya menjadi pahlawan UMKM melalui sejumlah pemberdayaan, membebaskan mereka dari jerat rentenir, hingga mengangkat ke kelas global. 



Salam hangat, 

Nieke Indrietta

Digitalisasi BRI.
Digitalisasi BRI mempermudah masyarakat dalam mengakses keuangan.
Ilustrasi dibuat dengan Canva. Sumber foto: Instagram Bank BRI.


Referensi:

bri.co.id

https://www.bri.co.id/en/web/ppid/detail-news

brilianpreneur.com

Saluran Youtube resmi BRI https://youtube.com/@BANK_BRI

Media sosial Instagram BRI https://instagram.com/bankbri_id

https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah

https://www.kompas.com/stori/read/2023/08/25/070000379/sejarah-bank-rakyat-indonesia-bri-didirikan-di-purwokerto

https://www.cnbcindonesia.com/market/20230908115413-17-470706/2-tahun-holding-ultra-mikro-rangkul-36-juta-pelaku-usaha

https://www.bri.co.id/en/web/ppid/detail-news?title=ini-ragam-pemberdayaan-dan-pendampingan-bri-untuk-memajukan-umkm-indonesia

70 komentar:

  1. Sepertinya setiap orang di Indonesia punya rekening di BRI ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga punya, berarti saya orang di Indonesia. hehehe. :p

      Hapus
    2. Betul Kak, BRI lebih banyak menjangkau semua kalangan sih. Orang di desa rata2 punya rekeningnya. Nah, yg di kota pasti punya juga.

      Hapus
  2. BRI memang untuk Indonesia banget ya kak. Banyak fasilitas layanannya yang sangat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat, bahkan menjangkau hingga pelodok negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu kelebihan BRI itu memang sebarannya yang sampai ke pelosok ya. makanya bisa bertahan hingga 100 tahun

      Hapus
  3. Salut untuk kiprah Bu Rika dibantu Mantri BRI dan BRI sendiri yg sdh membantu banyak petani & UMKM. Terima kasih sharing kisah inspiratif ini ya .

    BalasHapus
  4. Inspiratif sekali kisahnya bu Rika ini ya untuk memberdayakan sekitarnya. Belum lagi yang bantu bank BRI yang sudah banyak membantu para pelaku UMKM dan insiator kreatif dalam pembangunan desa. Salut banget sama BRI ❤️❤️

    BalasHapus
  5. BRI yang menarik ada dibanyak tempat. Kemudahan dalam kredit juga menjadi andalan. Hanya bunga pinjamannya kurang kompetitif.

    BalasHapus
  6. memang ya mbak rentenir atau lintah darat itu sangat merugikan masyarakat. salut banget nih sama pendiri BRI yang punya tujuan mulia melepaskan masyarakat dari jeratan rentenir hingga akhirnya BRI bisa sebesar sekarang

    BalasHapus
  7. BRI memang p[aling dikenal di desa-desa karena jangkauan atm dan mitranya yang hingga ke pelosok. Semoga banyak yang terbantu dan BRI bisa semakin bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak. Jangkauannya bisa sampai ke desa-desa. Jadi, orang orang dipedesaan jadi gak susah lagi buat mengirim uang ke anak atau saudaranya yang ada di kota

      Hapus
  8. Saya jadi ingin tahu apa keuntungan dan bagaimana caranya menjadi Mantri BRI, nih, Mbak. Mungkin bisa dishare lain kali. Terima kasih.

    BalasHapus
  9. Inspiratif sekali ya, cerita pendirian BRI ini. Aku sudah mengetahui program UMi ini lama, namun baru tahu kalau BRi sekarang juga melayani pendanaannya

    BalasHapus
  10. BRI emang salah satu bank yang ngebantu para UMKM banget sih. Banyak UMKM berhasil yang telah dibantu BRI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali.. Apalagi bank satu ini punya banyak unit tersebar di seantero Nusantara ya.. Makin dekat dg rakyat...

      Hapus
  11. Untuk yang ingin mengajukan pinjaman ultra mikro PNM ada syarat dan ketentuannya ngga? misalnya tidak boleh PNS soalnya banyak PNS yang juga ingin mengajukan pinjaman modal usaha tapi nggak bisa katanya

    BalasHapus
  12. BRI sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Kiprahnya dalam membantu masyarakat untuk bebas dari jeratan rentenir makin dirasakan saat ini.

