Menu

Percik Kata Nieke

Rabu, 11 Mei 2022

IDN Live, Wadah Literasi Digital Generasi Z dan Milenial

IDN App memiliki fitur IDN Live untuk konten live streamingnya. Konten kreator didukung Program IDN Live Streamer Fund Rp 50 miliar untuk menghasilkan konten berkualitas.

review fitur IDN Live di IDN App
Review fitur IDN Live di IDN App. 

Saya tidak pernah melupakan pengalaman saya saat mengajar pelatihan menulis opini di media di sebuah universitas di Surabaya beberapa tahun lalu. Pesertanya tentu saja mahasiswa perguruan tinggi tersebut, generasi milenial.

"Apakah di sini ada yang membaca koran dan majalah?" tanya saya.

Dari hampir seratus mahasiswa tersebut, hanya dua orang yang mengacungkan jarinya. 

"Adakah yang masih membaca berita, termasuk berita di internet?" saya kembali bertanya.

Kali ini lebih banyak mahasiswa yang mengangkat tangannya. Lumayan, hampir separuh peserta.

"Biasanya kalian mengkonsumsi apa di internet?" lagi-lagi saya bertanya. Saya menunjuk beberapa mahasiswa secara random untuk membagikan jawabannya. Ada yang menjawab video, tutorial, hiburan, gaming, film atau video musik, dan konten yang bersifat informatif. 

Jawaban mereka mencerminkan ciri khas generasi milenial yang lahir periode 1980-1996. Generasi yang mencari segala sesuatu melalui internet, akrab dan lincah dengan gawai. Dalam hal penggunaan internet, tak jauh berbeda dengan generasi sesudahnya yakni generasi Z yang lahir dalam kurun waktu 1997-2012. 

Dua generasi inilah yang mendominasi jumlah penduduk Indonesia saat ini, mengacu pada data Badan Pusat Statistik Indonesia. Dari total populasi 270,2 juta penduduk Indonesia, jumlah generasi milenial sebanyak 69,90 juta jiwa atau 25,87 persen. Sedangkan jumlah generasi Z sebanyak 75,49 juta jiwa atau 27,94 persen. 


Generasi Z dan milenial mendominasi jumlah penduduk Indonesia
Review IDN Live di IDN App.
Desain dibuat dengan Canva oleh Nieke


Bayangkan, betapa besarnya jumlah dua generasi yang bakal menjadi penerus bangsa Indonesia tak lagi menikmati kegiatan membaca. Padahal kegiatan membaca dan menulis berkaitan dengan pola berpikir. Dua kegiatan ini mengasah otak manusia dalam hal kerunutan berpikir, logika, dan salah satu tolok ukur kecerdasan. 

Dalam pelatihan itu, saya kemudian menguji kemampuan menulis mereka. Saya meminta para peserta mahasiswa itu membentuk kelompok yang terdiri dari dua sampai tiga orang untuk menulis opini bertema bebas dalam waktu satu jam tiga puluh menit. Ketar-ketir juga menanti tulisan mereka terkirim ke email saya. Bagaimana generasi yang tak menikmati membaca ini bisa menulis opini? Batin saya berkecamuk. 

Ternyata mayoritas tulisan mereka cukup lumayan. Beberapa tulisan bahkan menunjukkan tingkat berpikir yang kritis dengan tema yang berani, tiga di antaranya: hubungan drama Korea dengan Korea Utara dan Korea Selatan, dampak hasil pemilu Amerika Serikat terhadap Indonesia, dan era Post-Truth. Setelah dicek plagiasi, tulisan itu murni hasil pemikiran mereka. Tak terduga bukan? 

 

IDN App, Media, dan Literasi Digital


Indonesia termasuk negara yang tingkat literasinya rendah, menurut survei Program for International Student Assessment (PISA). Survei ini dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019. Meski demikian, sebuah lembaga penelitian Paris Prancis bernama Semiocast menyatakan, netizen Indonesia termasuk paling aktif di dunia. Dengan kata lain, netizen Indonesia termasuk paling cerewet. 

Penelitian lain mengungkap  penduduk Indonesia bisa mengkonsumsi gawai lebih dari 9 jam dalam sehari. Dari fenomena ini, saya menangkap masyarakat berpindah dari medium cetak ke medium digital.

