Menu

Percik Kata Nieke

Jumat, 23 Desember 2022

Alasan Alchemy of Souls 2 Layak Ditonton

Alchemy of Souls season 2 atau musim kedua tayang dengan Lee Jae-wook dan Go Yoon-jung. Banyak kontraversi di khalayak netizen.

Alasan Alchemy of souls 2 wajib ditonton
Review sinopsis drakor Alchemy of Souls.
Foto: tvN





Ada penggemar Alchemy of Souls di sini? Saya yang angkat jari pertama. Alchemy of Souls adalah drama Korea dengan genre fantasi, sageuk, laga, dan romansa. 

Drakor Alchemy of Souls musim pertama tayang pertengahan Juni 2022. Dibintangi Lee Jae-wook, Jung So-min, Hwang Min-hyun, Go Yoon-jung, Shin Seung-ho. 

Sementara Alchemy of Souls 2 tayang menggantikan slot drakor Under The Queen of Umbrella. Format pemainnya agak berbeda. Go Yoon-jung di musim pertama berperan sebagai Naksu menggantikan posisi Jung So-min sebagai pemeran utama di musim kedua. Perihal pergeseran pemain utama ini sempat ramai di media sosial.

Namun sebelum bahas Alchemy of  Souls 2, saya ingin berbagi sedikit cerita Alchemy of Souls 1 agar teman pembaca yang belum menonton season alias musim pertamanya ini bisa di gerbong yang sama untuk menyaksikan ke Alchemy of Souls 2. Termasuk kenapa Go Yoon-jung kemudian jadi peran utama di musim kedua.


Review sinopsis Alchemy of Souls
Alchemy  of Souls. Foto: tvN

Sekilas Alchemy of Souls 1

Drama Korea Alchemy of Souls yang tergolong sageuk ini berbeda dengan drakor-drakor di ranah genre yang sama. Drama sageuk Korea biasanya sangat kental unsur romansanya, atau intrik politik kerajaannya. Sageuk juga umumnya berlatar sejarah walaupun fiksi. Tapi Alchemy of Souls sangat berbeda.

Alchemy of Souls tidak berlatar sejarah dan tak bercerita intrik kerajaan. Drakor ini dominan unsur fantasi dan laganya. Justru mengingatkan saya pada kekhasan yang biasanya muncul pada drama-drama fantasi dari China. Meski demikian, Alchemy of Souls menampilkan napas yang berbeda. Keunikan inilah yang justru membetot perhatian saya sejak episode pertamanya. 

Kelebihan Alchemy of Souls lainnya adalah dominan unsur laga. Buat penggemar genre action tentu senang. Ketika di drakor sageuk lain, sangat jarang adegan laga atau hanya jadi pemanis semata. Adegan pertarungan pedang atau ilmu justru menjadi seperti hidangan utama di Alchemy of Souls. Ini membuat penonton seperti saya tidak bosan mengikuti tiap episodenya.  

Penampilan Lee Jae-wook juga tidak mengecewakan. Pertama kalinya lihat Lee Jae-wook di drama Korea Extraordinary You yang juga punya jalan cerita unik. Di drakor itu, Lee Jae-wook jadi tokoh second lead. Tokohnya adalah Baek Kyung, tokoh komik, yang juga membuat ia tampil dengan pakaian sageuk di samping seragam anak SMA. Saat melihat Lee Jae-wook mengenakan kostum Sageuk saya sempat membatin, cocok juga nih kalau dia main drakor genre begini. 

Eh, enggak tahunya beneran terjadi. Lee Jae-wook malah sudah 'naik kelas', dari second lead jadi first lead. Yap, di Alchemy of Souls, Lee Jae-wook menjadi pusat cerita sebagai tokoh utama.


Review sinopsis Alchemy of Souls
Lee Jae-wook sebagai Jang-uk di Alchemy of Souls.
Foto: tvN

Sinopsis Alchemy of Souls 1

Sebagai pembuka, penonton sudah disuguhi konflik yang menjadi inti cerita dari Alchemy of Souls. Berlatar sebuah negara kerajaan fiksi bernama Daeho.

