Menu

Percik Kata Nieke

Kamis, 29 Desember 2022

Reborn Rich: Drakor Song Joong-ki yang Minim Romance tapi Rating Tinggi

Dalam drakor Reborn Rich, Song Joong-ki memerankan dua karakter. Drakor ini minim adegan romantis, tapi rating tinggi. Apa rahasianya?

Reborn Rich drakor review sinopsis Song Joongki
Review drakor Reborn Rich, drama terbaru Song Jong-ki.
Sumber: JTBC


Song Joong-ki kembali memikat sebagai Yoon Hyeon Woo sekaligus Jin Do Jun dalam drama Korea Reborn Rich. Penampilannya yang menampilkan karakter dua orang ini menuai rating tinggi hingga akhir episode penayangan Reborn Rich. Tak sia-sia menantikan kembalinya Song Joong-ki dengan drakor terbarunya setelah berperan sebagai Vincenzo Cazano dalam drama Vincenzo.

Drama Reborn Rich ini seperti melawan pakem drama Korea yang umumnya dominan cerita percintaan. Biasanya penonton mengharap ada adegan percintaan dari sebuah drama Korea. Tak demikian halnya dengan Reborn Rich. Penonton justru menikmati adegan-adegan Jin Do Jun (Song Joong-ki) dengan sang kakek Jin Yang Cheol (Lee Sung-min).

Pada pertengahan episode, malah ada netizen yang protes dengan adegan percintaan Jin Do Jun dengan Seo Min-young (Shin Hyun Bin). Mereka justru minta adegan hubungan kakek Jin Yang Cheol dan cucunya Jin Do Jun yang jadi fokus. 

Buat yang sudah menonton hingga episode akhir, bagaimana, apakah puas dengan ending alias akhir yang disodorkan sutradara Jung Dae-yoon? Soalnya muncul plot twist di episode 15, yang membuyarkan prediksi penonton bahwa Jin Do Jun berhasil mencapai targetnya. Ada jalan cerita yang agak berbeda dengan versi web novel yang ditulis San Kyeong. Versi drakor sepertinya menyajikan ending alternatif yang menurut saya, berusaha realistis.


Sinopsis Reborn Rich

Reborn Rich diangkat dari web novel ke layar gelas. Tak seperti drama Korea umumnya yang menawarkan percintaan, Reborn Rich mengisahkan balas dendam, cerita keluarga, dan hubungan yang kuat antara kakek dan cucunya.

Drama dibuka dengan adegan Song Joong-ki yang sedang mencairkan dana di sebuah bank di luar negeri. Secuplik adegan itu rupanya masa depan. Cerita kemudian mundur ke belakang, mengisahkan awal mula kenapa Yoon Hyeon Wo bisa mencairkan dana di luar negeri.

Yoon Hyeon Wo adalah pegawai perusahaan Soonyang yang hanya lulusan SMA. Lantaran itulah, meski ia dipercaya namun karirnya mentok tak bisa naik. Ia melakukan apapun perintah atasannya tanpa membantah, menolak, dan bertanya. Ketika ia direndahkan dan dihina ia diam saja.


Sinopsis Drama Korea Reborn Rich
Song Joong-ki sebagai Yoon Hyeon Wo di Reborn Rich. Sumber foto: JTBC


Salah satu adegan mencelos adalah ketika ia dipanggil salah seorang keluarga pejabat perusahaan Soonyang, hanya untuk membersihkan kloset. Bayangkan, Yoon Hyeon Wo yang mengenakan setelan jas disuruhkan bersihkan lubang WC. Padahal bisa saja mereka memanggil petugas kebersihan atau pelayan rumah tangga. Sebegitu direndahkannya Yoon Hyeon Wo.

Pada episode pertama, pemimpin perusahaan Soonyang Jin Young-ki hendak mengadakan suksesi--mengangkat Jin Seong-jun, anaknya untuk menggantikannya sebagai pimpinan.  Namun menjelang acara, ayah dan anak ini bertengkar hingga Jin Young-ki terkena serangan jantung. Lantaran panik, Jin Seong-jun lari meninggalkan ruangan, meninggalkan ayahnya tergeletak begitu saja.