Asumsi ini diperkuat dengan data pengguna ponsel pintar Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya. Pada 2018 saja, jumlah pengguna aktif ponsel pintar lebih dari 100 juta orang dari total populasi penduduk sekitar 270 juta. Sejak pandemi, lantaran segala kegiatan mengandalkan internet otomatis pengguna internet pun meningkat. Pada awal 2021, pengguna internet sekitar 202 juta orang. Riset lain--Hootsuite dan We Are Social--mengungkap, pengguna internet ini mencapai sekitar 73 persen dari sekitar 274 penduduk Indonesia. 

Masih ingat cerita saya di paragraf sebelumnya yang menyebut soal era Post-Truth? Kita memang berada di era Post-Truth. Di satu sisi, tingginya akses masyarakat terhadap internet itu bagus. Di sisi lain, masyarakat ini berhadapan dengan berita palsu dan hoaks, serta informasi dari media sosial yang bertipe opini--bukan fakta. Tak sedikit masyarakat yang terjebak dengan portal berita palsu, opini yang disangka berita dan fakta, serta akun-akun penyebar hoaks. 

Dengan kata lain, Post-Truth adalah keadaan ketika masyarakat lebih terpengaruh emosi dan keyakinan pribadi termasuk mencari informasi sebagai afirmasi dan konfirmasi yang sesuai dengan keyakinannya, dibanding mencari fakta, informasi akurat, dan sumber berkredibilitas. Media yang valid, yang pencarian informasinya akurat, obyektif, dan memiliki kredibilitas justru tidak dipercaya--apabila beritanya tidak sesuai dengan keyakinan masyarakat. 


Definisi Post Truth menurut kamus Oxford
Review fitur IDN Live di IDN app.
Dibuat dengan Canva oleh Nieke


Saya pernah berdiskusi dengan seorang teman yang bekerja sebagai pustakawan di sebuah lembaga bahasa. Ia rajin menggelar diskusi dengan topik-topik tertentu yang terbuka untuk peserta lembaga bahasa itu, pelajar, dan masyarakat umum. Salah satu topik yang pernah ia angkat adalah budaya membaca dan literasi digital. Usai diskusi sepanjang satu jam itu, obrolan saya dan kawan saya ini masih berlanjut di luar acara. 

"Kita tidak bisa berhenti pada pelabelan bahwa masyarakat kita ini budaya membacanya rendah," ujarnya. "Kita mesti masuk pada level: apa yang bisa dilakukan atau apa solusinya."

Saya manggut-manggut, membenarkan. Literasi digital jawabannya. Ketika kebiasaan membaca masyarakat berpindah dari cetak ke digital, maka sebenarnya video-video internet yang bersifat informatif dan edukatif menjadi jembatan. Walau kegiatan menonton tak bisa menggantikan membaca. Pun dengan kadar informasinya, jelas informasi yang dituliskan akan tetap lebih detail ketimbang informasi yang dituturkan dalam video. 

Dalam budaya teknologi digital, video dan informasi tertulis menjadi sajian yang saling melengkapi. Pembaca tak hanya memperoleh informasi tertulis tentang suatu topik, tapi juga memperoleh gambaran audio visual. 


live streaming digemari anak muda milenial dan gen Z
Review fitur live streaming IDN LIVE di IDN App.
Desain dengan Canva oleh Nieke
 

IDN Media besutan William Utomo dan Winston Utomo sebagai media arus utama (mainstream) menerapkan hal itu. Perusahaan media yang mematenkan dirinya sebagai suara generasi milenial dan Z ini membuat Aplikasi Baca Berita dan Hiburan bernama IDN App. Tak hanya itu, IDN App memiliki fitur IDN Live dalam aplikasinya. Jadi, pengguna aplikasi IDN tak hanya membaca berita dan informasi, tapi juga bisa menyaksikan konten-konten video live streaming seperti halnya di media sosial dalam satu paket aplikasi. 


nonton live streaming di IDN LIVE
Review fitur IDN Live di IDNApp.


Tren Live Streaming Naik Sejak Pandemi


Secara umum, Live Streaming awalnya digunakan untuk menayangkan berita secara langsung melalui internet. Perusahaan E-commercial kemudian memanfaatkannya untuk pemasaran dan berinteraksi dengan pembeli secara langsung. Belakangan, selebriti, tokoh publik, konten kreator juga melakukan Live Streaming untuk berinteraksi dengan penggemar dan para pengikut mereka di media sosial. Apalagi sejak pandemi, konten Live Streaming semakin meroket. Studi We Are Social pada 2021 menyatakan 98,5 persen pemakai internet Indonesia menyaksikan video internet. 

