Menu

Percik Kata Nieke

Rabu, 06 April 2022

Drakor Business Proposal: Pria Seperti Kang Tae-Moo Cuma Ada di Drama Korea

Mari mengakui Ahn Hyo-seop semakin terlihat charming alias memukau di A Business Proposal. Drama Korea yang diangkat dari webtoon ini, memasangkan Ahn Hyo-seop dengan Kim Se-jeong.

ahn hyo seop dan kim sejeong
Drama Korea A Business Proposal yang populer, dibintangi Ahn Hyo-seop dan Kim Se-jeong.
Sumber foto: poster resmi drakor dikompilasi pribadi dengan Canva. 


Sebenarnya kisah A Business Proposal ini biasa saja. Tak ada formula baru yang ditawarkan dalam drama Korea dengan genre romantis-komedi ini. Cerita-cerita dengan tema Cinderella selalu laku terjual, sejak era Disney hingga drama Korea. Mungkin karena penonton telah dijejali dengan cerita-cerita semacam ini dalam bentuk dongeng dan kisah yang dituturkan.


Sinopsis A Business Proposal


Shin Hari--diperankan Kim Sejeong--adalah pegawai yang bertugas riset di divisi perusahaan Go Food. Ia bersahabat dengan Jin Yeong-seo, diperankan Seol In Ah, yang adalah anak konglomerat. Shin Hari berasal dari keluarga kelas ekonomi biasa-biasa atau menengah. Orangtuanya punya restoran.

Sebagaimana keluarga-keluarga kaya di Korsel, Seol In Ah mengalami perjodohan dengan putra dari keluarga kaya untuk menikah. Seol In Ah mestinya menjalani kencan buta yang diatur keluarganya dan keluarga calon mempelai pria. Lantaran enggan, Seol In Ah meminta Shin Hari untuk menggantikan dirinya.

Shin Hari kemudian menyamar namun menggunakan nama Shin Geum Hui. Ia bertemu laki-laki tampan dan kaya bernama Kang Tae-moo (Ahn Hyo-seop). Sepanjang kencan, Shin Hari berusaha melakukan hal-hal menjengkelkan dan tampil sebagai gadis yang bukan idaman pria, agar Kang Tae-moo membatalkan perjodohan.

Ternyata, Kang Tae-moo malah tertarik dengan kepribadian Shin Hari/Shin Gem Hui yang dianggap unik. Beberapa waktu kemudian, Shin Hari menyadari bahwa Kang Tae-moo ternyata adalah Presiden Direktur Go Food, perusahaan tempat ia bekerja.

Sementara itu, Jin Yeong-seo (Seol In Ah) yang seharusnya dijodohkan dengan Kang Tae-moo justru jatuh cinta pada sekretaris Tae-moo, yakni Cha Sun-hoong (Kim Min-kyu). Jin Yeong-seo tak bertepuk sebelah tangan. 

Cerita semakin kompleks tatkala penyamaran Shin Hari terbongkar. Kang Tae-moo mengetahui identitas asli Shin Hari, namun tetap menyukainya. Ia meminta Shin Hari tetap menjalankan perannya dan berpura-pura untuk jadi kekasihnya agar ia terhindar dari perjodohan. Kang Tae-moo sebenarnya benar-benar menyukai Shin Hari. 

Bagaimanakah selanjutnya? Apakah keluarga Kang Tae-moo akan menerima kehadiran Shin Hari yang hanya berasal dari keluarga biasa? Bagaimana pula dengan Jin Yeong-seo, yang seharusnya dijodohkan dengan Kang Tae-moo? Apakah keluarga Jin Yeong-seo juga bakal terima putrinya berpacaran dengan orang lain?


Karakter Kang Tae-moo Bikin Mabuk Kepayang


Tokoh Kang Tae-moo yang membuat penonton ter-Taemoo-Taemoo adalah formula pria sempurna yang bak pangeran. Kaya raya, tampan, humoris, kalau jatuh cinta akan melakukan apapun demi orang yang dicintainya. Sungguh sempurna, bukan? Seperti pangeran berkuda putih dalam cerita-cerita dongeng. Tak heran kalau sista-sista dibikin klepek-klepek tiap kali Kang Tae-moo muncul dalam A Business Proposal. 