Saat itulah, Yoon Hyeon Wo (Song Joong-ki) memasuki ruangan dan melihat Jin Seong-jun lari dari ruangan. Yoon Hyeon Wo bergegas menolong Jin Young-ki. 

Singkat cerita, sakitnya Jin Young-ki dan kaburnya Jin Seong-jun dirahasiakan demi reputasi perusahaan dan mencegah anjloknya pergerakan saham. Suksesi harus terus berlanjut karena tamu berdatangan. Yoon Hyeon Wo diperintahkan mencari Jin Seong-jun dan membawanya ke acara suksesi.

Yoon Hyeon Wo berhasil meluluhkan Jin Seong-jun meski harus direndahkan sedemikian rupa. Ia berusaha menjadi orang kepercayaan Jin Seong-jun. Ia juga mengungkap temuan dana rahasia perusahaan di luar negeri kepada Jin Seong-jun. Adegan inilah yang menjadi benang merah pembuka drakor Reborn Rich episode pertama. Yoon Hyeon Wo diperintahkan mencairkan dana tersebut.

Yoon Hyeon Wo berangkat keluar negeri untuk mengurus dana tersebut. Adegan berlangsung persis adegan pembuka drakor. Cerita kini berjalan secara kronologis. Usai mencairkan dana, di tengah perjalanan Yoon Hyeon Wo dicegat segerombolan orang. 

Saat lari dari kejaran komplotan ini, Yoon Hyeon Wo dijebak hingga pingsan. Saat terbangun, ia sudah berada di tepi tebing tinggi di pinggir pantai. Yoon Hyeon Wo mengenali salah satu orang. Ia adalah anak buahnya Shin Kyung-min yang diperankan Park Jin-young.

Park Jin-young GOT7 tampil sebagai cameo di drakor Reborn Rich. Ia hanya muncul di episode pertama. Meski hanya cameo, ia tampil satu layar dengan Song Joong-ki beberapa kali. Cocok adu akting dengan sang aktor senior Song Joong-ki. Sayang cuma satu episode ya.

Kemunculan Park Jin-young ini juga sebagai plot twist di pengujung episode 1 Reborn Rich. Benar-benar tak ada yang menyangka.

Episode 1 Reborn Rich juga menjadi terakhir kalinya penonton melihat tokoh Yoon Hyeon Wo. Ia difitnah menggelapkan dana. Kemudian, ia kemudian ditembak dan jatuh ke laut di tepi tebing. 

Lah... kok nasib Song Joong-ki ngenes amat? Baru satu episode udah tragis? Tenang, yeorobun.

Adegan selanjutnya, Song Joong-ki terbangun dalam tubuh seorang anak kecil yang tertidur dalam sebuah mobil. Ia menjelma anak kecil bernama Jin Do Jun. Ayahnya bernama Jin Yoon Ki dan ibunya mantan artis ternama bernama Lee Hae In. Duduk di sampingnya di dalam mobil, sang kakak Jin Hyeong-jun.

Saat turun dari mobil, ia menyadari apa yang ia alami bukan mimpi. Ia melompati waktu ke belakang, mundur ke tahun 1980-an. Ia juga menyadari, ia terbangun dalam tubuh Jin Do Jun, anak Jin Yoon Ki yang adalah anak keempat Jin Yang Cheol, pendiri grup Soonyang, perusahaan tempat Yoon Hyeon Wo bekerja. Artinya, Jin Do Jun adalah cucu dari Jin Yang Cheol.


Review sinopsis drama Korea Reborn Rich
Kiri ke kanan: Jin Do Jun kecil, Jin Hyeong-jun kakaknya, dan Jin Yoon Ki, ayahnya--anak keempat Jin Yang Cheol, pendiri Soonyang. Sumber foto: JTBC


Yoon Hyeon Wo kemudian menjalani hidup sebagai Jin Do Jun, yang paham apa yang terjadi di masa depan. Ia menggunakan kepandaiannya, pengalamannya semasa bekerja di Soonyang sebagai Yoon Hyeon Wo, dan pengetahuannya akan masa depan untuk menguasai grup Soonyang. Ia juga mencari tahu siapa dari keluarga besar Jin pemilik Soonyang, yang menghabisi dirinya saat menjadi Yoon Hyeon Wo.

