Menu

Percik Kata Nieke

Selasa, 22 Maret 2022

Grid: Drakor Bertema Penyelamatan Bumi yang Penuh Teka-teki

Dalam drakor Grid, bumi terancam kiamat lantaran badai matahari. Mampukah Lee Si-young, Seo Kang-joon, dan Kim Ah-joong menyelamatkan bumi?


Grid Drakor bertema isu menyelamatkan bumi
Drakor Grid yang dibintangi Seo Kang-joon, Lee Si-young, Kim Ah-joong.
Foto: kompilasi.

Jung Sae-byeok (Kim Ah-joong) terengah-engah mengejar tersangka pembunuhan seorang kasir minimarket. Rekan satu timnya berpencar. Sebagai detektif, ia mengikuti insting, pelaku masih berada di sekitar gedung tempat semula ditemukan. 

Benar saja. Kim Manok, si tersangka keluar dari persembunyiannya di bawah mobil. Jung Sae-byeok bergegas mencekalnya. Kim Manok (Kim Sung-kyun), pria bertubuh gempal itu melawan. Terjadi baku hantam. Meski perempuan, Jung Sae-byeok lincah dalam bela diri. Ketika ia hampir meringkus Kim Manok, mendadak muncul sekelebat bayangan menghalanginya. 

Kim Manok mengambil peluang yang hanya sepersekian detik untuk kabur. Jung Sae-byeok hendak mengejar, namun sosok misterius yang mengenakan mantel dengan penutup kepala itu terus menghalangi. Jung Sae-byeok mengibaskan tangannya ke arah kepala. Wusss...! 

Penutup kepala beserta topi sosok misterius itu terhempas ke jalan. Rambut panjangnya tergerai. Kedua mata Jung Sae-byeok terbelalak melihat wajah sosok misterius. Keduanya bergelut. Kepalan tangan Jung Sae-byeok akhirnya berhasil menghantam bagian tubuh penyerang misterius. 

Seperti hantu, sosok itu lenyap di hadapannya. Jung Sae-byeok tercengang. Siapa atau apa yang dihadapinya?

Belum habis keterkejutannya, mendadak kasusnya diambil alih departemen rahasia pemerintah. Jung Sae-byeok terpaksa menyerahkan seluruh barang bukti, termasuk topi dan sehelai rambut terduga sosok misterius, beserta berkas-berkas laporannya. 

Jung Sae-byeok tak menyerah. Diam-diam ia tetap mengikuti kasus itu dan menyelidikinya. Mendatangi kembali TKP (Tempat Kejadian Perkara), di sanalah ia tak sengaja kembali bertemu dengan salah satu petugas departemen rahasia, Kim Sae-ha (Seo Kang-joon). 

Semula Jung Sae-byeok mengira dirinya satu-satunya orang yang pernah melihat wajah sosok misterius itu. Ternyata, Kim Sae-ha juga pernah melihatnya. Keduanya kemudian bekerja sama memecahkan kasus tersebut. Masalah menjadi semakin pelik lantaran Song Eojin (Kim Mu-yeol) terlibat dalam investigasi memburu sosok misterius. Sebab, Song Eojin yang bekerja di departemen rahasia adalah mantan suami Jung Sae-byeok. 

Siapa perempuan yang dapat muncul dan menghilang secara misterius tersebut? Jika benar perempuan misterius ini pernah menyelamatkan bumi pada 1997, kenapa pada 2021 (seting waktu di drakor Grid), ia malah membantu seorang pembunuh yang menjadi buronan? Apa kaitan peran si pembunuh itu terhadap dunia? Benar-benar, sepanjang episode tak bisa diterka dan penuh teka-teki.

Bonus, pemeran perempuan misterius yang dijuluki The Gost ini adalah Lee Si-young yang bikin penonton berdecak kagum dalam drakor Home Sweet Home (2021).

Drakor Grid Lee Si-young
Lee Si-young berperan sebagai the Ghost, penyelamat bumi
saat terancam badai matahari dalam drakor Grid.
Foto: poster drakor Grid

Kenapa Drakor Grid Layak Ditonton


Menyimpan Pesan Lingkungan

Grid bercerita tentang lingkungan dan bumi menghadapi ancaman kiamat. Badai matahari akan merusak atmosfir bumi yang telah tipis dan dua pertiga manusia terancam musnah karenanya. Namun seseorang dari Korea Selatan menemukan sebuah teknologi pelindung bumi, semacam pelindung atmosfer yang dinamakan sistem Grid. 

