Menu

Percik Kata Nieke

Selasa, 30 Agustus 2022

Drakor Adamas: Ji Sung Memburu Pembunuh Ayahnya

Drakor Adamas minim romance. Menceritakan si kembar Ji Sung memburu kasus puluhan tahun lalu dan konspirasi politik di baliknya.

review drama Korea Adamas
Sinopsis dan review drakor Adamas, diperankan Ji Sung dan Seo Jihye.


Sinopsis Adamas

Semula saya berpikir Adamas adalah nama orang. Ternyata Adamas adalah nama sebuah senjata berwujud anak panah dengan hiasan berlian di bagian ujungnya. Senjata inilah yang diduga menewaskan ayah tiri Song So Hyun dan Ha Woo Shin/Song Woo Shin, anak kembar yang keduanya diperankan Ji Sung.

Pembunuh ayah tiri mereka, Lee Chang Wo sedang dipenjara dan terancam menjalani hukuman mati yang akan diberlakukan kembali. Namun dua kembar ini menerima informasi, bahwa orang yang dipenjara bukanlah pembunuh sebenarnya.  Song So Hyun dan Ha Woo Shin lantas memburu siapa pelaku sebenarnya dan senjata yang digunakan untuk menjadi bukti pengadilan. 

Problemnya adalah kasus tersebut sudah 22 tahun lalu dan memiliki tenggat waktu tertentu yang jika terlewat, kasus tak bisa dibuka kembali. Diburu waktu, Song So Hyun dan Ha Woo Shin mengumpulkan informasi agar bisa membuka kasus itu kembali. 

Pada episode awal, penggambaran karakter si kembar tak banyak menggambarkan kecuali perbedaan gaya penampilan. Song So Hyun bekerja sebagai jaksa, berpenampilan parlente, klimis, rapi, elegan. Sementara kembarannya, Song Woo Shin adalah seorang penulis dengan nama pena Ha Woo Shin, yang berpenampilan kasual dan santai.

Di tengah perburuan dalang kasus ayahnya, seperti sebuah keberuntungan, Ha Woo Shin menerima tawaran menjadi penulis bayangan atau ghostwriter bagi Kwon Jae Yoo, seorang konglomerat perusahaan senjata Haesong. Adamas, anak panah yang dicari Ha Woo Shin, adalah buatan dan milik Haesong. Rupanya ada seseorang yang merekomendasikan namanya ke Kwon Jae Yoo, 

Pucuk dicinta ulam tiba. Tentu saja, Ha Woo Shin tidak mau menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Walaupun sejumlah syaratnya berat, seperti tidak boleh menggunakan telepon genggam atau gawai dan harus tinggal di rumah sang konglomerat selama 30 hari pembuatan naskahnya. Ha Woo Shin menerima tawaran jadi ghostwriter Kwon Jae Yoo.

Ia pun tinggal di rumah besar milik Kwon Jae Yoo dengan pengamanan super ketat serupa markas militer. Di situ, Ha Woo Shin bertemu dengan Eun Hye-soo (Seo Ji-hye, yang pernah bermain di Crash Landing on You dan Dinner Mate), istri dari Kwon Hyun-jo, putra pertama Kwon Jae Yoo. Lantaran Eun Hye-soo terkesan membantu Ha Woo Shin, Ha Woo Shin mencurigai Hye-soo sebagai orang yang merekomendasikan dirinya sebagai penulis bayangan Kwon Jae Yoo.


Baca juga: Dinner Mate: Drakor ala Nora Ephron dan Barisan Mantan Ngehek


Belakangan, Hye-soo mengaku bukan dialah orang yang merekomendasikan nama Ha Woo Shin agar bisa masuk ke rumah keluarga grup Haesong. Siapakah orang yang merekomendasikannya? Sebab, diduga orang inilah yang memiliki motif agar Ha Woo Shin bisa masuk dan punya kesempatan mengumpulkan informasi. Atau bisa juga sebaliknya. Penuh teka-teki yang membuat Woo Shin waspada terhadap tiap orang yang ditemuinya di rumah keluarga Hae Song.

Di rumah itu, Ha Woo Shin juga mengajak kepala keamanan rumah sang konglomerat, Choi Tae-seong (Seo Hung Tae) yang mantan polisi, untuk bekerja sama membantunya. Soalnya, di rumah itu segala gerak-gerik Ha Woo Shin sangat diawasi. Bahkan kepala urusan rumah tersebut, mencurigai Ha Woo Shin memiliki motif tertentu. Ia memasang mata-mata untuk memantau Ha Woo Shin.

Sementara itu, Song So Hyun bertemu dengan seorang reporter Kim Seo-hee (diperankan Lee Soo Kyung), yang juga membantunya mencari petunjuk kasus kematian ayahnya.  Kim Seo-hee bahkan menemukan saksi mata kasus tersebut. Namun begitu Song So Hyun menemui sang saksi mata, tak berapa lama saksi tersebut meninggal. 