Dalam perjalanan waktu yang kronologis itulah kemudian diceritakan, Yoon Hyeon Wo yang menjadi Jin Do Jun kemudian mempunyai hubungan istimewa dengan kakeknya Jin Yang Cheol (Lee Sung-min).


Review drakor Reborn Rich Song Joong Ki Lee Sung Min
Akting Lee Sung-min sebagai Jin Yang Cheol di Reborn Rich benar-benar patut diacungi dua jempol. Sumber foto: JTBC


Jin Do Jun juga berjumpa kembali dengan Seo Min-yeong (Shin Hyun Bin) saat kuliah hukum karena berada di universitas yang sama. Saat menjadi Yoon Hyeon Wo, ia juga bertemu Seo Min-yeong yang sudah menjadi jaksa yang menyelidiki kasus skandal di grup Soonyang. 


Kenapa harus menonton Reborn Rich

Drama Korea Reborn Rich bisa ditonton secara maraton karena semua episodenya sudah diluncurkan. Tak hanya menuai rating tinggi saat masa penayangannya, ceritanya juga bagus.

Berikut alasan Reborn Rich layak direkomendasikan jadi tontonan wajib:

1. Duet akting Song Joong-ki sebagai Jin Do Jun dan Lee Sung-min sebagai Jin Yang Cheol yang berkelas dan memikat. Bahkan penonton Reborn Rich lebih berharap menyaksikan adegan Jin Do Jun dan Jin Yang Cheol ketimbang adegan percintaan Jin Do Jun dan Seo Min-young. Kayaknya baru kali ini saya melihat reaksi penggemar yang semacam ini. CMIIW ya. Love-hate relationship kakek dan cucunya terlihat alami. 


Kenapa harus menonton Reborn Rich
Shin Hyun Bin sebagai jaksa Seo Min-young
di Reborn Rich. Sumber: JTBC


2. Tak seperti mayoritas drakor yang memainkan banyak adegan kilas balik, Reborn Rich lebih banyak berjalan secara kronologis. Saat menyaksikannya sejak episode pertama, seperti bukan vibes drakor tapi film seri Barat.

3. Penonton bisa belajar tentang dunia bisnis, saham, dan manajemen melalui drakor Reborn Rich.

4. Ada banyak pelajaran moral yang disampaikan tanpa menggurui seperti halnya sinetron Indonesia. Misalnya adegan ketika Jin Do Jun menyadari betapa berharganya keluarga ketika ia melihat keluarganya sebagai Yoon Hyeon Wo. 

5. Ada berita beredar bahwa Reborn Rich yang menceritakan lika-liku keluarga Jin sebagai pemilik grup Soonyang ini, terinspirasi dari kisah keluarga pendiri Samsung.


Sinopsis review Reborn Rich Soong Joong Ki
Song Joong Ki sebagai Jin Do Jun di Reborn Rich.
Sumber: JTBC


Drama: Reborn Rich / The Chaebol's Youngest Son

Sutradara: Jung Dae-Yoon

Penulis: San Kyeong (web novel), Kim Tae-Hee

Ditayangkan: JTBC, selain itu bisa disaksikan di Viu

Jumlah episode: 16

Masa tayang: November 18 - December 25, 2022

*

Nah, apakah teman pembaca termasuk penggemar Soong Joong-ki? Kalaupun bukan, drama Korea yang punya vibes kayak series barat ini wajib masuk daftar tontonan.


Salam hangat,

Nieke



20 komentar:

  1. yaampun tetep awet muda aja ini babang ya hahahaha
    aku baru tau drama terbarunya ini mbak, yang viral terakhir soal soong joong ki waktu dia ke Jakarta.
    berarti di drama ini jarang ada adegan romantis gitu ya mbak

    BalasHapus
  2. Wah reborn rich ini banyak yg bilang seru juga. Aku kira banyak menonjolkan percintaan karena yang mainnya Soong Joong Ki, ternyata lebih ke hubungan dengan kakeknya ya. Seru yaa menceritakan kehidupan masa lalu, seperti memenuhi istilah "andai waktu bisa diputar kembali", hehe.

    BalasHapus
  3. Kalau saya kadang bingung nonton drakor, pemerannya tampang hampir sama semua apalagi nama-nama kadang bingung juga mana yang aktor mana yang aktris.

