Menu

Percik Kata Nieke

Senin, 30 Mei 2022

Setipe Freedom Writers, 3 Idiots Film India Bertema Pendidikan

Film 3 Idiots, generasi 1990-an pecinta film Bollywood pasti tahu. Apalagi penggemar Aamir Khan dan Kareena Kapoor. Tahukah kamu, kalau film India 3 Idiots ini juga populer di Korea Selatan? 

review dan sinopsis film 3 Idiots Aamir Khan Kareena Kapoor
Review dan sinopsis 3 Idiots, film bertema pendidikan
setipe Freedom Writers. Sumber foto: IMDB diolah dengan Canva.


Film 3 Idiots adalah film India bertema pendidikan besutan Rajkumar Hirani yang populer sekitar 2009.  Bisa dibilang, film ini setipe dengan Freedom Writers, film Hollywood, yang bertema serupa. Bedanya, 3 Idiots fiksi, sedangkan Freedom Writers yang mengisahkan guru anti-diskriminasi Erin Gruwell  diangkat dari kisah nyata. Tahukah kamu, kalau Jimin BTS pernah menyatakan mengagumi film 3 Idiots?


Sinopsis Film 3 Idiots


Film 3 Idiots merupakan adaptasi dari novel karya Chetan Bagat yang berjudul Five Point Someone. Menggunakan alur kilas balik, film dibuka dengan tokoh Farhan (R. Madhqvan) dan Raju (Sharman Josi) yang mencari Rancho (Aamir Khan), sahabat yang mereka hilang begitu saja, sejak lulus kuliah. Mereka menerima sebuah informasi yang menyatakan bahwa Rancho ada di sebuah tempat.

Dimulailah kisah perjalanan Farhan dan Raju menuju ke tempat Rancho berada. Kedua orang ini juga menggagalkan pernikahan Pia (Kareena Kapoor)--kekasih Rancho saat kuliah--dengan orang lain, serta mengajaknya serta dalam petualangan mencari Rancho. Di tengah perjalanan itulah, kilas balik dimulai ke masa mereka masuk kuliah. Saat ketiga sahabat ini pertama kali bertemu yakni di Imperial College of Engineering (ICE) di kota Delhi, India.


Review dan sinopsis film 3 Idiots Aamir Khan
Review dan sinopsis film 3 Idiots, yang dibintangi Aamir Khan.
Sumber foto: IMDB diolah dengan Canva.


Farhan sebenarnya menggemari fotografi dan bercita-cita keliling dunia sebagai fotografer. Namun keluarganya menentang impiannya dan menghendakinya untuk belajar menjadi insinyur. Sedangkan Raju berasal dari keluarga yang sangat miskin. Lantaran itulah, Raju kerap tidak percaya diri. Bahkan cenderung mengalami depresi.

Lain halnya Rancho. Ia pemuda yang eksentrik, cerdas bahkan cenderung jenius, humoris, mudah bergaul, mudah mengungkapkan pendapat, dan berpikir kritis. Rancho tak bisa diam apabila melihat ketidakadilan terjadi. Ini terlihat bahkan dari awal ia mengikuti semacam ospek kampus. Ketika hendak dipelonco, dengan entengnya Rancho menghindar menggunakan kecerdasannya.

Cerita berikutnya mengalir bagaimana ketiga tokoh ini makin akrab bahkan menjadi sahabat. Mereka belajar bersama, melakukan hal-hal bodoh dan konyol bersama. Mereka juga saling menolong satu sama lain. 

Ketiga tokoh ini sering bentrok dengan Chatur (Omi Vaidya), mahasiswa yang dikenal pintar dan memimpin organisasi kampus. Chatur tipe mahasiswa yang menuruti seluruh aturan kampus demi promosi dirinya. Ia menganggap Rancho sebagai saingan lantaran kepandaiannya. Rivalitas ini terbawa hingga dewasa. Chatur berambisi untuk menjadi yang terpandai, tertinggi posisinya,  dan paling terkenal di kampus.