Keunggulan Live Streaming

✅Menghubungkan penjual, pemilik brand, dan konsumen

✅Menaikkan branding

✅Berpotensi meningkatkan pembelian untuk suatu barang

✅Konten audio visualnya lebih kuat

✅Berkomunikasi dengan penonton Live Streaming/audience, komunikasi tidak hanya satu arah. Bahkan bisa menjadi ajang tanya jawab.

✅Menunjukkan tutorial penggunaan suatu produk secara langsung 

✅Kesempatan untuk meningkatkan jangkauan (reach) dan interaksi dengan para pengikut (engangement)


Apa itu IDN Live


IDN Live adalah fitur aplikasi IDN untuk layanan live streaming. Live streaming ini diisi konten kreator, selebriti, influencer, musisi, gamer, dan tokoh publik. Penonton atau audience bisa menyaksikan berbagai topik live streaming mulai dari obrolan soal drakor, film, permainan atau gaming, musik, masak, belajar dandan atau make up, dan sebagainya. 

Pengguna aplikasi IDN bisa memilih untuk menonton yang ia suka. Lantaran fitur ini terdapat dalam IDN App, pengguna aplikasi IDN akan mendapat notifikasi atau pemberitahuan saat ada acara Live Streaming berlangsung di ponselnya. 


review IDN LIVE di IDN APP
Review IDN Live di IDN App.

Untuk jadi penonton atau pengisi acara Live Streaming, tentu saja sebelumnya mesti mengunduh aplikasi IDN di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, mendaftarkan diri sebagai member (anggota) IDN dengan alamat email. Jika sudah, tinggal pilih acara Live Streaming yang ingin ditonton. 

Siapa sajakah streamer di IDN Live? Saya menemukan banyak para konten kreator dari generasi milenial dan Z. Ada juga tokoh publik seperti Grace Tahir yang belakangan ramai menghiasi berita dengan komentar-komentarnya soal orang-orang yang berpura-pura menjadi crazy rich. Namun saat bulan Ramadan di Maret 2022 lalu, ia mengajak penontonnya berpetualang kuliner di IDN Live.

Sebenarnya ada beragam kategori streamer, seperti gaming, Korea, musik, viral, horor, hobi, beauty atau kecantikan, otomotif, traveling, food, sport, relationship, dan sebagainya. Bang Satria adalah konten kreator/streamer IDN Live yang menggabungkan kategori traveling dengan horor dengan mengajak penontonnya mengunjungi rumah-rumah bersejarah, melihat sisi arsitektur dan sejarahnya, serta kisah-kisah seram di baliknya. 

Fitur IDN Live memungkinkan penontonnya berkomunikasi langsung dengan pengisi acara Live Streaming (streamer). Ketika streamer menyapa penonton, penonton bisa membalas sapaannya di kolom komentar. Saya sempat mencobanya. Kala menonton salah satu streamer yang membahas soal skincare atau perawatan kulit, streamer menyapa saya yang baru hadir di ruang Live Streamingnya. 

"Halo Kak, selamat datang. Asalnya dari manakah?" sapanya. Saya membalasnya di kolom komentar.

Penonton bisa mengapresiasi dan mendukung streamer favoritnya dalam bentuk hadiah virtual (virtual gift). Hadiah virtual ini dibeli dengan rupiah di aplikasi IDN. Caranya, tukar rupiah dengan mata uang Gold pada laman Top Up Gold. Setelah memiliki Gold, Gold ini digunakan untuk membeli virtual gift. Rentang harga hadiah virtual ini terdapat di halaman Virtual Gift di Live Streaming room. 

Nilai Virtual Gift itu nantinya dikonversi sebagai poin di pihak Streamer, yakni 1 Gold setara 4 poin. Streamer bisa mencairkannya menjadi dana ketika angka poin mencapai 2.500 atau senilai Rp 250 ribu. Jadi streamer di IDN Live bisa mendapat cuan hasil dari konten Live Streaming.