    BalasHapus
  4. Film tentang keluarga selalu mendapat tempat di hati semua penontonnya ya, beda sama film atau series percintaan. Biasanya sih emosi film genre kaya gini lebih dapat nih. Akhirnya happy ending atau sad ending, Mbak?

    BalasHapus
  5. Waaah....ga ngikuti drakor tp anak & mantu pd hobi drakor & ga pernah melewatkan tiap episode. Maaf jd ga bisa ksh komentar lain.

    BalasHapus
  6. Aku punya kekurangan ga hapal nama peran drama Korea jadi tiap kali nonton Drakor yg diinget wajahnya apalagi ini satu wajah ada 2 peran ya aku harus jeli kalo mo nonton hihi makasih review nya kak

    BalasHapus
  7. Sepertinya cukup menarik ya. Sudah lama tidak nonton drakor. Sekalinya nonton bisa maraton nih. Apa lagi si tampan ini pemerannya 🤭.

    BalasHapus
  8. Mukanya oppa imuutt bgt ya. 😁😂
    Aku udah bolak balik lihat trailer tapi blm sempat nonton, mba.

    Ntar deh, marathon aja

    BalasHapus
  9. aku ikutin sekilas sih Mbak ini banyak liat di akun kdrama. aku tangkep memang chemistry hyun bin sama babang joongki ini kurang yaaa. mungkin genrenya aku juga kurang doyan hihi

    BalasHapus
  10. Saya belum menonton filmnya Song Joong Ki yang ini mba Nieke, kata teman-teman sih seru filmnya, penasaran sih pengen nonton apalagi hanya 16 episode bisa maraton tuh 3 harian lah ya, ga berenti-berenti hehehe

    BalasHapus
  11. Sekelas Song Jong Ki kalau main saya yakin banyak penggemar dan penontonnya. Hihi... Entahlah saat muda dulu, kalau punya idola kan ga lihat bagaimana pencapaian nya. Yang pasti wajah dan attitude nya yg didulukan. Reborn rich bisa jadi masuk kategori ini, menurut saya...

    BalasHapus
  12. Saya nonton Reborn Rich ini mbak
    Ini drama yang punya rating tinggi lho mbak
    Bahkan episode terakhir nya mencapai rekor tertinggi kedua dalam drama Korea sepanjang masa

    BalasHapus
  13. Benarkah tidak ada romantis sama sekali? Hebat ya yang bikin film yang seperti ini. Thanks dah bikin reviewnya jadi tahu

    BalasHapus
  14. Saya kak, Saya. Penggemar song jong ki akut Saya. Wkwkwk. Wajib nonton dong ya drama ini Karena sudah pasti bagus banget

    BalasHapus
  15. Iya, gaya cerita di drakor ini mirip2 dengan plot di series barat yaaa... Korea memang tidak pernah kehabisan ide deh untuk mengolah cerita. Itu ya, kebayang betapa geramnya si tokoh utama mengejar siapa yang memfitnah dan membunuhnya di kehidupannya sebelumnya.

    BalasHapus
  16. Oh ada Jinyoung? Ya ampun bias aku ituuuu. Aku penasaran juga nonton ini tapi masih ada hal lain yang harus ditonton huhu. Katanya emang bagus banget sih ya

    BalasHapus
  17. Banyak yang bilang bagus ini drakornya. Apalagi ada oppa Song Joong Ki ya

    BalasHapus
  18. Bukan cerita yang ringan seperti drakor pada umumnya... dan cukup menantang saat menontonnya on going karena banyak plot story line yang membuat banyak spekulasi.
    Tapi lega banget sama endingnya walau dicela banyak drakorian. Hehhe..
    Yah, bolak balik kehidupan ya.... ada sisi positif dan negatif ketika menonton drakor rating tinggi.

    BalasHapus
  19. Reborn Rich ini banyak yang menyanjung. Aku sebagai anak webtoon juga triggered jadi pengen ini. Tapi kayak pengen baca webtoonnya dulu baru nonton drakornya

    BalasHapus
  20. Biasanya seru dan diminati tuh mbak klo filmnya beda dari yg biasanya. Sama kayak india dulunya asik ular2, laga, lalu muncul lah kuch2 ho ta hai yg mengangkat tema romance, booming jadinya sampe skrg.

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.