    BalasHapus
  13. BRI jadi bank UMKM yang berhasil menyelematkan UMKM di masa pandemi sekaligus mampu menerapkan prinsip-prinsip ESG saat menerapkan keuangan berkelanjutan.

    BalasHapus
  14. Kontribusi BRI untuk UMKM di Indonesia saya kira memang cukup penting. Semoga BRI bisa tetap berkomitmen untuk membantu pengembangan usaha kecil di Indonesia.

    BalasHapus
  15. Wah sudah satu abad BRI memberi makna bagi Indonesia. Menjangkau masyarakat pelosok desa agar lebih melek perbankan terpercaya dan tidak terjerat hutang rentenir dengan bunga yang tinggi

    BalasHapus
  16. BRI emang the best banget deh kalau buat sarana kredit sejak dulu sangat membantu pelaku usaha UMKM buat menambah modal mereka dengan fasilitas kredit dari BRI

    BalasHapus
  17. Sungguh besar peranan BRI di usianya kini, ya, Mba. Pantas saja banyak yang terbantu dengan kehadirannya. Seolah memberikan banyak terang bagi warga yang benar-benar butuh penerang.

    BalasHapus
  18. Bu Rika ini bener² keren. Berawal dari membantu orang malah jadi inspirasi banyak orang. Belum lagi ada dukungan dari BRI yang meluaskan program untuk orang² inspiratif ini dalam membangun negeri. ❤️❤️

    BalasHapus
  19. Dengan berbagai inovasi layanannya terutama untuk memajukan UMKM Indonesia, sekarang BRI terus berkembang dan bertumbuh menjadi sahabat UMKM bahkan tidak hanya membantu dari segi permodalan, BRI juga memberikan layanan bagi UMKM untuk upgrade ilmu dan pengetahuan ya...keren banget layanan BRI.

    BalasHapus
  20. Ga menyangka ya BRI sudah 128 tahun aja mengabdi untuk negeri dan melayani masyarakat Indonesia dalam dunia perbankan, dengan banyaknya progrma-program yang dirancang BRI untuk membantu para pelaku UMKM, pastinya memndorong bisnis UMKM semakin berkembang dna tumbuh maju, semoga BRI makin berjaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ya, Mba. Semoga BRI terus berinovasi untuk terus memanjakan pelanggan dengan pelayanannya.

      Hapus
  21. KIni makin banyak program dari BRI, ya mbak. Pingin juga dapat beberapa program dari BRI, seperti KUR karena suku bunganya rendah.

    BalasHapus
  22. Kerennya BRI ini, dengan komitmennya untuk selalu mendukung pelaku usaha kita sehingga terus berkembang dan maju.
    Memang cocok jadi pahlawan UMKM ya.
    Sukses selalu untuk BRI melayani dengan sepenuh hati

    BalasHapus
  23. Programnya sangat bagus untuk mendukung para pengusaha kecil. Keren BRI! Semoga 128 tahun semakin membawa kebaikan dan kemajuan ekonomi bangsa.

    BalasHapus
  24. BRI tuh cocok lah sama namanya bank rakyat, karena jangkauannya sampai ke pelosok Indonesia.
    Kata temen yang belajar saham, saham BRI paling kuat di antara bank-bank lain.
    Semoga makin maju lah UMKM Indonesia berkat pendampingan dari BRI

    BalasHapus
  25. Pernah merasakan kemudahan yang diperoleh sebagai nasabah BRI dan menjadi semakin yakin karena programnya nyata untuk UMKM.

    Semoga semakin banyak mitra UMi BRI yang maju usahanya dan jauh dari jerat rentenir yang meresahkan.

