Menu

Percik Kata Nieke

Kamis, 30 Juni 2022

7 Alasan Taman Bungkul Surabaya Jadi Favorit Turis Domestik

Hampir tiap teman yang liburan ke Surabaya, selalu ingin berkunjung ke Taman Bungkul. Kalau kamu ke Surabaya, masukkan ini dalam daftarmu ya.

alasan kunjungi taman bungkul surabaya
Taman Bungkul Surabaya wajib dikunjungi. Pernah dilabeli taman terbaik se-Asia. 


Entah kenapa, tiap ada teman dari luar kota berlibur ke Surabaya, selalu ingin ke Taman Bungkul. Bukan cuma seorang teman, tapi hampir tiap teman yang melancong ke kota Pahlawan ini. 

"Niek, gw sama suami gw ke Surabaya. Besok temani dong ke Taman Bungkul," kata teman saya yang warga Jakarta ini beberapa tahun lalu--sebelum pandemi--saat berkunjung ke kota saya.

Kebetulan, hari yang dimaksud teman saya adalah hari Minggu. Saya mengiyakan. Pada hari yang ditentukan, kami berangkat bersama ke Taman Bungkul. Dia tampak senang melihat taman dengan pohon-pohon rindang, yang letaknya persis di pinggir jalan protokol, yakni Jalan Raya Darmo. Letaknya tak jauh dari Kebun Binatang Surabaya, hanya sekitar 1 km.

Bersama suaminya, ia mengelilingi Taman Bungkul, menjajal track joggingnya. Tak lupa berfoto di depan abjad raksasa bertulis Taman Bungkul yang terdapat di bagian taman sisi Jalan Raya Darmo, Surabaya.

Teman saya yang lain, asal Sumatera, juga pernah menghubungi saya lalu bertanya berapa jarak Taman Bungkul dari lokasi hotelnya. Rupanya ia sedang dinas luar kota ke Surabaya. Sebenarnya jaraknya lumayan, tapi ia berkukuh untuk mengunjungi Taman Bungkul. Akhirnya, teman saya ini berangkat dengan taksi daring. Sekalipun hanya duduk-duduk di taman menikmati suasana, lalu jajan di pujaseranya, ia mengaku puas.

Cerita lain, teman saya asal Surabaya memiliki pekerjaan sampingan sebagai pemandu wisata dan menyewakan mobil. Ia bercerita, ada klien yang ingin mengunjungi Taman Bungkul. Sesampai di sana, rampung menikmati keindahan taman, tamunya mencicip rawon Kalkulator yang terletak di pujasera, di area belakang Taman Bungkul.

Bagi warga Surabaya sendiri, sebelum pandemi Taman Bungkul kerap jadi tempat pelaksanaan Car Free Day. Semacam area Taman Monas di Jakarta, begitu. Pada hari Minggu, banyak yang berolah raga di sana. Mulai bersepeda, jogging, skateboard, senam-senam kecil. Di Taman Bungkul, juga terdapat area bermain anak-anak seperti ayunan dan jungkat-jangkit. 


 
1. Taman Bungkul Surabaya, Tempat Angker Menjelma Taman Indah

ada apa saja di taman bungkul surabaya
Sekelompok anak-anak mandi air mancur di Taman Bungkul Surabaya (sebelum pandemi).

Konon, sebelum disulap menjadi taman yang indah, Taman Bungkul ini tempat yang angker. Banyak orang takut ke tempat ini. Pada 2007, citra itu dirombak dengan menciptakan taman yang nyaman. Pada masa Tri Rismaharini menjadi Wali Kota, taman ini makin dipercantik hingga meraih penghargaan sebagai salah satu taman tercantik di Asia pada 2013. Organisasi PBB yang menganugerahi Taman Bungkul dengan Asian Townscape Award.


2. Taman Bungkul Juga Tempat Ziarah

Dekat Taman Bungkul, terdapat makam Sunan Bungkul yang biasa dijadikan tempat ziarah umat Muslim. Sunan Bungkul juga kerap dikenal dengan sebutan Mbah Bungkul, konon adalah bangsawan dari Majapahit yang menyebarkan agama Islam. Makamnya menjadi salah satu cagar budaya di Surabaya.