Seorang pendekar perempuan cantik diserbu satu pasukan. Pemimpin pasukan dan sang pendekar perempuan saling mengeluarkan jurus andalannya masing-masing. 

Sang pemimpin pasukan adalah Park Jin (Yoo Jun-sang), pemimpin Song Rim, sebuah perguruan terkenal yang juga menjadi salah satu pilar terpercaya di kerajaan. Sedangkan sang pendekar perempuan adalah Naksu (Go Yoon-jung), buronan dan pembunuh bayangan. Di tengah pertempuran, Naksu terluka. Ia melarikan diri dengan kekuatan gaibnya. Park Jin dan pasukannya mengejar.

Dalam pelariannya, Naksu lari ke sebuah perkampungan. Lukanya cukup parah. Ia tahu, dengan kondisi luka seperti ia tak akan sanggup bertahan. Terpaksa, Naksu mengeluarkan ilmu jurus terlarang. Ia memindahkan jiwanya ke seorang gadis yang seusianya. 

Park Jin dan pasukannya yang mengejar hanya menemukan tubuh Naksu tergeletak. Namun ia melihat ada tanda biru di tubuh gadis itu, tanda adanya penggunaan ilmu terlarang pemindahan jiwa. Mereka melanjutkan pencarian ke para perempuan yang dicurigai jadi tempat Naksu memindahkan jiwanya. Tubuh Naksu yang mati suri dibawa beserta pedang andalannya. 

Ternyata, Naksu tak pindah jiwa ke tubuh seseorang yang ia inginkan. Entah kenapa, Naksu justru berpindah ke tubuh seorang gadis buta dan sakit-sakitan bernama Mudeok (Jung So-min). Anehnya, begitu Naksu memasuki tubuh Mudeok, ia tetap dapat melihat. Dimulailah petualang Naksu dengan wujud Mudeok yang diperankan Jung So-min. Go Yoon-jung hanya muncul sebagai Naksu di masa lalu--sebelum melakukan pemindahan jiwa.

Adapun pertanyaan kenapa jiwa Naksu yang seharusnya pindah ke tubuh gadis yang ia pilih, tapi malah masuk ke tubuh Mudeok bakal perlahan terjawab di episode-episode terakhir Alchemy of Souls musim pertama. Secara gamblang terjawab di episode-episode  awal musim kedua. 


Review sinopsis Alchemy of Souls
Naksu dalam tubuh Mudeok (Jung So-min).
Foto: tvN


Siapa Mudeok? Mudeok adalah gadis yatim piatu yang dibawa dari sebuah desa. Ia ditemukan oleh seorang nenek dari sebuah danau. Nenek ini menamainya Mudeok, seperti nama mendiang cucunya. Gadis ini dirawat seperti cucunya sendiri. 

Saat sang nenek meninggal, Mudeok dibawa keluar desa menuju kota. Ia hendak dijual kee Chwiseonru--sebuah rumah para perempuan penghibur untuk kalangan pejabat dan kelas atas. Dalam perjalanannya inilah Mudeok bertemu Naksu.

Ketika Naksu memasuki tubuh  Mudeok yang seharusnya buta, ia tetap bisa melihat. Seluruh kekuatan Naksu hilang. Ia tak lagi bisa bertarung. Maka ia pun menyamar menjadi Mudeok untuk bertahan hidup sambil berharap kekuatannya akan pulih.

Saat hendak melarikan diri dari Chwiseonru, Naksu/Mudeok bertemu Jang Uk (Lee Jae-wook). Lee Jae-wook diam-diam mengenalinya sebagai pemindah jiwa lewat kedua bola mata Mudeok. Bercak pemindahan jiwa rupanya tak di tubuh, tapi di mata. 

