Menu

Percik Kata Nieke

Sabtu, 18 Juni 2022

3 Cara Berlibur di Surabaya yang Anti-Mainstream

Itinerary liburan di kota Surabaya yang unik dan anti-mainstream. Penasaran?

itinerary liburan ke Surabaya anti-mainstream
Itinerary ke Surabaya anti-mainstream.


Surabaya tak melulu identik dengan kota mal. Surabaya juga tak sekadar tempat persinggahan untuk melanjutkan perjalanan berlibur ke Malang, Batu, Bromo, atau kota-kota wisata di Jawa Timur. Sebagai orang asli Surabaya, saya kasih bocoran agar liburanmu di kota Pahlawan ini menjadi lebih berkesan. Kabar gembiranya, itinerary ini juga tak butuh banyak biaya. Liburan hemat dan murah. Asyik, yekan?

Nah, agar liburan ke Surabaya lebih meninggalkan kesan, langkah penting pertama yang harus diperhatikan adalah menyusun rencana liburan. Yap, tentukan kapan waktu yang tepat untuk berlibur ke Surabaya. Kapan momentum yang tepat berlibur ke Surabaya?


1. Kunjungi Surabaya pada Mei 

Kenapa kudu berlibur ke Surabaya pada bulan Mei? Soalnya kota Surabaya berulang tahun pada 31 Mei. Biasanya, ada sejumlah festival dan acara tradisional khas yang berlangsung selama sebulan untuk memeriahkan hari ulang tahun kota Surabaya. Acara dan festival itu hanya setahun sekali lho.


Surabaya Shopping Festival

Buat yang hobi berbelanja, biasanya kebanyakan mal dan pusat perbelanjaan menjadi peserta Surabaya Shooping Festival  selama sebulan penuh, yakni dari awal hingga akhir Mei. Banyak barang-barang yang didiskon atau ada promo-promo tertentu.


Baca juga: Wisata Surabaya: 5 Hotel di Surabaya yang Terhubung dengan Mal


Festival Rujak Uleg

Wah, ini wajib banget lho untuk ditonton. Soalnya wali kota Surabaya biasanya akan menguleg rujak di sebuah cobek raksasa. Usai diuleg, rujak akan dibagikan ke warga dan penonton festival. Acaranya biasanya diadakan di kampung yang dijadikan tempat wisata, atau tempat tertentu. Pada pertengahan Mei 2022, Festival Rujak Uleg diadakan di Kempang Jepun, Surabaya.

Nah, kalau kamu ingin berlibur di Surabaya pada momen ada Festival Rujak Uleg ini, bisa cek terlebih dulu tanggal pelaksanaan pastinya di Instgram pemerintah kota Surabaya. Setelah itu, cari hotel yang lokasinya strategis untuk menjangkau lokasi.


Surabaya Vaganza

Surabaya Vaganza adalah pawai keliling kota, yang melewati jalan-jalan protokol di Surabaya. Di festival ini, kamu bisa menyaksikan kereta-kereta yang dihiasi dengan bunga, kereta dengan peserta yang memamerkan kesenian dan kebudayaan tradisional, dan kereta yang menunjukkan atraksi kemampuan seperti marching band

Ini kesempatan baik memperkenalkan budaya dan akulturasi di Indonesia, khususnya di Surabaya. Pernah tampil reog Ponorogo (kesenian Jawa Timur), lalu di belakangnya rombongan seni leak Bali, disusul pertunjukan barongsai. 

Tertarik menonton? Cari tahu jalur pawai di media sosial resmi pemerintah kota Surabaya. Tiap tahun biasanya ada perubahan rute. Kamu bisa memilih sisi jalan protokol yang aman dan nyaman. Misalnya di Jalan Tunjungan, Surabaya atau di area Taman Bungkul, Surabaya.


Berikut ini video suasana Surabaya Vaganza 2018 dari sisi jalan sekitar Taman Bungkul, Surabaya:


2. Berlibur ke Surabaya pada Pertengahan September

Peristiwa perobekan bendera Belanda di Hotel Yamato Surabaya adalah salah satu hal yang membuat kota Surabaya dikenal sebagai kota Pahlawan. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada 19 September 1945. Hotel Yamato kini bernama Hotel Majapahit, terletak di pusat kota, Jalan Tunjungan Surabaya. Untuk mengenang momentum bersejarah tersebut, biasanya setiap 19 September digelar drama perobekan bendera di sekitar lokasi, yakni Jalan Tunjungan Surabaya.

