Menu

Percik Kata Nieke

Minggu, 25 September 2022

Review Belanja Online di Klik Indomaret

Belanja online di Klik Indomaret jadi opsi saat saya 'mager' (malas gerak) dan work from home. Pilihan cara bayarnya juga beragam, termasuk COD. 

Review belanja online di Klik Indomaret
Review belanja online di Klik Indomaret. Foto: Kata Nieke desain Canva

Sejak harga BBM naik saya jadi cenderung malas untuk keluar rumah. Kalau gula habis misalnya, di otak saya langsung perhitungan. Kalau keluar rumah untuk beli gula, kudu naik motor atau naik ojol plus berapa biayanya kalau pergi-pulang. Jurus 'nanas' pun keluar. 

Apa tuh 'nanas'? Nanti-nanti saja. Nanti nunggu sekalian beras habis. Nanti nunggu sekalian sabun cuci piring, sabun cuci pakaian dan pelembutnya, serta obat pel habis. Maksudnya biar sekalian, gitu. Sebenarnya jurus 'nanas' ini kurang baik, sih. Soalnya 11-12 dengan kebiasaan menunda-nunda. Padahal aslinya saya bukan tipe orang yang suka menunda-nunda. 

Suatu hari Minggu yang cerah, saat saya baru saja pulang dari mal, mendadak teringat kalau air mineral di rumah habis. Sebenarnya kami punya stok dua galon. Apesnya, dua-duanya dalam kondisi kosong. Air di dispenser hanya tinggal seperempat dari wadahnya saja.

"Beli air, ya," kata Ibu saya.

Duh, kenapa baru teringat sekarang? Saya merutuki diri sendiri. Tahu begitu, kan tadi sewaktu kami sekalian keluar rumah. Jadi tidak perlu bolak-balik begini. Mana siang hari ini cuacanya benar-benar panas terik. Bahasa Jawanya, panase ngentang-ngentang. Bahasa Suroboyoane, panase puol-puolan

Tak lama kucing liar yang sering minta makan di rumah muncul. Saya memanggilnya Blackpink. Padahal warna bulunya putih, hitam, dengan sedikit oranye. Dia sering muncul dengan wajah memelas yang membuat hati iba dengan suara meow yang manja. Kecil-kecil pintar merayu. Semoga Blackpink beneran tak marah saya menamai kucing ini demikian.

Biasanya saya menyetok makanan khusus kucing. Saat saya mengintip lemari penyimpanan, duh ternyata makanan buat si meong Blackpink juga tinggal sedikit. Mau 'nanas' kok kasian Blackpink. Sudah begitu, nanti saya mau minum apa kalau air mineral habis?

pengalaman belanja makanan kucing di klik indomaret
Blackpink yang suka mampir ke rumah minta makan.
Foto: @katanieke


Ibu rupanya mengamati saya. Dia menyadari saya agak aras-arasan alias malas-malasan. "Lha ngapain bingung? Beli saja lewat internet seperti biasanya," kata Ibu.

Tepok jidat. Ah ya kan bisa belanja online. Eh tapi sore begini apakah kurir tokonya bisa mengantar ya? Biasanya saya pesan pagi hari lalu pesan diantar sekitar satu jam sesudah saya memesan secara daring atau online. Saya memutuskan membuka KlikIndomaret. Memasukkan nama dan password di bagian login.

Setelah masuk ke beranda. saya langsung saja masukkan kata kunci benda yang saya cari di kolom. Begitu mengetikkan nama merek sabun cuci, keluarlah gambar produk itu di monitor beserta harganya. Klik beli.

Eh ternyata pelembut dengan merek yang sama lagi ada potongan harga. Lumayan, biasanya sekitar 27 ribuan, jadi sekitar Rp 10 ribuan. Daebak. Mumpung Indomaret ada promo, klik beli dong. 

Oya, makanan buat si empus Blackpink. Ketik merek makanan khusus kucing yang saya inginkan, muncul beberapa pilihan aneka rasa. Saya beli dua bungkus dengan macam rasa yang berbeda.

Hm, air mineral dua galon jangan terlupa. Ketik air mineral, atau langsung ketik mereknya. Lumayan lho, dua galon ini diantarkan. 

