Menu

Percik Kata Nieke

Jumat, 04 November 2022

Kuliner di Kediri: Lezatnya Ikan Bakar di O Seafood

Nemu tempat makan enak di Kediri, Jawa Timur. Resto O Seafood ini menyajikan ikan segar dalam menunya dengan harga terjangkau. Ini reviewnya.

Review kuliner Kediri restoran O Seafood ikan bakar
Pengalaman makan siang di resto O Seafood, Mojoroto, Kediri.
Foto pribadi @katanieke

Salah satu bagian menyenangkan dalam perjalanan adalah menemukan tempat makan enak. Betul, enggak? Begitulah perasaan saya kala singgah makan di Resto O Seafood, Kediri, Jawa Timur. Senang. Saya akan menceritakan kenapa resto ini saya rekomendasikan buat teman pembaca yang ada rencana ke Kediri.

Sebelumnya, saya ingin tahu, apakah teman pembaca sudah pernah singgah di kota ini? Atau jangan-jangan. ada teman pembaca yang warga Kediri? Pertama kalinya saya ke Kediri saat berusia sekolah dasar, mudik Lebaran. Kondisi kota yang juga dijuluki kota tahu ini kala itu berbeda dengan sekarang. Dulu sedikit ada penginapan, tak ada tempat instagramable kekinian semacam Simpang Lima Gumul yang memiliki bangunan menyerupai Arc de Triomphe di Paris, Prancis. 


Naik apa dari Surabaya ke Kediri?

Hal yang juga saya ingat adalah perjalanan ke kota Kediri dari Surabaya itu bisa makan waktu lebih dari setengah hari. Kalau musim liburan atau mudik Lebaran, durasi perjalanan bisa bertambah. Belum lagi macet di perjalanan. Makanya, dulu kalau ke Kediri dengan perjalanan darat dan membawa mobil sendiri, keluarga saya berangkat subuh atau sekitar pukul 4 pagi.  Namun sejak bapak saya sudah wafat, saya jarang ke Kediri. Ditambah lagi, berlangsung pandemi sejak 2020. Jangankan ke Kediri, keluar kota tak lagi pernah.

Padahal ke Kediri dari Surabaya saat ini lebih mudah. Ada kereta Penataran Dhoho yang rutenya sampai ke Blitar. Kalau berangkat dari Stasiun Gubeng Surabaya sekitar pukul 5 pagi, sedangkan Stasiun Wonokromo Surabaya sekitar 5.30 pagi atau setengah enam pagi. Tiba di Stasiun Kediri sekitar pukul 9 pagi. Ada pula jadwal keberangkatan sekitar 9.30 pagi, yang sampai di Kediri sekitar pukul 12 siang. Harga tiket yang kelas ekonomi sekitar Rp 15 ribu per orang.

Sementara itu, kalau membawa kendaraan pribadi, Surabaya-Kediri bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam hingga 2,5 jam. Yap, sejak adanya jalan tol perjalanan ke Kediri tak lagi makan waktu lebih dari enam jam seperti masa kecil saya. Memang jalan tol belum sampai ke kota Kediri secara langsung. Dari Surabaya, mobil keluar di pintu gerbang tol Kertosono. Total akumulasi biaya tol dari Surabaya-Kertosono sekitar Rp 79 ribu. Dari Kertosono, melanjutkan perjalanan secara non-tol ke Kediri. 

Infrastrukturnya juga bagus, membuat perjalanan jadi lancar. Sepanjang perjalanan non-tol dari Kertosono ke Kediri, jalanan aspal mulus. 

Saat mengunjungi Kediri beberapa waktu lalu, saya memilih opsi kendaraan pribadi. Saya tak sendiri tentunya. Bareng Ibu, tante, dan dua orang temannya. 