Duh, Ahn Hyo-seop makin meresahkan ya. Dari peran-perannya yang cupu-cupu hingga jadi cowok mature alias matang di A Business Proposal. Siapa yang enggak kepengin jadi Shin Hari (Kim Se-jeong)? Sayangnya, Sis, cowok seperti Kang Tae-moo sepertinya hanya ada di dunia perdrakoran. Ups, maaf mematahkan harapan. 

Ini sejembreng alasannya.


kenapa drakor A Business Proposal menarik penonton



Alasan Kang Tae-moo Mustahil Eksis di Dunia Nyata


Presdir Jatuh Cinta pada Karyawan Biasa


Zaman sekarang, langka ada Presiden Direktur yang usianya se-Kang Tae-moo. Mas Ahn Hyo-seop ini kelahiran 17 April 1995, yang artinya usianya sekitar 26 tahun. Umur segitu udah jadi Presdir?

Kebanyakan kalau ketemu Presdir umurnya rata-rata di atas 45. Kalaupun ada Presdir di usia 20-an, jabatannya CEO sebuah start up atau perusahaan rintisan yang masih baru banget. Dan... usia segitu di Indonesia, kebanyakan masih usia pencari kerja. Pandemi begini, semakin banyak pengangguran dan orang yang kena PHK. Boro-boro jadi Presdir, umur segitu jadi karyawan saja sudah lumayan.

Bukan berarti tak mungkin ada Presdir berusia muda. Di luar negeri, sejumlah perusahaan pernah memiliki CEO yang usianya 30-an. Misalnya Jack Dorsey yang pernah jadi CEO Twitter di usia 34, kemudian keluar dan bikin perusahaan e-commerce bernama For Square.

Sebenarnya ada lho, CEO berusia 26 tahun yang jadi CEO sebuah perusahaan yang menggurita di seluruh dunia. Bahkan kemungkinan kita pun menggunakan produknya. Bisa tebak? Mark Zuckerberg menjadi CEO Facebook di usia 26 tahun. Kini usianya 37 tahun.

Kalaupun ada kisah Presdir usia segitu yang kemudian jatuh cinta pada karyawannya di kehidupan nyata, sepertinya kisah langka. Cerita yang banyak justru suggar daddy. Blah.


Presdir yang Berkali-kali Batalin Rapat Demi Pacar


Kang Tae-moo berkali-kali membatalkan agenda rapatnya demi Shin Hari. Kelihatannya so sweet gitu ya. Dalam kehidupan nyata, Presdir kayak begini sudah masuk radar para pemegang saham dan komisaris. Sang presdir terancam dapat rapor merah. Ujung-ujungnya bisa dipecat.

Sebuah perusahaan yang dikelola profesional, apalagi jika sudah memasuki tahap IPO (Initial Public Offering/Penawaran Saham Perdana) alias sahamnya sudah diperdagangkan di bursa, tentunya memiliki standar penilaian untuk setiap jabatan profesinya. Termasuk jabatan presiden direktur, yang salah satu faktor penilaiannya adalah kehadiran dalam rapat. Jadi, seorang presdir tidak bisa bolos/absen atau membatalkan rapat begitu saja kecuali dalam keadaan mendesak.

Rapat-rapat yang biasanya dihadiri Presdir meliputi kebijakan marketing atau pemasaran, laporan bisnis tiap divisi, kebijakan finansial perusahaan, dan sebagainya. Bahkan, bisa jadi nilai saham perusahaan merosot apabila seorang presdir berkali-kali lalai menjalankan tugasnya.


Mengajak Nikah Hanya dalam Dua Kali Pertemuan


Pria seganteng Kang Tae-moo, usia segitu, jabatan Presdir, dengan latar belakang kekayaan sekian, langsung mengajak nikah perempuan cuma dua kali ketemu? Tak ada cek latar belakang calonnya dulu, begitu? Duh, anggota klub sobat missqueen aja cek latar belakang dan karakter dulu lho, Mas Ahn Hyo-seop. 