Setelah semua pesanan selesai, bisa langsung terlihat hitungan total pembeliannya. Minimal pembelian Rp 100 ribu, bisa gratis biaya pengiriman. 

Sebagai pembeli, kita juga bisa mengatur jadwal pengiriman kurirnya. Biasanya saya meminta pengiriman barang, sejam setelah waktu pemesanan. Misalnya saya memesan sekitar pukul 16.00, opsi yang tersedia untuk waktu pengiriman adalah antara pukul 17.00-18.00. Opsi berikutnya pukul 18.00-19.00, dan seterusnya.


Sejak kapan saya pakai Klik Indomaret

Sebenarnya saya sudah berbelanja lewat KlikIndomaret sejak awal pandemi, Juli 2020. Masih ingat kan, awal pandemi semua orang diminta untuk stay at home alias di rumah saja. Sekolah, tempat publik, toko-toko, dan perkantoran tutup.

Kala itu vaksin masih dalam proses pembuatan. Vaksin baru beredar  2021. Itu sebabnya untuk keluar rumah, pikir-pikir dulu. Angka penderita covid sedang tinggi-tingginya. Daripada keluar rumah, akhirnya saya mencoba memesan barang kebutuhan rumah tangga dengan Klik Indomaret.

Ternyata lumayan praktis, hemat, dan efisien. Dari pembelian pertama melalui KlikIndomaret, saya merasa pelayanannya cukup baik sehingga berlangsung sampai sekarang. Walaupun untuk jajan, saya juga kerap mampir gerai Indomaret. Soalnya ada spot buat duduk dan ngopi di Point yang terletak dalam Indomaret.  Lumayan lho, sering ada promo. Saya pernah beli minuman di Point gratis snack pada hari tertentu. Teh rosela di Point juga enak diminum hangat. 


Cara Mendaftar Akun di KlikIndomaret


Cara belanja di Klik Indomaret COD
Sebelum belanja online di Klik Indomaret, bikin akun dulu. Foto: @katanieke desain Canva


Nah, untuk berbelanja melalui Klik Indomaret, caranya cukup mudah. Unduh aplikasi Klik Indomaret di Playstore. Kamu juga bisa mengaksesnya via www.KlikIndomaret.com

Daftarkan akunmu.

Kalau sudah mendaftar akun, tetapkan alamat pengiriman yakni lokasi barang belanjaan akan dikirimkan. Bila itu rumah, masukkan alamat rumah. Ini sangat penting, karena dari lokasi inilah, sistem akan mencarikan toko Indomaret yang terdekat dengan alamat pengiriman. Ada fitur penetapan titik alamat di peta  agar lebih akurat.

Mulai belanja.


Cara Belanja Online di Indomaret


Berbelanja secara online atau daring di Indomaret tidak sulit, cukup dengan aplikasinya yang bisa diunduh di Google Play atau membuka situs KlikIndomaret.com. Setelah mendaftarkan nama akun beserta alamat pengiriman, kita sudah bisa mulai belanja.


Cara belanja online dengan aplikasi Klik Indomaret
Cara belanja online di Klik Indomaret. Foto: @katanieke desain Canva

1. Sesudah mendaftarkan akun, masuk dengan nama akun beserta passwordnya.

2. Masukkan kata kunci barang atau merek yang hendak dibeli di kolom pencarian. Kolom pencarian terletak paling atas, bergambar logo kaca pembesar πŸ”. Contohnya: air mineral galon.

3. Hasil pencarian muncul, lengkap beserta foto barang, harga, potongan harga atau promo yang sedang berlangsung, spek atau deskripsi barang, dan fitur beli berwujud kotak biru. Klik atau tekan kotak biru bertuliskan beli tersebut pada benda yang diinginkan.


Cara mencari barang belanjaan di Klik Indomaret
Pembelian minimal Rp 100 ribu gratis ongkir belanja di Klik Indomaret.
Foto: @katanieke desain Canva

4. Lanjutkan mencari barang berikutnya. Kembali ke kolom pencarian dengan tanda kaca pembesar πŸ” di bagian paling atas sebelah kanan. Misalnya: deterjen atau pelembut. 

