Menu

Percik Kata Nieke

Selasa, 19 April 2022

Forecasting Love and Weather: Pacaran Sekantor Kayak Park Minyoung dan Song Kang, Yay or Nay?

Pacaran sekantor itu berisiko digosipkan. Tapi ada pepatah writing tresna jalaran saka kulino alias cinlok seperti Park Min-young dan Song Kang.

Forecasting Love and Weather Park Minyoung dan Song Kang
Kompilasi poster drama Forecasting Love and Weather, Park Minyoung dan Song Kang. 
Didesain dengan Canva oleh @katanieke


Siapapun yang pernah merasakan hubungan asmara dengan teman sekantor pasti tahu bagaimana rasanya jadi Park Minyoung dan Song Kang. Sudah pasti mengalami dieciye-ciye alias disorakin satu kantor.

Drama Korea terbaru dari Park Minyoung dan Song Kang ini berlatar para karyawan yang bekerja di Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikanya Korea. Menonton drama ini membuat penontonnya tak hanya menikmati kisah cinta saja, tapi juga jadi tahu lebih dalam tentang badan tersebut. Ternyata pekerjaannya tak sekadar memprediksi cuaca.


Sinopsis drakor Forecasting Love and Weather 

Forecasting Love and Weather berkisah Jin Ha-kyung, diperankan Park Minyoung, yang mendadak harus menggantikan atasannya menjadi kepala divisi karena terkena serangan jantung. Padahal ia akan menikah dalam waktu dekat. Di tengah kesibukannya yang meningkat, ia mesti mempersiapkan pernikahan dengan kekasihnya, Han Kijun, diperankan Yoon Park.

Tak mudah bagi Jin Ha-kyung yang bekerja di sebuah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika di Korea. Han Kijun juga bekerja di kantor yang sama. Pertengkaran khas pasangan yang akan menikah pun makin banyak terjadi. Puncaknya, Han Kijun berselingkuh dengan  Chae Yoo-jin--diperankan Yura--yang juga masih satu kantor. 

 

Baca juga: Dinner Mate: Drama Korea ala Nora Ephron dan Barisan Mantan Ngehek


Edan. Nekad selingkuh dengan orang sekantor. Entah apa yang ada di benak Han Kijun ketika berselingkuh dengan rekan sekantor. Lebih edan lagi, Han Kijun membawa pulang Chae Yoo-jin ke rumah tempat ia tinggal bersama dengan Jin Ha-kyung. 

Perselingkuhan keduanya tak hanya terendus, tapi tertangkah basah berduan di kamar. Han Kijun dan Chae Yoo-Jin beruntung, kalau ini kejadian di Indonesia, Jin Ha-kyung sudah manggil Pak RT. Lalu keduanya digerebek sekampung.


Kompilasi poster drama Forecasting Love and Weather, Park Minyoung dan Song Kang. 
Didesain dengan Canva oleh @katanieke



Balik ke laptop. Hubungan Jin Ha-kyung dan Han Kijun tak terselamatkan. Apalagi Han Kijun tertangkap basah bermesraan dengan Chae Yoo-jin. Bisa diduga, hubungan asmara yang kandas sebelum di pelaminan ini diketahui sekantor. Plus cerita perselingkuhan Han Kijun.

Baca juga: Drakor XX, Cara Hani EXID Move On dari Mantan Pacar Selingkuh

"Saya kapok berhubungan dengan orang sekantor," ucap Jin Ha-kyung pada Le Si-woo yang diperankan Song Kang. Le Si-woo juga bekerja di BMKG, satu kantor bahkan bawahan Jin Ha-kyung. Selain itu, Le Si-woo sebenarnya tengah mendekati Chae Yoo-jin sebelum semua kisah perselingkuhan itu terkuak.

Perlahan hubungan atasan dan bawahan ini berubah menjadi makin dekat. Hingga akhirnya, Jin Ha-kyung dan Le Si-woo tak mampu mengelak perasaan masing-masing. Bagaimana hubungan keduanya, apakah akan langgeng menuju pelaminan? Apalagi terdapat perbedaan, Ha-kyung pangkat dan usianya di atas Lee Si-woo.  


Pacaran dengan Teman Sekantor, Yay or Nay?

Kompilasi poster drama Forecasting Love and Weather, Park Minyoung dan Song Kang. 
Didesain dengan Canva oleh @katanieke


Aturan kantor

Di Indonesia, ada beberapa kantor yang menerapkan aturan melarang rekan sekantor berhubungan asmara. Bentuk-bentuk larangan ini biasanya: membolehkan, dengan catatan tidak satu tim atau beda divisi. Melarang hubungan asmara antara atasan dan bawahan yang berada di satu garis lini atau divisi.  Melarang sama sekali hubungan sekantor. 