Teman seperjalanan membawa mobil pribadinya. Berhubung kami tinggal di tempat berbeda di Surabaya, kami putuskan untuk bertemu di Indomaret sekitar pukul 5.30 pagi. Lumayan. sekalian beli bekal onigiri, roti, dan buah-buahan di Indomaret

Kami berangkat sebelum pukul 6 pagi. Kecepatan mobil hanya sekitar 80-100 km per jam saja di jalan tol. Tak ada kendala berarti. Cuaca cerah. Hanya di daerah tertentu sempat ada kabut tipis di sekitar jalan tol. Itu pun tidak lama, sekitar 30 menit saja. Sekitar pukul tujuh pagi, mobil keluar di pintu gerbang tol Kertosono. Dari situ, perjalanan ke Kediri berlanjut non-tol sekitar 40 menit hingga satu jam. Kami tiba di Kediri pukul 8 pagi.

Sekitar dua jam, tante saya dan temannya menyelesaikan urusannya di kota tersebut. Beruntung kami membawa bekal makanan dan buah-buahan. Sambil menunggu mereka menyelesaikan urusannya, saya dan Ibu makan onigiri, mangga, kue lapis, kue wajik, dan buah sawo. Sehat banget ya.

Nah untungnya, menjelang makan siang urusan tante dan temannya rampung. Mulailah kami kembali berkendara. Dari awal, teman tante saya sudah mengusulkan makan ikan bakar. Kebetulan lokasinya tak begitu jauh. Hanya berjarak 15 menit dari lokasi awal, kami sudah tiba di restoran bernama O Seafood Kediri. 


Review Resto O Seafood Kediri

Ini pertama kalinya saya singgah di resto O Seafood. Letaknya di pinggir jalan besar, tepatnya Jalan Ahmad Dahlan nomor 119, Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. Ada plang persis pinggir jalan bertuliskan O Seafood. 

Resto O Seafood Kediri
Resto O Seafood, Jalan Ahmad Dahlan, Kediri, Jawa Timur.
Foto pribadi @katanieke

Halaman parkirnya cukup luas. Muat beberapa mobil dan motor. Awalnya saya mengira ini resto yang baru buka. Ternyata saat turun dari mobil dan melihat papan dengan rangkaian bunga di depan pintu masuk bertuliskan: Selamat Ulang Tahun ke-4. 

Saat masuk, resto ini berupa semacam hall atau bangsal yang luas dengan banyak tempat duduk. Ada beberapa akuarium ikan di bagian pinggir.  Sebuah banner dekat pintu masuk mempromosikan menu makanan ikan laut yang dimasak ala Thailand. Hmm menggoda. Apalagi harga-harganya sedang promo.

Kami memesan satu ikan bakar manis, ikan bakar sambal dabu-dabu, dua porsi bihun dan dua porsi sayur sawi pokcay saus tiram. Untuk minum, kami hanya memesan air mineral dan teh manis panas. Istimewanya adalah ikan ini diolah usai konsumen memesannya. Jadi benar-benar ikan segar.

Review resto O Seafood Kediri Jawa Timur
Bihun dan sayur sawi pokcay di O Seafood, Kediri.
Foto pribadi @katanieke

Ikan bakar di O Seafood Kediri
Ikan gurame bakar ala O Seafood, Kediri.
Foto pribadi @katanieke

Ikan gurame sambal dabu-dabu di O Seafood Kediri
Ikan gurame sambal dabu-dabu di O Seafood, Kediri.
Foto pribadi @katanieke


Soal rasa, sangat tidak mengecewakan. Untuk ikan bakar, bumbunya meresap sampai ke dalam. Seperti ada madu yang dioleskan di ikannya. Rasa manisnya bukan dari kecap. Sedangkan ikan bakar sambal dabu-dabu, pedasnya nampol. Berhubung saya tidak kuat pedas, testimoni level pedas yang memuaskan ini saya peroleh dari teman seperjalanan yang menyantap hidangan tersebut.

Sawi pokcaynya juga mantap. Sawinya direbus lalu diberi sedikit kuah saus tiram. Pun dengan bihun. Cocok disantap bersama dengan ikan bakar yang kami pesan. 

