Menu

Percik Kata Nieke

Selasa, 15 Maret 2022

Military Prosecutor Doberman: Drakor Menegangkan Sejak Episode Pertamanya

Ahn Bo Hyun tampil berkharisma sebagai jaksa pengadilan militer di drakor Military Prosecutor Doberman. Beda banget dengan karakternya di Yumi's Cells. 

Ahn Bo Hyun Military Prosecutor Doberman
Ahn Bo Hyun dan Jo Bo Ah dalam Military Prosecutor Doberman.
Sumber foto: poster drakor.

Drama Korea Military Prosecutor Dobaeman dibuka dengan mengejutkan. Seorang pria tergantung terbalik dengan kepala di bawah, dari atas sebuah gedung pencakar langit di sebuah kota di Korea Selatan. Penampilannya parlente. Dialah Do Bae-man (Ahn Bo-hyun) sang jaksa pengadilan militer, tokoh utama drakor ini.

Wajahnya pucat pasi. Matanya nanar menatap pantulan gemerlap lampu dari gedung-gedung sekitarnya dan pemandangan di bawah kepalanya. Nasibnya di ujung tanduk. Ia menelan ludah. Menutup mata, pasrah pada ajal yang akan menjemput.

Dari atas gedung terlihat seseorang berdiri memandang Do Bae-man. Mantelnya berkibar tersapu angin. Tangannya memegang sebuah pisau, hendak menentukan takdir Do Bae-man. Jemarinya bergerak memutus tali yang mengikat kedua kaki Do Bae-man.

Kedua mata Do Bae-man mendadak terbuka. Seketika ia teringat kalimat, "Dunia akan berbeda ketika kau mencoba memandangnya dengan terbalik." Persis seperti keadaannya sekarang ketika ia tergantung dalam keadaan terbalik--kepala di bawah. Ia mencoba bergerak, memutar akal menyelamatkan dirinya. Tiba-tiba tali melorot dan tubuhnya bergerak dengan cepat menghunjam ke bawah.

Adegan berpindah ke masa lalu. Do Bae-man yang masih masa sekolah terjatuh dari ruang kelas lantai atas. Brukk... Tubuhnya menghantam tanah. Tubuhnya tak luka parah. Do Bae-man muda membuat keributan yang membuat ia dipanggil otoritas sekolah dan dikeluarkan dari sekolah.

Penonton dibawa melihat alasan Do Bae-man tak lulus sekolah, namun berjuang belajar hingga lulus mengantongi izin bekerja di bidang hukum. Sayangnya, ia ditolak bekerja di mana-mana karena tak lulus SMA. 

Nasib mempertemukannya dengan pengacara Yong Moon-goo (Kim Yeong-min), yang menawarinya masuk menjadi jaksa pengadilan militer. Do Bae-man sempat menolak karena kedua orangtuanya adalah tentara yang meninggal dalam kecelakaan. Ia satu-satunya yang hidup dari insiden tersebut. Belakangan, ia menerima tawaran itu. Cerita bergulir cepat, Do Bae-man kemudian masuk ke dunia militer dan jadi jaksa.

Di tengah kesuksesan Do Bae-man, penonton diperkenalkan pada Cha Woo-in (diperankan Jo Bo-ah), jaksa baru yang menjadi bawahan Do Bae-man. Cantik, cerdas, kritis, sekaligus misterius. 

Penonton tak perlu menebak-nebak Cha Woo-in. Kehidupan gandanya sebagai jaksa militer dan perempuan perkasa yang jago bela diri langsung diperlihatkan. Ia sebenarnya anak chaebol (konglomerat). Sejatinya pewaris perusahaan, namun ayahnya dijebak, difitnah, meninggal dengan misterius. Sementara perusahaan ayahnya dibeli orang lain.  Kehadiran Cha Woo-in dalam dunia militer untuk membalas dendam.