    BalasHapus
  26. Sampai sekarang bank yang dekat dengan masyarakat kan emang BRI. Sampai di setiap kecamatan itu kantornya ada. Bank lain mana ada? Di tempat saya aja selain BRI dan bank daerah, lainnya numpuk di perkotaan kabupaten saja

    BalasHapus
  27. Ya sering dengar meminjam dari rentenir memang gila-gilaan ya bunganya. Moga2 BRI amanah mewadahi kebutuhan UMKM ini. Makasih infonya Mbak Nieke

    BalasHapus
  28. Salut deh dengan BRi, programnya ini luar biasa lo, bisa menjangkau hingga ke pelosok pedesaan, sehingga dapat membantu masyarakat yang tinggal di desa
    Bisnis UMKM yang dibantunya pun cukup banyak, saudara saya salah satu penerima pinjaman UMKM sehingga usahanya bisa berjalan lancar

    BalasHapus
  29. Inspiratif juga kisahnya ya Mba, dan saya baru tau BRI seriusan udah setua itu? Memang benar-benar hadir untuk melayani dan membantu masyarakat Indonesia ya. Oke juga bisa mendukung UMKM sampai sukses..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi inspirasi banget yaa..
      Buat UMKM yang membutuhkan pendampingan bersama BRI. Dan semoga semakin luas manfaatnya untuk program BRI ini.

      Hapus
  30. BRI sudah satu abad lebih ya mbak
    Sudah banyak peran yang dilakukan dalam memberdayakan ekonomi Indonesia

    BalasHapus
  31. Masya Allah program luar biasa sekali membangun negeri..

    BalasHapus
  32. Makin banggaaaa dengan keberadaan BRI.
    selalu ada , siap melayani seluruh elemen masyarakat ya
    luar biasa BRI ini memaaanggg

    BalasHapus
  33. Petani tuh lama banget puter uangnya. Karena masa panen yang 3 bulan sekali. Jadi kadang buat modal lagi beli pupuk dan membajak sawah udah nggak kebagian uangnya. Makanya sering mereka cari pinjaman. Huhu

    Dengan hadirnya BRI ini sangat membantu sekali sih, karena bunga yang nggak mencekik.

    BalasHapus
  34. Sebagai nasabah saya merasakan keberadaan bank BRI memang bank yang paling konsen pengembangan UMKM. Dan tersebar di seluruh di Indonesia sehingga menjangkau juga berbagai kalangan

    BalasHapus
  35. Nama-nama produk yang ditawarkan BRI untuk memajukan UMKM ini ternyata gaul-gaul yaa.. sehingga anak muda sekarang yang memulai usahanya jadi gak ragu lagi. Modal ini penting agar roda usaha semakin maju dan bener, gak terjerat rentenir.

    BalasHapus
  36. Jujur aku baru tahu sejarah BRI karena Raden Bei Aria Wirjaatmadja yang ingin membantu warga terlepas dari jerat rentenir lo. Aku kira ya bank buatan pemerintah aja. Nice info mba

    BalasHapus
  37. Inovasi berbagai program BRI saat ini sebagian besar mulai menyasar UMKM yah, karena sektor ini bisa dibilang salah satu pilar perekonomian Indonesia dan banyak menyerap tenaga kerja, semoga hadirnya inovasi program BRI untuk UMKM bisa membantu meningkatkan literasi keuangan.

    BalasHapus
  38. Masya Allah seneng sekali dg program2 yang bisa menumbuhkan semangat preneur dan membantu urusan finansial bagi masyarakat khususnya pelaku umkm . Moga makin bertumbuh terus bersama program2 BRI yang luarbiasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju kak, ikut senang juga karena pelaku usaha jadi turut berkembang lebih maju

      Hapus
  39. dengan sepak terjangnya, BRI emang keren banget. Tak salah jika jadi Pahlawan UMKM.

    BalasHapus
  40. Inovasi yang sangat membantu masyaralat di pedesaan. Sebagai warga desa saya bisa merasakan susahnya berurusan dengan bank karena lokasi. Untu glah sekarang sudah ada BRILink

    BalasHapus
  41. Keren sekali peran serta BRI memberdayakan UMKM dalam negeri. Waktu ke BRI, aku sempat nanya ke csnya. Katanya proses pengajuan pencairan dananya mudah dan cepat.

    BalasHapus
  42. BRI selalu mendampingi di seluruh negeri ya kak, di setiap kecamatan juga ada

    BalasHapus
  43. Wah, kalau BRI sudah paten untuk urusan layanan UMKM. Ini bank dengan penetrasinya paling blusukan. Pas krimon dulu, bank ini kuat banget deh.