Sisi positif lainnya Live Streaming di IDN Live, para penonton dan streamer IDN Live diketahui identitasnya karena mereka mendaftar terlebih dulu sebagai member IDN. Kalau ada komentar-komentar yang dianggap menyalahi ketentuan IDN, tidak pantas, mengandung SARA dan penghinaan, akan dikenai sanksi. Sebagai netizen Indonesia yang terkenal cerewet sedunia, berikanlah komentar yang sopan alias jadilah netizen bijak. 



Keunggulan IDN Live

Dari sisi konten kreator/streamer:

✅ Konten kreator bisa live streaming gratis 

✅Konten kreator punya kesempatan mendapat pundi-pundi rupiah dari hadiah virtual yang terkumpul

✅ Dukungan dana Program IDN Live Streamer Fund 

✅ Konten kreator bisa meraup pembaca IDN news dan pengikut IDN di Instagram sebagai penonton live streamingnya karena dipromosikan IDN 

✅Para penonton dan streamer IDN Live diketahui identitasnya karena mereka mendaftar terlebih dulu sebagai member IDN. Ini berarti kalau ada komentar-komentar yang dianggap menyalahi ketentuan IDN, tidak pantas, mengandung SARA dan penghinaan, akan dikenai sanksi. 


Program IDN Live Streamer Fund Rp 50 Miliar


IDN menyediakan dana total Rp 50 miliar untuk para konten kreator (streamer) melalui Program IDN Live Streamer Fund, agar konten kreator dapat menghasilkan karya berkualitas. Program ini terbuka bagi umum. Sejauh ini IDN tidak membatasi jumlah konten kreator yang hendak bergabung. Program ini merupakan upaya IDN mendorong munculnya streamer baru berkualitas. 

Melalui program ini, para konten kreator akan memperoleh dukungan berupa media coverage, strategi promosi, iklan berbayar untuk para streamer dan program mereka. Iklan berbayar ini meliputi ekosistem IDN Media seperti IDN, IDNTimes.com, Popbela.com, Popmama.com, Yummy, Fortune Indonesia, dan Duniaku.com.

Selain itu, para konten kreator memperoleh akses menggunakan studio profesional yang disediakan IDN, kesempatan mendapat brand sponsorship, serta program pelatihan dan mentoring. Untuk mendukung sesi live streaming, para konten kreator bisa menggunakan peralatan IDN seperti kamera, mikrofon, mixer, tripod, lighting, green screen, dan sebagainya.

Potensi penghasilan para konten kreator di IDN Live merupakan kalkulasi dari kombinasi beberapa faktor seperti jam terbang live streaming, level engangement atau interaksi percakapan dan hadiah virtual, serta hal-hal lain. 


Skema Bonus untuk Streamer 2022


Potensi penghasilan live streaming di IDN LIVE
skema bonus performance streamer di IDN Live
Skema potensi pendapatan jadi streamer di IDN Live, 
fitur live streaming di aplikasi IDN (IDN App).


Tertarik jadi konten kreator atau streamer di IDN Live? Ini syaratnya: berdomisili dan warga negara Indonesia, berusia minimal 18 tahun, memiliki minimal 100 orang pengikut (followers) di IDN App, konsisten mengadakan Live Streaming setiap hari, konten bersifat mempromosikan hal-hal yang positif dan inklusif. 

Para streamer mesti memiliki jiwa kreatif, mudah berkomunikasi, berkepribadian supel, dan memiliki ide-ide baru. Aturan wajib lainnya: harus mematuhi ketentuan dalam IDN Live’s Community Guidelines and Terms & Conditions. Kunjungi situs https://streamerfund.idn.app/ dan masuk ke bagian Apply as A Streamer.

Nah bagaimana, kapan daftar jadi konten kreator di IDN Live? Yuk, bikin konten berkualitas dan ekspresikan dirimu demi generasi masa depan yang cerdas.


