Menu

Percik Kata Nieke

Kamis, 30 Juni 2022

4 Rekomendasi Film Korea yang Bikin Ketawa

Bikin harimu ceria dengan nonton 4 film Korea bergenre laga-komedi terbaik ini. Ada Gong Yoo dan Lee Sung-kyung. Bisa bikin tertawa terbahak-bahak.

film komedi Korea terbaik
Rekomendasi film laga-komedi (action-comedy) Korea terbaik.


Film Korea tidak selalu punya bertema cinta-cintaan, lho. Berhubung sudah musim liburan, saya merekomendasikan 4 film Korea terbaik yang temanya non-romantis. Empat film Korea ini bergenre laga-komedi, dua di antaranya dibintangi Gong Yoo dan Lee Sung-kyung.

Film dan drama Korea beda ya? Iyalah. Film hanya punya durasi sekitar satu atau dua jam, sedangkan drama Korea alias drakor bisa sedikitnya 3 episode hingga 20-an episode. Jadi teman-teman bisa langsung nonton tuntas tanpa utang episode.  

Sebelum nonton film-film komedi Korea terbaik ini, enaknya siapkan camilan biar serasa nonton di bioskop. Saya sih biasanya beli popcorn yang sudah jadi di toko serba ada terdekat. Camilan lainnya, tentu saja camilan ala Korea. Tteopokki instan yang bisa dimasak sendiri, corndog pesan lewat aplikasi makan daring, atau mie ramyun instan. 

Biar makin seru, ajak teman-teman nonton bareng. Biar tertawanya bisa bersamaan. Tapi kalau lagi ingin me-time, nonton sendiri pun tak ada salahnya. Kalau mau liburan ala healing  tak selalu harus keluar biaya mahal kan? Kadang, nonton film yang kocak pun sudah cukup.

Berikut ini empat film Korea yang bisa bikin teman-teman tertawa:


🎬Extreme Job

film komedi korea terbaik
Extreme Job, film laga-komedi Korea.


Ceritanya tentang detektif polisi satuan narkoba hendak menangkap geng mafia obat terlarang. Film yang dirilis Januari 2019 ini dibintangi Ryu Seung-ryoung, Lee Hanee alias Lee Honey (yang membintangi drama Korea On the Woman, reviewnya juga pernah saya tulis di blog ini), Jin Seon-kyu, Lee Dong-hwi, dan Gong Myung. 

Satu divisi yang terdiri dari lima orang ini bekerja sama mengintai kelompok penjahat. Untuk mengumpulkan bukti dan menangkap, mereka pun menyamar sebagai pegawai restoran ayam goreng. 

Ide membuka restoran ayam goreng ini tak sengaja tercetus ketika mereka sedang makan di sebuah restoran yang sepi, persis di depan markas kelompok penjahat yang jadi target. Resto yang jadi tempat pengintaian akan ditutup karena merugi. Mereka pun membeli gedung tersebut.

Ternyata salah satu anggota polisi ini punya resep ayam goreng yang sangat enak. Jadilah resto tersebut disulap menjadi resto ayam goreng. Tak disangka, ayam goreng yang dijual sangat enak. Pembeli menyukainya. 

Resto yang harusnya jadi tempat pengintaian justru mendapat sorotan karena ayam gorengnya jadi viral dan terkenal. Bahkan, resto itu diliput dan jadi bahan perbincangan di mana-mana. 

Di sinilah kelucuan terjadi. Kelima detektif ini diperlihatkan keasyikan berjualan ayam goreng. Apalagi pemasukannya melebihi gaji profesi mereka yang sebenarnya. Namun mereka tetap berusaha mengutamakan tujuan utama yakni menangkap kelompok penjahat.

review dan sinopsis extreme job film korea
Extreme Job, film Korea yang bikin ketawa.


Banyak adegan-adegan laga dalam Extreme Job. Dari awal hingga akhir film, penonton dibuat tertawa. Sesekali penonton dibawa pada adegan-adegan menegangkan yang jenaka.