Lagi-lagi industri perfilman Korea Selatan mengangkat tema fiksi ilmiah bertema lingkungan, meski kali ini dalam produk drama Korea. Sejak kemunculan Space Sweepers, makin lincah saja industri film Korea menggarap genre ini. 

Saya pernah mengulas film Space Sweepers yang menyampaikan pesan lingkungan di blog ini. Bukan kaleng-kaleng, Song Joong-ki dan Kim Tae-ri (yang sedang wara-wiri di layar kaca dengan drakor Twenty Fife-Twenty One berpasangan dengan Nam Joo-hyuk) yang membintangi Space Sweepers.


Sulit Ditebak

Drama Korea Grid adalah tipe drakor yang tidak bisa disambi dengan mengerjakan hal lain. Penonton mesti fokus menyaksikannya. Meleng atau lengah sedikit saja, bisa kehilangan petunjuk cerita. 


Drakor Non-romantis

Orang yang pernah menonton drama Korea Signal, Tunnel, Stranger, dan The Voice, kemungkinan besar bakal menggemari Grid, yang bergenre thriller dan science-fiction (fiksi ilmiah) ini. Penulis naskah drakor Grid adalah Lee Soo-yeon, yang menggarap Stranger. 


Tidak Bertele-tele

Drama Korea Grid direncanakan hanya akan berjumlah 10 episode. Tiap episodenya, penonton dibawa dalam menemukan kepingan-kepingan puzzle dalam cerita. Menggugah rasa penasaran, tanpa bertele-tele.

Drakor Grid badai matahari dan kiamat internet
Drakor Grid bergenre fiksi ilmiah dan thriller. 
Foto: poster drakor Grid



Benarkah Badai Matahari Sebabkan Kiamat

Badai matahari adalah peristiwa terjadinya ledakan karena peningkatan radiasi di matahari. Badai matahari terbesar terjadi pada September 1859, yang disebut Peristiwa Carrington. Fenomena badai itu mengacaukan sistem telegraf Eropa dan Amerika Utara. Fenomena aurora di berbagai negara juga tampak lantaran badai matahari. Di era sekarang, dikhawatirkan badai matahari dapat mengganggu jaringan internet sebumi dan kondisi atmosfer.

Salah satu penelitian badai matahari yang membahas terjadinya kiamat internet diitulis oleh Sanggeta Abdhu Jyothi, profesor dari University of California, Amerika Serikat. Ancaman badai matahari terhadap sistem internet tentunya akan mempengaruhi kehidupan manusia yang segala sesuatunya kini menggunakan internet. 

Badai matahari diprediksi juga bakal mengganggu sistem komunikasi radio dan kabel bawah laut. Infrastruktur yang dimiliki saat ini dianggap belum mampu mengantisipasi apabila terjadi badai matahari yang besar.

Hm, bayangkan kekacauan yang bakal terjadi. Duh amit-amit ya terjadi. Semoga para ilmuwan dan pakar bisa menemukan solusi untuk mencegah ini terjadi. Setidaknya, drama Korea Grid bisa menjadi semacam awareness atau kesadaran, untuk lebih peduli pada lingkungan serta isu perubahan iklim.


Bagaimana, tertarik menyaksikan Lee Si-young, Seo Kang-joon, dan Kim Ah-joong dalam Grid? Grid tayang di Disney + Hotstar, atau di layanan televisi berbayar. 


Salam,

Kata Nieke


42 komentar:

  1. Kalau lagi pengen nonton yang serius-serius cocok nih, tapi kudu punya waktu khusus ya. Soalnya ga bisa disambi...

    BalasHapus
  2. Kalau yang ini belum nonton. Lagi ingin menikmati sesuatu yang santai dan ringan. Tapi kalau lihat pemainnay Lee Si-young malah ngakak ya, ikon lucuny tetap tak bisa hilang.