3. Kuliner Taman Bungkul, Ada Rawon Kalkulator

Masih dalam area Taman Bungkul, terdapat pujasera. Usai menikmati keindahan taman atau berolahraga, pengunjung bisa makan dan jajan di bagian pujaseranya. 

Salah satu kuliner yang terkenal di sini adalah rawon kalkulator.  Unik kan namanya? Bukan tanpa alasan disebut kalkulator. Sebabnya, pramusajinya bisa menghitung tagihan total hidangan pelanggan tanpa kalkulator. Penasaran? Coba buktikan dengan makan di sini.


4. Taman Bungkul Sering Jadi Tempat Vaksin 

Sejak pandemi, Taman Bungkul sempat ditutup untuk beraktivitas warga. Taman bungkul hanya dibuka untuk pelaksanaan vaksin di masa pandemi. Belakangan, pemerintah kota mulai membuka kembali taman-taman kotanya, termasuk Taman Bungkul.


5. Taman Bungkul Tempat Favorit Berolahraga

Banyak fasilitas berolahraga yang tersedia di Taman Bungkul. Bebatuan yang disusun untuk berjalan dengan kaki telanjang, yang berfungsi memperlancar peredaran darah misalnya. Selain itu, di sini juga terdapat track jogging dan tempat bermain skateboard.


6. Akses Masuk ke Taman Bungkul Gratis

Yap, kamu tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk masuk ke Taman Bungkul. Rogoh kocek hanya ketika kamu jajan dan makan.


7. Lokasi Taman Bungkul Strategis

Taman Bungkul sangat mudah dijangkau karena letaknya yang strategis. Tak heran kan, kalau taman kota ini kerap dijadikan tempat beraktivitas favorit warga kota Pahlawan.

Taman Bungkul juga kerap jadi lokasi festival lho. Misalnya Surabaya Vaganza pada 2018--sebelum pandemi. Surabaya Vaganza adalah parade kebudayaan dan seni yang rutenya keliling kota. Warga dan  turis bisa menonton dari pinggir jalan yang dilewati parade ini. Nah, Taman Bungkul biasanya dilewati atau bahkan menjadi tempat akhir dari rutenya. 



Salam hangat,

Kata Nieke



42 komentar:

  1. Namanya unik ya, Taman Bungkul. Itu nama daerahnya atau ada histori dibalik nama Bungkul? Pengen ke sini juga kalau ke Surabaya. Thanks info nya mba.

    BalasHapus
  2. Aku udah beberapa kali denger nama taman bungkul. Keren sih karena dari tempat angker diubah jadi tempat yang menarik.

    BalasHapus
  3. Aakkkk aku belum sempat ke sini sampai akhirnya lulus kuliah. Semoga bisa ke sini deh kalau pas main ke Surabaya lagi, entah kapaaann. Makasih ya mbak sudah mengobati rindu Surabaya.

    BalasHapus
  4. Sempat sekali ke Surabaya,tapi karena mepet gak sempat ke Taman Bungkul.Semoga ada kesempatan untuk bener-bener menikmati suasana taman Bungkul.

    BalasHapus
  5. Belum pernah nih aku jalan-jalan ke Surabaya, butuh rekomendasi tempat wisata lebih banyak lagi Mbaaa hahaha, makasih yaa aku jadi bisa cari alasan buat jalan-jalan ke sana nih hehe

    BalasHapus
  6. Waah.. tempatnya banyak kelebihannya ya selain letaknya yang strategis. Bisa dijadikan wisata edukasi, sejarah sampai bersantai senang. Jadi penasaran sama rawon kalkulatornya, wkwkwkw.

    BalasHapus
  7. Paling sukaaaaa sama tempat wisata yang begini. Masih banyak pohon dan ruang bebas. Jadi gak hanya bagus buat foto tapi juga bisa memberikan udara segar.