Salam hangat,

Kata Nieke


Referensi:

IDN Live Streamer Fund Program Rp 50 Miliar https://streamerfund.idn.app/

Data Badan Pusat Statistik Indonesia https://www.bps.go.id/

https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media

https://www.unescap.org/sites/default/files/Digital%20literacy%20and%20beyond%2C%20UNESCO.pdf

https://wearesocial.com/uk/blog/2021/01/digital-2021-the-latest-insights-into-the-state-of-digital/

https://www.kemenkopmk.go.id/tingkat-literasi-indonesia-memprihatinkan-kemenko-pmk-siapkan-peta-jalan-pembudayaan-literasi


76 komentar:

  1. Mbak, senang bacanya kalau para mahasiswa itu mampu menuangkan pikiran dan murni karya sendiri pula. Salut. Happy saya ada media seperti IDN yang memfasilitasi creator dalam Live Streaming di IDN Live.
    Bisa menumbuhkan kreativitas streamer nih lewat IDN Live. Apalagi streamer dan penonton diketahui identitasnya karena mereka mendaftar terlebih dulu sebagai member IDN, jadi terpantau ya siapa mereka. Sudah gitu cuan pula...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skema bonusnya memang menggiurkan ya. Kalau fitur live streaming menyatu di app berita begini menarik juga

      Hapus
  2. Wah senangnya ada aplikasi IDN Live ini
    Bisa mendukung para streamer untuk lebih aktif berkarya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lihat banyak streamer-streamer baru dari gen Z di aplikasinya

      Hapus
  3. Hikmah pandemi ternyata ya adanya semacam buming nya live streaming ini. Tapi kebiasaan baik dan budaya baik memang harus dipertahankan meski pandemi sudah hilang. Ini cara Tuhan memberikan jalan sistem pembelajaran gaya baru hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak. Rasanya ini cara Tuhan kasih.jalan untuk gaya baru bagi industri media dan hiburan.

      Hapus
  4. Mengsedih banget kalau liat data minat literasi di Indonesia. Tapi semoga dengan gencarnya edukasi tentang literasi terutama literasi digital bisa meningkatkan tingkat literasi di negara kita. Salah satunya dengan konten live edukatif yang bisa dilakuin di IDN Live gini..

    BalasHapus
  5. Fitur IDNLive ini sangat membantu dan mewadahi para content creator untuk menuangkan karya-karyanya yaa. Kita juga bisa memilih konten mana yang paling kita sukai.

    BalasHapus
  6. IDN semakin mengepakkan sayapnya dengan launching IDN Live yang pastinya akan diminati para milenial dan gen Z🤩

    BalasHapus
  7. IDN Live memang bisa jadi andalan untuk berlatih menjadi streamer profesional.

    BalasHapus
  8. Keren ya IDN, udahlah bawa FORTUNE ke Indonesia, ditambah lagi sekarang bikin fitur IDN live streaming yang bisa dapetin cuan. Biar generasi muda bisa menyalurkan bakat positifnya

    BalasHapus
  9. Wah ternyata ada fitur IDNLIFE ya, bisa membantu mewadahi content creator nih dalam berkarya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. IDN Live, bukan IDN Life. Ini memang bisa jadi wadah melahirkan streamer baru berkualitas.

      Hapus
  10. Sukaa sama idenya IDN melalui Live streaming ini, kemarin aku jg sempet ikutan yg acaranya IDN dihadiri sama editor IDNtimes melalui streaming ini, jadii pengen ikutan untuk bisa jadi creatornya nih akuu <3

    BalasHapus
  11. Saya kenal IDN Media dengan IDN Times-nya sejak tahun 2017 waktu masih menjadi kontributor di beberapa platform online. Gak nyangka kemudian berkembang hingga saat ini dalam bentuk IDN App.
    Semoga para kreator konten makin bersemangat membuat acara live streaming di IDN Live dengan adanya program ini.

    BalasHapus
  12. Interaktif ya ini, karena fitur IDN Live memungkinkan penontonnya berkomunikasi langsung dengan pengisi acara Live Streaming. Salut pada IDN yang memberi ruang pada mereka-merka yang berjiwa kreatif, mudah berkomunikasi, berkepribadian supel, dan memiliki ide-ide baru lewat fitur IDNLive ini.

    BalasHapus
  13. Makin keren aja IDN dengan memberikan ruang buat para konten kreator berkarya melalui fitur IDN Live streaming ini. Apalagi ini bisa dijadiin peluang buat dapetin uang jajan tambahan :D, asyik dah

    BalasHapus
  14. Ternyata informasi tak harus di dapat dari membaca ya, melalui video asalkan kita bisa memilih konten mana yang bermanfaaat juga bisa merangsang data pikir kita.
    Salut nih untuk IDN yang memberikan wahana bagi anak muda untuk lebih kreatif melalui video...