Jang Uk yang punya motif tertentu kemudian menyelamatkan Mudeok dengan membelinya dari Chwiseonru. Mudeok dibawa ke kediamannya untuk dijadikan pelayan. Jang Uk mengenali Naksu dalam tubuh Mudeok.

Siapa Jang Uk dan kenapa ia malah menyelamatkan pembunuh bayangan Naksu? Ia berasal dari keluarga bangsawan ternama, putra tunggal Jang Gang dan Do-hwa. Sejatinya Jang Uk pewaris tunggal jabatan dan ilmu ayahnya. Namun, ada sebuah rahasia yang disembunyikan Jang Gang. Rahasia ini ada di bagian prolog atau pembuka Alchemy of Souls 1. Sebelum adegan pertarungan Park Jin dan Naksu.

Raja Kerajaan Daeho tengah kritis. Ia punya orang kepercayaan yakni ayah Jang Uk--Jang Gang. Raja Daeho kemudian meminta Jang Gang bertukar jiwa dengannya. Ia ingin merasakan punya tubuh muda dan sehat sebelum wafat. Jang Gang dengan terpaksa menyetujui karena perintah Raja.

Sayangnya, Sang Raja tak beritikad baik. Sang Raja saat berada dalam tubuh Jang Gang justru mendekati istri Jang Gang yang jelita, Do-hwa. Tak ayal, Do-hwa hamil Jang Uk. Jang Uk lahir dengan tanda rasi bintang kerajaan, menandakan bahwa ia keturunan kerajaan.

Awalnya Raja tak berniat kembali ke tubuh asalnya. Jang Gang terpaksa membuat kesepakatan dengan Jin Mu, pembantu di istana, agar membantunya kembali ke tubuhnya sendiri. Jika berhasil, ia akan mengajari Jin Mu ilmunya.

Jang Gang berhasil. Namun di sinilah problem menjadi makin pelik. Sebab, Jin Mu pun tak beritikad baik. Bahkan Jin Mu menjelma menjadi biang kerok dari segala problem karena ketamakannya. Jin Mu juga mengincar nyawa Jang Uk. Jin Mu jugalah yang ternyata 'menciptakan' Naksu.

Sejatinya Naksu putri seorang bangsawan bernama Cho Yeong. Namun seluruh keluarganya ditangkap dan dieksekusi lantaran terlibat ilmu terlarang. Hanya Cho Yeong yang selamat. Ia diambil Jin Mu dan dimanipulasi hingga menjadi pembunuh bayangan bernama Naksu.

Jang Gang tahu Jang Uk lahir dari hasil jiwa raja bahkan dengan tanda keturunan raja. Ia khawatir nyawa anaknya terancam. Lantaran itulah ia menolak mewariskan ilmunya ke Jang Uk. Bahkan menyegel kekuatan Jang Uk, membuatnya tak bisa belajar ilmu apapun. Jang Gang juga membuat pimpinan Songrim bersumpah tak akan menjadikan Jang Uk sebagai murid. Kemudian Jang Gang menghilang.

Jang Uk yang tak paham rahasia yang disembunyikan ayahnya justru penasaran. Ia terus berusaha agar bisa belajar ilmu seperti ayahnya. Itu sebabnya, Jang Uk kemudian menyelamatkan Naksu. Dengan harapan Naksu menjadi gurunya. Dari sinilah hubungan Jang Uk dengan Naksu/Mudeok dimulai. 

Belakangan terungkap Mudeok aslinya bukan gadis sembarangan. Ternyata jiwa Mudeok masih di tubuhnya, hanya jiwa Naksu yang mengendalikan tubuhnya. Namun Mudeok-lah yang mengurung kekuatan Naksu. Siapa Mudeok sebenarnya? Kenapa ia bisa punya kekuatan besar mengurung kekuatan Naksu?

Semoga pengantar ini cukup menjelaskan tanpa memberi spoiler terutama buat yang belum pernah menonton Alchemy of Souls 1 atau musim pertama.