Sekalipun genre Extreme Job ini laga-komedi, tapi sebaiknya penonton berusia di atas 13 tahun dengan pendampingan orangtua. Soalnya ada adegan kekerasan dan penjualan obat terlarang. Di sini, orangtua yang menonton bersama anaknya yang menginjak remaja juga bisa sekaligus memberi nilai-nilai agar menjauhi obat terlarang.

Saya pertama kali menonton film ini saat diputar di CGV Marvel City, Surabaya. Satu ruangan bioskop dipenuhi tawa membahana para penonton. Di pengujung film, saya tak menyangka penonton sampai bertepuk tangan.

Kedua kalinya saya menyaksikan film ini ketika ditayangkan dalam rangka Festival Film Korea. Saat itu sebelum pandemi merebak. Bersama teman-teman kursus bahasa Korea, kami menonton bareng film ini di bioskop yang sama, CGV Marvel City Surabaya.

Nonton kedua kalinya tak membuat saya bosan. Film ini tetap sukses membuat saya dan teman-teman saya terpingkal-pingkal. Lagi-lagi, para penonton film ini bertepuk tangan ketika film berakhir. Tertarik nonton Extreme Job? 


🎬Miss and Mrs Cops

miss and mrs cops lee sung kyung
Miss and Mrs Cops, Lee Sung-kyung tampil beda 
di film Korea ini.


Sesuai judulnya, film bercerita tentang dua polisi perempuan yang dibintangi Ra Mi-ran dan ‎Lee Sung-kyung. Film yang dirilis Mei 2019 ini disutradarai Jung Da-won. 

Penasaran kan melihat Lee Sung-kyung yang biasanya main di genre komedi-romantis jadi polisi garang di genre laga-komedi? Oya, di drakor terbarunya Shooting Stars, Lee Sung-kyung berpasangan dengan Kim Young-dae yang melejit sejak Extraordinary You, The Penthouse, dan True Beauty.

Nah, film Miss & Mrs. Cops ini mengisahkan Mi-yeong (Ra Mi-ran), seorang polisi yang sebelumnya bertugas di lapangan dan terkenal handal memberantas kasus-kasus kejahatan. Namun setelah menikah, ia ditugaskan sebagai polisi di kantor Pelayanan Publik. 

Sementara itu, Ji-hye (Lee Sung-kyung) adalah saudara ipar Mi-yeong yang baru saja menjadi polisi dan ditugaskan di divisi yang sama. Mereka akhirnya bekerja sama memecahkan kasus setelah seorang perempuan b***h diri akibat diperas dengan video pelecehan dan kekerasan. 

Perempuan ini mengalami kekerasan yang direkam, lalu pelakunya meminta sejumlah uang. Jika tidak, video akan disebarkan. Bermula dari sini, terungkap bahwa kasus ini dilakukan sekelompok orang secara terorganisir. Kelompok ini merencanakan kejahatannya. Mereka melecehkan korban dengan sebelumnya mencampuri minumannya dengan obat terlarang.

Sayangnya, keinginan Miss and Mrs Cops yang menggebu-gebu untuk menangkap dalangnya, tak didukung oleh atasan. Keduanya kemudian meneruskan kasus secara gerilya. Dibantu seorang rekan kantor yang jago meretas internet, mereka bahkan menyamar untuk mengetahui jaringan para pelakunya. 

Nilai plusnya, Miss and Mrs. Cops ini menyinggung kegelisahan perempuan berkarir yang berumah tangga, bagaimana ia berusaha menyeimbangkan kehidupan antara karir dan rumah melalui tokoh yang diperankan Ra Mi-ran. Sedangkan dalam tokoh yang diperankan Lee Sung-kyung, penonton perempuan yang masih lajang akan dibawa pada sudut pandang seorang alpha female  mandiri, tegas, dan berani.

Saya menonton film ini juga ketika ada Festival Film Korea di Surabaya. Lantaran terkesan, saya menonton ulang melalui aplikasi yang menyediakan layanan film Korea. Film ini benar-benar menghibur dan tidak membuat penonton harus berpikir. Tinggal duduk manis dan tertawa saja menikmati filmnya.  Bagaimana, mau menontonnya?


