Menu

Percik Kata Nieke

Kamis, 15 Desember 2022

Bus Otomatis Pertama di Indonesia Ada di The Breeze BSD City

Bus otomatis pertama di Indonesia yang dihadirkan Sinar Mas Land ada di The Breeze, BSD City. Kepoin, yuk.


First autonomous vehicle in Indonesia is at Green Office Park, BSD City
Bus otomatis tanpa sopir pertama di Indonesia di The Breeze, BSD City, Tangerang, Banten. Sumber foto: Sinar Mas Land.



Sudah tahu belum, bus otomatis di Indonesia ada di The Breeze, BSD City? First Autonomous Vehicle alias kendaraan otonom pertama tanpa pengemudi ini memang terlihat mondar-mandir di seputaran kawasan Green Office Park BSD City tersebut. 


Kalau teman-teman bermukim di seputaran Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi) bisalah melipir ke BSD (Bumi Serpong Damai) City di Tangerang, Banten untuk menjajal kendaraan listrik tanpa sopir ini. Yes, teman pembaca bisa mencoba secara gratis naik bus otomatis pertama di Indonesia ini hingga 21 Desember 2022.

Sewaktu mengetahui keberadaan kendaraan listrik otonom ini, saya kok mendadak teringat film Knight Rider, yang populer tahun 1990-an. Duh, jadi ketahuan nih kalau anak 90-an. Serial ini memperkenalkan sebuah mobil canggih dan cerdas bernama KITT yang bisa berjalan sendiri tanpa pengemudi. Serial Knight Rider juga mempopulerkan David Hasselhoff sebagai Michael Knight pemeran utama yang empunya KITT. Penggemar Knight Rider boleh isi presensi di kolom komentar blog ini. 

Istilah kendaraan otonom atau autonomous vehicle mungkin masih terdengar asing. Istilah ini digunakan untuk menyebut kendaraan darat tanpa pengemudi yang dapat bergerak menjelajahi lingkungannya. Kendaraan otonom memanfaatkan teknologi seperti radar, sinar laser, GPS, odometri, dan penglihatan komputer untuk mendeteksi hal-hal di sekitarnya. Bantuan teknologi inilah yang memungkinkan kendaraan tersebut bisa bergerak sendiri tanpa dikemudikan manusia.

Sebagai fan berat Knight Rider, saya bertanya-tanya apa imajinasi seperti film bakal terealisasi. Lalu apakah mungkin Indonesia suatu ketika bisa punya kendaraan canggih tanpa pengemudi?

Ternyata Sinar Mas Land menggandeng Mitsubishi Corporation, Sinar Mas Land, menghadirkan kendaraan otonom (autonomous vehicle) di The Breeze, yang ada di kawasan Green Office BSD City.  Kendaraan listrik ini hasil pabrikan Perancis dengan teknologi Jepang. Dinamai AV (Autonomous Vehicle) Navya Autonom.

Kehadiran bus otomatis ini sebagai salah satu green initiaves di BSD Green Office Park untuk mengurangi emisi karbon dioksida. Kawasan BSD Green Office adalah area perkantoran yang telah mendapat sertifikasi Green Mark District dari lembaga internasional BCA (Building and Construction Authority), Singapura. Green Office Park juga telah memiliki sertifikasi hijau dari Green Building Council Indonesia (GBCI). 

Sebagai perusahaan properti, Sinar Mas Land berupaya  mengurangi intensitas emisi terhadap luasan area yang dihuni. Pada 2021, perusahaan berhasil mengurangi intensitas emisi sebesar 7 persen dibandingkan 2020. Itu sebabnya Sinar Mas Land kemudian menghadirkan bus otomatis ini di BSD City pada pertengahan Mei 2022. Peluncuran bus otomatis di BSD City ini dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Bus otomatis tanpa sopir ini enggak bisa 'ngomong' seperti mobil KITT di Knight Rider, tapi AV Navya Autonom benar bisa jalan tanpa pengemudi. Canggih kan? Sebelum saya beritahu cara naik bus otomatis pertama di Indonesia ini, ini 5 hal menarik yang perlu diketahui.


