Menu

Percik Kata Nieke

Minggu, 22 Oktober 2023

Kafe Pisang di Rumah Sakit PHC Surabaya

Kafe Pisang. Baru kali ini menemukan kafe yang membuat saya merasa tak berada dalam rumah sakit.


Kafe Pisang Rumah Sakit PHC Surabaya
Kafe Pisang RS PHC, Perak, Surabaya.
Foto @katanieke


Namanya Kafe Pisang, letaknya di bagian belakang Rumah Sakit PHC (Primasatya Husada Citra) Surabaya. Kafe ini menyediakan berbagai menu sehat (healthy food).

Kafe dalam rumah sakit, mungkin hal biasa. Kebanyakan rumah sakit biasanya punya kafe, kantin, kafetaria di areanya. Saya memutuskan menulis Kafe Pisang bukan hanya lantaran cita rasa makanannya yang enak, juga karena terkesan dengan pelayanannya.

Awal saya mengenal Kafe Pisang sebenarnya pada 2015. Saat itu Bapak saya (kini sudah wafat) dirawat karena stroke. Sayalah yang berjaga dan merawat Bapak di rumah sakit selama sekitar sebulan. 

Bapak saya memperoleh kamar yang dihuni tiga orang pasien. Ranjang Bapak di bagian tengah, dengan tirai di sisi kiri dan kanan yang memisahkan dengan dua pasien lainnya. Pasien yang berada dekat pintu adalah seorang pria seusia Bapak, penderita kanker.

Seorang perawat memberitahu saya keberadaan Kafe Pisang, kala perut saya meronta kelaparan di atas pukul sembilan malam. Sementara warung-warung di seberang rumah sakit sudah tutup. 

Letak kafe itu sebenarnya agak jauh dari posisi ruangan Bapak yang berada di lantai dua. Saya mesti melewati lorong kamar-kamar, lorong jembatan, menuruni tangga, lalu melewati lagi selasar hingga berbelok menuju tempat parkir. Dan akhirnya saya menemukan Kafe Pisang.


Suasana Kafe Pisang di RS PHC yang Instagramable
Suasana depan Kafe Pisang di RS PHC Surabaya.
Foto @katanieke


Kafe itu masih ramai dengan beberapa pengunjung. Kebanyakan juga orang yang menunggui pasien yang sedang dirawat. Rupanya kafe Pisang buka 24 jam dengan sistem shift karyawan. Saya segera meminta buku menu kepada karyawan. 

Usai membaca menu, saya memutuskan memesan nasi goreng Hong Kong dan kentang goreng. 

"Mau dimakan di sini atau mau dibawa ke kamar, Kak?" tanya karyawan pria itu. "Kalau take away, Kakak ke kamar saja, nanti makanannya diantar."

Wow. Ternyata makanannya bisa diantar. Saya memutuskan makan di tempat karena Bapak saya sudah tidur. Saya juga jenuh seharian penuh--berhari-hari di ruangan yang sama. Saya butuh sedikit 'me time'.

Saat dihidangkan, rupanya porsi nasi goreng Hong Kong sangat banyak. Berlimpah. Wah muat tidak ya di perut. Mana masih ada kentang goreng. 

Niat hati mau 'me time' sejenak sambil makan. Namun hati tidak tenang. Soalnya terkadang di atas jam sembilan malam, dokter jaga atau perawat singgah untuk cek pasien kamar. Nasi goreng baru termakan separuh, saya minta dibungkus. Begitu pula dengan kentang gorengnya. Buru-buru saya kembali ke kamar rawat inap Bapak saya.

Kala itu, Kafe Pisang juga melayani pemesanan melalui telepon di resepsionis kamar rawat inap. Biasanya makanan akan diantar hingga meja resepsionis untuk diambil pemesan.  Kalau jaga malam, saya kerap memanfaatkan layanan ini. 

Pelayanan yang baik dan kualitas makanan yang enak dari Kafe Pisang membuat saya terkesan. Toh, saya tak berkunjung kembali ketika Bapak keluar rumah sakit setelah dirawat sebulan. Kafe Pisang tak buka cabang, lokasinya hanya di RS PHC yang letaknya di kawasan Tanjung Perak, Surabaya Utara.

*

Nostalgia Kafe Pisang


Review kuliner, review kafe, kafe Pisang Surabaya
Suasana Kafe Pisang yang bikin lupa kalau ini di rumah sakit.
Foto @katanieke


Beberapa tahun kemudian, sekitar Juni 2023, saya kembali ke RS PHC Surabaya. Saya mengantar Ibu saya untuk pemeriksaan kesehatan. Kunjungan pertama setelah sekian tahun tak menginjakkan kaki di RS PHC. Jadwal dengan dokter waktunya sore. Antrian konsultasi dokter lumayan panjang, sehingga baru keluar sekitar pukul delapan malam.