Setelah itu, hasil pencarian akan memunculkan foto-foto barang berkaitan dengan deterjen dan pelembut dari berbagai merek serta harga dan promo yang berlangsung. Tekan atau sentuh kotak biru bertuliskan beli pada barang yang hendak dibeli.

5. Kembali ke kolom pencarian dengan tanda kaca pembesar πŸ” di bagian paling atas sebelah kanan. Masukkan nama benda berikutnya, misalnya beras. Tekan atau sentuh kotak biru bertuliskan beli pada barang yang dipilih.

6. Tak ada batasan minimal dan maksimal barang yang hendak dibeli. Namun jika teman pembaca ingin memperoleh fasilitas gratis ongkos kirim, pembelian minimal sebesar Rp 100 ribu.


Cara pembayaran belanja online di Klik Indomaret
Belanja online dengan Klik Indomaret, bayarnya bisa dengan dompet elektronik dan COD.
Foto: @katanieke desain Canva


7. Apabila teman pembaca sudah rampung belanja dan ingin menyelesaikan pembelian, pilih gambar keranjang atau troli di bagian paling atas. Monitor akan menampilkan seluruh barang-barang yang hendak dibeli beserta total harga pembelian. Setelah itu, pilih opsi pembayaran dalam kolom biru.

8. Ada banyak pilihan untuk pembayaran, mulai dompet elektronik atau e-wallet, transfer, aplikasi perbankan, hingga pemabayaran di tempat atau cash on delivery (COD)

9. Saya memilih opsi terakhir yakni COD. Tekan kotak biru bertuliskan bayar sekarang.


cara belanja online dengan klik indomaret COD
Usai memesan barang di klik Indomaret, pembeli menerima email konfirmasi pemesanan.
Saat barang sampai, konsumen memperoleh email konfirmasi penerimaan.
Foto: @katanieke desain Canva

10. Teman pembaca akan memperoleh email konfirmasi dari pihak Indomaret. Begitu pemesanan barang rampung, email  berjudul  konfirmasi pengiriman barang. Nah, begitu barang telah sampai ke tangan teman pembaca, emailnya berjudul konfirmasi penerimaan barang. Jadi ada dua email ya.


review belanja di klik indomaret
Proses check out saat belanja online di Klik Indomaret.
Foto: @katanieke desain Canva


11. Pastikan teman pembaca telah memilih jam pengiriman barang sesuai keinginan dan alamatmu telah benar.


Keuntungan belanja dengan KlikIndomaret


Kategori belanja lengkap

Mengulik Klik Indomaret, ternyata kita tidak hanya bisa belanja kebutuhan barang harian saja lho. Ada kategori apa saja di Klik Indomaret?

Kalau kita intip bagian kategori di aplikasi dan situs Klik Indomaret, ada lima jenis:

1. Retail

πŸ“ŒGadget dan elektronik: mulai dari ponsel beserta perangkat pendukungnya; laptop dan komputer dengan perangkat pendukungnya, printer, mesin faks serta aksesoris komputer dan laptop; hingga barang-barang elektronik seperti audio dan elektronik rumah tangga.

πŸ“Œ Fahion: pakaian wanita dan pria, ibu hamil dan menyusui, pakaian bayi, dan tas travel.

πŸ“Œ Ibu dan bayi: pakaian ibu dan bayi, mainan bayi, makanan dan susu bayi, perlengkapan bayi, perlengkapan anak, popok bayi, perlengkapan menyusui.

πŸ“Œ Produk segar: makanan dingin dan beku, buah-buahan, produk olahan susu, es krim, roti, dan makanan siap saji.

πŸ“Œ Pelbagai jenis makanan: mulai dari biskuit, snack, hingga makanan Korea.

πŸ“Œ Pelbagai jenis minuman

πŸ“Œ Kesehatan dan kecantikan: produk perawatan diri dan kosmetik wanita dan pria, masker, antiseptik dan sanitasi.

πŸ“Œ Puspita Nusantara: kain dan pakaian batik serta tenun, serta produk yang terbuat dari batik dan tenun.

πŸ“Œ Home and living: barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti deterjen pembersih, pelembut pakaian, pembasmi kuman hingga perlengkapan rumah tangga.