Alchemy of Souls review sinopsis
Jang Uk, Seo Yul, Park Danggu, Park Jin. Di Alchemy of Souls 2, Park Danggu menjadi pemimpin Songrim menggantikan pamannya, Park Jin.
Foto: tvN


5 Alasan Alchemy of Souls musim 2 layak ditonton


Seperti yang saya ungkap, Jung So-min tak lagi membintangi Alchemy of Souls musim kedua. Go Yoon-jung sepenuhnya mengambil perannya. Ini artinya Naksu tak lagi berwujud dalam tubuh Mudeok. 

Penonton tentu bertanya-tanya, bagaimana mungkin terjadi sebab jasad Naksu telah dibakar Jin Mu di  Alchemy of Souls 1. Tenang saja, pertanyaan ini akan segera terjawab di episode awal Alchemy of Souls 2.

Tak sedikit penggemar berat Alchemy of Souls musim 1 yang kesal karena Jung So-min tak lagi membintangi musim kedua. Ada yang mogok nonton di musim kedua. Ada yang meneruskan tapi melontarkan kekecewaan. Namun tak sedikit yang tetap lanjut menonton lantaran unsur ceritanya yang memang tak mengecewakan. Apalagi tokoh Jang Uk yang diperankan Lee Jae-wook cukup kuat.

Saya berpendapat, apapun reaksi netizen ini justru merupakan bentuk keberhasilan drakor Alchemy of Souls. Kenapa? Sedemikian hidupnya karakter-karakter tokoh fiksi fantasi ini di hati khalayak. Hingga muncul kubu yang tak rela Mudeok yang hidupnya 'diambil alih' Naksu. Kubu yang ingin Seo Yul punya love line. Kubu yang berharap Naksu juga punya akhir bahagia. 

Berikut ini sejumlah alasan drama Korea Alchemy of Souls masuk daftar tontonan:


Review sinopsis Alchemy of Souls 2
Tokoh-tokoh dalam Alchemy of Souls season 2 atau musim kedua.
Foto: tvN


1. Plot-plot mengejutkan

Alchemy of Souls baik musim pertama dan kedua termasuk drama Korea yang tidak mudah ditebak jalan ceritanya. Bahkan penutup atau episode terakhir Alchemy of Souls 1 meninggalkan kesan mendalam: menyesakkan, tak terduga, dan mengambang. Ini menjadi jembatan menuju Alchemy of Souls 2. Hong sisters yang dikenal piawai menulis drakor-drakor andal memang tak mengecewakan.


2. Adegan laga

Seperti sudah saya ungkap, jarang drakor sageuk yang benar-benar ada adegan laganya. Namun adegan laga di Alchemy of Souls adalah bumbu utama. Lantaran jalan ceritanya memang berkisah tentang para pemuda yang berguru ilmu. Namun adegan laganya tak mengandung kekerasan. Enak ditonton. 


3. Tokoh-tokoh berkarakter kuat

Alchemy of Souls 1 penuh dengan aktor-aktor yang punya nama. Di samping Lee Jae-wook dan Jung So-min, ada Park Eun-hye, aktris senior yang melejit lewat Da Jaenggeum. Di sini, Park Eun-hye berperan sebagai pemimpin Jinyowon, salah satu perguruan disegani kerajaan. Park Eun-hye hadir di musim kedua Alchemy of Souls.

Tokoh-tokoh karakter pendukung juga menarik dan kuat. Saling mendukung memperkuat jalan cerita. Nama-nama yang baru pun aktingnya tak bisa dipandang sebelah mata. 

Ada Go Seungho yang menjadi putra mahkota atau Pangeran Go Won. Hwang Min-hyun, menjadi Seo-yul, sahabat Jang Uk. Omong-omong, Hwang Min-hyun mirip banget ya sama Cha Eun-woo (True Beauty dan My ID is Gangnam Beauty). Gantengnya juga sama. Kalau ada drakor yang memasangkan mereka berdua sebagai kakak adik atau anak kembar, kayaknya cocok deh.


