Menu

Percik Kata Nieke

Sabtu, 17 September 2022

Kumpulan Resep Masakan Tanpa MSG yang Tak Bikin Ribet

Buang jauh-jauh persepsi masak makanan sehat dan tanpa MSG itu ribet. Cobain resep-resep dari Dapur Kobe ini, deh.

dapurkobe, tepung kobe, resep, resep masakan, masak enak, masak lezat, resep masakan indonesia, resep dapur kobe, resep masakan sehat, resep indonesia, tanpa micin, tanpa msg, cinta tanpa micin, kobe tepung bumbu, tepung serbaguna premium, masakan sehat, makanan sehat, masakan, makanan.
Resep makanan tanpa micin. Foto: Kata Nieke


Makan masakan tanpa MSG? Apa enggak hambar tuh makanan? Dulu saya sangat akrab dengan serba micin seperti seolah tak pernah bisa berpisah. Etdah. Siapa sangka, ternyata saya sukses lho  setahun setop sama sekali makanan mengandung MSG. Sayur dan lauk pauk hanya menggunakan bumbu alami. Makanan serba rebus.

Kebiasaan makan masakan tanpa MSG ini saya bangun sejak 2017. Setahun pertama malah makan apapun tanpa MSG. Getol memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat.  

Sepekan lalu, saya bertemu tante dari Jakarta yang liburan ke Surabaya. Ternyata beliau juga mengganti pola makannya dengan lebih sehat dengan meniadakan micin dalam masakan. Ketika kami keluar jalan-jalan ke mal mencari kuliner, kami mendatangi restoran yang kira-kira bisa menerima 'permintaan khusus': tak pakai micin.

Apakah ada resto yang bisa menerima permintaan khusus itu? Syukurlah ada. Saat hendak masuk, kami melihat menu dan menanyakan apakah bisa capcay yang dipesan, dimasak tanpa MSG. Ternyata karyawannya mengiyakan. Yay!


Apa itu MSG? 

Yuk kenalan dulu dengan MSG. Nama panjangnya monosodium glutamate, lebih sering dipanggil micin. Sebenarnya, Food and Drug Administration (FDA) pernah menyatakan MSG aman digunakan. Namun mengkonsumsi berlebihan tidak baik. Apalagi jika orang tersebut memiliki kondisi tubuh tertentu. 

Micin atau monosidium glutamat (MSG) memang membuat makanan jadi lebih sedap. Namun jangan sampai mengonsumsinya berlebihan karena akan dampaknya tidak baik bagi kesehatan. Kalau badan kesehatan dunia alias WHO menyarankan batas maksimal konsumsi micin itu 6 gram per hari. Sedangkan Kementerian Kesehatan Indonesia malah lebih rendah, 5 gram per hari.

MSG mengandung natrium atau garam yang tinggi. Buat teman pembaca dengan kondisi kesehatan tertentu terutama bagi penderita hipertensi dan penyakit ginjal, pertimbangkan hindari atau kurangi masakan mengandung micin.

Saya sendiri memilih gaya hidup dan makan makanan lebih sehat dengan mengurangi makanan mengandung micin. Lama-lama terbiasa lho. Pada awalnya di lidah seperti ada sesuatu yang hilang. Apalagi kan yang mengandung micin biasanya lebih enak. Eh. Abaikan. Hahaha. Namun setelah beberapa bulan saya jadi terbiasa. Bahkan kalau makan makanan junk food, lidah saya merasa aneh dengan rasa yang sebelumnya saya gemari itu. 

Mungkin ibarat putus dengan mantan. Awalnya kan bakal ada kenangan-kenangan yang menggoda. Setelah berhasil move on, lalu ingat lagi kenangan-kenangan yang awalnya menggoda itu, kita jadi hmm... dulu kok bisa ya merasa begitu. Sekarang jadi beda.

Tahun kedua pasca-operasi, ketika dokter menyatakan sudah bebas myom, saya bahagia. Sedikit kendor fleksibel, tapi tetap terkendali. Sesekali micin untuk makanan tertentu, dalam sebulan bisa dihitung kurang dari lima jari, kok. Namun, kalau bisa makan makanan sehat, kenapa enggak? Bisa enggak sih makan makanan kesukaan tanpa micin?

