Menu

Percik Kata Nieke

Selasa, 14 Juni 2022

5 Cara Liburan Murah dengan Kantong Tipis

 Pengin liburan tapi kantong lagi tipis? Liburan itu enggak harus mahal lho. Ini 5 cara liburan dengan bajet murah.

tips liburan murah
Tips liburan hemat dan murah.

Liburan itu tidak harus mahal. Pertama-tama harus kita sepakati dulu yang ini. Kalau punya bajet cukup dan beruntung, bisa liburan hemat dan murah dengan staycation atau cari diskon ke tempat wisata. Tapi bagaimana kalau cuma punya anggaran pas-pasan, sementara isi otak sudah mengepul butuh healing-healing?

Nah, kalau urusannya begini kita memang kudu super kreatif menciptakan liburan tipis-tipis, di kota sendiri, atau bahkan di rumah sendiri. Yekan? Ini beberapa ide yang pernah saya lakukan saat butuh liburan tapi lagi jadi sobat missqueen.


1. Kunjungi taman kota

Keuntungan: Akses masuknya biasanya gratis. Lumayan kan, tidak perlu merogoh kocek untuk membayar tiket masuk. Hal yang perlu diperhatikan adalah jaga jarak dengan kerumuman, memakai masker, bawa hand sanitizer. Cek juga cuaca hari itu, apakah memungkinkan untuk beraktivitas di luar rumah. Pastikan cuaca cerah dan tidak hujan. Bawa payung dan kipas elektronik kecil.


Taman Prestasi, Ketabang Kali, kota Surabaya.


Aktivitas yang bisa dilakukan di taman kota:

๐Ÿ‘Piknik

Perlu diperhatikan aturan saat berada di taman kota, apakah diperbolehkan untuk menggelar tikar ala piknik atau tidak.  Nah, di sekitar taman kota biasanya terdapat pujasera atau food court, atau penjaja makanan dan minuman keliling. Tapi jika ingin berhemat, kita bisa membawa sendiri makanan dari rumah. Bekal bisa berupa nasi, lauk, pauk, atau roti, serta minuman. Sepulangnya, jangan lupa membersihkan sampah sisa makanan dan minuman ya.

๐Ÿ‘Permainan Simpel

Siapkan beberapa permainan yang simpel, yang melibatkan interaksi dan menimbulkan keakraban peserta piknik. Kita bisa cari beberapa aktivitas dari google. Contoh permainan yang mudah dan praktis: berbalas pantun, cerpen mini berantai (melanjutkan kalimat), tebak-tebakan, pembisik berantai.

๐Ÿ‘Baca buku

Paling enak dilakukan kalau peserta piknik punya hobi sama: baca buku. Sambil gelar tikar, cari tempat teduh, lalu nikmati baca buku.

๐Ÿ‘Bersepeda, jogging, olahraga

Ada beberapa taman kota yang menyediakan track bersepeda, olahraga, jogging, bahkan skateboard. 


Baca juga: Traveling Surabaya: Wisata Perahu Kali Mas

 

2. Nobar

Nobar alias nonton bareng sebuah film atau drama seri, atau pertandingan olahraga yang tayang live streaming. Misalnya bulutangkis atau sepak bola. 


liburan murah dengan nonton bersama atau nonton bareng
Liburan hemat dengan nonton bareng di rumah.


Hal yang perlu disiapkan:

๐Ÿ‘Tata kembali ruangan yang hendak digunakan nobar. Bisa ruang keluarga, ruang televisi. Buat senyaman mungkin dengan menambah karpet dan beberapa bantal.

๐Ÿ‘Pastikan tontonan atau tayangan yang hendak ditonton bareng sesuai dengan usia penontonnya. Apabila nobar bersama keluarga dan ada anggota keluarga yang masih di bawah umur, cari tayangan yang bisa disaksikan secara aman bagi segala umur.

๐Ÿ‘Baca dulu review film atau drama seri tersebut untuk memastikan tidak ada adegan-adegan yang tidak diinginkan. Misalnya adegan vulgar, sadistis, atau hal yang justru menimbulkan ketidaknyaman setelah menonton. 

๐Ÿ‘Siapkan hidangan atau camilan. 

๐Ÿ‘Apabila menonton drama seri, berarti nobar bisa berjam-jam. Siapkan hidangan berat untuk makan.