4. Genre unik

Genre sageuk mungkin sudah biasa. Namun sageuk dipadu fiksi fantasi menjadikan drama Korea Alchemy of Souls menyegarkan di antara drakor-drakor bergenre sama. Belum lagi teknologi CGI yang banyak digunakan untuk syuting. Daebak. Yuk penggemar genre fantasi merapat.


5. Penuh teka-teki dan bikin penasaran

Cerita Alchemy of Souls membuat penonton bertanya-tanya. Bahkan di forum-forum penggemar, mereka sampai membuat prediksi-prediksi. 




Alchemy of Souls

Sutradara: Park Joon-Hwa

Penulis: Hong Jung-Eun, Hong Mi-Ran (Hong Sisters)

Pemeran:
Lee Jae Wook: Jang Uk.

Go Yoon Jung: Naksu / Cho Yeong / Jin Bu Yeon.

Hwang Min Hyun: Seo Yul.

Shin Seung Ho: Go Won.

Yoo Joon Sang: Park Jin.

Oh Na Ra: Kim Do Ju.


Jumlah episode: 20 (Season 1) / 10 (Season 2)

Tayang: 
Musim pertama 18 Juni - 28 Agustus 2022
Musim kedua 10 December 2022 - on going (sedang tayang)

Genre: Fantasi / Romansa

Dapat ditonton di tvN, Netflix, tv kabel


Review sinopsis Alchemy of Souls 2
Lee Jae-wook dan Go Yoon-jung di Alchemy of Souls 2. Foto: tvN.

Nah, bagaimana apakah tertarik menonton drama Korea Alchemy of Souls 2? Atau bahkan jadi kepo dengan Alchemy of Soul 1 buat yang belum pernah menyaksikan sebelumnya?


Salam hangat,

Kata Nieke









41 komentar:

  1. wah menarik nih ceritanya, cerita tentang kerajaan selalu menarik buat saya ada aja ceritanya, apalagi ini ditambah dengan masuk ke tubuh orang, jadi penasaran bagaimana ceritanya secara keseluruhan

    BalasHapus
  2. wah kalo ada Hwang Min-hyun, wajib nonton nih :D

    BalasHapus
  3. Wah Sageeuuk yg penuh action. Perlu nonton, nih, Alchemy of souls. Reviewnya pas banget buat aku yg baru nonton drakor KLO SDH dapet rekomendasi...hihi. meluncur aah...

    BalasHapus
  4. Waktu lihat judulnya di Google berita, langsung saya cari di VIU sayang tidak ada. Hanya ada di Netflix. Padahal penasaran juga..

    Biasanya saya malas nonton drama yang berlatar saeguk, soalnya takut berurusan dengan intrik kerajaan yang membosankan dan berlarat-larat. Tapi sepertinya drama ini bergerak cepat alur ceritanya jadi pasti tidak membosankan.

    Apalagi genre laga asyik, tuh. Nyimak saja, deh, dengan paparan Kak Nieke. 😀.

    BalasHapus
  5. Waktu lihat judulnya di Google berita, langsung saya cari di VIU sayang tidak ada. Hanya ada di Netflix. Padahal penasaran juga..

    Biasanya saya malas nonton drama yang berlatar saeguk, soalnya takut berurusan dengan intrik kerajaan yang membosankan dan berlarat-larat. Tapi sepertinya drama ini bergerak cepat alur ceritanya jadi pasti tidak membosankan.

    Apalagi genre laga asyik, tuh. Nyimak saja, deh, dengan paparan Kak Nieke. 😀.

    BalasHapus
  6. Wah, menarik mba ceritanya. Apalagi aktor Korea selalu totalitas dalam mendalami peran di drama korea yang dimainkan. Bikin yang nonton terbawa suasana. Kalo begini jadinya pengen nonton juga 🙈

    BalasHapus
  7. Baru aja aku nonton episode 1 Alchemy of Souls season 1, fantasi bgt yaa sampai bingung aku sama teka-tekinya. Tapi baca ini jadi ada pencerahan.