Penasaran bukan dengan duet Ahn Bo-hyun yang berkharisma sebagai jaksa pengadilan dan Jo Bo-ah yang menjelma pendekar wanita? 


Alasan Military Prosecutor Doberman Layak Ditonton


Alur bergerak cepat, tak membosankan

Sejauh ini, dua episode pertamanya menegangkan dan sama sekali tidak membosankan. Alurnya bergerak cepat meski sesekali alur maju mundur atau flashback. Adegan-adegan laganya memuaskan. Ceritanya runut dan tak bertele-tele.

Saat melihat Jo Bo-ah sebagai Cha Woo-in beraksi di luar kehidupannya sebagai jaksa pengadilan militer, saya langsung teringat pada karakter yang dimainkan Uma Thurman dalam film Kill Bill. Sosoknya sebagai perempuan jagoan yang menyimpan balas dendam. Saya terkesan dengan akting Jo Bo-ah sebagai perempuan perkasa.


Jo Bo Ah Military Prosecutor Doberman
Kiri: Jo Bo Ah sebagai Cha Woo-in dalam Military Prosecutor Doberman.
Kanan: Uma Thurman sebagai Bride/Black Mamba dalam Kill Bill.
Sumber foto: kompilasi


Tokoh-tokoh berkarakter kuat

Sutradara dan penulis skenario mampu menonjolkan karakter masing-masing tokoh, baik tokoh utama, tokoh pendukung, tokoh antagonis. Ahn Bo-hyun sebagai jaksa pengadilan militer yang kesannya hanya materialistis ternyata punya sisi kelam dan menyimpan rasa menegakkan keadilan. Jo Bo-ah sebagai perempuan jaksa pengadilan militer yang menjalankan kehidupan ganda, sekaligus menyelidiki kematian ayahnya.

Pengacara Yong cocok dimainkan Kim Young-min, yang melejit sejak menjadi tentara Korea Utara di Crash Landing on You. Ia juga membuktikan kemampuan aktingnya di The World of The Married. Kali ini Kim Young-min tampil parlente sebagai pengacara yang bertugas 'bersih-bersih' atas kejahatan anak seorang petinggi militer.

Oh Yeon-soo sebagai Noh Hwa-young memancarkan kharismannya sebagai komandan militer perempuan pertama--perannya di Military Prosecutor Doberman. Dalam cerita, Noh Hwa-young menjadi ibu dari Noh Tae-nam (Kim Woo-suk). Noh Tae-nam adalah pemegang perusahaan yang semula dimiliki ayah Cha Woo-in. 

Sepertinya akan ada banyak konflik menarik dan lebih menegangkan dalam episode-episode mendatang. Terutama konflik yang berpengaruh pada hubungan antara  Ahn Bo-hyun dan Jo Bo-ah. Sebab, Do Bae-man menjadi kepanjangan tangan pengacara Yong, sementara pengacara Yong bekerja untuk Noh Tae-nam. Apalagi Noh Tae-nam tertarik merekrut Do Bae-man.  


tokoh antagonis di Military Prosecutor Doberman
Kiri--kanan: Noh Hwa Young (Oh Yeon-soo), Noh Tae Nam (Kim Woo-suk),
Pengacara Yong (Kim Young-min).
Sumber foto: kompilasi.


Tak melulu sport jantung, ada sisi komedi

Memasuki episode ketiga, Do Bae-man menyelidiki latar belakang Cha Woo-in.  Ia mengikuti firasatnya, curiga ada hal-hal yang disembunyikan Cha Woo-in. Apalagi setelah ia menemukan salah satu bukti di mobil, yang mengkaitkan Cha Woo-in dengan kasus Noh Tae-nam. Bukti apakah itu? Nonton saja drakornya.