Hidup sehat harus dipertahankan, dong. Saya mulai berani makan lauk dengan menggoreng, tapi memilih bumbu dengan hati-hati. Sedikit minyak goreng dan tidak memakai minyak curah. Minyak goreng hanya dua kali pakai maksimal. 

Benarkah masak makanan tanpa MSG itu ribet, bikin repot, makan waktu? Ternyata tidak, lho. Saya menemukan Kumpulan Resep Masakan Tanpa MSG di Dapur Kobe. Ada banyak resep masakan yang enggak ribet dan simpel. Tak hanya buat ibu rumah tangga, resep-resep ini juga cocok buat yang masih lajang, anak kosan seperti mahasiswa dan pekerja. Bikinnya juga rata-rata 30 menit saja.

Saya pun menjajal memasak dengan resep-resep itu, menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium. Soalnya tepung bumbu ini tanpa MSG dan mengandung vitamin seperti zat besi, serat pangan, vitamin B2, vitamin B9, dan mineral zinc. 


dapurkobe, tepung kobe, resep, resep masakan, masak enak, masak lezat, resep masakan indonesia, resep dapur kobe, resep masakan sehat, resep indonesia, tanpa micin, tanpa msg, cinta tanpa micin, kobe tepung bumbu, tepung serbaguna premium, masakan sehat, makanan sehat, masakan, makanan.
Ayam goreng, tahu goreng, ikan gurame goreng dimasak dengan
Kobe Tepung Serbaguna Premium. Foto: Kata Nieke


Hal yang saya suka dari Kobe Tepung Serbaguna Premium adalah aromanya yang gurih khas bawang putih dan rempah. Ini yang bikin aroma makanan makin lezat dan menggugah selera. 

 

Resep Masakan Non-MSG No Ribet

Dulu saya penggemar ayam goreng junk food dan fast food alias cepat saji. Hmm, bisa tiap hari makan beginian saking praktisnya. Apalagi waktu merantau di Jakarta, sering lembur dan pulang malam.  Kalau lapar tengah malam, tinggal pesan delivery, cuss ayam goreng meluncur. 

Setelah merombak gaya hidup menjadi lebih sehat, makan beginian bisa dihitung jari dalam sebulan. Namun kalau kangen makanan semacam itu--tentu saja harus dibuat tanpa micin--saya membuatnya sendiri. Yes, akhirnya saya bisa makan ayam goreng dengan kriuk dan krenyes yang sama seperti resto-resto waralaba itu. Nilai plusnya adalah kali ini ayam gorengnya tanpa MSG. Cinta tanpa micin!


dapurkobe, tepung kobe, resep, resep masakan, masak enak, masak lezat, resep masakan indonesia, resep dapur kobe, resep masakan sehat, resep indonesia, tanpa micin, tanpa msg, cinta tanpa micin, kobe tepung bumbu, tepung serbaguna premium, masakan sehat, makanan sehat, masakan, makanan.
dapurkobe, tepung kobe, resep, resep masakan, masak enak, masak lezat, resep masakan indonesia, resep dapur kobe, resep masakan sehat, resep indonesia, tanpa micin, tanpa msg, cinta tanpa micin, kobe tepung bumbu, tepung serbaguna premium, masakan sehat, makanan sehat, masakan, makanan.

Saya bagikan 3 resep masakan tanpa MSG dari Dapur Kobe ya:




Resep Ayam Dadu Crispy Non-MSG






Menu ini bisa disajikan sehari-hari, baik untuk sarapan, makan siang, makan malam. Bahan-bahannya juga gampang:


✅ 300 gram dada ayam fillet
✅ Kobe Tepung Serbaguna Premium berukuran 200 gram
✅ 350 ml air
✅ Minyak goreng secukupnya

Cara memasak:

✅ Potong-potong terlebih dahulu daging ayam hingga berbentuk dadu. Jangan lupa dicuci hingga bersih.

✅ Siapkan mangkuk. Masukkan Kobe Tepung Serbaguna Premium dan campurkan dengan air secukupnya hingga menjadi adonan basah. Masukkan potongan daging ayam berbentuk dadu ke dalam adonan tersebut.

✅ Siapkan wajan, panaskan minyak. Goreng ayam yang sudah diadoni dengan Kobe Tepung Serbaguna Premium, hingga warnanya berubah kuning kecoklatan.  

✅ Apabila warna ayam sudah berubah kuning kecoklatan, angkat, tiriskan dari minyak. Ayam siap dihidangkan dan dinikmati.