AV pertama di Indonesia
AV Navya Autonom, bus otomatis yang sedang meluncur di kawasan Green Park Office, BSD City. Sumber foto: Sinar Mas Land

1. Kecanggihan AV Navya Autonom

Bus otomatis ini memiliki kapasitas penumpang 15 orang dengan formasi 11 orang duduk dan 4 orang berdiri. Kendaraan otonom ini berdimensi 4,7 m x 2,1 m. Bus otomatis ini juga dilengkapi fasilitas pendingin ruangan dan sabuk pengaman.

Autonomous Vehicle ini memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik ini dilengkapi dengan beragam sensor, mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer dengan spesifikasi tinggi yang tertanam di dalam mobil. 

Lalu bagaimana mungkin sebuah kendaraan bisa berjalan tanpa pengemudi atau sopir? Bus otomatis ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom. Bus otonom berjalan mengikuti sensor yang memanfaatkan peta digital dan GPS. Ada beberapa alat sensor terpasang di bus yang berfungsi mendeteksi halangan di depan atau belakang bus.


2. Uji coba di BSD City


Kehadiran autonomous vehicle atau kendaraan otonom ini di BSD City merupakan inisiatif Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation untuk mendukung pemerintah  bertransisi energi menuju energi baru terbarukan (EBT). Peluncurannya dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Saat diluncurkan resmi pada Mei 2022, bus otomatis ini uji cobanya beroperasi di dua titik lokasi, yakni di dalam area Q Big BSD City dan Kawasan BSD Green Office Park. 

AV Navya Autonom sekarang ada di The Breeze, kawasan Green Park Office, BSD City.


3. Bus Otomatis ini hadir di official side event dari G20

Bus otomatis ini hadir di acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali, yang merupakan official side event dari G20, yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan pada 11 hingga 16 November 2022.

Pada perhelatan G20 Summit, pemerintah menyelenggarakan side event yang menunjukkan berbagai moda transportasi berkonsep green mobility yang sudah ada di Indonesia. Autonomous vehicle atau kendaraan otonom dari Sinar Mas Land merupakan  kendaraan yang  berkonversi dari bahan bakar minyak (BBM) ke kendaraan berbahan bakar listrik. Sinar Mas Land berpartisipasi dalam pameran ini dengan membawa autonomous vehicle atau kendaraan otonom tersebut.


Bus otomatis tanpa sopir Sinar Mas Land
Bus otomatis saat dipamerkan dalam side event G20 di Bali. Sumber foto: Sinar Mas Land.


Mengutip rilis Sinar Mas Land dari situs resminya, bus otomatis yang dinamai AV Navya Autonom tersebut memang disiapkan untuk menjadi bagian dari pameran kendaraan listrik pada puncak G20 Summit di Bali.

"Dengan adanya autonomous vehicle, kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia tidak kalah saing dan sudah siap menyongsong ragam alternatif green mobility bagi pembangunan kota pintar yang sustainable di Tanah Air," kata CEO Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap, seperti dikutip dari situs Sinar Mas Land.


4. Kenapa bus otomatis dan bukan mobil otonom

Pemilihan kendaraan otonom (autonomous vehicle) berwujud bus agar menjadi transportasi umum, sesuai tujuannya untuk mengurangi emisi karbon. Masyarakat dapat naik kendaraan listrik otonom ini dengan mendaftar dan mengisi survei melalui aplikasi OneSmile.

Bahan bakar bensin dari mobil konvensional menghasilkan emisi bahan bakar berupa CO2 dan CO. Sedangkan kendaraan listrik disebut-sebut lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi CO2 dan CO penyebab polusi udara. Selain itu, saat berjalan kendaraan listrik tidak menghasilkan polusi suara.


Autonomous vehicle dari Sinar Mas Land dipamerkan di G20
Bus otomatis ini sebagai salah satu green initiaves di BSD Green Office Park. Sumber foto: Sinar Mas Land 


5. Cara naik bus otomatis


Penasaran naik kendaraan otonom tanpa sopir ini? Autonomous Vehicles Navya saat ini ada di Green Office Park, BSD City. Teman pembaca bisa mencoba AV Navya Autonom, naiknya dari Lobby Utama The Breeze. 


Cara naik bus otomatis tanpa sopir di BSD City
Naik bus otomatis dari Lobi utama The Breeze, BSD City.
Sumber foto: Dede Aryanto/www.masdede.com


Caranya hanya memberikan pendapat mengenai AV melalui survei di aplikasi OneSmile. Buruan, AV Navya bisa dicoba sampai 21 Desember 2022. Kemudian AV akan dipamerkan di dalam area The Breeze mulai 22 Desember 2022 sampai 4 Januari 2023. Jangan kelewatan yaaa!

