Menu

Percik Kata Nieke

Minggu, 24 Januari 2021

Cyrano de Bergerac dan Han Jipyeong: Dari Drama Prancis ke Drama Korea

Tokoh Han Jipyeong serupa dengan drama Prancis, Cyrano de Bergerac. Apakah Drakor Start Up terinsipirasi sastra Prancis karya Edmond Rostand?

Han Jipyeong, Kim Seonho, Start Up, drama Korea
Drakor Start Up.

 

Ada yang belum bisa move on dari tokoh Han Jipyeong dalam drama Korea Start Up? 

Saya ikutan ngacung deh. Buat saya, Pak Han adalah karakter fiksi yang tak mudah dilupakan. Mungkin karena  Park Hyeryun—sang penulis skenario--membangun karakternya dengan intens dan mendalam sejak episode pertama drakor Start Up. Hingga penonton melupakan satu fakta: Han Jipyeong hanyalah second lead alias pemeran kedua. Dan dalam sejarah drakor, first lead atau pemeran utamalah yang selalu memenangkan kisahnya.

Lantaran masih belum lepas dari Han Jipyeong alias second lead syndrome inilah, saya terbenam dalam forum-forum dunia maya para pendukung #teamhanjipyeong. Ohya, sebelum saya meneruskan, harap dicatat, saya tidak menafikan Nam Dosan dan #teamnamdosan kok. Semoga hanya karena beda selera, kita enggak musuhan ya. Peace. 

 

Baca juga: Drakor Start Up versus Search: WWW, Lebih Greget Mana Menurutmu

Di forum dunia maya inilah saya menemukan diskusi yang menarik. Dugaan bahwa Park Hyeryun--sang penulis drakor Start Up--menciptakan tokoh Han Jipyeong lantaran terinspirasi dari tokoh Cyrano de Bergerac, tokoh fiktif yang diciptakan Edmond Rostand, seorang sastrawan Prancis pada 1897.

Eh, eh, siapa itu Cyrano de Bergerac? Apa hubungannya sama Han Jipyeong?


Mengenal Cyrano de Bergerac


Entah kisah siapa lebih tragis: Han Jipyeong atau Cyrano de Bergerac. Edmond Rostand menulis tokoh Cyrano sebagai seorang pujangga yang hidup di Paris, Prancis pada 1640. Dua ratus tahun mundur ke belakang pada masa kisahnya diciptakan Rostand, yakni 1897.

Cyrano de Bergerac adalah figur yang cerdas dan berkharisma, namun ia tidak percaya diri terutama dalam hal asmara lantaran memiliki bentuk hidung yang besar. Ia merasa terlahir dengan wajah tak rupawan. Padahal diam-diam ia memendam rasa pada sepupunya Roxane yang jelita dan cerdas.

Lantas, Cyrano menuliskan surat-surat yang puitis kepada Roxane dengan menggunakan nama Christian. Hati Roxane luruh dalam kata-kata dalam surat dari seseorang yang tak pernah ia lihat rupanya, hanya bernama Christian. Sebenarnya Cyrano telah memberanikan diri menyatakan isi hatinya kepada Roxanne, namun berujung penolakan. Roxane bersikukuh menyatakan mencintai Christian.

Christian adalah seorang pria tampan keturunan bangsawan yang juga mencintai Roxane. Namun ia tak percaya diri karena tahu Roxane menyukai tipe pria berintelektual dan puitis.

Suatu ketika, Cyrano dan Christian bertemu dan mereka terlibat dalam duel. Dalam pertengkaran itu, sebenarnya Christian kalah. Christian mengejek bentuk hidung Cyrano. Cyrano enggan membalas dan malah mendesak Christian mengutarakan perasaannya kepada Roxane. Akhirnya Christian mengaku ia tak percaya diri karena tak puitis. Cyrano pun membantunya. Ia melanjutkan mengirim surat-surat cinta kepada Roxane atas nama Christian.

Seiring waktu, Christian menyadari perasaan yang disembunyikan Cyrano terhadap Roxane. Ketika Christian meminta Cyrano mengungkapkan hal yang sebenarnya, sebuah peluru menembus tubuhnya dalam pertempuran dengan tentara Spanyol di Arras. Cyrano mengurungkan niat mengabulkan permintaan Christian untuk mengatakan hal yang sebenarnya, karena ia tak ingin Roxane bertambah syok setelah kematian Christian.