πŸ“Œ 18+: Barang-barang untuk konsumen dewasa


2. Food

Tersedia beberapa macam makanan dan minuman dari merchant yang bekerja sama dengan Indomaret. 


Belanja online Klik Indomaret, Klik Food
Pesan makanan di Klik Indomaret. Foto: skrinsyut oleh @katanieke


3. Virtual

Seperti halnya di gerai Indomaret, teman pembaca juga bisa membayar langganan PLN/listrik, PDAM, BPJS, beli pulsa dan paket data internet di Klik Indomaret.

Membayar tagihan dan langganan listrik/PLN, air/PDAM, BPJS di Klik Indomaret
Cara bayar tagihan langganan di Klik Indomaret.
Foto skrinsyut @katanieke desain Canva


4.  Travel

Teman pembaca juga bisa memesan tiket pesawat, kereta, dan kapal ferry di Klik Indomaret. Ada yang mau traveling atau healing?

Pesan tiket kereta di Klik Indomaret
Bisa beli tiket transportasi umum di Klik Indomaret.
Foto: skrinsyut oleh @katanieke desain Canva


5. Tiket

Teman pembaca juga bisa memesan tiket berbagai wahana hiburan dan acara hiburan di kategori ini. Misalnya tiket The Jungle di Bogor, FunWorld Botani Square Bogor, Ocean Dream Jakarta, Fun World Central Park Jakarta, bahkan Petronas Grand Prix di Malaysia yang berlangsung Oktober 2022. 


Pemilihan cara pembayaran banyak: selain cash on delivery (COD) atau pembayaran di tempat, teman pembaca juga bisa membayar dengan dompet elektronik dan metode transfer, serta elektronik perbankan. Dompet elektronik di antaranya: LinkAja, ShopeePay, i.saku.


Bisa atur waktu pengiriman

Pilihan kategori barang di Klik Indomaret lebih lengkap 

Bisa belanja sambil rebahan atau beraktivitas lainnya

Kita juga bisa menggunakan Klik Indomaret untuk pesanan ambil sehingga tidak perlu berlama-lama dan mengantri. Jadi, kita memesan lewat Klik Indomaret, lalu dalam jangka waktu tertentu, pesanan tersebut tinggal diambil di lokasi.


Di Klik Indomaret, teman pembaca juga bisa menemukan tips-tips belanja termasuk cara membeli tiket atau membayar tagihan listrik di Blog KlikIndomaret. Bagaimana, tertarik berbelanja dengan KlikIndomaret?

belanja online di klik indomaret
Barang belanja saya yang dibeli lewat Klik Indomaret.
Seluruh foto dan screenshot di tulisan ini adalah dokumen pribadi.


Salam hangat,

Kata Nieke


Seluruh foto dan screenshot proses belanja di Klik Indomaret yang ada di tulisan ini adalah dokumen pribadi.


37 komentar:

  1. Indomaret sebenarnya hanya sekitar 300 meter dari rumah. Tapi kalau lagi malas beneran mager. Padahal beberapa kebutuhan pokok yang diperlukan yang sudah terlanjur habis terkadang gak bisa nunggu.

    Thanks informasinya Mbak. Kalau beneran malas banget bisa pakai layanan ini.

    BalasHapus
  2. Kalau lagi mager beneran .... jurus nanas keluar terus hihi. Adanya Klik Indomaret membantu banget ya Mbak Nieke ... yang lagi malas keluar, disamperin deh sama tokonya.

    BalasHapus
  3. Terimakasih Kak informasinya. Saya awalnya gak memperhatikan semacam ini secara di tempat tinggal saya tidak ada minimarket Indomaret. Sekarang Alhamdulillah, baru sebulanan ini diresmikan ada Indomaret di dekat pasar Kecamatan Pagelaran. Nah saya sangat antusias beli online dari Indomaret seperti ini dong...

    BalasHapus
  4. Jurus nanas (nanti-nanti saja), wualaaaah aku pertama baca itu ngakak so hard, Mbak Nieke. Walaaaah yung istilahnya kok lucu juga.