    BalasHapus
  44. Aku pernah pergi kondangan ke salah satu desa di Jawa Tengah. Bingung mau ambil uang lah kok ada ATM BRI. Seneng banget rasanya. BRI juga peduli terhadap pelaku UMKM di Indonesia

    BalasHapus
  45. Salut dengan inovasi yang dilakukan oleh BRI ini. Sebagai bank yang banyak nasabahnya di Indonesia, BRI benar-benar mengerti kebutuhan masyarakat sekarang yang ingin mendongrak ekonomi keluarganya masing-masing.

    BalasHapus
  46. Keren ya Mbak Rika ... letak toko di tempat yang strategis, di pinggir jalan raya menjadi sebuah keunggulan yang dimanfaatkannya buakan cuma untuk berjualan melainkan juga menjadi agen BRILink dan membantu warga. Keren.

    BalasHapus
  47. Adanya BRI Link emang membantu banget di desaku yang kini nggak perlu jauh-jauh buat ngambil uang di Atm.

    BalasHapus
  48. Bagus ada program UMi dari BRI yang bisa membebaskan para pelaku UMKM dari jeratan rentenir. Dan memang soal BRILink, di daerah yang akses terhadap ATM cukup jauh, sangat membantu sekali untuk tarik tunai. Walau biayanya ya lumayan lah ya.

    BalasHapus
  49. Memang sesuai namanya BRI yang senantiasa memberdayakan rakyat indonesia terutama memberdayakan UMKM

    BalasHapus
  50. BRI saat ini sulit dalam pengajuan KUR , semoga tahun depan lebih mudah karena produk lainnya masih harus dievaluasi lagi masalah bunga nya.

    BalasHapus
  51. BRI sangat membantu perekonomian rakyat. Masyarakat yang jauh dari kota memang sangat membutuhkan bantuan dari bank seperti ini daripada harus berurusan dengan rentenir. Semoga kedepan BRi semakin sukses

    BalasHapus
  52. BRI ini memang dekat dengan rakyat, kemudahan mengajukan pinjaman jadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang suka ke BRI. Nasabahnya banyak, di daerah2 pun kantor2 BRI selalu penuh. Semoga dukungan BRI semakin memajukan UMKM di Indonesia..

    BalasHapus
  53. Wahhh.. gak nyangka kalau cikal bakal BRI justru asalnya dari kota Purwokerto. Pantas saja di sekitar rumah saya di desa ini banyak agen BRILink. Ternyata agen ini sangat membantu warga sekitar mengajukan pinjaman kepada BRI.

    BalasHapus
  54. Pokonya BRI the best, selalu siap sedia memberikan layanan terbaik

    BalasHapus
  55. BRI bank paling ramah UMKM, dia support banget biar UMKM di Indonesia bisa berkembang

    BalasHapus
  56. keren banget program dan istilah yang diadakan oleh BRI untuk menyejahterakan para pebisnis pemula, semoga perekonomian Indonesia makin terus terangkat.

    BalasHapus
  57. Semoga banyak keuntungan yang bisa didapat UMKM ini benar-benar tersampaikan pada mereka yang di pelosok. Karena di desaku juga banyak rentenir. Padahal ada BRI dengan segudang kelebihannya.

    BalasHapus
  58. waduh kalau sudah terjebak rentenir ini susah lepasnya, kemungkinan semakin terperosok juga ada, bagaimana bisa mengembangkan usahanya jika terbentur pinjaman seperti ini
    pinjaman usaha kan seharusnya memberdayakan bukan melemahkan

    BalasHapus
  59. BRI banyak membantu dan mendukung para UMKM untuk lebih berkembang. Pada awal merintis bisnis, butuh modal untuk menjalankan usaha dan BRI memberikan pinjaman yang mendukung pelaku UMKM

    BalasHapus
  60. Pinjaman dana di BRI ini bisa bantu banget untuk pengusaha modal kecil, supaya nggak berhutang ke rentenir.

    BalasHapus
  61. Wah program-programnya pasti bermanfaat ini yah buat UMKM. Karna pelaku usaha kecil dan menangah khawatir terjerat rentenir. Nah ya dengan adanya pinjaman dana dri BRI ini akan membantu mereka dalam mengembangkan usahanya jga.

    BalasHapus
  62. Pinjaman paling aman menurutku ya ke bank besar seperti ke BRI ini. Daripada terjebak bank abal-abal kan ya.

    Btw, Alm. Papa Mertua dulu karyawan BRI, sayang anak-anaknya nggak ada yang meneruskan jadi bankir. Heee

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.