Kisah bergulir ke seting lima belas tahun kemudian. Roxane hidup di biara dan Cyrano rutin mengunjunginya tiap pekan. Suatu ketika, Cyrano menanyakan bolehkah ia membacakan surat Christian kepada Roxanne. Kala itu hari menjelang senja dan ruangan agak gelap, namun Cyrano begitu lancar membacakan surat Christian. Roxane kemudian menyadari mengapa Cyrano hapal isi surat itu dengan detail dan membaca dengan segenap hati.

“Kamu, kamulah yang menulis semua surat-surat itu. Kamulah yang sesungguhnya membuatku jatuh cinta,” seru Roxane, akhirnya ia mengetahui hal yang sebenarnya setelah bertahun-tahun.

Cyrano menyangkalnya. Roxane mendesak Cyrano mengakuinya. Di saat itulah, Roxane akhirnya mengetahui bahwa sebenarnya Cyrano sedang dalam kondisi sakit dan terluka di bagian kepala, tapi tetap mengunjungi Roxane. Cyrano kemudian terjatuh karena lukanya yang telah parah. Ia mengembuskan napas terakhirnya di hadapan Roxane.

 

Sekilas Drakor Start Up


Buat yang belum pernah menonton drakor Start Up, Han Jipyeong adalah tokoh serupa Cyrano. Kemunculannya begitu kuat sejak episode 1 dan 2, bahkan penokohannya dipertegas dengan hadirnya Han Jipyeong usia remaja. Han Jipyeong adalah anak yatim piatu berusia 16 tahun, yang dikeluarkan dari panti asuhan karena dianggap sudah usia dewasa.

Han Jipyeong kebingungan, tak memiliki siapapun dan berpindah-pindah tempat tinggal. Namun ia anak yang sangat cerdas, telah menampakkan bakat di bidang ekonomi khususnya investasi sejak dini. Di episode 1, Han Jipyeong keluar dari panti asuhan hanya berbekal uang pemberian dari panti asuhan dan uang hasil menang lomba investasi tingkat pelajar. Sayangnya, uang lomba tersebut berupa tabungan virtual, mungkin semacam bitcoin. Ia juga tak bisa mengambil uang pemberian panti asuhan karena dianggap belum usia dewasa.

Nenek Seo Dalmi menjadi penolongnya. Ia menampung Han Jipyeong, memberinya makan dan tempat tinggal. Diam-diam, Han Jipyeong membuka tabungan atas nama Nenek Seo Dalmi agar ia bisa mencairkan uang miliknya. Kebetulan Nenek Dalmi mempercayakan buku tabungan miliknya ke Jipyeong. 

Tak hanya itu, Jipyeong juga diam-diam berinvestasi dengan uang miliknya dengan bermain saham. Ternyata ia sukses dan meraup banyak keuntungan. Sementara itu, Dalmi baru saja mengalami perceraian kedua orangtuanya. Kesepian ditinggal ibu dan kakaknya, Nenek meminta Jipyeong menulis surat-surat buat Dalmi, menggunakan nama Nam Dosan.

Ketika dewasa, mereka dipertemukan kembali oleh takdir. Dalmi masuk ke Sandbox, sebuah tempat pembinaan bagi perusahaan rintisan atau start up. Dalmi juga bertemu Nam Dosan. Keduanya saling jatuh cinta. Dalmi mengira Dosan inilah yang sejak kecil mengiriminya surat. Sedangkan Han Jipyeong hanya bisa diam-diam memendam rasa cintanya pada Dalmi.

Jadi, kisah siapa kira-kira lebih tragis? Han Jipyeong atau Cyrano de Bergerac?


Cyrano de Bergerac dan Han Jipyeong
Kiri: Cyrano de Bergerac (Gerard Depardieu). Kanan: Han Jipyeong (Kim Seonho).


Adaptasi Kisah Cyrano de Bergerac Mendunia


Kisah cinta Cyrano de Bergerac dengan genre tragic-comedy ini saking populernya kerap dipentaskan di atas panggung teater pada masanya. Tak hanya dimainkan di teater Prancis, karya Edmond Rostand ini kemudian mendunia dari zaman ke zaman. Bahkan mediumnya menjadi semakin luas, tak hanya panggung teater. Kisah cinta Cyrano diadaptasi dalam bentuk novel, film, teater, musikal, dan drama Korea.