🎬My Wife is A Gansgter

film action korea terbaik my wife is a gangster
My Wife is a Gangster, film Korea terlucu.


Sebenarnya ini termasuk film lama, dirilis September 2001. Wow, sudah sekitar 20 tahun dong! Toh, film My Wife is a Gangster tetap layak ditonton. Kesuksesan film ini menuntun hingga dibuat My Wife is a Gangster 2 (2003) dan My Wife is a Gangster 3 (2006). 

My Wife is a Gangster pertama disutradari oleh Jo Jin-kyu. Bercerita tentang Eun-jin (Shin Eun-kyung) seorang perempuan jago bela diri dan pimpinan geng mafia dengan nama julukan Mantis. Suatu ketika ia menemukan kakaknya Yu-jin, yang lama hilang dan hidup terpisah. Sayangnya Yu-jin menderita sakit berat dan ia meminta Eun-jin untuk segera menikah.

Kelucuan bermula dari permintaan sang kakak yang sedang sakit keras ini. Eun-jin pun mengikuti kencan buta untuk mencari calon suami. Ia berpura-pura menjadi perempuan biasa yang lemah dan menyembunyikan identitasnya sebagai pimpinan geng.

Di saat masa pencarian calon suami, Eun-jin tak sengaja berjumpa dengan Kang Soo-il, pria sederhana yang baik hati. Mereka lantas menikah.

Yu-jin kembali mengungkapkan permintaannya untuk melihat Eun-jin memiliki anak. Maka Eun-jin pun berusaha memenuhinya. Di saat seperti ini, terjadi konflik dengan kelompok geng lain. Mau tidak mau, Eun-jin diam-diam bertindak. 

Kang Soo-il, sang suami, kemudian mengetahui istrinya adalah anggota geng setelah melihat tatonya. Ia meminta Eun-jin untuk menjadi orang biasa dan hidup normal. Eun-jin juga kemudian menemukan dirinya ternyata sedang mengandung. Namun akibat diserang kelompok geng lain, Eun-jin terluka dan dirawat di rumah sakit. Soo-il baru tahu kalau istrinya sedang hamil. Ia marah.

Soo-il memutuskan menghadapi kelompok yang menyerang dan melukai istrinya. Bisakah Soo-il menghadapi lawannya? Bagaimana nasib perkawinan Eun-jin dan Soo-il setelah identitas Eun-jin terbongkar? 

Saya menonton film ini saat sedang tayang di sebuah saluran televisi Korea, melalui layanan First Media, sekitar empat tahun lalu. Eh, ini bukan endorsement ya. Syukur kalau berbuah endorsement. Hehehe. Film ini memadukan bumbu laga dan komedi. Apabila ditonton bersama keluarga, pastikan semua sudah berusia minimal 17 tahun.



Baca juga: Film Korea Tak Hanya Drama Romantis, Ini Rekomendasi yang Wajib Ditonton


🎬She's on Duty

film action komedi korea terbaik gong yoo
Gong Yoo membintangi She's on Duty, film action-comedy Korea.  


Penggemar Gong Yoo angkat tangan! She's on Duty juga film Korea lawas, dirilis Maret 2005. Di film yang disutradarai Park Kwang-chun ini, teman-teman bisa melihat wajah Gong Yoo yang masih unyu-unyu tapi tetap ganteng dan berkharisma. Uhuk. 

Ceritanya tentang Cheon Jae-in (Kim Sun Ah), polisi yang menyamar sebagai anak SMA. Targetnya adalah agar bisa berteman dekat Seung-hee (diperankan Nam Sang-mi), putri Cha Young-jae, seorang tokoh geng. Tugasnya adalah untuk mengumpulkan informasi ayahnya sekaligus melindungi Seung-hee. 

Saat menyamar sebagai anak SMA, Jae-in nyaris dirisak atau dibully sekelompok temannya. Mereka tidak tahu Jae-in adalah detektif jago bela diri yang sedang dalam penyamaran. Tentu saja, Jae-in bisa mengalahkan mereka. 