    BalasHapus
  3. Sampai sekarang belum paham Drakor...thanks review nya

    BalasHapus
  4. Keren banget memang korea ini kalo bikin ide-ide drama atau film. Pesannya banyak yang mengena, terutama ini yang dibawa isu yang sangat besar, yaitu tentang lingkungan

    BalasHapus
  5. mbak Nieke review drakornya mesti lengkap, terima kasih ya
    sy masih memilih yang temanya ringan aja, karena menonton untuk sy hiburan jadi kalau ikutan mikir sewaktu menonton rasanya tambah capek hehe

    BalasHapus
  6. mbakkkk niekeeee ngeracun lagi nih hahaha aku harus bersabar tiap buka blg mbak nieke hehehe, boleh deh nih aku ada langganan disney

    BalasHapus
  7. Suka bangeeettt sama Drama Grid ini.
    Karena temanya, karena Seo Kang Joon dan benar, gak pake lama, semua masalah tersaji dengan menarik. Gak sabar nunggu minggu depan buat menikmati akting Seo Kang Joon dkk.

    BalasHapus
  8. Ini alurnya lambat tapii menurutku seru sih, idenya juga keren banget soal sainfic ginii

    BalasHapus
  9. saya pikir ini drama tentang mesin waktu gitu ternyata bukan ya? hehe. tapi temanya tetap science fiction yaa

    BalasHapus
  10. Sepertinya tontonan yang tak bisa diseling kalau lihat dari reviewnya
    Terima kasih rekomendasinya

    BalasHapus
  11. Wah, idenya keren juga, ya. Dari tema lingkungan bisa jadi drama aksi gini. Jadi pengen nonton juga. Apalagi cuma 10 episode ya jadi nggak bertele-tele.

    BalasHapus
  12. ternyata ada juga drakor jenis ini ya
    saya pikir itu drakor itu selalu yg romantis2
    tapi bagus jg bisa membuat kita fokus dan berpikir juga tentang alur cerita selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kok mbak sekarang drakor yang nggak ada kisah cintanya. Ada yang thriller sampai detektif juga

      Hapus
  13. wah baru tahu ya drakor ternyata ada yang ga romantis-romantisnya heheh, karena selama ini mindset saya kalau drakr itu selalu ada bumbu-bumbu romantisnya, jadi penasaran pengen nonton drakornya mba Niken

    BalasHapus
  14. Pembahasan mengenai sci-fi ini jarang banget diangkat menjadi drama. Jadi rasanya sangat menarik untuk diikuti sekaligus, betul yaa.. memberikan peringatan kepada kita semua agar menjaga bumi dengan kelestariannya.

    BalasHapus
  15. Nah ini cerita serius yang baru saya tahu dari dunia per drakoran. Makin penasaran pastinya pengen nonton langsung.

    BalasHapus
  16. Sering denger adik2 saya ngobrolin film ini.. Ternyata harus ada waktu khusus ya nontonnya biar fokus hehe

    BalasHapus
  17. Wah rekom juga berarti ya. Aku malah lebih suka Drakor yang serius daripada yang cinta-cintaan, ahahaha.

    BalasHapus
  18. Drakor oh drakor ..nggak paham saya mbak belum pernah nonton

    BalasHapus
  19. ah seru nih drakor yang kayak gini.. banyak pesan lingkungannya 😍 terimakasih mba

    BalasHapus
  20. Wah bagus banget drama Grid ini ya mbak .. jadi pengen banget lihatnya nih... Jalan ceritanya seru ya mbak

    BalasHapus
  21. Kayaknya seru nih drakornya, noted ah aku masukkan list dulu, udah lumayan lama aku ngak nonton drakor nih, udah ngak sempat soalnya aku tipe yang nonton harus fokus.