3. Masak dan makan bersama

Aktivitas memasak bersama bisa seru dan menyenangkan lho. Kegiatan ini juga bisa dilakukan lintas gender, laki-laki dan perempuan. Buatlah masakan yang memiliki porsi banyak dan yang resepnya mudah. 

Misalnya ala hot pot yang cuma butuh kompor kecil portabel dan panci ukuran besar. Kuahnya bisa menggunakan kaldu ayam instan, isinya bakso dan aneka makanan beku atau frozen food seperti bakso ikan, bakso kepiting, yang bisa dibeli di supermarket.

Bisa juga mengadakan sistem potluck, apabila pesertanya teman atau kerabat yang berkunjung. Sistem potluck, satu pihak membawa satu jenis makanan. Misalnya si A membawa satu atau dua porsi sate ayam, si B membawa bakso, si C membawa pizza, si D membawa nasi goreng. Setiap orang bisa patungan beras untuk dimasak di rumah yang menjadi host atau tuan rumah.


tips liburan murah
Aktivitas memasak bersama bisa jadi hal menyenangkan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:

๐Ÿ‘Buatlah rencana masakan, siapkan resep yang mudah. Bagikan resep itu kepada seluruh peserta.

๐Ÿ‘Bagi tugas untuk belanja jika aktivitas ini dilakukan dengan teman-teman. 

๐Ÿ‘Bagi tugas saat memasak.

๐Ÿ‘Peserta yang tidak kebagian tugas bisa mempersiapkan peralatan makan atau mempersiapkan ruangan. Atau membuat hidangan pencuci mulut, misalnya memotong buah-buahan.

๐Ÿ‘Jangan lupa membantu mencuci peralatan makan dan minum serta membantu membersihkan ruangan yang telah digunakan. 

๐Ÿ‘Inti dari kegiatan ini adalah kebersamaan.


4. Andalkan promo

Pada waktu-waktu tertentu, restoran dan bioskop menawarkan promo-promo dalam bentuk potongan harga atau beli satu dapat satu. Manfaatkan promo-promo tersebut. 


5. Memainkan permainan

Mabar alias main bareng, bisa memainkan suatu permainan yang bisa dilakukan secara daring misalnya Mobile Legend. Bahkan permainan bisa melibatkan kerabat atau saudara yang berbeda kota. Bentuk tim A dan tim B untuk bertanding.

Permainan tak selalu dengan gawai (gadget/ponsel). Coba permainan tradisional seperti gobak sodor, benteng-bentengan, catur, atau monopoli. Permainan semacam ini juga mengasyikkan lho karena interaksinya. 


Sebagai penulis ide liburan ini, saya sendiri sudah melakukan kelima aktivitas di atas. Lumayan menyenangkan. Saat di Jakarta, saya pernah piknik di Taman Menteng dan Suropati, Jakarta. Saya pernah pula berolahraga bersama teman-teman di Taman Gelora Bung Karno, Jakarta. Kalau di Surabaya, pernah di Taman Flora Batang, Surabaya.

Bagaimana dengan kamu, sudah pernah mencoba liburan murah seperti ini? Atau kamu punya ide liburan yang juga hemat? Sharing, yuk di kolom komentar.


Salam ๐Ÿต,

Kata Nieke 

 

25 komentar:

  1. aku paling suka nobar :D entah itu di netflix atau bioskop dengan tiket nonton promo jadi murah :D

    BalasHapus
  2. Menginspirasi sekali mbak tulisannya apalagi sebentar lagi liburan dengan pengeluaran yang tidak besar๐Ÿฅฐ

    BalasHapus
  3. Nah iya, liburan murah meriah itu ke taman kota, apalagi klo masih punya anak kecil. Bisa main ayunan, sepeda, atau hanya berlari-lari di atas rumput.
    Klo mau lebih hemat bawa bekal dari rumah, klo mau praktis tinggal jajan di sana.

    BalasHapus
  4. Habis baca artikel ini. Aku jadi pengin Mukbang eeeeh kok Mukbang sih. Makan bareng lesehan lalu ambil daun pisang banyak, ditata ditengah. Ee lalu sajikan nasi liwet dengan segala lauk pauknya dan jangan lupa kerupuk lilit juga. Duh kenapa aku ngiler sendiri jadinya inih

    BalasHapus
  5. Piknik di taman kota nih mba aku biasanya sama anak dan suami. Murah meriah, anak dah happy hihi

    BalasHapus
  6. Ini saya banget. Apalagi untuk bocil yang lktif. Kalau setiap minggu ke taman hiburan misalnya wah kita jadi bokek. Jadilah hiburan umum nan murah meriah jadi pilihan. Tapi ya itu perlu survei dulu, karena ada yang kurang terawat.