    BalasHapus
  15. Live streaming sekarang jadi tren ya karena menjadi alternatif untuk share informasi apapun secara live selain YouTube. Sangat bermanfaat sekali untuk netizen dan content creator tentunya. Honestly saya sendiri belum pernah live streaming, karena belum pede, hehehe. Maybe next mau nyoba di IDN kalau sudah pede 🤭

    BalasHapus
  16. Wah menarik nih ya inovasi baru live streamer. Penonton dan streamer diketahui identitasnya, jadi kalau ketahuan berkomentar tidak baik akan kena sanksi. Keren.

    BalasHapus
  17. Asiknya ya live streaming di IDN Live, apalagi minim editing jadi bisa sambil ceki-ceki juga streamer favorit kita lagi ngapain aja

    BalasHapus
  18. Wah aku baca ini kok jadi pengen juga jadi creator di IDN Live streaming ini ya
    Kayaknya seru dan menjanjikan

    BalasHapus
  19. wahhh IDN Live streaming ini oke banget ya, karena ada value literasi digital di dalamnya, jadi ga sekadar entertainment aja tapi ada unsur2 pendidikannya juga

    BalasHapus
  20. Emang keren banget IDN sebagai yg ngaku medianya milenial dan gen z terus berinovasi ngasih sesuatu yg relate sama generasi ini. Sekarang udah ada platform live streaming ini ya.

    BalasHapus
  21. Banyak cara untuk mendapatkan ilmu dan wawasan di jaman serba canggih seperti sekarang. Salah satunya bisa belajar dari idn live yang selalu memberikan narasumber keren

    BalasHapus
  22. Aku kok salfok sama tulisan mahasiswa mba, tentang hubungan drama Korea dengan Korea utara dan Korea selatan, 😅
    Lucu, karena drakor tu gak jauh-jauh, tetap aja dibahas di mana aja.

    BalasHapus
  23. Senang, aplikasi IDN tak hanya memfasilitasi pecinta tulisan saja tapi yg suka life streaming bisa ikutan nih asalkan memenuhi syarat2nya itu. Memang patut diacungi jempol nih, biar kita makin berkreasi di app ini

    BalasHapus
  24. Aku jadi pengen coba jadi streamernya deh, kumpulin 100 followers dulu donh ya baru bisa striming nih mbak nieke

    BalasHapus
  25. Asik banget nih live streaming di IDNlive jadi pengen ikutan jadi streamer juga nih wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen juga daku mbak..
      Cuma persiapannya ini nih kudu rapi, apalagi minim editing maka minimalkan juga errornya pada diri hehw

      Hapus
  26. Banyak ya topiknyang dibahas di IDN Live ini
    Aku pengen jadi salah satu stremerbya
    Hmm bisa g yaaa

    BalasHapus
  27. Bisa banget IDN Live memanjakan penggunanya dengan bonus berlimpah. Saya mau coba aktifkan juga biar dapat kesempatan ini

    BalasHapus
  28. ternyata sudah banyak ya live streaming saat ini, bukan hanya di tikt*k saja sebagai wadah promosi, dan IDNlive pewadahi juga. Excited pengen daftar ih :)

    BalasHapus
  29. Seneng deh sama inovasinya idn ini. Semacam menambah hal positif di dunia daring. Ditambah lagi ada cuannya pula.

    BalasHapus
  30. Wah buset.. itu harus live streming setiap hari, Mbak? Kalau pas ada aja topiknya gitu ya.. Tapi nilai goldnya yang bisa dicairkan, lumayan juga ya.

    BalasHapus
  31. Kesempatan yang baik dan bisa menjadi branding juga bagi sang konten kreator bila melakukan live streaming di IDN Live dan asiknya, perlahan bisa memperoleh penghasilan.

    BalasHapus
  32. Wah makasih mbak sharingnya. Sebagai generasi milenial aku jadi kepo nih sama IDN Live ini. Aku kepoin lebih banyak dulu ah..

    BalasHapus
  33. Wah... IDN kok semakin keren sih fitur-fiturnya. Pengen banget bisa gabung di IDN Life Streamer Fund nih. Masih bisa gak ya kalau sudah emak-emak gini ?