    BalasHapus
  8. Membaca sinopsisnya berasa masuk ke dunia film ini, imaginasi saya langsung berkembang, ternyata ceritanya pelik banget ya mba. Pengen nonton filmnya bagaimana soal pertukaran tubuh ini berakhir

    BalasHapus
  9. Nonton film yang alur dan plotnya tidak mudah ditebak memang sangat seru apalagi ditambah dengan genre action yang buat film terkesan menjadi lebih eksklusif.
    Anyway, kadang saya sering tertukar melihat pemeran film asal aktor Korea maupun China. Sering wajahnya mereka terkesan mirip

    BalasHapus
  10. Jadii kepoo.pengen nonton keduanya, perlu di.agendakan nich meluangkan waktu luang untuk.menonton Alchemy soul 1 dan 2

    BalasHapus
  11. Lama nih nggak ngedrakor. Pas beud jadi ada referensi buat nonton. Keknya seru ini drakor

    BalasHapus
  12. Drakor yang menarik dan imajinatif juga, pindah ke tubuh orang, dengan adegan laga yang soft. Terima kasih ulasannya

    BalasHapus
  13. Wuih .... serunya drakor ini karena ada pertukaran2 jiwa. Jadi alur cerita bisa gak ketebak ya. Jadinya penonton seolah "dipermainkan" oleh imajinasi penulis skenarionya. Keren.

    BalasHapus
  14. Kayaknya cerita Drakor ini menarik sekali untuk ditonton.
    Anyway, aku bisa nonton dimana aja ya?

    BalasHapus
  15. Menarik banget kayaknya baca ulasan Alchemy of Souls 2 ini. Bikin penasaran plot kejutan dan teka-tekinya itu. Semoga suatu saat saya dapat hidayah buat nonton drakor. :)

    BalasHapus
  16. Makin suka sekarang nontonin drakor setelah baca review-reviewnya dari Mba Niken, wajib nonton dari seri1 nya kayaknya biar paham

    BalasHapus
  17. Drakor yang ngangkat tema laga agak jarang ya. Jadi penasaran apakah drakor akan mengulas banyak tentang seni bela diri taekwondo ya?

    BalasHapus
  18. Sukaak yang berkisah tentang kerajaan, bakal jadi tontonan di akir minggu ni, makasih mbak nieke

    BalasHapus
  19. Wah menarik nih sequel-nya. Second lead naik jabatan jadi main lead. Berharap terjadi pada Han Ji Pyong deh. 🤭

    BalasHapus
  20. Aku juga nonton drama ini. Awalnya teracuni sama suami yang suka drakor, aku pikir ceritanya fantasi tapi ternyata campuran saeguk fantasi. Aku lebih suka si Jang Uk sama Naksu.. hehehe.. ❤️

    BalasHapus
  21. Wah iya rame drama ini
    Baru saja tamat ya mbak
    Gimana mbak? Puaskah dengan endingnya?

    BalasHapus
  22. Sudah nonton sampai tamat, episode akhir benar-benar di luar dugaan membuatku berderai air mata hahaha

    BalasHapus
  23. Wah noted mba. Makasiii.. aku lagi ngelist tontonan drakor nih. Maklum newbie hihihi

    BalasHapus
  24. Saya belum nonton, tapi banyak teman yang lagi seru bahas film ini. Sepertinya perlu ikutan nonton nih. 🤩

    BalasHapus
  25. Apalah daya aku yg juarang banget nonton drakor. Jadi, nggak heran baru pernah denger drakor Alchemy of Souls. Hihihi
    Boleh nih kapan2 aku tonton, lumayan buat refresh pikiran, apalagi genre film ini fantasi, pasti seru banget nih