Lantaran lapar, saya dan Ibu beranjak menuju Kafe Pisang. Sepanjang jalan, melewati lorong dan selasar, ingatan masa saya menemani mendiang Bapak seperti film. Berkelebatan. 

Hingga langkah kaki sampai di depan Kafe Pisang. Saya agak pangling karena bentuk bangunannya telah berubah dan menjadi lebih modern. Mungkin mereka merenovasi agar kafe menjadi lebih nyaman bagi pengunjung.


Desain interior Kafe Pisang RS PHC
Suasana Kafe Pisang di RS PHC Surabaya.
Foto @katanieke


Suasana depan kafe, sebelum pintu masuk, terdapat display sepeda ontel dengan suasana saung. Sebuah meja kayu panjang denga anglo dan wajan dari tanah liat. Mencoba menghadirkan sedikit suasana desa. Hiasannya cukup instagramable, cocok untuk berfoto-foto. Cukup out of the box untuk sebuah kafe yang berada di area rumah sakit. 

Setelah itu, kami memasuki ruang kafe. Semilir sejuk pendingin ruangan menyambut. Dalam kafe berubah total dari kenangan saya. Meja kursi dan hiasan-hiasan ditata sedemikian estetik. Mungkin lantaran sudah malam, kafe tak ramai. Hanya ada satu pengunjung.

Seorang karyawan menyambut dan memberikan menu, ketika kami duduk. "Silakan, Bu," ucapnya.

Banyak menu baru di buku menu. Kebanyakan masakan Indonesia. Nasi goreng Hong Kong favorir saya masih ada. Menu barunya seperti nasi goreng rawon, oseng buntut, sop buntut, sop iga, tongseng, ayam geprek, soto ayam Teluk Bayur, dan masih banyak lagi.

Menu kafe Pisang RS PHC Surabaya
Menu di Kafe Pisang RS PHC Surabaya.
Foto @katanieke


Kami memesan bihun goreng ayam dan mie kuah Pelabuhan. Namanya unik ya, mie kuah pelabuhan. Bikin penasaran. 

Saat menunggu makanan datang, dua pengunjung perempuan masuk ruangan kafe. Karyawan yang tengah berdiri di depan meja kasir yang letaknya dekat pitnu masuk menyambut dengan sopan.

"Mohon maaf, kafenya sudah closed order," katanya.

Ternyata kini Kafe Pisang tidak lagi buka 24 jam seperti beberapa tahun lalu, saat saya berjaga merawat Bapak saya. Sejak pandemi, Kafe Pisang tutup pesanan (closed order) pukul setengah sembilan malam. Kafe ditutup sekitar pukul setengah sepuluh malam.

Tak berapa lama, menu pesanan kami tiba. Bihun goreng ayam menurut saya enak. Tidak pedas. Tidak berminyak. Bikin orang lahap makan. Potongan daging ayam, sayur dan wortel yang dicincang terasa menyatu. Dengan harga hanya Rp 25 ribu, ini sih luar biasa.

Bihun goreng Kafe Pisang RS PHC Surabaya
Bihun goreng ayam ala Kafe Pisang RS PHC Surabaya.
Foto @katanieke


Sementara mie kuah pelabuhan ternyata mie kuah yang dihidangkan dengan mangkok besar. Saya paling suka rasa kuahnya, kaldunya terasa sekali. Bumbunya tak ada micin. Saya bisa merasakan ada campuran kunyit. Ini jadi menu favorit saya. Harganya juga hanya Rp 25 ribu.

Mie Kuah Pelabuhan Kafe Pisang di RS PHC Surabaya
Mie Kuah Pelabuhan ala Kafe Pisang RS PHC Surabaya.
Foto @katanieke


Beberapa menu baru lainnya berkesempatan saya coba saat saya kembali ke rumah sakit mengantar ibu saya periksa dokter.  Menu lainnya rata-rata enak.

Terkesan Pelayanan


Suatu waktu, dokter memberi instruksi ibu saya menjalani operasi. Hari itu Jumat. Saya, ibu, ditemani seorang tetangga berangkat lebih awal ke rumah sakit. Ternyata jadwal agak mundur sedikit, operasi sekitar pukul 13.00 siang. Perawat menyarankan Ibu saya untuk makan siang terlebih dulu. Saat itu masih pukul 11.00.

Bergegas kami ke arah Kafe Pisang. Sayangnya, saat itu kafe sedang bersiap tutup sebentar karena kokinya hendak melaksanakan ibadah Jumatan. Seorang karyawan menyarankan kami ke sebuah kantin.

"Wah, di situ makanannya berminyak. Ibu saya dilarang makan makanan yang berpotensi bikin batuk," kata saya. Saya kemudian menjelaskan, Ibu saya dalam satu jam ke depan akan menjalani operasi. Kami juga bakal tidak sempat kalau harus keluar lokasi rumah sakit.