Suatu ketika, Rancho berurusan dengan seorang profesor yang dikenal sebagai killer di kampus, yakni Viru Sahastrabudde (Boman Irani). Saking menakutkannya profesor ini dalam mengajar, ia dijuluki Virus. Situasi ini terjadi kala Rancho ditanya oleh Virus definisi sesuatu. Rancho menjawab sesuai pemahamannya. Sang profesor menilai jawaban Rancho salah.

Lalu Virus melempar Chatur  pertanyaan yang sama. Chatur menjawab pertanyaan itu sesuai teks dalam buku, tidak kurang, tidak lebih. Lengkap. Plek-plek-plek sesuai buku. Padahal sebenarnya definisi yang diuraikan dalam buku itu sama dengan jawaban Rancho, hanya Rancho mengurai dengan kalimatnya sendiri dengan kata-kata yang lebih pragmatis. Di situlah Rancho kemudian mengkritisi sang profesor, dengan cara yang sopan. 

Sayangnya, Virus bukanlah tipe dosen yang moderat dan sangat kaku serta konvensional dalam mengajar. Ia menilai kekritisan Rancho sebagai bentuk sikap kurang ajar dan memberontak. Rancho dianggap sebagai mahasiswa yang berandal dan tidak tahu aturan. 


Film 3 Idiots Aamir Khan Kareena Kapoor
Kiri-kanan: Profesor ViruS, Pia, dan Chatur.
Review film 3 Idiots.

Cerita menjadi makin rumit ketika Rancho menyukai seorang gadis cerdas dan cantik bernama Pia (Kareena Kapoor) yang ternyata putri dari Profesor Virus. Cintanya tidak bertepuk sebelah tangan. Pia juga jatuh hati pada pemuda sederhana yang cerdas ini. Sayangnya, begitu lulus kuliah dan wisuda, Rancho tiba-tiba menghilang tanpa jejak dan kabar.

Kenapa Rancho menghilang begitu saja? Apakah kisah cinta Rancho dan Pia direstui Profesor Virus? Apakah Farhan dan Raju di masa depan berhasil menemukan Rancho yang menghilang? Bagaimana dengan Chatur yang bertekad balas dendam pada Rancho dan ikut mencari jejaknya?


Kesan menonton 3 Idiots


Seperti halnya film Bollywood, film 3 Idiots kental dengan tarian dan nyanyian khas film India.  Sepanjang dua jam lima puluh menit, cerita diramu dengan nuansa petualangan, komedi, dan drama. Penonton akan merasa terenyuh melihat kemiskinan keluarga Raju. Termasuk ketika melihat adegan Raju yang hendak mengakhiri hidupnya tatkala putus asa tak bisa meraih nilai baik di kampus.

Penonton juga dibawa dalam beberapa adegan menegangkan, khususnya adegan ketika Rancho yang jenius membantu kelahiran bayi. Ada tawa, haru, tangis, tertawa, menegangkan dalam formula film 3 Idiots. Tapi unsur-unsur itu saja tidak cukup untuk mengantar film ini sebagai film yang banyak dipuji kritikus, dibincangkan dunia, dan meraih sejumlah penghargaan.

Pesan pendidikan dalam 3 Idiots yang kuat, mendobrak pakem-pakem dalam dunia pendidikan yang kaku, dogmatis, dan kaku. Kebebasan berpikir dan menyampaikan pendapat, suatu ilmu barulah berguna ketika bisa bermanfaat bagi sesama, dan tidak merendahkan orang lain. Kesan-kesan inilah yang terekam kuat. 


Baca juga: Space Sweepers: Membedah Simbol-simbol di Film Song Joongki


Pesan moral dalam film 3 Idiots


pesan moral film 3 Idiots Aamir Khan
Film 3 Idiots membawa kritik tentang dunia pendidikan.
sumber foto: pelbagai sumber diolah Canva.

Kebanyakan film-film yang dibintangi Aamir Khan selalu mengandung kritik sosial. Begitupun dengan 3 Idiots. Meski poster film ini memperlihatkan 3 tampang pemuda yang terlihat konyol, namun filmnya sarat kritik sosial. 

📌Dunia nyata memperlihatkan pertemanan kebanyakan berdasarkan kepentingan. Apakah seseorang itu menguntungkan dirinya, posisinya, dan status sosialnya. Persahabatan Rancho, Farhan, dan Raju, serta Pia yang berasal dari berbeda kelas sosial, membuat penonton bisa belajar banyak hal. (Apalagi kita tahu India menganut sistem kasta).