Soal harga, semua menu yang kami pesan itu totalnya sekitar Rp 150 ribu. Wah, ini sih worth it banget! Kesimpulannya, kalau teman-teman pembaca berencana liburan atau singgah ke Kediri, mampirlah makan di resto O Seafood ini. Bukan endorsement yaaa.

Tulisan traveling lainnya, bisa dibaca di sini.


Salam hangat,

Kata Nieke

13 komentar:

  1. Wih, itu ikannya menggoda banget Mbak. Apalagi sambelnya kelihatan sueger gitu, bikin laper. Tapi, kalo di foto porsi sayurnya kok kayak yang dikir gitu ya? Hehe.. Jauh banget tapi di Kediri, saya di Jawa Barat. Buat yang lagi berwisata ke arah sana wajib coba nih ya kayaknya..

    BalasHapus
  2. Ikan gurameh bakarnya menggoda banget, Mbak. Pas banget baca artikel ini siang2 waktunya makan pula. Huhuhu
    Btw, aku baru tahu ada rute kereta api dr Gubeng ke Kediri. Terjangkau banget harga tiketnya

    BalasHapus
  3. mantap banget ini seafoodnya a la tradisional. Pasti rasanya lebih nendang

    BalasHapus
  4. Whoaaa mojorotoooo deket bgt dengan rumah omku di sebrang kampus Ikip

    Kapan2 mau ahhh kulineran endeusss dgn harga murah meriaahhh

    Ajak sodara pasti makin siippp

    BalasHapus
  5. Gambarnya saja sudah menggoda, Mbak. Bihun disantap bareng gurame bakar pasti enak, apalagi ada sambal kecap. Yummy.

    BalasHapus
  6. Bahagia sekali Mbak Niek kalau ketemu warung makan yang pas dilidah kita itu. Kemarin itu baru aja aku juga nemuin warung makan Kediri dengan spesial sotonya, aduhaaaaaai bahagiaaaaa bangeeeeeet!

    Anyway, aku belum pernah ke Kediri sih Mbak, tapi lewat aja pas naik kereta saat pulang kampung, xixixi. Semua masakan Jawa cocok dilidahku

    BalasHapus
  7. Aduh bikin ngiler banget. Kalo seafood emang paling nikmat sih, biasanya aku sekalian pesen cumi sama udang, kalau ada kepiting fresh lebih mantap. Liat pokcoy di gambar juga bikin ngiler

    BalasHapus
  8. waaa..ikan bakarnya menggoda selesa sekali, sambel, pokcoy... ah bikin ngiler inimah. sayangnya jauh sekali ke Kediri, jadi mari kita nikmati dulu deskripsi tulisan ini dalam mimpi

    BalasHapus
  9. Terakhir ke Kediri, waktu zaman kuliah. Dulu sempat naik kendaraan pribadi sama bus. Sekarang transportasi sudah lebih baik, enak bisa naik kereta ya, Mbak. Semoga ada kesempatan ke Kediri, biar bisa incip ke resto O seafood. Makasih rekomendasinya, Mbak...

    BalasHapus
  10. waduh aku belum pernah ke Kediri, baru aja kemarin dari Surabaya. Mudah-mudahan bisa ke kediri dan makan seafoodnya langsung ini hihi

    BalasHapus
  11. Wah pas banget aku mampir ke artikel ini
    Adikku tugas di Kediri, kalau ke sana aku mau ajak makan di O Seafood ini ah

    BalasHapus
  12. punten itu ikan gurame selimutan sambal kenapa jadi penggugah selera makan, nyam tampak enak segar sekali mbaak

    BalasHapus
  13. Mantap banget makan di Resto O Seafood Kediri.
    Menunya banyak dan aku uda pasti pesen cumi sih, hehehe.. Tapi liat gurame bakarnya, uwaah.. laper banget jadinya..
    Gak percaya banget kalo tagihannya cuma 150 ribu.... Surga bangeettt~

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.