"Bu, kalau makanannya.yang sudah siap saji, kira-kira berkenan, nggak? Ada soto yang tinggal dihangatkan," ia menawarkan.

Tentu saja kami menerima tawaran itu. Apalagi menu soto itu justru sesuai dengan bayangan saya. Makanan yang hangat. Tak berminyak. "Boleh banget," ucap saya.

Tak sampai sepuluh menit, hidangan sudah disajikan di meja. Kami dipersilakan untuk makan dengan tenang di dalam kafe. Wah, ini sungguh pelayanan yang luar biasa. 

Ibu saya bisa makan dengan tenang. Saya dan tetangga yang menemani pun demikian. Singkat cerita, operasi yang dijalani Ibu saya juga lancar.  Ibu tak rawat inap pasca-operasi. Kami bersyukur hari itu semua berjalan dengan lancar. Salah satunya, tentu juga karena pertolongan makan siang dari karyawan Kafe Pisang.

Lantaran itulah tulisan ini saya buat. Sebagai bentuk penghargaan atas servis yang baik, bukan karena endorsement atau tulisan berbayar. 

Kafe Pisang RS PHC Surabaya
Kafe Pisang RS PHC Surabaya.
Foto @katanieke

Salam, 
Kata Nieke



31 komentar:

  1. baru tau ada cafe dalam rumah sakit phc

    BalasHapus
  2. Unik sekali ada kafe di dalam rumah sakit. Kalau di daerah saya, sepertinya belum ada kafe di dalam rumah sakit seperti ini. Walaupun saya pernah makan di warung dalam rumah sakit dan memang enak. Mungkin karena lapar kala itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sy di tangerang juga belum nemu cafe di dalam RS. kalau warung makan gitu pernah nemuin di RS, kya kantin gitu. tapi harganya mahal banget :((

      Hapus
  3. jadi keingetan pas nungguin anak opname, kalo gantian sama suami jaga, saya melipir dulu ke cafe/ warung makan buat isi tenaga dan sedikit melepas stress. review gini bisa bantu yang jaga ni, jadi ada rekomendasi mau pilih yang mana

    BalasHapus
  4. Menarik, ada kafe di rumah sakit. Kalau di tempat saya hanya warung sederhana saja. Btw yang mie kuah pelabuhan sepertinya lezat.

    BalasHapus
  5. Saya tuh kalau misalnya ke tempat mkan selain Karena makanannya enak tuh pasti faktor pelayanannya kayak bisa ada inisiatif mereka, gercep nah itu demen banget jadi langganan

    BalasHapus
  6. Ka Niek always memberikan rasa syukurnya dalam bentuk tulisan yang tulus seperti ini yaa.. Aku jadi ikut terharu, karena pegawai Kafe Pisang juga memudahkan para pelanggan karena tau banget kondisi keluarga pasien yang mungkin bersusah hati dan salah satu hiburannya adalah keluar untuk makan.

    Alhamdulillah~

    Aku baru sadar kalau RS PHC Surabaya deket Tanjung Perak yaa..

    BalasHapus
  7. Wah, ada cafe yang lumayan cozy gini di dalam rumah sakit phc
    Pas buat pasien ataupun keluarga pasien untuk sekadar santai sejenak menikmati hidangan ya

    BalasHapus
  8. Baru tahu nih, kalo ada Kafe Pisang di area RS PHC Surabaya. Terakhir ke RS PHC tahun 2016 ketika mengantar almarhumah ibuk operasi katarak di sana, sepertinya Kafe Pisang ini masih belum ada.
    Anw boleh dicoba jika mampir ke pelabuhan untuk mencoba menu di Kafe Pisang ini.

    BalasHapus
  9. Jempolan banget ya untuk manager kafe pisang. Penasaran kenapa dinamai pisang, hehe ... Ga tanya ke mereka ya Mbak? Sejarahnya kafe pisang ini. Hihi ...
    Semoga semakin banyak kafe seperti kafe pisang. Bagus pelayanan dan hidangan nya juga...

    BalasHapus
  10. Terbayang saat menunggu anak menjalani perawatan, ketika bergantian dengan suami untuk mengawasi, saya menyempatkan diri singgah di kafe atau warung makan untuk mengisi tenaga dan sedikit melepaskan stres. Memberikan ulasan seperti ini dapat membantu mereka yang bertugas menjaga, sehingga memiliki rekomendasi untuk memilih tempat yang sesuai.

    BalasHapus
  11. Pilihan menu cafe pisang ini lengkap ya mbak
    Suasanya cafenya juga asik
    Bisa order by tlp pula

    BalasHapus
  12. Baca ulasan kali ini bikin laper. Insyaallah masuk list pengen nanti mampir ke Kafe Pisang di RS PHC Surabaya. Ke sana buat ke kafenya aja hehehe.