📌Sistem pendidikan mesti membuka ruang diskusi, demokratis, bebas menyampaikan opini.

📌Sistem pendidikan mesti mengutamakan nilai-nilai manusia itu sendiri

📌Keberanian menyampaikan pendapat tidak sama dengan sikap pemberontakan, berandal, tidak tahu aturan.

📌Setinggi-tingginya ilmu, tak berguna apabila tak bermanfaat bagi sesama, terutama bagi kaum miskin.

📌Setinggi-tingginya ilmu, moral dan adab manusialah yang penting.

Oya, kalau kamu pernah dengar kalimat yang sempat viral: "all izz well", itu adalah salah satu kutipan dari salah satu adegan di film 3 Idiots.


Bagaimana, apakah kamu sudah pernah menyaksikan film ini? Apa kesanmu? Jika belum, apakah tertarik untuk menontonnya? Film ini bisa dicari di Netflix lho. (Eh ini bukan endorsement ya, syukur kalau berbuah endorsement, hihihi). 

Lagian, unik memperkenalkan film kuliah masa sebelum pandemi kepada mahasiswa yang belum pernah kuliah tatap muka dengan sistem konservatif di era digital dan live streaming populer.


Salam hangat,

Kata Nieke


Referensi:

Film 3 Idiots

TheHinduBusinessLine.com https://www.thehindubusinessline.com/news/variety/3-idiots-my-name-is-khan-extremely-popular-in-south-korea/

29 komentar:

  1. 3 Idiots memang sebagus itu. Kapanpun ngomonginnya, tetap relate kritik pendidikannya. Di banyak negara berkembang kasus yg dialami dunia pendidikannya mirip2 seperti apa yang diceritakan di negara India ini.

    BalasHapus
  2. Saya sudah lihat keduanya, Freedom Writer dan 3 idiot. Semuanya punya "sesuatu" untuk ditukar dengan perjuangannya. Pasti berat. Kalau di freedom writer, ia harus merelakan pisah dengan suami. Di 3 idiot, kebebasan belajar lebih berharga dari nama dan titel. Keren pokoknya.

    BalasHapus
  3. Saya suka film sarat kritik sosial seperti 3 Idiots ini. Cari ah di Netflix, nonton nanti. Penasaran saya kenapa Rancho menghilang begitu saja? Apakah kisah cinta Rancho dan Pia direstui Profesor Virus? ..dst..dll..Btw, namanya unik ya, ada virus, Chatur..:D

    BalasHapus
  4. filmnya sangat bagus mba Nieke, saya sudah menontonnya, banyak hal yang bisa kita pelajari dari film ini, terutama tentang kehidupan sosial yang banyak terjadi saat ini yang perlu dikritisi, relate banget. didukung aktor filmnya yang super keren dan menjiwai banget, dapet banget pesan moralnya

    BalasHapus
  5. Berkesan banget memang 3 Idiots, nonton berkali-kali aja selalu seru, ga bosen. Mantap banget juga akting Amir Khan

    BalasHapus
  6. Kayaknya bagus ya filmnya, jadi sadar kalau udah lama juga ngak nonton film India padahal dulu pas masih sekolah suka nonton film India, apalagi film 3 idiots ini banyak pesan moralnya. Noted ah mau nonton juga.

    BalasHapus
  7. 3 Idiots ini film lamakah Mba Nieke? Saya baru baca reviewnya. Dulu saya penggemar film Bolywood setelah nonton Kuch Kuch Hota Hai. Jadi pengen nonton film 3 Idiots yang diperankan Aamir Khan ini.

    BalasHapus
  8. Aku tau film ini, memang hits banget ya, walopun belum pernah nonton. Pesan yang terkandung dalam filmnya memang bagus banget ya.. kebetulan lagi tayang di Netflix, siap nonton, makasi infonya mba :)

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Iya, aku nonton film India 3 idiots ini
    Profesor virus asli galak banger
    Film ini kocak tapi sarat makna

    BalasHapus
  11. Salah satu film yang ada di file laptop sejak tahun 2010 dan sampai skrg walaupun udah ganti laptop tetap masih ada
    Ini film asli g ada bosen-bosennya buat ditonton

    BalasHapus
  12. Wah, filmnya menarik nih kayanya. Sebagai orang yang jarang nonton film apalagi film India, di kepalaku kalau ngomong soal film India, adanya cuma kuch kuch Hota hai.