    Eh, anyway busway, kalau indomaret ke rumahku cuma 5 menit aja sih, Mbak langsung nyampe. Etapi kalau udara lagi gak bersahabat, panas ngenthang ngenthang (hot potatoes) or udan dueres malas juga kali ya keluar, bisa ni klikindomaret jadi solusay eh solusi

    BalasHapus
  5. Wah, seru juga ya sepertinya belanja di klik indomaret. Cocok buat emak mager atau yang kalau jalan keluar ke Indomaret banyak banget tentengannya (baca: anak). Cuma sejam pula, efektif banget

    BalasHapus
  6. Senangnya sekarang belanja online di Indomaret makin mudah ya mbak
    Tinggal duduk manis di rumah, belanjaan langsung diantar

    BalasHapus
  7. Ya salah satu hal penting sebelum membeli online adalah memperhatikan coverage area agar kita semakin tenang belanja online

    BalasHapus
  8. indomaret bs jg ya belanja online. kalau lg mager buat belanja bulanan dan angkat2 belanjaan byk bgs nih pake ini

    BalasHapus
  9. saya juga kalau lagi mager suka belanja lewat aplikasi kayak gini, mbak. membantu banget apalagi ongkirnya juga bisa gratis jadinya ya lebih hemat dong.

    BalasHapus
  10. Ini solusi di saat mager tiba, panase ngentang-ngentang dan harga bbm melonjak ga kira-kira, belanja aja di klik Indomaret, banyak promo, hemat dan mudah, barang sampai di rumah

    BalasHapus
  11. Solusi banget nih buat ibu-ibu sepertiku yang kadang lagi super duper mager. Pembayarannya juga bisa COD nih

    BalasHapus
  12. ahahhaha...kalo aku nyebu nanas buat plesetan dari panas. Nah, kalo belaja online kek gini, masih masuk ke poinku nggak sih mbak?

    BalasHapus
  13. Dengan adanya klik Indomart belanja online makin mudah ya Kak. Lebih praktis tanpa harus ke luar rumah. Caranya juga engga terlalu sulit

    BalasHapus
  14. Serius melalui Klik Indomaret ada berbagai jenis belanja yang disebutkan di atas?
    Berasa belanja di mall yaah.. ada banyak hal yang ketika kita butuhkan di waktu yang sedemikian singkat di sela-sela kesibukan, Klik Indomaret akan sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  15. wah pastinya Klik Indomaret ini mempermudah para mom dan siapapun yang ingin belanja ya mba Niken, sehingga belanja tidak perlu keluar rumah, cukup buka aplikasinya dan [ilih barang dibutuhkan, dan tunggu deh barang dikirim

    BalasHapus
  16. Klik Indomaret sebagai solusi bagi yang mager, semuanya serba praktis lewat belanja online. Tapi tentunya harus ada opsi jika barang tidak sesuai atau cacat produk

    BalasHapus
  17. Saya sampai berkunjung ke situsnya. Ternyata lengkap juga. Baru tahu ada yang ini.

    Dulu awal baru punya bayi dan sehabis lebaran SGM Rana habis dan di kampung tidak ada yang jual susu formula bayi,, terpaksa naik ojek ke toserba di kecamatan. Ongkos PP 20 ribu rupiah, plus harus antre.

    Mending belanja kayak gini, isinya sama seperti yang di toko Indomaret. Bisa hemat biaya transportasi dan tak pakai ongkos kirim jika belanja 100 ribuan. Ditambah lagi tidak perlu repot angkaribung gendong bayi dan tenteng belanjaan yang berat. Soalnya lengan dan batu jadi sakit. 😁

    BalasHapus
  18. Barang belanjaan di Klik Indomaret nantinya diwadahi pakai tas kain Indomaret atau bisa pilih kardus?
    Membantu sekali, apalagi belakangan ini cuaca emang lagi puanas-panasnya terus sekarang malah musim hujan. Belanja di rumah pakai KlikIndomaret jadi solusi

    BalasHapus
  19. Wadidau, aku baca yang bagian nanas sampai ngulang 3x loh mba, trus langsung ngguyu.

    Aku pun emak generasi nanas.

    Kalo gak lengkap pol males banget nyicil ke swalayan bolak balik.