1. Unggah atau download aplikasi OneSmile dari PlayStore.

2. Regristrasi di aplikasi. 

3. Pilih atau klik Autonomous Electric Vehicles.

4. Mengisi formulir.

5. Menyaksikan video tentang Autonomous Electric Vehicles.

6. Mengisi formulir Pre-survey.

7. Usai itu akan muncul tiket beserta QR Code tiket. Sebelum naik, perlihatkan kepada petugas.


Sementara itu, ada sejumlah ketentuan bagi penumpang bus otomatis AV Navya Autonom:

1. Tinggi badan minimal 120 sentimeter (cm). Anak-anak di bawah umur tidak disarankan naik.

2. Wajib mengenakan masker.

3. Wajib memakai sabuk pengaman sepanjang dalam kendaraan.

4. Dilarang merokok, makan, dan minum di dalam bus otomatis.

5. Dilarang membawa barang belanjaaan dan hewan peliharaan.

6. Tidak membawa belanjaan ataupun binatang peliharaan ke dalam kendaraan listrik otonom.


Nah, apakah teman pembaca tertarik dan penasaran ingin menjajal kendaraan listrik otonom tanpa pengemudi ini? 


Salam hangat,
Kata Nieke

32 komentar:

  1. Eh uyaaa jadi inget knight rider
    Aku dulu juga demen bgt mantengin tuh pilem
    .
    Mobil bs ngomong jg ya mba.
    Keren nih sinarmas Land

    Pengin k sana jugaakkk

    BalasHapus
  2. Suamiku ada usaha ga jauh dari BSD jadi kami mainnya ke area ini..Bisa nih mumpung sampai 21 Des cobain first atonomous vehicle di BSD City. Canggih ini!

    BalasHapus
  3. Wah keren ya. Aku ingin juga ngerasain gimana naik mobil tanpa supir soalnya aku ga bisa nyetir mobil, xixixi.

    BalasHapus
  4. Canggih banget ya Mbak, seandainya masih tinggal di Bogor udah cuss ke sana buat nyobain bus ini juga. Penasaran pengen nyobain sendiri langsung.

    BalasHapus
  5. Wah mupeng banget pingin nyoba tapi jauh banget dari rumah. Mana pak su belum libur. Nggak sabar lihat review yang sudah coba dulu aja deh

    BalasHapus
  6. Kayaknya sekarang emang sedang menggalakan kendaraan listrik ya mba. Keren sih. Semoga bus otomatis ini bisa digunakan secara maksimal bisa terawat dengan baik.

    BalasHapus
  7. Wah seru ya
    Sudah ada autonomous vehicles di Indonesia
    Canggih dan ramah lingkungan ya mbak

    BalasHapus
  8. Jadi pengen coba tapi jauh banget ya di BSD wkwk. Semoga one day bisa ada di Surabaya deh biar ga jauh-jauh

    BalasHapus
  9. Bagus sih kalau kendaraan umum dilarang merokok soalnya ya Allah kadang masih ada yg kayak gitu, ganggu orang lain. Btw keren bih bus otomatis.y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau transportasi umum di Indonesia saat ini (di kota besar ya) udah banyak yang pakai AC mba, jadi mayoritas udah bebas rokok. Dan memang keren ya inovasi transportasi di BSD City.

      Hapus
  10. Ternyata Navya Otonom ini karena berada di lingkungan Green Office BSD City yaa..
    Semoga meluas dan hak paten dari perkembangan kendaraan ramah lingkungan ini bisa dimanfaatkan dan diandalkan di kota-kota besar lainnya.

    BalasHapus
  11. Keren banget nih bus nya. Bener-bener pemanfaatan digital banget ya. Semoga segera di produksi banyak, mayan banget bisa on time nail bus.

    BalasHapus
  12. Anak 90-an hadir, dulu juga pernah nonton Knight Rider. Ternyata serial ini seperti memprediksikan masa depan ya, Mbak.

    BalasHapus
  13. Wah, canggih banget ya mbak
    Bisa naik kendaraan listrik tanpa awak seperti ini
    Jadi pengen merasakan juga nih
    Harus main ke The Brezee BSD City nih

    BalasHapus
  14. Aku sih langsung salfok sama bentuknya yang mungil lucu banget. Ternyata pas baca speknya, wah ramah lingkungan banget. Keren ini!