    BalasHapus
  8. Wah unik banget kak, dari angker jadi tempat kunjungan. Belum lagi rawon uniknya. Rawon kalkulator. Satu tempat dengan banyak manfaat ya ;) harus banyak nih tempat2 sepi disulap jd destinasi domestik.

    BalasHapus
  9. selama ini cuma pernah dengar namanya kalau muncul di berita. ternyata dari jepretan foto-foto di sini, memang terasa ya asyiknya. murah meriah, tapi hati senang

    BalasHapus
  10. Bisa jadi tempat wisata yang punya keunikan tersendiri ya taman bungkul ini, dan tanpa biaya masuk lagi. Dan aku liat tempatnya teduh gituu

    BalasHapus
  11. dulu lumayan sering dengar nama taman bungkul ini tapi pas ke surabaya nggak kesampaian ke sana

    BalasHapus
  12. rawon kalkulator kayaknya aku tahu deh pernah nonton liputannya di youtube. tapi kalau ke surabaya aku juga pernah karena ada paman yang tinggal disana, sayangnya belum pernah ke taman bungkul. maybe nextime kalo ke surabaya aku kesana

    BalasHapus
  13. rawon kalkulator kayaknya aku tahu deh pernah nonton liputannya di youtube. tapi kalau ke surabaya aku juga pernah karena ada paman yang tinggal disana, sayangnya belum pernah ke taman bungkul. maybe nextime kalo ke surabaya aku kesana

    BalasHapus
  14. Rawon kalkulator ini pernah masuk YouTube-nya Hari Jisun, keren banget sih bapaknya ngitungnya cepet banget!

    BalasHapus
  15. Taman bungkul ini yang terkenal itu kan ya? yang tamannya diinjek-injek warga sampe Bu Risma marah? wkwk

    hmm boleh boleh deh kapan2 ke taman bungkul

    BalasHapus
  16. Ya Allah, rindu sekali dengan Taman Bungkul.
    Zaman aku dulu SMA, belum sebagus ini doonk.. Dan masih cuma makan di area Taman Bungkul. Sekarang jadi ruang terbuka yang ramah dan bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama yaa...
    Seru bangeettt..

    BalasHapus
  17. Mudah-mudahan bisa ke Taman Bungkul Surabaya. Jadi kepingin nyoba rawon kalkulator juga.

    BalasHapus
  18. Keren banget kak, semoga lepas pandemi ini bisa mengubah posisi sepi menjadi ramai kembali ya karena wisata kita sudah semakin membaik

    BalasHapus
  19. Seru banget ya bisa masuk Taman Bungkul Surabaya yang gratis. Bisa buat jogging juga.

    BalasHapus
  20. Aku baru dengar taman bungkul nih. sayang juga ditutup karena pandemi ya. dimana-mana taman selalu jadi tempat olahraga

    BalasHapus
  21. Pernah lihat liputannya, taman ini emang ngetop ya mbak. Masuk whistlist lokasi yang pengen dikunjungi kalau ke SBY nih

    BalasHapus
  22. Membaca artikel tentang lokasi-lokasi wisata di Surabaya bikin saya pengen banget berkunjung ke sana. Semoga suatu hari nanti bisa kesampaian bertamu ke kota pahlawan :)

    BalasHapus
  23. Ah iya, Taman Bungkul ininjadi salah satu destinasi wisata favorit di Surabaya
    Buat aku, taman Bungkul ini memorable banget mbak
    Aku dilamar suamiku disini, hahah

    BalasHapus
  24. Ternyata di satu tempat terdapat banyak fasilitas dan ada ceritanya juga ya. Seru nih kapan-kapan wajib mampir kesana

    BalasHapus
  25. Dulu saat ke Surabaya saya hanya lewat taman bungkul ini ternyata sering digunakan berbagai kegiatan ya.