    BalasHapus
  13. Film 3 Idiots ini sangat berkesan.
    Kalo ditanya rekomedasi film India, pasti 3 Idiots aku sebutin selain "Slumdog Millionaire"

    Tapi kok anehnya, aku lupa ending Film ini yaa..
    Huhuu...padahal film India tuh gak pernah gagal bikin aku sesenggukan.

    BalasHapus
  14. India memang jagonya bikin film ya Mbak. Aku jadi ingat dulu kalau ada film India pas lagi seru serunya, aku sampe bolos kuliah. Tapi ga banyak, 2 kali aja. Jangan ditiru🤣

    BalasHapus
  15. jadi flashback nonton triidiot lagi

    BalasHapus
  16. Aku mewek kejerrr masaaa pas nonton pilem iniii
    gokill, ceritanya memang menarik, plotnya baguss pol
    semua cast juga keren maksimal!

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah sudah nonton dua-duanya dan jadi inspirasi bagi aku yang skrg tengah berkecimpung di dunia pendidikan.

    BalasHapus
  18. Saya lupa sudah pernah nonton belum ya? Secara daku juga generasi jadul hehehee.. Btw, salut dengan film yang muatannya tentang pendidikan karena saat ini makin jarang film dengan tema seperti ini.

    BalasHapus
  19. ini film favorit dari lama. nonton berulang kali juga enggak bosen. ada kisah persahabatan, keluarga sampai cinta-nya, lengkp banget

    BalasHapus
  20. 3 Idiots yang pernah hits memang sangat menginspirasi terutama di dunia pendidikan. Banyak nyindir sih menurut saya. Yg tersindir itu sebenarnya yang harus introspeksi. Itu justru keberhasilan dari film ini

    BalasHapus
  21. Film 3 idiots ini pernah sekali nonton. Dan menurutku bagus dan menarik. Meski ada kritikan, film ini banyak sisi positif nya untuk dunia pendidikan, khususnya di negaranya .

    BalasHapus
  22. Aseli... Ini menurut aku film yang wajib di tonton semua masyarakat termasuk pemangku jabatan di dunia pendidikan. Berasa tertampar banget nonton film ini

    BalasHapus
  23. Aku nonton film 3 idiots ini udah berkali2 dulu wkwk segitu sukaaanya. Jadi pingin nonton lagi. Soalnya seru tapi banyak pelajaran yg bs diambil. Dulu kn bolywood lebih hits y ketimbang drakor, meski nyanyi2 joget gt wkwk. Tp bayak film sana yg pelajara hidupnya emg bagus2 bgt!

    BalasHapus
  24. Pohon Ketela17 Juni 2022 09.01

    Film 3 idiots emang bagus banget. Bahkan gak ada bosan bosannya jika ditonton secafa berulang.

    BalasHapus
  25. Tertarik buat nonton karena Oom Amir Khan dan memang belum nonton ini daku filmnya hehe, karena memang kalau dia tokoh utamanya suka gereget sama jalan kisahnya.

    BalasHapus
  26. film favorit jaman sekolah. sampai all izz well udah jadi mantra sehari-hari aja :")

    BalasHapus
  27. Cuman di film 3 idiot ini yang jogetnya gak lebay mba trus kita nontonnya pun jadi ikut mikir, jadi pengen nonton lagi deh

    BalasHapus
  28. Saya belum pernah nonton film atau drama India sih, tapi sepertinya menarik untuk ditonton. Apalagi kalau mengandung kritik sosial ya mbak. Saya terakhir nonton India mngkin udh belasan tahun lalu.

    BalasHapus
  29. Sinopsisnya bagus....jd tertarik mencari film nya. Daaaaannn......memang memberikan sudut pandang baru dlm cara mendidik. Ditunggu review untuk film film lainnya....

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.