    BalasHapus
  34. menurutku kalau live streaming besar banget ya tantangannya soalnya kan dia langsung dan kita nggak bisa edit-edit gitu. selain itu juga live streamer harus pintar membawakan acaranya biar penonton nggak bosan

    BalasHapus
  35. Saya juga sudah mencoba IDN Live, ternyata banayak sekali topik yang dibahas, tinggal pilih mana yang disukai, ada juga yang terjadwal, kreatif

    BalasHapus
  36. Memang ya literasi ini PR banget. Aku lagi belajar membiasakan ke anak sendiri yang ABG, untuk mencatat. Kebiasaan dia menskrinsut info info penting di sekolah onlinenya, habis itu hasil skrinsut dicuekin. Nah aku suruh catat ulang yang penting-penting. Ga semua sih, pegel juga kalau kebanyakan. Walau kadang dia cemberut, gakpapalah. Membaca, menulis manual, kemampuan yang akan dia bawa sampai kapanpun.

    BalasHapus
  37. Fitur streaming ini belum populer di Indo, padahal udah populer kayak di Korea. Aku udah nyoba juga ni nonton. Seru

    BalasHapus
  38. Untungnya aku pernah baca klo general Y dan Z lebih suka membaca, mungkin maksudnya baca caption di medsos juga kali ya hihi mantap ya kalo IDNLive ini bisa membantu streamer yang berbagi inspiratif

    BalasHapus
  39. Aku perhatikan, tren live streaming ini memang naik sejak pandemi. Salah satu brand gadget yang aku kenal, mereka membuat program Q&A seminggu sekali di channel mereka. Bintang tamu nya ganti-ganti, dan tema nya ganti-ganti. Seru sih, kita jadi bisa interaksi langsung, ikut kuis, dan dapat hadiah. Dari cerita Mbak Nieke, bayanganku IDN Live tuh ya seperti itu juga. Tapi temanya beragam ya mbak. AKu belum pernah liat sih. Coba nanti aku cek.

    BalasHapus
  40. boleh juga nih peluang ini dimanfaatkan untuk menambah cuan. mau share ke teman2 dan adik2 lah, mana tahu mereka yg punya banyak waktu bisa memanfaatkan IDN live ini

    BalasHapus
  41. Wih seru banget kayaknya ya, pengen nyobain tapi suka malu sendiri gitu kalo tampil live. Haha..

    BalasHapus
  42. Bisa jadi ini adalah sarana terobosan baru di Indonesia untuk lebih memaksimalkan kemampuan generasi milenial nih, kak..

    Mereka itu memang luar biasa, bahkan saya sering melihat piawai sekali dengan gawai dalam melakukan hal-hal detail, seperti editing konten video, misalnya.

    Informasi ini, harus sampai di generasi muda sekitaran tempat saya tinggal, nih! :)

    BalasHapus
  43. Keren ya IDN, perusahaan yang bergerak di bidang media dan terus berkembang. Konsep IDN live ini cocok banget buat generasi milenial n gen Z. Langsung kepoin ah

    BalasHapus
  44. Lewat IDN Live para penggemar bisa makin dekat dengan streamer favoritnya, apalagi kan karena minim editing jadinya bakal mantengin dan penasaran ketika live berlangsung streamernya akan ngapain lagi ya hehe

    BalasHapus
  45. Generasi Z jadi makin punya banyak peluang berkarir di dunia digital ya mbak
    Menjadi streamer salah satunya

    BalasHapus
  46. Literasi digital menjadi kebutuhan milenial saat ini. Salah satu wadahnya untuk berkarya dan memberikan info dan ilmu adalah lewat streamer. Thx infonya

    BalasHapus
  47. Mahasiswa nya keren keren mbak, kalau diasah ide dan tulisan yang muncul out the box ya. Konsep IDN cocok nih mendukung mereka dalam berkarya

    BalasHapus
  48. Live streaming ini melatih kita untuk dapat berbicara di depan umum ya mbak. Saya jadi kepikiran untuk mendaftar. Sekarang semua serba dimudakan ya mbak.

    BalasHapus
  49. Wah keren ya ilmunya, wawasan seperti inilah yang dibutuhkan karena tidak didapat dari sekolah.

    BalasHapus
  50. Aplikasi yang keren, tentunya bagi yang suka live streaming, aplikasi Live IDN ini merupakan lahan baru untuk mendatangkan cuan, apalagi buat generasi sekarang yang hobinya lebih ke arah streaming

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya saudara saya yang hobi live streaming cocok nih, referensikan ke dia juga ah, thx infonya mba :)

      Hapus
  51. Akan sangat lebih memudahkan jika streamingnya bisa dipilih berdasarkan kategori. Jadi viewers bisa lebih mudah memilah dan memilih yang sesuai dengan minat mereka.