Giliran ada yang kelihatan baik ternyata cuma di awal. Boro-boro Kang Tae-moo, di tengah mendadak mereka bisa berubah menjadi Kang Gosthing, Kang Pehape, Kang Gombal, Kang Sepik, Kang Angin-anginan, Kang Khayalan.


ahn hyoseop dan kim sejeong
First couple dan second couple dalam drakor
A Business Proposal yang ceritanya sama-sama menarik.
Sumber foto: poster resmi drakor 


Kenapa A Business Proposal Disukai Penonton


Biarpun ceritanya klise banget dan tak punya formula baru, harus diakui A Business Proposal ini layak dinanti-nanti tiap episodenya. Di tengah banyaknya berita kelangkaan minyak goreng, harga minyak goreng melangit, harga-harga sembako naik, inflasi, investasi bodong, orang butuh hiburan. 

Orang butuh lihat yang manis-manis. Mulai dari Mas Ahn Hyo-seop yang enak dipandang mata, Kim Seojong yang imut, Seorina (Seol In Ah) yang jelita, dan Kim Min-kyu yang baby face. Positifnya, manisnya mereka tidak bikin diabetes. 

Ceritanya memang mudah ditebak. Dimaafkan. Soalnya cerita mengalir dengan manis dan masih bikin berdebar-debar. Pasangan pemeran utama (first couple) dan pasangan pemeran pendamping alias second couple (Cha Sung-hoon dan Jin Yeong-seo) punya cerita yang sama-sama menarik. Akting mereka juga tak mengecewakan.

Hal yang out of the box alias paling membetot perhatian memang adalah pertemuan pertama Kim Tae-moo dan Shin Hari yang menggantikan temannya, Jin Yeong-seo kencan buta. Apalagi kalau bukan adegan Shin Hari mengucapkan kalimat soal Rachel dan Samantha. Penonton dijamin tertawa terbahak-bahak.

Drama Korea A Business Proposal memiliki 12 episode saja, yang masing-masing episode sekitar 60 menit. Tentunya ini menyenangkan, karena ceritanya tak bertele-tele atau dipanjang-panjangkan seperti sinetron.


Salam hangat ☕

Kata Nieke


Baca juga:

Grid: Drakor Penyelamatan Bumi yang Penuh Teka-teki



57 komentar:

  1. Mbaak nieke akuu pengen tahu lanjutannya dunk, diulas lagii dunk secara aku tuh males nonton.
    Penasaran apakah akirnya bener menikah?
    Keluarga menyetujuinya ga ya?

    BalasHapus
  2. Bakal jadi legend kayaknya Rachel dan Samantha, iconic. Drakor dan K-pop selalu sukses bikin baper dan halu. Nggak apa-apa, sih, buat healing, asal jangan kebablasan dan berlebihan saja. 😅

    BalasHapus
  3. Memang kisahnya klise banget ya, tapi akting para pemainnya ini keren2 banget sih jadinya suka aja, saya suka drakor yg seperti ini karena gak pake mikir hehe

    BalasHapus
  4. Wkwkwk.. impossible terjadi di dunia nyata ya kak.. kita mah apa atuh cuma bisa bayangin dongeng pangeran sempurna mengejar rakyat biasa. Nice review kaak..

    BalasHapus
  5. Candu banget deh ini drakor, ngakak banget romantis nya juga ada. Btw preview drakor lain juga kak.