    BalasHapus
  26. Hahahaa mbakkk kita ketemuan yuks hwakaka. Aku tuh beberapa kali ke yaman bungkul acara komunitas sih dan sesekali sama anak2 dan ayahnya. Jalan2 aja gitu hehehe...emang luas sih dan ada waktu khusus di cfd sehingga taman bunhkul dana rea sekitarnya bisa dipakai buat jalan2 dna sepedaan

    BalasHapus
  27. Aku sering lewat tapi belum pernah mampir, duh jadi kepikiran pingin mampir deh... Ajak anak anak sekalian biar seru..

    BalasHapus
  28. Wah berarti kalau nanti aku ke Surabaya mesti jalan jalan ke taman bungkul ini ya mba. Kayaknya tempatnya seru bisa car free day gitu. Banyak orang yang dateng buat olahraga, jalan jalan, kulineran. Wah lengkap ya.

    BalasHapus
  29. Taman Bungkul udah jadi tempat wisata legend yaa.. selain tempat asri juga sering dijadiin tempat acara kumpul. Aku kalau nanti ke Surabaya juga pengen mampir ke sini mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga nih pingin banget, belom pernah ke Surabaya malah ^^ soon ajak mau lihat langsung tempatnya, kayanya asri nyaman buat nikmatin brg keluarga

      Hapus
    2. Enakmya mampir hari minggu koh jadi lebih terasa vibes kumpul2 dan aktivitasnya hehhe

      Hapus
  30. Emak-emak pasti suka ni ngajak ke Taman Bungkul, soalnya gratis. Hehehe.. anak-anak bisa main, kantong emak rada aman. Jajan bisalah bawa bekal dari rumah.

    BalasHapus
  31. Kalau dimanfaatkan jadi tempat rekreasi dan hal positif lainnya, kesan angker nya kan jadi hilang. Apalagi hadirnya taman bagus kan jadi ada penghijauan

    BalasHapus
  32. Aku sudah nih ka main ke Tamab Bungkul pas mudik ke rmh mertua di surabaya tempatnya emang harus bngt kita kunjungin saat bertandang ke Surabaya sambil nyicipin kulineran skitar taman Bungkul

    BalasHapus
  33. Sudah banyak sekali perubahan Taman bungkul, dulu suka sekali ada kegiatan di sini, Kalau ke Surabaya lagi harus mampir nih .

    BalasHapus
  34. Wah viewnya memang indah Mbak, wisatawan lokal seperti kita aja mah suka mengunjungi tmpat wisata seperti ini apalagi seorang turis. Semoga makin dikenal dunia wisata ini yaa Mbak

    BalasHapus
  35. Taman bungkul jadi makin menarik ornag untuk berkunjung. Kalau ke Surabaya perlu nih mampir biar bisa ikut menikmati hasil pembangunan, dan keindahannya

    BalasHapus
  36. Ahhh wajib nih ke sini kalau ke Surabaya suatu saat nanti. Seru banget sih itu pada main air di spot air mancurnya. Anak-anak saya demen tuh kalau udah lihat yang namanya air.

    BalasHapus
  37. Wah kemarin pas Iduladha temenku sempat tanya wisata Surabaya apa aja. Tahu gitu aku rekomendasi kan Taman Bungkul ya mbak. Apalagi ada rawon khas yang unik

    BalasHapus
  38. Jadi penasaran nih pengin lihat sendiri kayak apa Taman Bungkul. Kalau di Semarang, yang ada taman terus ada pancuran airnya gitu namanya Taman Indonesia Kaya. Anak-anak happy banget tuh kalau pas basah-basahan gitu.

    BalasHapus
  39. ngajakin anak-anak ke taman bungkul pas surabaya kayanya asik nih, otw cari google penampakannya

    BalasHapus
  40. Duh, kalau bicara Taman Bungkul, saya langsung keinget tugas kuliah. Ngambil sumber yang mau dianalisis dengan cara wawancara sama waria di sana. Mana sebelum subuh masih di sana sendirian, nunggu yang lain ambil sampel di Kembang Kuning. Sampai petugas kebersihan nanyain, dikira saya kenapa-napa wkwkwk.

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.