Jae-in kemudian berkenalan dengan Kang No-young (Gong Yoo), murid sekelasnya yang tampan. No-young banyak membantu Jae-in. Diam-diam Jae-in tertarik padanya, namun ia sadar bahwa sebenarnya usia mereka berjarak. 

Ketika misinya tercapai, Jae-in mengakui bahwa dirinya polisi yang menyamar pada Seung-hee. Tentu saja Seung-hee kecewa. Jae-in kemudian membawa Seung-hee untuk dijaga dan dilindungi bersama seorang petugas polisi lain. Tak dinyana, petugas polisi ini berkhianat. Mereka justru dijebak dan diserahkan pada kelompok geng lawan ayah Seung-hee.

Seung-hee dibawa kelompok geng tersebut. Jae-in diikat dan ditinggalkan di tengah jalanan yang gelap. Mendadak terdengar deru mesin sebuah motor. No-young datang menyelamatkan Jae-in. Mereka berdua kemudian bekerja sama menyelamatkan Seung-hee.

Siapa Kang No-young sebenarnya? Apakah kisah cinta Jae-in dengan No-young berlanjut setelah identitasnya sebagai polisi terbongkar? Berhasilkah keduanya menyelamatkan Seung-hee dari cengkeraman kelompok penjahat?

Saya menonton She's on Duty belakangan ini di saluran televisi Korea melalui First Media. Sekali lagi, ini bukan endorsment. Kebetulan saat itu usai menyaksikan drama Korea. Ternyata tayangan selanjutnya adalah film She's on Duty. Apalagi melihat wajah Gong Yoo wara-wiri, yak lanjut nonton terus. Hihihi.

Bagaimana, tertarik nonton film yang kocak dan seru ini?


Dari keempat film ini, teman pembaca paling tertarik atau penasaran dengan judul film yang mana? Atau jangan-jangan, teman pembaca sudah pernah nonton salah satu atau dua di antara film-film yang saya sebutkan di atas. Bagaimana kesanmu rampung nonton film itu?


Salam hangat,

Kata Nieke

27 komentar:

  1. Pas bangeet rekomendasi ini di masa liburan hehehe. Wajib ditonton nih. Thanks ya mba😍

    BalasHapus
  2. Aku seneng kalo filmnya lucu2 gini hehehe masuk nih list nontonku bulan depan insya allah ya. Bulan juli padet uey

    BalasHapus
  3. Pas banget nih kak lagi cari hiburan film yang bikin ngakak. Bosan kkntn film sedih2 an mulu

    BalasHapus
  4. membaca ringkasannya di sjni saja sdh mulai senyum2 nih saya..hehe.. tapi dr ke-4 nya saya paling ingin menonton yg She's on Duty deh, krn sepertinya akan asyik juga menikmati cewek memainkan peran laga dan ada romans nya juga! terimakasih sharingnya ya..

    BalasHapus
  5. Aku kok pengin nonton film pertama ya, Extreme Job. Buka resto untuk memata-matai mafia eeee la kok restonya malah laris dan viral🤣🤣🤣

    Film kalau sekali duduk enak kali ya, Mbak...gak bikin mata kaya mata panda. Aku pun kalau nonton drakor, nontonnya ep 1 langsung aja deh ep terakhir🤣, selesai

    BalasHapus
  6. Suka film action komedi tapi di atas belim ad yg pernah aku nonton, cuma pernah liat trailer.y yg lee sung kyung cuma nda sempat nonton

    BalasHapus
  7. Wah film korea yang genrenya komedi saya juga suka nih nontonnya. Belum pernah nonton keempat film di sini. Ntar tandain ah siapa tahu butuh hiburan, bisa nonton film-fim ini

    BalasHapus
  8. Udah nonton yang ekstrem job sama my wife is gengster, jadi mau nonton dua film lainnya

    BalasHapus
  9. aku baru nonton yang extreme job, yang lain belum. kayaknya harus masuk list tontonan sih karena action komedi hehehe

    BalasHapus
  10. Asiik~
    Film Korea komedi ini kadang memang menyajikan dark comedy yaa..
    Enak nonton film karena sekali tonton, selesai.
    Dan Film She's on Duty belum aku tonton. Tumbenan nih Abang Gong Yoo meranin karakter kocak.