    BalasHapus
  7. kalau anak-anak suka piknik-piknikan, main bareng atau masak bareng mbak, seseruan bareng itu menyenangkan

    BalasHapus
  8. Haha iya ya
    Liburan itu nggak harus mahal dan saat kantong tebal saja
    Kalau tahu triknya, bisa kok liburan hemat dengan kantong tipis

    BalasHapus
  9. Lihat 5 cara liburan yang murah dan hemat, kok ya hampir sama seperti diriku lakukan hahahahah. Buat menghilangkan penat akan aktivitas rutin kan tidak perlu mahal juga ya hihi

    BalasHapus
  10. mengunjungi taman kota jalan ninjaku mbak, dan ternyata memang benar adanya semodern apapun kota tetap butuh taman kota

    BalasHapus
  11. Yeaaay~
    Libur telah tiba. Bahagia mamak gak perlu ngomel-ngomel nyiapin ini dan itu.
    Tapi jadi selalu lapar yaa.. Apalagi dirumahaja.
    Stok makanan judu banyak dan ide masakan kudu kreatif.

    Seru nih.. beraktivitas di dapur bersama anak-anak.
    Jadi bisa merasakan susah senang bersama.

    BalasHapus
  12. jadi alternatif untuk liburan anak anak bentar lagi. bisa diaplikasikan juga untuk berlibur hemat bersama keluarga.

    BalasHapus
  13. Iyess liburan murah meriah gratis pernah nongkrong di Taman komplek, lihat yg pada main layangan di lapangan, atau menata ulang rumah biar ga bosan๐Ÿ‘Œ

    BalasHapus
  14. Kalau liburan on budget versiku biasanya ke museum, htm nya terjangkau, dapat ilmu baru dan bisa foto-foto hehe ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  15. Tipsnya masuk banget nih ka, secara saya si bolang ekonomis ๐Ÿ˜†. Taman kota memang andalan banget apalagi kalau kualitas udara makin bagus pasti makin betah.

    BalasHapus
  16. Nah ini baru keren, artikel menginspirasi untuk liburan yang ekonomis namun padat bonding untuk keluarga.

    Jadi kita bisa memanfaatkan taman kota, perpustakaan dan segala fasilitas umum dengan menyenangkan dan bermakna ya mba

    BalasHapus
  17. Dekat rumahku ada taman kota juga, Mbak. Bisa sekalian buat joging bareng anak anak. Sudah kurencanakan nanti liburan akan kesana lagi

    BalasHapus
  18. Ini nih sesuai banget, sama aku dan paksu bun, hihi karena ada budgetting lain, yg lebih urgent, jadi mending hiburan murah meriah, mungkin bisanya baru masak dan jalan jalan ke tamkot, karena kita gak bisa screen time lama, ada bayi.next pengen nyobain ke alun alun bawah tanah

    BalasHapus
  19. Yang sering aku lakukan di antaranya, membaca dan bersepeda.

    BalasHapus
  20. Menarik nih idenya dan yah setuju banget. Liburan gak perlu mahal ya yang penting bisalah quality time with family. Dengan aktivitas sederhana seperti yg disebutkan di atas, itu saja sudah jd liburan yg menyenangkan

    BalasHapus
  21. Liburan murah, hemat, menyenangkan, memang lebih pergi ketaman taman hijau, liat indahnya laut sambil makan gorengan,,aaah bener2 simple tapi otak bisa fresh

    BalasHapus
  22. Wuih ini andalan saya dan keluarga semua mbak, terutama saat puncak pandemi. Alhamdulillah bisa tetap happy meski main piknik-piknikan di dak atap ruko๐Ÿคฃ Terus karena anak senang masak, jadilah kita masak2 bareng teru

    BalasHapus
  23. wah aku anak nomor 4 banget sih kak. jarang pergi jauh tapi kalau ada promo mah langsung gaskeun XD

    BalasHapus
  24. Masak bareng masih jadi hal yang paling menyenangkan buat keluarga kami. Apalagi kalau masaknya bakar-bakaran, rasa hangatnya berasa banget.

    BalasHapus
  25. Wkwk... betul bgt tipsnya mba, klu kantong lg tipis jln2 ke taman kota. Diriku jln2 ke taman lapangan banteng sj sdh bahagia

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.