Mudah bukan, cara memasaknya? Eits, masih ada lagi nih resep ayam goreng tanpa micin sebagai variasi.


Resep Ayam Goreng Non-MSG

Nah ini resep penting buat penggemar ayam goreng ala ala fried chicken waralaba terkenal tapi tanpa micin. Tenang, cara masaknya juga enggak ribet, kok. Soalnya saya sendiri juga tipe orang yang suka masak simpel.


Bahannya:

✅ 1/2 ekor ayam dipotong menjadi empat bagian. Atau bisa juga beli daging ayam yang sudah dalam bentuk potongan, misalnya dada, paha atas, paha bawah.

✅ 100 ml air

✅ 1 Bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium isi 200 gram

✅ Minyak goreng secukupnya. Minyak goreng juga bisa diganti dengan minyak alternatif seperti zaitun, kelapa, dan sebagainya.

✅  Bahan-bahan ini bisa buat empat porsi dengan lama waktu masak sekitar 25 menit.


Berikutnya, begini cara memasaknya:

 Ayam dicuci bersih. Rendam dalam air. 

✅ Ayam yang sudah direndam air, dilumuri dengan tepung kering Kobe Tepung Serbaguna Premium. Pastikan tepung merata kena seluruh potongan daging ayam tersebut. 

✅ Goreng ayam yang sudah dilumuri tepung Kobe hingga warnanya kuning kecoklatan.

✅ Ayam goreng non MSG siap dihidangkan.


Kadang, saya juga suka menambahkan aroma kunyit pada ayam goreng. Selain sebagai variasi, kunyit juga punya banyak manfaat lho. Salah satunya berkaitan dengan sistem pencernaan. Kunyit membersihkan tubuh dari kotoran dan membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan. 


Resep Ayam Kunyit Crispy

Cara masaknya enggak pakai ribet. Memadukan Kobe Tepung Serbaguna Premium non-MSG dengan bubuk kunyit.

Bahan:

✅ Minyak secukupnya

✅ Satu bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium isi 200 gram

 350 ml air

 1/2 ekor ayam yang dipotong menjadi 6 bagian. Atau bisa juga beli daging ayam yang sudah dalam bentuk potongan ayam bagian paha, dada, dan sayap.

✅ 1/3 sendok makan bubuk kunyit


Cara memasaknya: 

 Rendam ayam dalam air.

 Tuangkan tepung kering Kobe Tepung Serbaguna Premium ke dalam wadah secukupnya, campur dengan bubuk kunyit. Aduk sampai rata.

✅ Masukkan ayam ke dalam tepung kering hingga seluruh potongan  terbalur tepung dengan rata. Ratakan dan cubit-cubit dengan ujung jari.

 Goreng potongan daging ayam dalam minyak. Upayakan daging ayam terendam dalam minyak. Tunggu sampai warna ayam menjadi kuning kecoklatan. Lalu angkat daging ayam tersebut.

 Ayam kunyit crispy siap dihidangkan.


Selain ayam goreng, ada banyak menu masakan yang bisa diolah dengan menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium non-MSG. Misalnya tahu, tempe, kentang, makanan laut seperti udang dan ikan. Teman pembaca bisa mencoba resep masakan Indonesia yang lebih sehat tanpa micin dengan mengintip Resep Dapur Kobe.

Teman pembaca ingin mencoba masak dengan Kobe Tepung Serbaguna Premium yang tidak mengandung MSG? Kamu bisa membeli Kobe tepung bumbu ini di Kobe Official Store lewat Shopee dan Tokopedia.

Selamat mencoba dan yuk hidup lebih sehat. 


Siap-siap masak dengan Kobe Tepung
Serbaguna Premium tanpa MSG.

Kobe Tepung Serbaguna Premium
yang tidak mengandung MSG.


Salam cinta tanpa micin,

Kata Nieke

38 komentar:

  1. Ituloh aku gagal fokus sama masakannya mbak nieke. Berasa pengen ikutan nyomot. Keknya enak bener itu 🤤

    BalasHapus
  2. Ehm jadi laper liat makanan.. seru juga baca cerita pisah dari msgnya Mbak Nieke, apalagi ada penjelasan yang lengkap tentang apa itu msg dan kenapa harus menghindarinya. .semoga tambah sehat dan bahagiaaa

    BalasHapus
  3. Memang pola hidup sehat itu harus dilatih ya mbakm tidak bisa mendadak tiba-tiba kita jauhi segala macam makanan. Salah satu proses adalah menghindari Micin di setiap masakan

    BalasHapus
  4. Sejak beberapa tahun terakhir saya juga mulai menghindari makanan yang mengandung micin. Walaupun seperti ada 'rasa' yang kurang tapi lama2 terbiasa juga. Dan ngomongin ayam goreng crispy itu adalah salah satu menu favorit saya, apalagi digorengnya pake tepung kobe.