    BalasHapus
  26. Apalah daya aku yg juarang banget nonton drakor. Jadi, nggak heran baru pernah denger drakor Alchemy of Souls. Hihihi
    Boleh nih kapan2 aku tonton, lumayan buat refresh pikiran, apalagi genre film ini fantasi, pasti seru banget nih

    BalasHapus
  27. Wah jadi penasaran ini wkwkw selama ini cuma dengerin temen2 ngobrolin nih film tapi akunya ga nonton2 wkwk

    BalasHapus
  28. Mantap banget AOS season 2 yang kini uda berakhir dan meninggalkan kebahagiaan. Puas banget liat akting Lee Jae-wook yang berkembang dari season 1 ke season 2. Dan meski ada perubahan di lead female dan butuh pembiasaan lagi saat nonton, rasanya tetap AOS meninggalkan kesan mendalam bagi drakorian.

    BalasHapus
  29. Inti ceritanya, orang-orang saling bertukar jiwa dan ada yang memanfaatkan momen tersebut untuk perbuatan kurang terpuji. Dalam urusan sehari-hari saja, banyak orang mencari kesempatan beraksi demi keuntungan pribadi. Apalagi untuk urusan jiwa. Seram juga kalau ada orang yang punya kekuatan begini.

    BalasHapus
  30. Tertarik dong. Awalnya ngira pasti bahas soal kerajaan, eh bukan nyatanya. Tentanh fantasi dan laga. Cuma kostumnya aja bikin terkecoh

    BalasHapus
  31. Aku belum nonton yang session 1 nih. Kudu nonton dulu kayaknya biar ga bingung dan supaya terstruktur sejak awal alurnya jadi lebih paham

    BalasHapus
  32. Fantasi dan laga memang selalu berhasil membuat kita terkaget-kaget dengan ceritanya

    BalasHapus
  33. Oala ini toh salah satu drakor yg paling sering trending di sosmed. Aku pernah sekilas baca sinopsisnya, plus nambah baca di sini, hmm menarik tapi aku belum tertarik nonton huhu

    BalasHapus
  34. Kalau lihat cover, baju yang dipakai, sama karakternya jadi ingat suasana film kolosal China, ya. Macam putri Huang Zhu tapi ini lebih ke fantasi

    BalasHapus
  35. Belum pernah nonton yang pertama, tetapi banyak yang suka banget sama Alchemy of Soul. Btw aku kayak belum siap nonton drakor yang latar Joseon haha

    BalasHapus
  36. Saya bukan penggemar drakor, tetapi setelah baca ulasan mba Nieke jadi pengen nonton kayaknya seru....

    BalasHapus
  37. ah drama ini baru tamat kemarin dan happy ending dong. hihi. sebagai penonton dari season 1 aku sudah suka drama ini baik saat pemeran utamanya jung so min atau go young jung. keduanya punya kemampuan akting ya baik

    BalasHapus
  38. Setujuu,kalau mikirin apapun reaksi netizen, malah membuktikan keberhasilan drakor Alchemy of Souls. Karakter tokoh fiksi fantasi ini nampol di hati...
    Baca artikel ini harusnya biar tahu kenapa layak ditonton sekuelnya

    BalasHapus
  39. Wooww bisa berpindah jiwa gitu yaa... kadang tuh klo nonton film gini jadi berandai2 klo jiwa kita tertukar dengan orang lain hehehe... Idenya memang luar biasa ya drakor tuh. Alurnya pun bagus, suka deh dengan review dari Mbak Nieke ini.

    BalasHapus
  40. Serius, aku tuh berharap banget jung so min mincul lagi di alchemy of soul season 2 tp sampe ending tetap nggak muncul. Tapi baguslah krn dramanya happy ending

    BalasHapus
  41. Baca sinopsis dan plot2nya lumayan bikin aku tertarik mba, hehe. Sejujurnya terakhir nonton drama saeguk adalah heart ryo yang bikin sesenggukan. Setelah itu jarang karena baru episode keberapa udah ngantuk. Tapi sepertinya drakor ini menarik

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.