Menu

Percik Kata Nieke

Senin, 15 Juli 2013

Happy Birthday, Malala!


ngintip isi blog Malala


Gadis ini namanya Malala Yousafzai. Baru aja merayakan ulang tahunnya yang ke-16, pada 12 Juli kemarin. Tepat di hari ultahnya, di usianya yang masih belia, dia sudah berpidato di Majelis Umum PBB. Keren ya!

Ini kutipan pidatonya:

"...Ada yang mengatakan pulpen lebih perkasa dari pedang. Itu benar. Para ekstremis lebih takut pada buku dan pena. Kekuatan pendidikan menakutkan mereka. Mereka takut pada perempuan, kekuatan suara perempuan menakutkan mereka....
Itulah kenapa mereka menembak 14 murid  tak bersalah belum lama ini di Quetta. Itu kenapa mereka membunuh guru dan pekerja polio perempuan di Khyber Pakhtunkhwa. Itu kenapa mereka meledakkan sekolah setiap hari." 

Malala sebenernya gadis biasa-biasa saja yang tinggal di Pakistan. Seperti perempuan-perempuan Pakistan lainnya, dia juga mengalami yang namanya dilarang sekolah. Malala sempat sekolah dari umur lima tahun sampai sembilan tahun. Terus berhenti. Haram katanya. Yah memang begitu kultur di Pakistan, negara yang dikuasai Taliban itu.

Nah, nasib Malala berubah ketika mengalami suatu kejadian yang nyaris membuat nyawanya melayang. Kejadiannya setahun yang lalu. Dia memberanikan diri melanjutkan sekolah. Nggak cuma itu, dia juga berani bicara pada media massa pentingnya anak-anak terutama perempuan untuk boleh sekolah. Hari naas itu, 9 Oktober 2012, Malala pun ditembak Taliban hingga dia mengalami koma. Cuma gara-gara dia berjuang pengen sekolah.


Malala bener-bener menghadapi yang namanya di antara kehidupan dan kematian. Lantaran peristiwa penembakan ini, seluruh mata dunia tertuju pada Malala. Semua pengen kenal Malala. Kiprah gadis mungil yang baru belasan tahun usianya. Bayangin, seluruh dunia mendoakan supaya Malala tetap hidup! Dan memang benar, Malala bangkit dari koma, lalu sembuh. Dia melanjutkan perjuangannya.

Sekarang, dia menjadi sorotan dunia, dan memperjuangkan pendidikan nggak cuma untuk negaranya, Pakistan. Tapi juga buat negara-negara lainnya. Luar biasa ya! 

Don't you think that she is cool? :)

                                          Courtesy of Youtube.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.