    BalasHapus
  5. Toss aaah aq dulu jugaa spt dirimu sayy....ke resto atau makan bakso no micin dkk....eeeh skrg agak sedikit tledor 🤭...tapi plg ga plong yaa ada tepung bumbu tanpa micin

    BalasHapus
  6. memang benar micin kalau dikomsumsi berlebihan, dampaknya jadi buruk untuk kesehatan. Dulu pernah pusing bat kepalanya gegara komsumsi kebanyakan. Tapi karena udah nerapin pola hidup sehat, masalah pusing kepala hilang.

    Apalagi pas tahu ada tepung Kobe, wes bisa tetap makan enak tanpa takut micin

    BalasHapus
  7. Saya jadi penasaran deh mau coba ayam goreng kunyit pake tepung Kobe premium, selain sehat, cita rasanya pun pastinya unik ya :)

    BalasHapus
  8. Aih kak Nieke pinter masak jugak.. Mau dong icipin masakannya hihi..terutama ayam dadu crispy nih menggoda lidah

    BalasHapus
  9. Aku yes untuk makanan tanpa micin, apalagi sejak suspect CA Payudara hiks. Hidup lebih sehat, tanpa msg, banyak sayur dan buah.

    BalasHapus
  10. Galfok sama foto masakan mbak, auto lapar jadinya wkwkwk, ternyata ga ribet ya buat masakan tanpa msg, secara saya termasuk tim anti ribet

    BalasHapus
  11. Satu tepung bisa untuk ayam, tahu, atau pun tempe. Tepung kobe ini memang serbaguna dan praktis.

    BalasHapus
  12. Sbenarnya msg itu gpp, asal tidak melebihi batas konsumsi harian. Yg terjadi adalah banyak yg kelebihan konsumsi msg. Senang deh ada tepung kobe tanpa msg tetep enak

    BalasHapus
  13. saya dari bisa masak sampe sekarang berusaha ngehindarin msg, mba. Buat pengganti rasa gurih bisa didapat dari gula putih soalnya

    BalasHapus
  14. Wah, keren nih Kobe, mengeluarkan tepung bumbu serbaguna tanpa MSG. Apa yang kita goreng bakalan enak, gurih dan crispy, tapi gak ada mSG.

    BalasHapus
  15. Keluarga kami pun selalu skip micin mbak. Malah kalau kebanyakan jajan yang kerasa Micinnya jadi pusing.
    Untung ada tepung bumbu Kobe yah.. tetap enak dan gurih rasa masakannya

    BalasHapus
  16. Lihat masakan Mbak Nieke jadi ngiler nih
    Langsung ke shoppee dan pesan Kobe Tepung Serbaguna Premium non-MSG, biar weekend bisa langsung dieksekusi resep-resepnya

    BalasHapus
  17. Setujuuu mbaaak, Kobe Tepung Serbaguna Premium itu memang tercium banget aroma bawang putih dan rempahnya, itu yang bikin gurih ya.

    Kalau soal micin, aku sebetulnya gak anti, tapi ga suka ama rasanya hahaha. Makanan seenak apapun, kalau udah dikasih micin, bagi lidahku malah jadi ga enak. Kayak sop buntut di suatu resto, padahal tanpa micin aja udah gurih. Gurih dari lemaknya. Tapi dikasih micin. Malah jaid ilfil, sampe sekarang kalau ke resto itu gak mau pesan sop buntut lagi :D Soalnya kuat banget micinnya. Kelar makan udah minum dan cuci mulut pakaii buah, tetep aja nempel itu rasa micinnya di mulut.

    BalasHapus
  18. Wah resep kesukaannku nih ayam fillet tepung.. tapi aku belum pernah coba pake tepung ini nih... next mau coba ah! Thanks ya kak rekomendasi dan ulasannya!