Cyrano Agency (2010)

Dalam bentuk drama Korea, kisah Cyrano tak hanya muncul dalam wujud Han Jipyeong di drakor Start Up. Beberapa tahun sebelumnya, Cyrano telah lahir dalam wujud Byung Hun dalam film Korea berjudul Cyrano Agency.

Menceritakan seorang sutradara teater bernama Byung Hun (diperankan Uhm Tae Wung) mendirikan Cyrano Agency, semacam biro jodoh dan konsultan cinta. Byung Hun tak sendirian, ia mengelola biro itu bersama Min Young (Park Shin Hye), Jae Pil (Jun Ah Min), dan Chul Bin (Park Chul Min).   

 

Drakor Cyrano Agency
Drakor Cyrano Agency, salah satu bentuk adaptasi drama Prancis, Cyrano de Bergerac.


Cyrano Agency menjadi penolong bagi para klien yang umumnya pria yang tak percaya diri mendekati gebetannya. Dasar Byung Hun sutradara teater, ia pun merancang drama dalam kehidupan nyata agar kliennya bertemu dengan gebetannya dan mereka saling jatuh cinta. Kocak kan?

Suatu hari, datanglah Sang Yong (Daniel Choi), klien Cyrano Agency yang ternyata mencintai Hee Jung (Lee Min Jung)—mantan pacar Byung Hyun. Eaa. Padahal Byung Hyun masih sayang mantan. CLSB alias Cinta Lama Susah Berlalu. Uhuk. Nah, kepo kan? Apakah Byung Hun akan mengejar kembali Hee Jung atau mengerjakan tugas dari kliennya untuk meluluhkan hati sang mantan?

Masih di Korea, Cyrano  juga diadaptasi dalam bentuk pementasan teater drama musikal pada Agustus hingga Oktober 2019. Drama musikal yang digarap Leslie Bricusse dan Frank Wildhorn ini dipentaskan di Kwanglim Arts Center BBCH Hall di Sinsadong, Seoul. 

Para pemerannya: Tony Ryu (sebagai Cyrano merangkap produser kreatif), Choi Jae-woong, Lee Kyoo-hyung dan Jp Hyung-gyun (juga pemeran Cyrano secvara bergantian); Park Ji-yeon dan Na Ha-na (pemeran Roxanne), serta Song Won-geun dan Noah Kim (sebagai Christian). Drama musikal ini mengikuti alur yang ditulis Edmond Rostand. Hanya karakter-karakternya yang diimprovisasi dan diperkuat.


The Truth About Cats and Dogs (1996)

Kisah Cyrano disebut-sebut para kritikus film pernah muncul di layar lebar Hollywood dengan bintang Uma Thurman, Janeane Garofalo, Ben Chaplin, dan Jamie Foxx. Namun di film besutan Michael Lehmann ini, Cyrano muncul dalam wujud karakter perempuan dan Roxane sebaliknya.

The Truth About Cats and Dogs bergenre komedi-romantis, bercerita tentang Abby Barnes (diperankan Janeane Garofalo), seorang veterinarian dan pembawa acara radio The Truth about Cats and Dogs. Suatu ketika Brian, seorang fotografer (Ben Chaplin) menelponnya dalam acara radio meminta nasihat. Dari situlah hubungan berkembang dan Brian mengajak Abby untuk bertemu. 

 

The Truth About Cats and Dogs juga disebut-sebut bentuk adaptasi Cyrano de Bergerac.





Abby yang tidak percaya diri menggambarkan dirinya secara fisik berdasarkan penampilan tetangganya, Noelle (Uma Thurman). Abby meminta Noelle berpura-pura sebagai dirinya, untuk menemui Brian. Seiring waktu, Abby dan Noelle berusaha mengatakan hal yang sebenarnya pada Brian, namun gagal karena sesuatu hal.

Noelle yang sebenarnya juga tertarik pada Brian—meski awalnya berpura-pura sebagai Abby pun bertanya pada Brian, hal-hal apa yang membuatnya tertarik pada Abby. Brian menjawab, beberapa hal yang ia sebutkan berkaitan dengan penampilan fisik Noelle, namun hal-hal lainnya yang justru terpenting, ternyata adalah hal-hal yang dimiliki Abby yang asli. Adegan ini serupa ketika Nam Dosan bertanya pada Seo Dalmi, hal yang disukai darinya.