Bisa juga membolehkan pacaran, namun jika keduanya menikah, salah satu akan dipindahkan ke bidang atau departemen berbeda. Bahkan, ada yang malah meminta salah satunya keluar kantor. Aturan kantor semacam ini ada yang jelas tertulis, ada pula tak tertulis.

Bagaimana dengan kantormu, apakah ada aturan soal ini?


Profesionalitas dalam bekerja

Gosip bakal tak terhindarkan kalau menjalani hubungan dengan orang sekantor. Kalau performa atau kinerja melorot, bisa jadi hubungan asmara yang disorot. Itu sebabnya menunjukkan sikap profesional adalah kunci. 

Hal penting untuk tidak menunjukkan sikap bermesraan di kantor, termasuk berduaan saja di kantor. Termasuk tidak menunjukkan problem yang dialami berdua. Ini berarti, tidak memperlihatkan ketika Anda sedang bertengkar dengan pasangan.

Intinya, masalah selain menyangkut kantor, tidak dibawa ke kantor. Bicarakan hal pribadi di luar kantor dan jam kantor. Jangan sampai rekan atau atasan Anda meragukan kompetensi Anda.


Agar hubungan asmara sekantor tak jadi gunjingan

Ini sulit dilakukan, tapi sebisa mungkin tidak curhat pada teman sekantor. Sebab, biasanya cerita Anda akan menyebar meski sudah diembeli kalimat: "Jangan cerita ke siapa-siapa." 


Bila putus, apa yang harus dilakukan?

Sulit juga untuk bersikap seolah tak terjadi apa-apa, ketika hubungan sudah berakhir. Apalagi jika penyebabnya adalah orang ketiga. Lebih parah lagi, jika orang ketiga tersebut ternyata juga sekantor dengan Anda. Sebisa mungkin, tetaplah bersikap profesional saat di kantor.


Setelah membaca ini, adakah yang pernah mengalami seperti Park Minyoung dan Song Kang?


Salam hangat ☕

Kata Nieke


29 komentar:

  1. Pacaran sekantor mungkin masih banyak yang bisa menjalani. Tapi, selingkuh dengan teman sekantor juga? Bunuh diri itu namanya.

    BalasHapus
  2. Wow.. Kaya business proposal ya..

    BalasHapus
  3. Aaaa.. aku barusan menamatkan drakor ini meski banyak yg aku skip. Intinya drakor ini bagus sih mbak. Cuma aku ga sepakat sama pemerannya yg kurang ada chemistry. Walau memang dibuat lebih muda, mending jgn Song Kang deh. Eh aku jadi pengamat drakor nih skrng.

    BalasHapus
  4. memang ribet ya kl pacaran sm teman sekantor. eh tp nggak tahu juga ding, soalnya belum pernah merasakan. hihihi
    ngeri juga kl pacaran sama orang sekantor plus ada orang ketiga di kantor tersebut

    BalasHapus
  5. Wah soal hubungan sekantor, saya termasuk yang ogah dulu. Tapi susah deh kalau udah jodoh mau gimana, hihi.
    Aku jadi pengen nonton drakor ini karena background pekerjaannya ya.

    BalasHapus
  6. Tapi aku suka banget film ini. Banyak banget pesan moralnya dalam kehidupan rumah tangga. Mau ngereview kok ga sempet2 wkwkwkkw.
    Di kantorku dulu juga ngga boleh nikah ama temen sekantor. Harus resign salah satu.

    BalasHapus
  7. Wah pacaran sama berselingkuh yang bersamaan di sebuah tempat yang sama pula?
    Pasti ada adegan seru, degdegan, lucu dan romantis ini pastinya

    BalasHapus
  8. Belum pernah ngerasain pacaran dgn teman sekantor, tapi pernah diselingkuhin macam drakor ini :D

    BalasHapus
  9. Aku stuck nonton ini di episode 8, kepincut ama kang tae mu. Wkwk.. Dramanya insightful sekali ini tentang pekerjaan di BMKG. Jadi banyak tau loh kerjaan BMKG nggak cuma ngasih kabar kalo ada gempa sama potensi tsunami dan gunung meletus. Hehe..

    BalasHapus
  10. Kalau saya merasakan dampak yang tak baik saat bekerja dengan orang yang berpacaran setim. Sering dijadikan nyamuk dan tak dianggap, pun kalau kerja jadi ndak memuaskan. Malah berbeda denagn yang sudah menikah, biasa saja gitu. Mungkin memang bergantung personalnya.