Generasi muda, kelompok seni, pelajar yang biasanya terlibat memainkan drama teatrikal perobekan bendera tersebut. Penonton biasanya membludak. Acara berlangsung pagi hingga siang. Jika ingin menyaksikan, datanglah lebih awal di sekitar Jalan Tunjungan, dekat hotel Majapahit Surabaya. Cari spot yang nyaman untuk menyaksikan pertunjukan.

Acara ini dihadiri wali kota, pejabat, pejuang veteran, sejarawan,  dan tokoh-tokoh penting di Surabaya. Biasanya drama diakhiri dengan petuah atau pesan dari tokoh-tokoh tersebut.


liburan Surabaya anti mainstream
Peristiwa perobekan bendera Belanda terjadi 
di Hotel Yamato--sekarang bernama Hotel Majapahit Surabaya.


3.  Liburan di Surabaya Saat Perayaan Imlek

Pada saat perayaan Imlek, beberapa mal dan pusat perbelanjaan biasanya menyelenggarakan pertunjukan barongsai. Selain itu, ada pula yang mengadakan promo dan diskon.

Ingin merasakan suasana yang berbeda? Yuk, kunjungi kampung Pecinan di Surabaya, yakni sekitar Kembang Jepun. Biasanya ada beberapa acara yang digelar untuk memeriahkan perayaan Imlek. Kamu juga bisa mengunjungi Pasar Atom Surabaya, dekat Stasiun Kota Surabaya. Tepatnya di Jalan Bunguran, Surabaya. Kamu bisa menemukan aneka jajanan dan makanan khas Surabaya di pusat perbelanjaan legendaris tersebut.


Nah, bagaimana, apakah ada rencana berlibur atau staycation di Surabaya? Coba paskan waktu liburanmu dengan beberapa momen di atas untuk mendapatkan liburan yang lebih berkesan. 


Salam hangat,

Kata Nieke


Baca juga: Hotel Rolaas Lawang: Nuansa Liburan di Tengah Kebun Teh


28 komentar:

  1. Banyaakkk bgt kok spot asooyy utk menikmati Sby.

    Sekarang yg lagi happening wisata Kalimas

    Kapan² aku jg mau dtg k psr atom ah

    BalasHapus
  2. Ashiaap, jadi tahu nih kapan waktu-waktu asyik ke Surabaya. Dulu ada om saya di Surabaya, adik dari bapak saya tapi sudah lama meninggal. Dulu pernah ke Surabaya tapi sudah lama tidak ke sana. Semoga suatu saat berkesempatan lagi, saran2nya Mbak Nieke di sini bisa diterapkan.

    BalasHapus
  3. Aku suka artikel seperti ini, anti mainstream haha. Aku suka ga cocok sama tulisan-tulisan wisata pada umumnya. Kalau versi aku hobinya eksplorasi kota, memperhatikan dinamika penduduk dan paling penting, MUSEUM.

    BalasHapus
  4. Penasaran dengan kompetisi rujak ulek itu. Pasti ramai dan merakyat sekali. Semoga bisa main ke sana pas ada momen peristiwa itu ya

    BalasHapus
  5. Duh aku belum pernah mampir ke Kota Surabaya, padahal kalau mudik ke jember udah tinggal belok aja masuk Kota Surabaya, ternyata banyak juga destinasi wisata budaya yang unik dan menarik ya...tapi memang terkenal panasnya tapi aku toh sudah terbiasa di Tangerang...hahaha. Next mau mampir Surabaya ah siapa tahu beruntung bisa menikmati event spesial di Kota Surabaya.

    BalasHapus
  6. wah makasih mbak rekomendasinya dari sini saya jadi tahu deh waktu yang pas untuk mengunjungi kota surabaya. terakhir ke surabaya kayaknya 10 tahun yang lalu deh. heu

    BalasHapus
  7. betul banget nih mbak, bulan Mei itu seru untuk Surabaya, HUTnya 31 mei,jadi sebulan itu pasti ada aja acara untuk warga Surabaya

    BalasHapus
  8. Yah sayangnya Mei itu belum musim libur panjang ya... Jadi bisa menikmati serunya Surabaya lewat platform digital...