Pada siapakah akhirnya, cinta Brian akan berlabuh? Akankah Abby bernasib seperti Han Jipyeong?

*

Selain film-film di atas, masih banyak film yang sebenarnya mengadaptasi dan memodifikasi tokoh-tokohnya berdasarkan kisah Cyrano de Bergerac. Omong-omong, dari judul film yang saya sebut di atas, adakah yang sudah menontonnya? Cyrano de Bergerac juga ada versi film Prancisnya dengan pemeran Gerard Depardieu.

 

Cyrano de Bergerac, Gerard Depardieu
Kiri: film Prancis, Cyrano de Bergerac. Kanan: drakor Start Up


Cyrano de Bergerac
Atas: tokoh drakor Start Up. Bawah: tokoh di film Prancis, Cyrano de Bergerac



Adakah yang sudah pernah menonton Cyrano de Bergerac dalam bentuk pertunjukan teater? Dalam versi teater, salah satunya diperankan oleh aktor James McAvoy.  Nama yang saya sebut ini pasti banyak yang familiar, soalnya dia muncul di film-film populer di antaranya: Glass, Attonement, dan X-Man: First Class. Dalam pertunjukan teater ini, kisah Cyrano de Bergerac ditampilkan National Live Theatre (Inggris) dengan seting masa modern. Klik di sini untuk lihat teasernya.


Salam hangat,

Nieke Indrietta

Artikel saya yang lain soal film dan drama Korea bisa klik di sini.

22 komentar:

  1. Kak, aku baru tau soal Start Up. Wah, sepertinya Korea memang memiliki begitu banyak referensi untuk membuat drama yang keren.

    Kedua cerita sama-sama menarik.

    Makasih Kak. Ini postingan menarik banget.

    Kok Kakak bisa sampe tau sejauh ini sih?

    PS:
    Aku tim Nam Do San karena dia ingin jadi diri sendiri terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih, ada perwakilan tim Nam Dosan di sini. Disambut baik kok di sini :D

      Yang saya suka dari drakor itu, riset dan referensinya enggak main-main. Saya berharap sebenarnya langkah ini bisa ditiru industri sinema dalam negeri. Bukan adegannya yang ditiru (jadi keinget sinetron yang niru adegan dalam Start Up) :D

      Hapus
    2. Eh, mbaa... sinetron apakah yg niru adegannya STart Up? :D Kok jadi penisirin wkkwk. tapii, daku udah lama ga nonton sinetron siik, episodenya terlalu panjaaang dan lamaaaa

      Btw, ulasannya keren banget sih mba.
      AKu tetep setia pada Mr Han Ji Pyeong wkwkw

      Hapus
  2. "Cyrano Agency" pernah saya tonton episode pertama di laptop Ai Ghona.
    Kak Nieke dalam banget mengulas sisi lain dari sinema dan karya sastra. Jadi deep insight.

    Saya rasa tokoh Pak Han itu ngenes juga, karena seakan mengingatkan pada diri saya. Srcond lead sesuangguhnya tetap punya arti penting bagi hifup sesrorang meski terpaksa berada di belakang.

    Tokoh Cyrano tragis bagi saya. Cinta kerap membuat seseorang merasa teralang untuk mengungkapkan. Butuh keberanian karena penolakan itu menakutkan, sama halnya jadi takut kehilangan cinta setelah alami penolakan,

    Cinta sering dianggap rumit padahal manusialah yang memperumit, he he.

    Tambah ilmu tentang Cyrano de Bergerac. Karya sastra yang menggugah akan tahan lama melintasi ruang dan waktu.
    Tulisan ini pasti risetnya bukan main. Bagus pembahasannya. 👍😍

    BalasHapus
  3. saya terenyuh dengan cerita Cyrano dengan Roxane, bikin sedih terenyuh, memendam cinta selama 15 tahun baru terungkap dan harus berakhir pula dengan perpisahan kematian. Cinta itu memang butuh keberanian dan percaya diri, akhir ceritanya sangat menyedihkan. Start up saya belum nonton mba Nieke. Takut sedih nontonnya.