    BalasHapus
  19. sekarang akhirnya kita bisa menghindari micin yaa, caranya dengan menggunakan kobe tepung serba guna ini

    BalasHapus
  20. Sejak divonis kista saya selalu berusaha mengurangi.MSG meski belum sepenuhnya..karena kadang kalau makan diluar sangat sulit memilih milih makanan. Tapi Kobe bisa jadi referensi untuk stok nih. Banyak ide yang bisa dibuat.

    BalasHapus
  21. terima kasih ide ide masak simpel tanpa micinnya mbak, bisa langsung dieksekusi inih, kobe memang bumbunya lebih resep ya mbak, ehhh lidah kami ding yang rasanya seperti itu hihi

    BalasHapus
  22. Wah, jadi Kobe tanpa MSG ya? Sama kayak mba, biasanya kalau bikin gortep pake ayam fillet. Alasannya tentu supaya effortless makan tanpa nyisihin tulangnya haha

    BalasHapus
  23. Wah makasih banyak Mbak resepnya, apalagi ayam makanan kesukaan keluarga.

    Iya kadang susah masak tanpa micin, kadang suka khilaf walaupun sudah berkomitmen mengurangi.

    Terima kasih sudah mengingatkan melalui artikel ini.

    BalasHapus
  24. Anti ribet2 club, dan tetep sehat. Pas banget ya mba Kobe tepung serbaguna premium ini buat aneka gorengan kriuk. Saya sering pake Buat bekel sekolah.

    BalasHapus
  25. Kobe juga jadi andalanku di rumah mbak, soalnya anak-anakku suka menu kripsi begini. ayam, udang, bahkan brokoli kalau digoreng kripsi pasti lahap makannya

    BalasHapus
  26. Semangat sehaaatttt mbaaa

    Akupun juga kudu memilah dan memilih makanan.
    Udah kena ujian sakit, jd daku sadar bgt betapa pentingnya healthy lifestyles yaaa

    BalasHapus
  27. Aku sering pakai tepung kobe. Ternyata udah non MSG ya? Alhamdulillah kalo gitu

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah sudah bebas myom...semoga sehat seterusnya ya Mba. Inspiratif ini sudah makan tanpa MSG demi kesehatan. Aku masak ga pakai micin juga sejak lama, tapi makan di luar, beli jadi masih ngikut yang biasa mereka.

    BalasHapus
  29. Produk Kobe yang ini udah tersedia di store kan ya mbak? Tertarik pengen coba juga, sekaligus coba bikin ayam goreng kunyit crispy kayanya enak banget.

    BalasHapus
  30. Meski g seberapa jago masak, aku selalu berusaha tetap masak buat anak anak
    Kobe Tepung Bumbu membantu kita membuat masakan sehat tanpa MSG ya mbak

    BalasHapus
  31. Saya pun kalau di rumah masak hampir tidak pernah menggunakan MSG, biasanya mengandalkan paduan garam dan gula aja untuk penyeimbang rasa.

    BalasHapus
  32. Jarang-jarang ada makanan bebas msg sekarang. Untung ada alternatif dari Kobe, bisa dicoba nanti. Ada beragam resep pula.

    BalasHapus
  33. Wah baru tahu kalau ada restoran yang menyanggupi untuk masak menu mereka tanpa micin. Patut diapresiasi :) Btw Ibu saya juga sering masak menggunakan tepung kobe, karena lebih praktis

    BalasHapus
  34. Micin itu emang bikin gak sehat ya. Apalagi jika dikonsumsi terus menerus. Kalau bisa tanpa micin, kenapa enggak. Kalau udah terbiasa maka nanti pun oke-oke saja.

    BalasHapus
  35. Beneran serbaguna ini. Saya juga pakai dan praktis kalau mau bikin ayam goreng dan kawan-kawannya. Kalau soal MSG, asal sesuai takaran gpp, kalau berlebihan itu yang bahaya ya.

    BalasHapus
  36. wah samaan di rumah saya juga pakai tepung ini selalu mba, rasanya pas banget memang, jaid laper lihat mba Niken makan hehehe

    BalasHapus
  37. patut dicoba buat membuktikan, hhhe
    baru tahu kalau Kobe tepungnya enggk pake MSG, ramah buat anak nih

    BalasHapus
  38. Kalau sedia Kobe Tepung Bumbu di rumah, kita bisa tanpa ribet menyajikan makanan non MSG di rumah ya mbak

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.