    BalasHapus
  13. Bisa membantu keluarga pasien ya kak kadang bosan juga menunggu dalam ruang rawat inap

    BalasHapus
  14. pasti terkesan banget ya mba dengan pelayanan yang sangat menyenangkan seperti itu...Kafe pisang bikin penunggu yang sakit jadi tenang tanpa kelaparan dan yang sakit bisa ikut menikmati makanan karena makanannya sehat (kecuali pasien yg dapat pantangan)

    BalasHapus
  15. kalau hanya baca judul, yang terpikirkan itu kafe hanya menyediakan beragam jenis olahan pisang aja, hehe.
    Gak disangka dibaca lengkap dan lihat kulinerannya serta menu di harganya yang termasuk terjangkau, ini kafe rekomen juga ya, walau gak 24 jam lagi ya bukanya

    BalasHapus
  16. Kafe rumah sakit yang bisa menyajikan layanan dan menu berkualitas sepertinya memang penting banget ya, Kak, terutama untuk mendukung keluarga pasien yang sedang berobat. Semoga Kakak dan keluarga sehat selalu.

    BalasHapus
  17. Di RS ada kafe seperti Kafe Pisang..bisa healing sebentar para penunggu pasien. Saya tukang tunggu kalau anak (atau suami) rawat inap.Sendiri ga ada yang gantiin, biasa juga cari tempat seperti ini buat makan dan sedikit me time...
    eh malah tjurhat.
    Penasaran sama mie kuah pelabuhan, unik namanya. Di luar itu semua layanannya beneran jempolan!

    BalasHapus
  18. Semoga Mamanya sehat selalu ya..., jadi engga perlu antar lagi ke RS. Kenangan manis ada Cafe Pisang di dalam RS bisa jadi rujukan buat keluarga yang mengantar ke RS nih. Jadi engga bingung cari makan dan engga perlu jauh-jauh ke luar RS dulu.

    BalasHapus
  19. wah cafe nya tenang dan bersih ya kelihatannya.. jarang sih menemukan cafe rumah sakit yang oke.. hm, memang sudah lama juga aku ga makan di luar xD

    BalasHapus
  20. menarik ya ada cafe di dalam RS. Pastinya ngebantu banget buat pasien atau keluarga yang jaga apalagi menunya sehat, lebih praktis. Pelayanan jadi poin penting banget buat saya buat kembali memesan makanan

    BalasHapus
  21. Lucu banget namanya kafe pisang ya. Banyak jual makanan penganan berbahan dasar pisang kah? Kayaknya pelayanannya juga bagus banget nih

    BalasHapus
  22. Bisa buat healing keluarga pasien saat menunggu pasien ya karena di rumah sakit itu membosankan banget.
    Apalagi tempatnya estetik dan menunya juga banyak..

    BalasHapus
  23. Ada cafe di rumah sakit kadang membuat kita sedikit terhibur apalagi bagi yang sedang menjaga orang yang sedang sakit

    BalasHapus
  24. Keberadaan sebuah kafe yang cozy di lingkungan rumah sakit seperti cafe pisang, selain untuk menghilangkan rasa lapar juga bisa banget dijadikan tempat untuk sekedar menghirup udara segar menjauhkan diri sejenak dari lingkungan rumah sakit.

    BalasHapus
  25. Perhatiannya para pegawai Kafe Pisang di Rumah Sakit PHC Surabaya ini patut di apresiasi. Karena kalau bilang kerja, ya semua kerja ya.. Tapi kerja yang mencurahkan cinta dan perhatian, bikin pelanggan puas dan merasa nyaman makan di Kafe Pisang di Rumah Sakit PHC Surabaya.

    BalasHapus
  26. Cafe pisang ini bisa jadi inovasi dalam rumah sakit agar menunggu pasien mungkin bisa Happy Ya sambil nungguin pasien

    BalasHapus
  27. Wah unik nih cafe-nya
    Jadi pengen ke sana
    Sayangnya harus diagendakan karena lumayan jauh dari Petemon
    Kapan kapan ke sana ah

    BalasHapus
  28. penasaran nih saya kenapa namanya kafe pisang. kirain menunya banyak pisangnya ternyata kayak menu rumahan pada umumnya ya, mbak.

    BalasHapus
  29. Keren nih, akan lebih banyak manfaatnya nih apalagi buat para tamu atau keluarga pasien di rumah sakit.. Jadinya klo ke rs gak bosan2 bnget, kalo makan bisa ganti suasana di kafenya, baru tau kafenya ini ada di Surabaya ya mba..

    BalasHapus
  30. kafe yang ada di rumah sakit ini pastinya membantu banget ya mbak buat mereka yang harus menjaga pasien dalam urusan mengisi perut dan bersantai sejenak

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.