    Syukurlah klik Indomaret menjadi solusi praktis buibu ya

    BalasHapus
  20. Toss aq juga klikindomaret ini sejak awal.pandemi bahkan sangat ngebantu teman sodara yg kena covid dikirimi kebutuhan sehari2. Sampai skrg hampir tiap hari aq belanja klikindomaret mba..

    BalasHapus
  21. hihihi auto fokus lihat foto si Blackpink..
    cantik kucingnya :).
    Sekarang memang semua enak bisa serba online. Belum lagi kalau belanja pakai Klik Indomaret bisa dapat poin yang bisa ditukarkan dengan belanjaan dan harganya jauh lebih murah..

    BalasHapus
  22. Indomaret makin memahami kebutuhan konsumennya sehingga menghadirkan Klik Indomaret untuk memberikan pengalaman berbelanja kebutuhan dengan mudah

    BalasHapus
  23. Klik indomaret pas banget buat aku yang mageran. Kalau udah dikantor depan laptop even nyari makan siang keluar aja males. Dirumah pun sama kalau udah istirahat plus beberes ala emak2 jadi males keluar rumah. Ditambah promo yg selalu ada jadi bikin betah pake klik indomaret

    BalasHapus
  24. Sekarang mah segala-galanya sudah mudah tinggal sat set sat set, sampe-sampe Indomaret aja udah pindah ke dapur kita ;) Ini berguna bagi saya yang really mageran anaknya, ngesot ke teras aja ih males apalagi kalo udah nongki nonton drakor, hehe.

    BalasHapus
  25. Bener-bener menolong banget ya kalau lagi mageran pesen2 barang di minimarket dengan sekali sentuhan lewat klik indomaret, saya kebetulan punya nomor membernya, jadi pengen coba juga ah

    BalasHapus
  26. Jurus Nanas ini kembarannya tarsok (ntar-ntar besok). Senang deh semakin mudah saja belanja. Tasnya juga itu pakai tas kain, ya?

    BalasHapus
  27. belanja via klik indomaret praktis banget ya, nggak perlu keluar rumah, semua bisa dilakukan via smartphone
    pengen cobain dari dulu, cuman belum kesampaian

    BalasHapus
  28. Pilihan terbaik saat malas ngeluarin motor hanya untuk belanja odol doang ya. Nice post

    BalasHapus
  29. Indomaret udah deket pun kita masih mager ya buat beli kebutuhan. Eh malah makin dipermudah lagi dengan layanan antarnya. Saya belum pernah coba, sptny murah kalo beli beberapa produk saat lagi diskon ya.

    BalasHapus
  30. Karena di kampungku ada Indomaret terdekat, jadi gak kepikiran buat nyoba KlikIndomaret. Kalau ada promo-promonya, kayanya boleh juga sih. Jadi lebih santai karena belanja dari rumah

    BalasHapus
  31. kebetulan indomaret jauh dari rumah, bisa jadi solusi niih

    BalasHapus
  32. Saya juga pernah, tapi buat di kantor. Waktu itu kelaperan banget tapi lagi ada kerjaan yang nggak bisa ditinggal bahkan waktu istirahat cuma saya pakai buat sholat, gak sempat pergi makan. Jadinya order roti aja dari Indomaret terdekat, itu membantu banget ^^

    BalasHapus
  33. Wah gak nyangka loh semudah ini karena aku biasa dtang k tokonya langsung boleh juga ya aku coba skali2 pakai Klik Indomaret saat lagi mager buat jalan enak deh dianter barang pesanan kita

    BalasHapus
  34. Indomaret ada juga ya. Saya baru tahu toko sebelah karena ada aplikasinya. Next time saya cobain deh pakai Klik Indomaret biar kalau mager dan hujan terus, belanjanya cukup dari HP.

    BalasHapus
  35. keren nih inovasi dari indomaret, jadi memudahkan para pelanggannya untuk berbelanja yaa. Ibu-ibu pasti lebih semangat nih belanjanya, hehehe

    BalasHapus
  36. Haii blackpink.... bersyukur hooman bisa belanja onlen di indoapril eh indomaret ya..jd kamu ga sampai kehabisan makanan :D

    BalasHapus
  37. Membantu banget ya aplikasi klik Indomaret. Saya juga biasa mager buat belanja klu blm habis semua. Wah makasih infonya yaa...

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.