    BalasHapus
  6. Selalu suka baca review drama korea. Memang bener sih ya, pria kayak Tae-mo cuman ada di drama wkwkwk

    BalasHapus
  7. Mbak Nieke hihi kusenyam-senyum baca analisamu. Iya betul, logisnya sih begitu ya. Saya tadi sampe googling, nyari tahu Fitria Yusuf yang CEO di perusahaan ayahnya usianya berapa, ternyata 39, bok :D

    Yang lainnya, saya setuju. Kalau saya nonton, saya sepertinya bakal berpendapat yang sama namun yaa ada hal lain yang menarik untuk ditonton para pecinta drakor yaa. Namanya juga hiburan :)

    BalasHapus
  8. Aku belum lihat drakornya tapi sudah baca versi komiknya sampai tamat. Bagus banget sih kalau di komiknya, apalagi visual kang tae moo di komik yang keren abis...bikin greget

    BalasHapus
  9. Klo di sini mana ada CEO masih muda en belum menikah, yang ada malah dijadikan istri kedua 😅

    BalasHapus
  10. Aku menikmati review ini...suka banget caramu mengupas ceritanya, Mbak
    Setujuu aku cowok seperti Kang Tae-moo sepertinya hanya ada di dunia perdrakoran. Dan alasannya sungguh masuk akal!
    Durasi 60 menit 12 episode begini bikin happy, cepat kelarnya

    BalasHapus
  11. Ini drakor yang sedang populer, ya
    Liat seliweran update status dan reviewnya
    Walau tidak terlalu nonton drakor, tapi bisa jadi pertimbangan kalau nanti mau nonton drakor

    BalasHapus
  12. Nonton Drakor ...hal yang belum pernah bisa terwujud..thanks sharing artikelnya

    BalasHapus
  13. A business proposal, hiburan di kala pusyiang menghadapi kebutuhan yang merangkak naik ya mbak, walaupun ceritanya umum hanya kemasan menarik karena pemainnya ok, sebuah cerita yg sepertinya ga mungkin ada kenyataannya hehehe

    BalasHapus
  14. Kalau baca webtoonya memang lebih kompleks permasalahannya.
    Tapi selalu suka dengan drama based on webtoon. Paling tidak, kita diajak mengembara ke dunia halu sejenak. Banyak gak mungkinnya, tapi itu yang seru. Hihii~
    Jadi banyak yang bermimpi bertemu dengan lelaki seperti Kang Taemoo di kehidupan nyata yaa..?

    BalasHapus
  15. ada dua drakor yng ingin aku tonton dan salah satunya inibisns proposal yang dibilang gak terduga dipikir bisnis perusahaan ternyata beda ya hahaha

    BalasHapus
  16. Aku klo soal drakor cukup didongengin aja sama mba Nieke. Cukup. Keren mba ulasannya. Thankyou mba.

    BalasHapus
  17. Kadang tema-tema begini memang disukai orang ya? Tema yang ga mungkin di dunia nyata, tapi ada di Drakor

    BalasHapus
  18. Gemes banget sama Kang Tae Mu ini. Paling suka sama drakor yang tokoh cowoknya bucin. Wkwkwk. Kayak Secret Garden jaman dulu..

    BalasHapus
  19. Waktu remaja, selalu ingin punya karakter pasangan yang kuat seperti drakor. yah, setelah dijalani hidup tak seindah drakor. Kang Tae Moo setidaknya memberi harapan bila ingin melihat impian dulu yang tak terwujud.

    BalasHapus
  20. Wah kang Tae mu
    Emang lelaki idaman ya mbak
    Benarkah hanya ada dalam drama? Hehe

    BalasHapus
  21. Drakor pertama yang aku tonton setelah tobat ndrakor. Ngakak mulu deh nonton ini. Banyak pelajaran juga yang bisa dipetik dari sini.

    BalasHapus
  22. Drama favorit nih mba. Iya ceritanya sih standar dan gampang ketebak. Tp mrk punya aktris dan aktor yang pinter aktingnya bikin penonton gemas dan setiap episodenya dinanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak sebenarnya ceritanya biasa aja dan ringan banget cuma memang penggarapan dan akting pemainnya bagus jadinya pada suka deh

      Hapus
  23. memang seru banget sih drama a business proposal ini. apalagi pas episode-episode awalnya waktu ha ri masih jadi shin geum heui. selain itu cerita pasangan keduanya juga nggak kalah asyik malah lebih bikin heboh pas adegan dewasanya. hihi

    BalasHapus
  24. Wkwkwk... Bener mbak. Mana ada Kang Tae-moo di dunia nyata. Tapi aku seneng drakor ini karena ringan, gak ada pemeran yang antagonis.