Saat membuntuti Cha Woo-in inilah sisi-sisi konyol Do Bae-man mulai nampak. Pada episode pertama dan kedua, penonton hanya dihadapkan dengan imaji Do Bae-man yang gagah, tampan, sok jaim, dan sepertinya hanya tertarik pada uang dan kekuasaan. Siap-siap saja tertawa dan gemas melihat akting Ahn Bo-hyun.


review drama Korea Military Prosecutor Doberman
Dua sisi pribadi Ahn Bo-hyun dan Jo Bo-ah dalam drama Korea
Military Prosecutor Doberman. Sumber foto: poster drakor.


Omong-omong, nama tokoh Do Bae-man yang bersanding dengan kata Doberman dalam judul drama Korea ini bukan sebuah kebetulan. Doberman adalah ras anjing yang aslinya dari Jerman. Karakter anjing ini adalah penjaga, galak, mampu mengenali karakter orang, cerdas, siaga, tak kenal takut. Menggambarkan karakter tokoh Do Bae Man, yang diperankan Ahn Bo-hyun.

Military Prosecutor Doberman yang masih on-going (masa tayang) direncanakan sebanyak 16 episode. Bisa disaksikan di TVN, televisi kabel berbayar,  atau aplikasi semacam lainnya. 

Bagaimana, tertarik menontonnya?


Salam, 

Kata Nieke


Tulisan saya lainnya: 

Review Skincare: Pond's Serum Pencerah Wajah Terbaik 

Drakor Thirty Nine: Kontroversial, Tapi Akting Son Yejin dan Jeon Mido Memikat 

Mengenang Museum De Mata Jogja yang Tutup Maret 2022




31 komentar:

  1. 16 episode, asyik... enggak panjang..di awal biasa saja, baru saat disebutkan tak melulu sport jantung , ada sisi komedi baru deh tertarik. Siap gemesh nontonnya kalau gitu:)

    BalasHapus
  2. Meski terkesan film "keras" tapi kalau ada sisi komedian nya bikin kita tidak tegang terus ya. Baru dua kali tayang wah empat belas kali lagi menuju ending nih
    Penasaran...

    BalasHapus
  3. Wah iya, drama Korea ini banyak yg merekomendasikan mbak
    Sayangnya aku blm Ntn, belum cocok genre nya, hihi

    BalasHapus
  4. Saya suka dengan karakter yang kuat apalagi yang bercerita tentang pengadilan seperti ini. Masih menonton Juvenile Justice, film ini bisa jadi list setelahnya. Terimakasih Mbak.

    BalasHapus
  5. Wah jadi penasaran pengen nonton juga. Apalagi ditambah improve alur maju mundur yang bikin penonton putar otak dan main tebak adegan A ini nyambung sama part mana yaa... Hehe. Keren juga reviewnya.

    BalasHapus
  6. Military Prosecutor Doberman masih on going yah. Kadang bete kalau masih on-going, apalagi pas masih seru-serunya bikin penasaran nunggu lanjutannya. Tapi bisa lah masuk WL ntar hehe.

    BalasHapus
  7. Meski belum nonton drakor ini, tapi cuplikannya sering muncul di sosmed nih

    pas banget baca sedikit reviewnya disini, OTW nonton euy

    BalasHapus
  8. yang ini aku belum nonton mbak, masih ke Bussines Proposal. habis Bussines Proposal deh aku nonton ini

    BalasHapus
  9. Hwaa penasaraaaaan. Suka banget sama drama2 yg berbau militer kayak DP kmrn. Jadi wishlist akhir pekan jg nihh

    BalasHapus
  10. ahhhh mbaknieke selalu bisa bikin review yang menggoda deh aku banyak referensi film nih dari mbak nieke, yg jurnalis itu salah satunya nah ada ini wah wah aku suka deh

    BalasHapus
  11. Mantap reviewnya mbak Nieke, bisa jadi referensi apalagi tifak terlalu lama episodenya

    BalasHapus
  12. Nunggu kelar dulu deh episodenya baru cuss nonton. Aku orangnya gabisa liat drama ongoing karena kepo seruuu

    BalasHapus
  13. Aku jarang suka dengan Drakor, karena alurnya lambat. Tapi kayaknya Drakor yang satu ini bisa ditonton juga ya.