Song So Hyun mengendus kejanggalan atas kematian saksi mata tersebut. Belum lagi habis keterkejutannya, reporter Kim Seo-hee memberi pengakuan yang lebih membuatnya terkaget-kaget. Seo-hee ternyata juga berkaitan dengan kasus kematian ayah Song So Hyun, itu sebabnya diam-diam membantu. 


Ji Sung Seo Jihye Adamas Korean drama
Drakor Adamas, Ji Sung beradu akting dengan Seo Jihye dan Lee Soo Kyung.


Tak mudah untuk menyelidiki Hae Song. Pasalnya, Hae Song merupakan perusahaan senjata yang banyak mendanai politikus-politikus. Bahkan ikut bermain dalam percaturan politik meski di balik layar. Menyelidiki Hae Song berisiko tinggi karena adanya konspirasi tingkat tinggi.

Mampukah Song So Hyun dan Ha Woo Shin membongkar kembali kasus tersebut?


Kesan saya menonton Adamas

Drama ini mengandung sedikit unsur romance dan lebih menonjolkan unsur teka-teki. Jenis drama Korea yang biasanya bakal digemari pria, walau tak menutup penonton kaum Hawa. Dari episode ke episode berikutnya, penonton dibawa pada teka-teki yang tak berujung, penuh tanda tanya. Seperti potongan puzzle, yang ditemukan satu demi satu untuk menemukan gambaran utuhnya. 

Kesan gelap atau dark juga kuat. Apalagi pemilihan sinematografi, warna gambar, dan pencahayaan yang cenderung dominan warna-warna gelap, mempertegas kesan misterius yang ingin diangkat tema drama Korea ini.

Untuk teman pembaca yang menyukai drama politik beserta intrik dan konspirasinya, kemungkinan besar akan menyukai drakor Adamas. Unsur politiknya begitu kental.


review sinopsis drakor Adamas
Ji Sung berperan ganda sebagai kembar, penulis dan jaksa.


Hanya saja, dalam beberapa episode awal karakter Song So Hyun dan Ha Woo Shin kurang begitu kuat. Hanya dominan karakter mudah emosi bagi kedua kembar ini. Tentu tak bisa dibandingkan dengan Kill Me Heal Me, yang terlihat kontras perbedaan karakter tokoh berkepribadian tujuh yang juga diperankan Ji Sung. Saya berpikir, drakor ini tak terlalu menyorot karakter tokoh utamanya namun lebih fokus pada jalan ceritanya.


Baca juga: Drama Ji Sung, Entertainer: Persahabatan dan Perjuangan Anak Band Korea


Barangkali pula, ini lantaran beberapa tokoh pendamping yang berusaha digambarkan perannya sehingga tokoh utama tak melulu mendapat sorotan. Tokoh-tokoh pendamping ini mendapat porsi cukup penggambaran karakternya karena memiliki peran dalam jalannya cerita dan kasus yang diselidiki si kembar Song.

Siapa saja tokoh-tokoh ini? 

Kwon Jae Yoo, pemimpin Haesong. Penonton tak serta merta membaca karakter orang yang dicurigai dalang kasus ini. Namun kesan yang ditimbulkan dari tokoh ini adalah tenang, cerdas, dingin, diam-diam kejam khas mafia.

Kepala pelayan dan urusan rumah tangga Kwon, seorang perempuan yang tegas, keras, dominan, gila hormat, skeptis, dan curiga pada siapapun. Ia tangan kanan Kwon Jae Yoo dan tak ingin ada orang yang menggantikan posisinya sebagai orang terdekat pemimpin Hae Song. Ia juga tak segan menyingkirkan siapapun dengan cara apapun. 

Choi Tae Sung, kepala keamanan Haesong yang mantan polisi. Ternyata ia memiliki motif tersembunyi bekerja untuk Haesong dan merupakan bagian dari tim rahasia penyelidikan kasus. Seo Hung Tae yang biasanya berperan antagonis kali ini berperan protagonis. Omong-omong, sudah menonton aktingnya di film Korea Stellar, A Magical Ride (2022)?


Seo Hung Tae di drakor Adamas
Choi Tae Sung, kepala keamanan Haesong, diperankan Seo Hung Tae.


Eun Hye Soo, menantu pemimpin Hae Song, istri putra pertama. Cantik, cerdas, dingin, misterius, menggemari bunga dan tanaman. Ia putri tunggal pemilik rumah sakit dan dari keluarga kaya yang berpengaruh. Namun ia memilih tinggal di rumah besar Kwon ketimbang mendampingi suaminya dalam menjalankan bisnis ayahnya di Seoul.