    BalasHapus
  52. Seruu yaa tidak membaca koran belum tentu ketinggalan berita ya, karena segala sumber berita skrg bisa di buka dr hp. IDN bagus memberi wadah konten crator untuk berkarya. (GustiYeniFamtrip)

    BalasHapus
  53. Awalnya ku kira aplikasi biasa ternyata keren-keren juga ya programnya apalagi live streamingnya

    BalasHapus
  54. Konsisten ini yang perluuuu dijaga karena susah juga kalo ky orang seperti saya yg harus tiap hari harus ngadain live streaming hehehe

    BalasHapus
  55. Seru juga ya cara konversi pendapatan para streamer melalui IDN Live. Makin semangat dong bikin content yang seru kalau kayak gitu.

    BalasHapus
  56. Anak2 jaman now banyak yang suka visualisasi yang muncul dalam bentuk seperti live streaming ya .... cocok bagi mereka. Apalagi IDN Live ini, bisa juga buat cari rezeki. Saya sudah melihat beberapa streamer-nya juga.

    BalasHapus
  57. Dunia kreator memang cocok dengan pemuda apalagi bila keuntungan-keuntungan yang ditawarkan cukup menggiurkan. Live streaming udah gak asing lagi terutama setelah pandemi

    BalasHapus
  58. Pemaparan dari mba Nieke sangat detail sekali nih. Dan tentu saja menarik minat bagi kita-kita yang ingin jadi Streamer di IDN App. Banyak peluang ketika kita ingin mencoba hal baru ya mbak

    BalasHapus
  59. Saat ini profesi sudah ga melulu di belakang meja ya mbak. Banyak anak muda ingin jadi konten kreator karena dianggap berpenghasilan lumayan. Salah satunya bisa kita dapatkan dari peluang menjadi live streamer di IDN app

    BalasHapus
  60. IDN live streaming bener bener memberikan kesempatan buat content creator untuk berkreasi dan ada academinya juga ya

    BalasHapus
  61. Duh kudet nih, malah Saya belum cobain fitur IDN livenya padahal bbrpa bulan lalu, Saya ikutan mengisi kuisioner tentang ini dari IDN.

    BalasHapus
  62. Baru tahu aplikasi ini, bisa banget ya dicoba. Apalagi ada harapan menghasilkan cuan hehe.

    BalasHapus
  63. enang, aplikasi IDN tak hanya memfasilitasi pecinta tulisan saja tapi yg suka life streaming bisa ikutan nih asalkan memenuhi syarat2nya itu. Memang patut diacungi jempol nih, biar kita makin berkreasi di app ini

    BalasHapus
  64. Salah satu teman kampus saya juga ada nih ikut streaming di IDN Live. Setelah membaca artikel ini jadi tertarik pengin ikut juga. Seakan punya media baru bagi para content creator

    BalasHapus
  65. Generasi milenial ini suka banget bikin konten live streaming ya mbak
    Maka akan semakin pas jika diarahkan menjadi Streamer di IDN Live ini

    BalasHapus
  66. Benar sekali, sejak pandemi kegiatan Live Streaming makin meroket. Sebenarnya live streaming ini menguntungkan tiga belah pihak, contoh dalam kegiatan jual beli, pertama : penjual bisa mendapatkan jangkauan lebih luas & kepercayaan pembeli, kedua : pembeli bisa melihat langsung barang yang dijual sehingga tidak tertipu, ketiga : pihak penyedia jasa live streaming seperti IDN Live karena banyak yang mengunjungi dan memakai aplikasinya.

    BalasHapus
  67. Sudah cukup lama menjadi penggunanya dengan versi website, sering membaca juga informasi ini, tapi belum sempat cobain! hehehe.. jadi makin penasaran nih sama aplikasi IDN.

    BalasHapus
  68. Platform IDN ini menyenangkan banget lho. Isinya berkualitas dan gaya tulisan yang enak dibaca.

    Lebih senengnya lagi sekarang siapa saja bisa jadi stremer.

    BalasHapus
  69. Aplikasi yang banyak sekali informasi pentingnya ya kak, terima kasih sudah merekomendasikannya

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.