    BalasHapus
  4. Cyrano sepertinya lebih tragis ya kak, karena cinta terpendam hingga berakhir kematian. Hiks..

    BalasHapus
  5. Bisa dikatakan sineas Korea jeli ya mengambil ide jadi film, contohnya saja start up.

    Ini bisa buat contoh sineas Indo agar lebih jeli menggali ide jadi sebuah film.

    BalasHapus
  6. Tokoh cerdas dalam film memang memukau. Saya gak nonton utuh Startup tapi mengagumi keseluruhan filmnya. Penokohannya kuat, konfliknya kompleks.

    BalasHapus
  7. Wow...dalam sekali insight dan reviewnya mbak. Ditulis sepenuh jiwa dan pengetahuan.
    Saya gagap tentang karya sastra nih. BTW kalau dari baca tulisan ini sepertinya kisah Cyrano yang lebih tragis ya..

    BalasHapus
  8. Waw keren banget ulasan'y, lengkap banget. Mungkin saking menarik'y film Perancis itu jd d adaptasi sama banyak negara ya.. Saya sendiri belum nonton nih start up. Kebanyakan list tontonan. Wkwk..

    BalasHapus
  9. "Omong-omong, dari judul film yang saya sebut di atas, adakah yang sudah menontonnya?" ===> jawabku, "aku buta di bidang perfilman" He he .... Soalnya saya lebih senang membaca daripada nonton film. Dari ulasan ini saya dapat simpulkan, diakui atau tidak film luar negeri itu memang bagus.

    BalasHapus
  10. Yeey, maju terus tim Han Ji pyeong. Walaupun dramanya udah kelar tp masih aja belum bisa move on. Di tambah lagi di hubungkan dengan drama drama lain yg juga mengandung second lead syndrom. Makin panjang deh ceritanya.
    Duh, saya baru tau nih ada asal usul cerita setragis itu seperti si cyrano. Padahal cukup terkenal ya. Hi hi.

    BalasHapus
  11. Cerita Cyrano dan Roxane bikin baper mbak, bagus kayaknya ya. Kisah cinta terpendam yang selalu bikin penasaran.

    BalasHapus
  12. Mbak, beneran ceritanya keren. Bisa jadi si penulis diilhami karya yang lain ya? Daku suka drakor yang kerajaan, masih nonton 2 film Mbak.

    BalasHapus
  13. Wuiih,, makasih mba nieke ulasannya. Aku baru tau soal Cyrano ini, jadi pengen baca/nonton karena:
    1. Sastra lama
    2. Pasti ending tragis 😂

    BalasHapus
  14. Sedalam itu menggali Start Up yaa..
    Aku salut.
    Aku gak nyangka juga kalau drama Korea Agent Cyrano juga drama adaptasi.

    BalasHapus
  15. Whaaa Cyrano dan Roxane andai dibikin versi drakor siapa nih yang bakalan jadi ya, dalam banget pula huhuhu sad banget..

    BalasHapus
  16. Wah.. ulasan film-nya panjang.. Salut. Saya yang jarang banget nonton drakor jadi tertarik

    BalasHapus
  17. Menarik sekali ulasannya mba. Saya belum nonton Start Up. Krn banyak yg kecewa dg nasib pak Han, makin ga tertarik lah saya, haha.... Soalnya aku suka Seo Ho sejak di Strongest Deliveryman. Kasihan

    BalasHapus
  18. wah ternyata mirip ya mbak ceritanya
    aku cuma nonton start up sampai episode 7 mbak, sbg tim pak Han aku nggak sanggup lanjut nonton
    haha

    BalasHapus
  19. sama dong mbak nieke, aku juga nonton drakor start up. tapi mbak nieke top lah bisa explore sampai film cyrano ini, itu yg drakor cyrano sebelahnya park shin ye pernah nongol di the return of superman ya. siapa ya namanyaa..

    BalasHapus
  20. Cyrano de Bergerac ini banyak menginspirasi para drama maker ya Mbak, sehingga memunculkan tayangan-tayangan menggugah kayak Start Up, Cyrano Agency, dan film layar lebar Hollywood The Truth about Cats and Dogs

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Terima kasih pula untuk sudah berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam dan tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Untuk setiap komentar, saya upayakan kunjungan balik ke blog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.