    BalasHapus
  22. Aku juga lagi nonton drama ini. Jujur bikin greget bangettt nontonnya! Penasaran sebenarnya apa di balik teka teki yang ada. Dan chip yang dipakai sama pelindung grid bikin mikir juga, apakah benar ada teknologi semacam itu hihi thanks yaa kak sudah sharing

    BalasHapus
  23. Happy banget nonton film kesukaan y mbak. Sayangnya aku bukan penikmat drakor. Jd belum pernah samsek nonton drakor sejak drakor ini naik daun. πŸ™

    BalasHapus
  24. Ada di Disney+, nanti coba nonton aaah

    BalasHapus
  25. aku baru selesein kemarin mba, daaan masih pemasaran sama maksud endingnya aku masih belum paham sampe di puter berulang ulang wkwkwkw

    BalasHapus
  26. Duuuh racun drakor lagi iniiii... Ahaha. Aku lagi nonton drakor EVE dulu mbak. Ntar lanjut nonton GRID. Anakku dulu gak suka drakor pas libur kuliah dia nonton malah jadi seneng sekarang.

    BalasHapus
  27. mumpung lagi nyari rekomendasi drakor yang seru. sepertinya ini boleh jadi list aku deh buat mengisi waktu luang dengan menonton drakor

    BalasHapus
  28. Aku suka nih sama drama ttg detektif gini, jadi bikin penasaran dan melatih otak buat mikir juga kan. Jadi pengen nonton nih.

    BalasHapus
  29. dan aku baru tau judul drama ini, saking banyaknya drama korea sampai nggak hafal satu-satu
    ini misteri banget ya mbak, tapi temanya kok seru, tentang penyelematan bumi. jarang jarang ada drakor dengan tema kayak gini

    BalasHapus
  30. Drakor emang paket lengkap, yang romantis ada, yg non romantis juga ada. Tapi tetap dikemas dengan sangat bagus. Drama kayak Grid kayaknya bisa direkomendasikan kepada cowo2.

    BalasHapus
  31. Banyak misteri yang susah terpecahkan ya kak, belum lagi kasusnya diambil alih oleh departemen rahasia dan ketemu juga sama mantan, pas banget berbarengan gitu.

    BalasHapus
  32. Yang paling aku suka dari drakor adalah temanya gk hanya cinta2an aja tapi beragam makanya gk bkin bosen buat nonton nah ini salah satu yg masuk list drakor yg perlu aku tonton

    BalasHapus
  33. Saya suka drakor jenis seperti ini. Pas nonton Tunnel juga sangat seru konsep lintas waktunya. Apalagi Grid ini memadukan unsur fiksi ilmiah juga di dalamnya.

    BalasHapus
  34. Temanya menarik juga nih, tentang penyelamatan bumi. walopun saya lebih suka drakor yang bertema romantic comedy, saya catat ah di to be watch list drakor

    BalasHapus
  35. Naaah... biasanya kan drakor korea itu ide ceritanya sederhana, namun terbalut dalam kemasan alur yang kompleks banyak berbau bawang dan jahe hahaha.. Ya, walaupun sebenarnya tetap menarik juga sih..

    Yang ini sepertinya beda, nih! keliatan lebih seru dan realistis. Nonton ah.. :)

    BalasHapus
  36. Wah mengusung tema lingkungan dan no romantis jarang2 lho hehhee. Wah menarik kayaknya tapi harus disimpen dulu nih buat nonton2

    BalasHapus
  37. Ada pesan moral tentang merawat lingkungan, menurut daku ini sih bisa masuk wishlist nonton. Mengingat kondisi lingkungan kita yang memang harus selalu diperhatikan

    BalasHapus
  38. udah nonton grid tapi belum kelar, gak salah terakhir ampe episode 8 ya, semoga punya waktu lagi buat drakoran :D jujur ceritanya tuh berat banget menurutku, jadi 1 episode kadang ditonton berulang, minimal ulang adegan yg bikin bingung

    BalasHapus
  39. Gak perlu diragukan lagi drakor2 ini ceritanya kadang tak mudah ditebak, seperti drakor Grid ini deh.. Memang bisa jadi pilihan nih, kalau lgi bosan sama drakor yg romantis terus, karena Grid ini termasuk drakor non romantis yaa..

    BalasHapus
  40. drama tema perjalanan waktu emang paling seru ditonton, termasuk GRID ini. awalnya sih gak ngeh kalo drakor ini tentang time travel, ternyata iya. aku suka akting pemerannya bagus semua, jalan ceritanya juga bagus

    BalasHapus
  41. nah gini nih yang demen, non romantic drama. jadi lebih fokus sama alur yang disajikan dan misteri dibalik tokoh tokohnya 😁

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.