    BalasHapus
  25. Di antara semua yang paling aku banget, hanya ada 12 episode saja,tiap episode sekitar 60 menit. ceritanya ga bertele-tele atau dipanjang-panjangkan seperti sinetron tv ikan terbang

    BalasHapus
  26. waaa beberapa waktu lalu aku baca sekilas ulasan drakor ini di twitter. hihihi, banyak banget penggemarnya ternyata yak. aku belum pernah nonton sih, kapan2 kl ada waktu luang boleh deh nonton ini

    BalasHapus
  27. Khas drakor banget ya...hanya ada di drakor, tdk tersedia di dunia nyata

    BalasHapus
  28. Aaaaa, ini drakor kesukaanku juga. Aku bahkan selalu pengen banget bisa bikin Korean Look gitu gara-gara lihat makeupnya Shin Gem Hui. Chemistry empat tokoh utamanya juga oke yaa

    BalasHapus
  29. Waaa...pengen tahu akhirannya. Memang ya drakor tuh engga perlu lama-lama episodenya, jadi engga keburu bosen. Hati-hati ya ketemu cowok yg mendadak bisa jadi Kang Gosthing, Kang Pehape, Kang Gombal...hehe

    BalasHapus
  30. Hahaha, setuju Kang Tae Moo hanya ada di dunia drakor alias dunia imajinasi para perempuan wkwk. Aku juga heran, alurnya bisa ditebak, tapi kok ya tak tonton sambil mesem2 sendiri. Ternyata tema2 kek gini masih bisa jadi hiburan tersendiri buat emak2. Btw, menurutku endingnya kurang greget... kek.. heh, gini doang... bikin mangkel dan berharap ada episode lanjutan :D :D

    BalasHapus
  31. Sempat baca ramai di Twitter Kang Tae Moo ini. Saya kira apaan... Ternyata nama si cowok ganteng ini ya. Jadi penasaran nih bagaimana kisah dalam Drakor nya

    BalasHapus
  32. Kisah yang diangkat dari awal review ini sangat menarik, pasti saat menonton langsung filmnya akan lebih seru nih

    BalasHapus
  33. Niat bikin ill feel, malah sebaliknya, yaa. Xixixi. Kalau di dunia nyata, ketemu dua kali ngajak nikah keknya cuma ada di ta'aruf ya. Hahaha

    BalasHapus
  34. betul mba, pria seperti itu hanya ada di drakor ini sepertinya. Muda banget 26 th udah jd presdir. Kalo ortunya punya perusahaan atau ia emang udah kerja keras sejak remaja, ya gak ada yg gak mungkin yaa

    BalasHapus
  35. Memang ya. Cerita model Cinderella Story' begini selalu laku. Karena nge halu kadang ada manfaatnya, hihihi.

    BalasHapus
  36. Uwow sineas Korea emang jagonya meracik cerita cinta yang biasa biasa aja jadi luarrrrr biasa

    BalasHapus
  37. Sudah pernah komen pake email blog ternyata 😂
    Jadi semakin tergoda buat nonton drakor nya deh 😆

    BalasHapus
  38. Mungkin ada mbak, Kang Tae mu versi nyata
    Hanya saja, belum ketemu kitanya
    Hehe
    KLO Drakor ini, aku justru suka dgn second lead couple

    BalasHapus
  39. Hihi...drama Korea yang gak mungkin ada di dunia nyata ini it's true banget.
    Aku lebih seneng dengan kisah CEO yang jahat luar biasa ((kalo ini masih mungkin..)) soalnya biasanya anak holkay dari lahir tuh suka dimanja banget dan pastinya sulit bersosialisasi.

    Memang gak semua..
    Tapi lebih relevan. Hehehe...kok jadi genre thriller kalo drama aku yang bikin?!?