    BalasHapus
  11. Aku pernah ngalamin Deket sama orang sekantor. Belum sampai tahap pacaran. Bener bener jadi bahan gosip orang sekantor mulai dari saat pedekate kita dan sampai tahap kita pisahnya kita. Cukup sekali aja hahaha

    BalasHapus
  12. Suamiku, berawal dari urusan kerjaan, beda kantor, sampe akhirnya ngajak nikah. Kenalan yang serius itu 3 bulan menjelang nikah. Emang ya topik begini menjual banget. Tapi ga kebayang kalau calon suamiku satu kantor, beda lagi ceritanya, xixixi

    BalasHapus
  13. Belum pernah ngalamin, hanya saja riskan jadi gunjingan ketika keduanya bermasalah, apalagi sudah berumahtangga

    BalasHapus
  14. Belum pernah ngalamin, hanya saja riskan jadi gunjingan ketika keduanya bermasalah, apalagi sudah berumahtangga

    BalasHapus
  15. Aku sempat liat teaser episode 1 dan 2, gregetan karena di awal udah ada adegan perselingkuhan wkwkwk. Mau lanjut ntar an aja

    BalasHapus
  16. Pacaran...wah jangan deh..cuma cerita nya bisa jadi inspirasi untuk tidak pacaran

    BalasHapus
  17. Betul sekali, kak Nieke.
    Berat banget menjalin hubungan dengan rekan sekantor. Jangankan sama divisinya, beda divisi aja pasti ada gak cocoknya. semakin dekat, maka semakin tercium baunya.
    Huhuu...

    BalasHapus
  18. Sebenarnya gapapa ya ada hubungan asmara antar teman sekantor, asal tidak satu divisi. Aturan ini dibuat untuk menjaga profesionalitas kerja, tidak tercampur antara urusan pribadi dengan pekerjaan.

    BalasHapus
  19. mbak Nike selalu lengkap deh resensi drakornya, sy yang ga pernah lihat drakor jadi paham ceritanya

    BalasHapus
  20. Belum pernah sih saya pacaran sama rekan di kantor. Tapi ada beberapa rekan kerja yang pacaran dan akhirnya menikah. Biasanya kalau yang menikah gini pasangan satunya bakal dipindah ke divisi atau departemen yang berbeda ya

    BalasHapus
  21. Belum pernah menonton filmnya, kesukaan aku nih nonton film romance seperti ini dan biasanya bakal sampai akhir. Semoga gak telat2 amat buat menonton film ini ya Mbak, penasaran sama acting Kang Tae Mu, hehe.

    BalasHapus
  22. pacaran sekantor itu, kalau lagi marahan, repot sih. apalagi kalau sampai nikah. enaknya sih berangkat bareng. tapi di rumah udah ketemu, di kantor ketemu lagi, apa nggak bosen ya? hehe ... maap curhat

    BalasHapus
  23. alhamdulillah gak pernah pacaran sekantor jadi gak tau hahaha. tapi liat ha kyung sama si woo awal-awal kayak awkwrd banget. btw gara-gara drama ini, aku tiap lewat BMKG berasa akan papasan sama Song Kang haha

    BalasHapus
  24. aduh aduh klo pacaran sekantor agak agak tricky yaa, ngeri ngeri sedap klo lagi ada masalah personal, apalagi klo divisinya sama, bisa berabe LOL

    BalasHapus
  25. Aaaa gemes banget. Penasaran sama filmnya juga, otw nonton deh, masun list referensi nih

    BalasHapus
  26. Aku belum nonton Forecasting Love and Weather ini sih, tapi ambil kantor BMKG tuh oke. Btw soal pacaran sekantor, dulu di tempat kerjaku ada larangan ini. Terus ada yang pacaran dong, hahaha. Emang ya, aturan ada tuh bikin gatel buat dilanggar

    BalasHapus
  27. Belum nonton ini sih, tapi Forecasting Love and Weather mirip Bussiness Proposal ya.

    Pacaran sekantor bahkan selingkuh sekantor emang sering terjadi di kota-kota besar hihi. Saya mah milih jadi karyawan baik aja deh.

    BalasHapus
  28. Saya ndak mengalami, tapi punya teman yang ceritanya pacaran dengan rekan di kantornya. Begitu menikah, resign salah satu.
    Saya suka baca review film dari Mbak Nieke. Jadi penasaran cari tau, kalau ada kesempatan, mungkin nonton. hehe

    BalasHapus
  29. Pacaran sekantor itu bisa dibilang enggak mudah juga sih. Pastinya harus bisa saling menjaga juga ya. Tampak asik karena bisa sering bertemu tetapi pasti ada hal yang buat enggak nyaman juga.

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.