    BalasHapus
  9. Pernah k sby tp sehari doang wkwkwk... mainnya cm di tunjungan plaza. blh deh kalau ada rezeki k sby lg mau main ke t4 diatas

    BalasHapus
  10. Kopdar yuk, kak, aku nak Surabaya juga nih hihi

    BalasHapus
  11. Aah...aku kok selama tinggal di Surabaya belum pernah lihat drama perobekan bendera Hotel Majapahit?
    Ternyata dilakukan rutin setiap 19 September 1945 yaa.. Sungguh jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah.

    Merdeka!
    ((semangat sebagai arek Suroboyo))

    BalasHapus
  12. Kakak iparku tinggal di Surabaya tapi saat kami main ke sana, malah kami diajak main ke Malang. Waktu itu memang belum ada festival seru seperti di artikel. Ah, mau ke sana lagi rasanya.

    BalasHapus
  13. Wah aku belum pernh ke festival rujak uleg. Belasan tahun belum pernah ikutan hiks.
    Vaganza nih juga kelewat deh

    BalasHapus
  14. Mau rujak ulegnya aku demen rujak mba tadi aja siang abis beli rujak abis. Heheheh enak seger banget. Kangen surabaya jadinya ke sana belum sempet explore soalnya.

    BalasHapus
  15. Belum pernah ke surabaya hiks
    Semoga bisa kesana biar bisa nyobain liburan yang anti mainstream

    BalasHapus
  16. Ide baguuss nih mbaa

    Ntar deh aku jg mo bikin artikel anti mainstream ala dirikuuuhh😆😆😆

    BalasHapus
  17. Pingin sebenarnya mampir ke Kota Surabaya, tapi malahan lewat aja kalau mudik ke Jember, tahun ini bisa mudik eh gagal lagi ke Surabaya malah main ke Malang...semoga next trip bisa ke Surabaya.

    BalasHapus
  18. Wah seru banget ya. Saya tertarik ingin menonton festival rujak uleg. Pasti seru dan rame, rujak dimana-mana. Mudah-mudahan Mei kapan gitu bisa ke sana. Aamiin.

    BalasHapus
  19. Surabaya Vaganza sangat meriah dan menghibur. Apalagi pandemi sudah mulai longgar aturannya bisa lihat sepuasnya ya sekarang

    BalasHapus
  20. Pernah ke surabaya jg, waktu itu sempatnya cuma ke kebun binatang.y doang karena ada urusan lain hiks

    BalasHapus
  21. Wah iya ya, ada waktu waktu khusus dimana Surabaya punya banyak acara menarik untuk dikunjungi
    Emang paling asik ke Surabaya saat bulan mei ya mbak

    BalasHapus
  22. Dulu banget pernah lewat Surabaya.. pengen mampir, tapi sampai sekarang belum kesampaian. Makasih informasinya, kayaknya seru banget liburan ke Surabaya sesuai rekomendasi Mba..

    BalasHapus
  23. jadi makin penasaran ke surabaya, terakhir pas masa kuliah tahun 2012 an itupun hanya transit saja semalam huhu

    BalasHapus
  24. mbak cek cek cek apakah komenku masuk mbak?

    BalasHapus
  25. Nambah lagi sekarang ada alun-alun Surabaya di balai pemuda sama wisata perahu kalimas

    BalasHapus
  26. Bener-beneer..
    Bermanfaat sekali artikel kak Niek, agar ada guide kalau mau ke Surabaya sebaiknya kapan?
    Atau pas main ada festival apa yang bisa dinikmati?

    Semoga bisa banyak jalan dan banyak belajar juga banyak kuliner di kota-kota di Indonesia.

    BalasHapus
  27. surabaya kota yang menyenangkan lo, banyak fasilitas umum juga yang diperbaiki, hehehe saya pun belum mengunjunginya, berbaikan yang dibuat membuat surabaya semakin cantik

    BalasHapus
  28. Mei sama September ya? Biasanya pas libur sekolah ke sana. Jadi belum pernah pas di bulan itu

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.