    BalasHapus
  11. Wah, saya jarang banget nonton film Korea. Seringnya nonton drama. Tapi jadi tertarik buat nonton terutama yang dimainin sama Lee Sung Kyung. Seneng banget liat dia di shooting stars.

    BalasHapus
  12. Wah, aku suka jg film yg genre comedy gini.. Gak terlalu serius" banget.. Dan spertinya aku tertarik sama film extreme job ini.. Dilihat dr wajah"nya pada lucu deh..

    BalasHapus
  13. aku lebih sering nonton drama korea sih ya, film film korea jadi luput, ternyata banyak juga yaa

    BalasHapus
  14. Kayanya Extreme Job lucu banget ya, membaca plotnya sudah kebayang mengocok perut. Wah festival film Korea bagus2 nggak sih pilihan filmnya?

    BalasHapus
  15. Sense of humor film maupun drama Korea itu memang tinggi ya Mbak. Sekarang yg genrenya romance aja bisa disisipi humor yang lucu banget. Apalagi yang genrenya komedi. Penasaran deh sama filmnya. Soalnya saya pengen hiburan. haha

    BalasHapus
  16. Aku belom nonton semua judulnya ni kak. Jujur nggak terlalu tertarik nonton drakor gitu kecuali yg lagi viral hehehe. Tapi nonton emang jadi me time yg oke banget sih buatku yg lagi suka film-film Indonesia

    BalasHapus
  17. Aku paling suka kalau ada rekomendasi film atau drama komedia Korea kayak gini. Soalnya daripada nonton tema cinta-cintaan yang bucin dan melow-melow, lebih suka diajak tertawa dengan cerita dan adegan kocak. Kalau di drama, Mr. Queen yang bikin ngakak mulu.

    Kusimpan ah link nya. Buat daftar nonton pas nanti udah senggang. Makasih rekomendasinya ya mbak.

    BalasHapus
  18. Yang udah daku tonton Extreme Job di bioskop, itu asli ngakak melulu. Apalagi gak daku doang yang ngakak haha.
    Dan kocak lihat Gong Myung bisa kayak begitu aktingnya hihi

    BalasHapus
  19. dari pilihan rekomendasi filmnya, aku baru nonton yang extreme job. ini filmnya dikemas ringan tapi emang menghibur. pilihan film lain nanti coba aku cek-cek lagi haha sekarang lagi padet banget buat nonton mbak, apalagi kerjaan lagi numpuk banget.

    BalasHapus
  20. Selalu out of the box mb Nieke kalau bikin review film, ga terasa dah berapa tahun ini membaca review film dari mbak. Eh,..kata-kata di gambar asik mb, "yang buka restauran di sarang mafia."

    BalasHapus
  21. Aku baru nonton Extreme Job, yang lain belum. Action comedy itu boleh juga ditonton. Ada tegang, seru, lucu, dan lainnya. Next kayanya pilih Miss and Mrs Cops

    BalasHapus
  22. Extreme job emang kocak banget, ga ada adegan yg ga bikin ketawa. Bodor semuaaa

    BalasHapus
  23. Makasih ya kak sudah rekomendasikan film Korea tapi saya sudah nonton semua film ini. Btw, ada film baru lain nggak?

    BalasHapus
  24. Fim extreme job ini sering denger reviewnya dari ig dulu, penghasilan jualan ayam gorengnya lebih besar dari gajinya ya, wkwkwk bikin kepo deh

    BalasHapus
  25. Aku udah nonton dong extreme job dan Miss and Mrs Cops, emang lucu parah ya ampun. Sangat menghibur apalagi abis maraton nonton Drakor kisah sedih atau malah thriller 😂

    BalasHapus
  26. Agak ga nyangka sih Drakor ada yang lawak. Aku pengen cobain nonton, cocok kalau lagi banyak pikiran.

    BalasHapus
  27. Wah bagus juga kalau ada rekomendasi begini. Secara aku ga suka film/drakor yang berseri-seri.

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.