    BalasHapus
  14. Rekomendid nih mba nieke referensi film-nya.

    Emang kalo bisa sih seimbang kayak film military prosecutor ginu. Gak melulu eksyen laga tapi ada selipan komedi juga biar yg nonton gak tegang banget.
    Entertain bangettt kan

    BalasHapus
  15. Wah ini yang sering muncul di beberapa referensi tontonan drakor
    Walau jarang banget nonton drakor, nanti aku jadikan sebagai referensi untuk nonton deh

    BalasHapus
  16. Mumpung besok hari minggu, bisa juga menjadi rekomendasi film untuk di tonton nih. Sudah lama tidak refreshing dengan menonton film.

    BalasHapus
  17. Temanya menarik, apalagi episodenya cuma 16 ya. Pastinya tidak butuh waktu lama buat menyelesaikan drakor ini.

    BalasHapus
  18. Sampai disandingkan dengan persamaan doberman ya untuk menggambarkan karakter Do Bae-man yang keras luar biasa itu. Bagus nih, pas dengan genre film yang kusukai.

    BalasHapus
  19. Film yang kayak gini emangmenarik untuk ditonton, nggak melulu sedih, atau tegang atau ketawa ketawa aja.. yang bikin ceritanya pasti lumayan nih jumpalitan..

    BalasHapus
  20. Pemeran wanitanya yang jadi pacarnya Mas Gumiho, ya. Kalau yang bule itu saya juga pernah nonton. Kill Bill memang seru, keinget sampai sekarang.

    BalasHapus
  21. Alur cerita drakor ini sepertinya serius menegangkan ya mbaa.... penasaran juga pengen nonton di saat santai lagi mager.

    (www.gustiyenifamtrip.com)

    BalasHapus
  22. Sepertinya drakor ini menegangkan mesti saya bukan pecinta film tapi di saat senggang kadang cari film2 buat di tonton.

    Boleh ini buat referensi.
    (Gusti Yeni)

    BalasHapus
  23. Belum nonton sih. Ehem, memang saya menghindari drakor series, takut enggak bisa brenti, hahaha. Tapi review ini agak-agak menggoda sih. So, jadi gimana, ya? ;)

    BalasHapus
  24. Wah cakep ni kayaknya soalnya rada militer. BTW aku senang sama drakor yang on going karena aku tipe ga kuat sama komitmen ngejar selesai haha

    BalasHapus
  25. Belum spoiler aja udah dag dig dug apalagi ikutan nonton. Brw cuma 16 episode nggak terlalu banyak juga ya

    BalasHapus
  26. Baca reviewnya jadi tertarik nih. Nanti coba deh!!

    BalasHapus
  27. Messagefromaleaf14 Juni 2022 20.50

    Sepertinya keren jadi pengen nonton juga. Apalagi temanya berbeda dari drakor2 yang pernah saya tonton.

    BalasHapus
  28. Biasanya Drakor tuh banyak adegan percintaannya, tapi kayaknya yang ini beda dari yang lain. Jadi pengen nonton juga

    BalasHapus
  29. Wah aku belum nonton nih drakor yang satu ini, soalnya sekarang lagi on going Sageuk Bloody Heart, aku paling suka genre Sageuk, tapi drakor sekarang banyak yang bagus-bagus ya temanya, jadi bingung mau nonton yang mana, makasih mbak udah direkomendasiin drakor yang bagus.

    BalasHapus
  30. Sejak membaca ulasan ini maret kemarin hiks sampai sekarang belum sempat nontonšŸ˜¢.

    Penasaran pengen nonton tar kalau lagi mager apalagi anak anak sudah mai libur sekolah.

    (Gusti yeni famtrip)

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.