Sekretaris Yoon yang tuli dan hanya berbahasa isyarat. Ia kerap mendampingi Kwon Jae Yoo untuk urusan-urusan bisnisnya, jadi mata-mata, dan menemani Kwon Jae Yoo bermain catur. Di balik kecantikannya, dia mengawasi intrik-intrik dalam keluarga Hae Song. Ia diam-diam menyukai putra pertama Kwon Jae Yoo, suami Eun Hye Soo.

Putra kedua Kwon Jae Yoo, yang diperankan Ahn Bo Hyun yang charming dalam drakor sebelumnya, Military Prosecutor Doberman. Putra kedua ini diceritakan telah meninggal sehingga hanya muncul dalam kisah balik. Kematiannya dianggap misterius karena ada dugaan kematian yang tak wajar. 

Lantaran banyak tokoh yang diperkuat karakternya ini, alur drama terkesan agak lambat. Penonton sengaja dibikin bertanya-tanya, apa peran tiap tokoh-tokoh pendamping ini dalam kasus yang diselidiki si kembar yang diperankan Ji Sung. Toh, drakor ini layak untuk dinikmati.

*

Nah, apakah drakor Adamas termasuk genre kesukaan teman pembaca? Jika teman menyukai kualitas akting Ji Sung, jangan lewatkan drama ini. 


Salam hangat,

Kata Nieke

16 komentar:

  1. Terima kasih untuk reviewnya. Saya menantikan chemistry antara Ji Sung, Ahn Bo Hyun dan Lee Soo Kyung.

    BalasHapus
  2. Demen bgt ama JI Sung
    Dia selalu maksimal klo bawakan karakter drakor.
    Kapan2 mau pantengin ahhh

    BalasHapus
  3. Selalu suka dengan Ji Sung, aktor dengan akting yang nggak kaleng2
    Apalagi harus memerankan 2 orang dengan kepribadian yang berbeda Ji Sung ahlinya

    BalasHapus
  4. Belum sempet nonton Adamas tapi katanya Ji Sung berperan dua yah. Wah asli bikin penasaran ni aksi Ji Sung. Apalagi kalau banyak teka-tekinya malah bikin kepo deh.

    BalasHapus
  5. Karena ada Ji Sung saya jadi penasaran nih kak sama Adamas hhehe.. sebelumnya cuma lihat jduulnya aja. Bisa nih buat tontonan di weekend nanti

    BalasHapus
  6. Film-film Korea selalu seru. Btw ini bisa dibilang film detektif atau tidak sih.. Memang mending nonton aja ya supaya gak penasaran.

    BalasHapus
  7. Penasaran sih tapi belum ada waktu nih buat nonton Drakor. Membaca reviewnya aja sudah seru apalagi nonton langsung ya. Apalagi dramanya disetting membuat penonton bertanya -tanya

    BalasHapus
  8. Kalau ada Ji Sung udah nggak diragukan lagi sih kalau dari segi akting. Tinggal alur sama kualitas skenario ceritanya nih

    BalasHapus
  9. masih maju mundur nonton ini, big mouth, little women tambah adamas, sepertinya lama lama aku jadi cerdas nebak nebak plot twistnya hahahaha, tapi menarik mbaaak

    BalasHapus
  10. Baca judul ini, saya pikir Adamas adalah nama sebuah tempat ternyata ini senjata. Wah ada Jisung nih di Adamas. Udah lama saya engga nonton filmnya Jisung. Boleh deh dimasukin ke list tontonan selanjutnya

    BalasHapus
  11. Seperti apa ya pengalaman Ha Woo Shin tidak boleh menggunakan telepon genggam atau gawai selama 30 hari ya? Kalau saya, gak bisa bekerja malah :D

    BalasHapus
  12. Kalau saya mikir adamas itu kayak toko buku favorit saya Togamas tempat mencari buku pelajaran anak anak.. hehehe.. apakah adamas itu sebuah senjata tradisional dari Korea?

    BalasHapus
  13. Drakor skrg berat2 ya temanya wkwkwk...
    Baca reviewnya sprtnya bagus sih

    BalasHapus
  14. Genre favorit pastinya. Eh tapi sebelumnya saya ngerasa - dari judulnya sepertinya kurang seru tapi pas baca sinopsisnya jadi penasaran apalagi dengan setting gelap-gelap gitu saya suka he he. Langsung cus ah nonton ;)

    BalasHapus
  15. Konspirasi tingkat tinggi kayak kasus Sambo yang mbulet lett.....aku jadi membayangkan di film ini kek Sambo dimana dibelakangnya banyak tanda tanya???

    BalasHapus
  16. Ji sung ini termasuk aktor Korea yang udah senior ya mbak. Saya tahu dia gegara nonton Drakor istrinya berakting sama Lee Jong Suk. Keren deh adamas

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.