    BalasHapus
  40. That's why I love drakor kak, biarlah melihat bolak-balik Kang Tae Mo di proposal bussnies saja sudah bahagia hehehe

    BalasHapus
  41. Oalaahh ini toh drakor yang Shin Hari-Shin Hari itu huahahahaa. Nggak perlu nonton nih (karena memang ga suka drakor), cukup baca review dari Mbak Nieke aja udah komplit rasanya :D

    BalasHapus
  42. Oalaahh ini toh drakor yang Shin Hari-Shin Hari itu huahahahaa. Nggak perlu nonton nih (karena memang ga suka drakor), cukup baca review dari Mbak Nieke aja udah komplit rasanya :D

    BalasHapus
  43. Belum nonton drakor ini, baca ulasannya mbak Nieke jadi penasaran pengen nonton juga. Soalnya suka nih saya sama topik drakornya, khas kejadian yang hanya ada di drakor..tidak di dunia nyata. Wkwkwkwk

    BalasHapus
  44. Jadi penasaran pengen nonton Business Proposal setelah baca ulasan ini. Padahal dari kemarin buka Netflix, lihat ini di trending, maju mundur terus pengen nonton apa nggak. Hahahah.

    BalasHapus
  45. Iya sih pasti ada saja hal2 yang tidak masuk akal kalau mau dibahas dalam cerita ini yaaa... Tapi namanya juga kisah fiktif, pasti ada aja yang di luar hal-hal lumrah hehehee... Keren juga kan kalau dapet yang kayak Taemoo :))

    BalasHapus
  46. Aku suka banget sama drakor ini. Asli. Lucu-lucu bikin baper gitu nggak sih kak. Duh tapi ada benarnya juga bahwa Kang Tae Mo hanya ada dalam drama. Hehehe

    BalasHapus
  47. Hihi, Mbak saya bacanya sambil ketawa aja. Keren deh reviewnya. Sejenak diajak berpikir logis setelah halu liat drakor ya, Mbak. Hehe

    Sungguh, aku pingin nonton. Tapi masih harus lanjutkan cuti nonton drakornya.

    BalasHapus
  48. Udah lama nggak nonton drakor, tapi kayaknya bentar lagi bakal punya waktu cukup free juga buat nontont. Terutama pas anak sudah mulai bisa disambi. hehe Trims saran Drakorna Mbak

    BalasHapus
  49. Kalau ada di dunua nyata seperti tae-moo ini pasti bakal di perebutin gak sih? Wkwk, kadang cuma drama tapi bisa bikin ekspektasi kita meleyott karena sadar ini cuma drama

    BalasHapus
  50. Aku udah nonton ini juga sampai tamat. Seru yaa walaupun agak halu hahaha.

    BalasHapus
  51. Rasanya penasaran sama tokoh Taemo ini, tapi untuk menyempatkan nonton drakor rasanya aku perlu mengorbankan waktu malam ku deh..wkwkwk..moga nanti bisa nonton business proposal

    BalasHapus
  52. Ya ampun, ini drakor favoritkuuu bangeeettt. Ceritanya ringan, komedinya menghibur, konfliknya juga nggak berat. Drakor ini tuh buat penonton yang udah penat & pengin hiburan yang bikin good mood, :)

    BalasHapus
  53. Bukan hal mustahil sih, tapi sesuatu hil yang mustahil eh hehe.
    Mungkin ada tapi gak banyak.
    Ya siapa tahu gitu malah ketemunya sama daku kak, wkwkwk

    BalasHapus
  54. Ini drakor Favoritku banget ceritanya bagus pemainnya cakep2 apalagi pemeran kang tang mo ya ampun handsome bngt bikin betah nonton setiap episodenya

    BalasHapus
  55. Kisah yang diangkat dari awal review ini sangat menarik, pasti saat menonton langsung filmnya akan lebih seru nih

    BalasHapus
  56. Aku suka banget film business proposal ini, semua episodenya bikin aku penasaran walau tema yg diangkatnya lumayan umum tapi bisa diramu semenarik mungkin shingga penonton makin betah aja ya Mbak

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.