    BalasHapus
  15. Wah, canggih banget ya. Mungkin nantinya kita bisa ngobrol santai juga sama kendaraan kayak di Knight Rider, ya, Mbak. (Tos sesama anak 90-an😋🙌)

    BalasHapus
  16. Wahh keren dan canggih bgt mobilnya. pengen nyoba. kpn2 main k bsd

    BalasHapus
  17. Keren ya di Indonesia sudah ada mobil listrik tanpa pengemudi gini. Coba deket BSD situ, langsung cuuuzz pengin nyobain.

    BalasHapus
  18. Ha! Aku baca berulang kali kendaraan tanpa sopir. Bener gak ni aku bacanya? Euuy ternyata bener ya. Lah, cem kaya dunia robot gitu difilm ya, Mbak Niek. Canggih parah!

    Mau juga euy nyobain naik itu, kaya apa sensasinya, xixixi

    BalasHapus
  19. Keren ya Sinar mas Land udah punya gebrakan baru kaya gini. Bus masa depan nih. Semoga gak ada permasalahan berat ke depannya.

    BalasHapus
  20. Wah baru tahu kalau ada kendaraan listrik tanpa awak yang bisa dicoba masyarakat umum di BSD, padahal jarak ke BSD dari rumahku ngak terlalu jauh. Jadi pingin ngerasain gimana naik mobil tanpa awak, apalagi saat ini sedang digalakkan penggunaan kendaraan listrik sebagai langkah mengurangi emisi ya.

    BalasHapus
  21. Waks, indonesia udah punya ya? Jadi pengin nyobain nih yang begini

    BalasHapus
  22. wah dicatat nih tanggalnya biar ketinggalan. Naik bis seperti ini bisa jadi pengalaman baru yang seru dan menyenangkan

    BalasHapus
  23. wkwkwk, kita seumuran nih sepertinya, saya juga suka nonton film seri KITT, mobilnya canggih, ternyata di Indonesia juga sudah ada ya, wah ingin coba juga, kapan ya sampai surabaya

    BalasHapus
  24. Baru ada di BSD nih, bus otomatis penumpang ini. Jadi pengen cobain deh kalau ada di kotaku. Semakin banyak kendaraan elektrik cukup bagus juga buat mengurangi emisi karbon akibat polusi kendaraan

    BalasHapus
  25. Pasti seru nih naik mobil tanpa supir, pengen juga ngerasain. Next kl ke BSD wajib coba atonomous vehicle nih

    BalasHapus
  26. Busnya mungil dan unyu sekali. Aku lihat ini jadi mupeng nyobain. Hahahaha.. dan bener banget jadi keinget Knight Rider. Semoga bis macam gini bisa segera hadir di kota lainnya. Kan kalau gini, niat pake kendaraan umum jadi seneng. ❤️

    BalasHapus
  27. Keren juga inovasi dari Sinar Mas Land ini.. Bus otomatis, biasanya mobil otomatis. Dan tujuannya memilih juga keren dan sejalan dengan visi dukung kendaraan umum untuk lebih optimal digunakan masyarakat. Jadi pengen nyoba deh ke BSD, instal OneSmile dan jalan jalan pakai AV Navya Autonom.

    BalasHapus
  28. Naik bis ini kayaknya seru nih.... Bisa dijadikan wahana wisata yg unik.

    BalasHapus
  29. Suatu kemajuan besar sudah ada kendaraan otonom tanpa supir di Indonesia. Memang bagusnya dalam bentuk bus sih agar semua orang bisa menikmati kendaraan bebas polusi ini

    BalasHapus
  30. Kalau zaman kanak-kanak, saya pasti mikirnya ngeri naik bus tanpa pengemudi, Mba. Hehehe. Tapi karena kendaraan ini berkontribusi mengurangi emisi CO2 dan CO pasti jadi lain ceritanya. Semoga suatu hari nanti bisa naik ini. Pengen.

    BalasHapus
  31. lucu banget kendaraannya dan bagusnya lagi mobil ini ramah lingkungan
    kayaknya Indonesia perlu deh banyakinmobil kayak gini ke warganya, biar polusi ga makin tinggi

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.