Menu

Percik Kata Nieke

Kamis, 22 Oktober 2020

Kegantengan Hyun Bin di Film Confidential Assignment Levelnya Damage

Hyun Bin sebagai Kapten Ri di Crash Landing on You belum ada apa-apanya dibanding dia sebagai Mayor Im tentara Korut di Confidential Assignment. Aksi laga Hyun Bin sungguh savage.

Hyun Bin Confidential Assignment
Hyun Bin dan Yu Hae Jin. Sumber foto: IMDB

Hyun Bin dalam film Korea Confidential Assignment (rilis awal 2017) memang tayang terlebih dulu ketimbang drakor Crash Landing on You (rilis akhir 2019). Perannya sama-sama sebagai tentara dari Korea Utara yang pergi ke Korea Selatan. Meski minim adegan romantis, film Korea bergenre thriller-laga-komedi dengan durasi dua jam ini, jelas membuat hatimu bakal dugun-dugun melihat Hyun Bin.

Kalau belum bisa move on dari Crash Landing on You, kepoin tulisan saya di sini.


Sepanjang dua jam, penonton Confidential Assignment 
dibikin berdebar-debar. Menurut saya, aksi laga Hyun Bin sebagai anggota pasukan khusus investigasi Korut adalah paduan antara Keanu Reeves dalam serial The Matrix (perdana rilis 1994) dan Matt Damon dalam serial The Bourne Identity (perdana rilis 2002). Sebagai Mayor Im Cheol Ryeong, ia berkarakter 'kulkas' alias dingin, jago baku hantam, jarang tertawa. Langsung dejavu deh sama Bang Keanu dan Jason Bourne.

Dua film laga yang saya sebut ini adalah legendaris di eranya. Anak 1990-an pasti kenal. Kalau belum pernah nonton, saya rekomendasikan untuk menyaksikannya.

The Matrix Keanu Reeves
Kiri: poster film The Matrix, Kanan: poster film The Bourne Identity
Sumber foto: IMDB


Hyun Bin sebagai Mayor Im Cheol Ryeong sanggup menghadapi belasan orang musuh dengan minim senjata--bahkan hanya dengan tisu gulung yang dimasukkan ke dalam gelas kertas. Mengingatkan saya pada satu adegan Jason Bourne (Matt Damon) yang menghadapi musuhnya hanya dengan bolpen.

Dengan lincah, Mayor Im bisa melompat dari jembatan layang ke atas atap bus, lalu berlari di tengah jalan seperti kijang. Atau, Hyun Bin menggandoli mobil yang tengah melaju kencang dan tubuhnya  terlempar ke kap mobil. Sungguh menegangkan.

Alur ceritanya tidak membosankan. Ketegangan cerita diselingi dengan kekonyolan Yu Hae-jin yang memerankan detektif dari Korea Selatan, Kang Jin-tae. Film ini memang menceritakan tentang tentara Korut yang bekerja sama dengan detektif Korsel dalam kasus buronan Korut yang lari ke Korsel.

Pengen tahu film Korea bergenre laga dan thriller? Klik di sini.

 

Sebelum kamu meneruskan membaca, saya kasih tahu, tulisan ini akan mengandung spoiler. Tak banyak kok.

Kisah Cinta Tragis Hyun Bin

Cerita dibuka dengan sebuah pasukan khusus investigasi Korut yang bersiap menyergap sebuah pabrik pembuatan uang palsu di pinggiran Pyongyang, Korut. Hujan menderu-deru. Im Cheol Ryeong (Hyun Bin) menunggu instruksi atasannya Kolonel Cha Gi Seong (Kim Ju-hyeok) dalam sebuah mobil, tak jauh dari lokasi pabrik. 

Mendadak seorang perempuan cantik berpakaian tentara masuk ke dalam mobil. Ia membawakan makanan untuk Mayor Im. Pada menit ini penonton akan menerka-nerka hubungan antara keduanya lantaran terlihat mesra. Saya berasumsi mereka adalah pasangan kekasih. Baru saja Mayor Im disuapi sebongkah makanan, mendadak sebuah panggilan masuk. Ia meminta sang perempuan menanti di mobil, sementara Mayor Im bersama anak buahnya merangsek masuk ke dalam pabrik.

Alih-alih berhasil menangkap komplotan pencetak uang palsu, Mayor Im dikejutkan dengan munculnya sang atasan yakni Kolonel Cha Gi-seong (Kim Ju-hyeok) di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Lebih kaget lagi sebab Cha menodongkan pistol ke kekasih Mayor Im. Kolonel Cha ternyata membelot, ia berniat mengambil plat pencetak uang palsu dan melarikan diri keluar Korut bersama anak buahnya.

Adegan tragis pun terjadi. Anak buah Mayor Im dihabisi. Sang perempuan yang pada adegan ini diketahui bernama Hwa Ryeong, tak luput dari sasaran. Ia istri Mayor Im yang tengah mengandung. 

Hwa Ryeong terkapar, mengembuskan napas terakhir. Mayor Im Cheol Ryeong kena tembak dan sekarat. Namun ia selamat lantaran musuh kehabisan peluru. 

Mayor Im sempat dicurigai lantaran ia satu-satunya orang yang selamat. Ia beruntung karena atasannya Sung Kang (Jeon Guk Hwan) mempercayainya. Omong-omong, Jeon Guk Hwan ini yang berperan sebagai bapaknya Kapten Ri di Crash Landing on You, Ri Chung Ryeol. 


Ini lho Jeon Guk Hwan, yang main di Crash Landing
on You jadi bapaknya Kapten Ri (Hyun Bin).
Di Confidential Assignment dia jadi Sung Kang,
pejabat tinggi Korut, atasannya Mayor Im.
Foto: IMDB

Dari Sung Kang, Mayor Im mendapat tugas mengejar Cha Gi Seong ke Seoul, Korea Selatan. Waktunya hanya tiga hari lantaran Mayor Im masuk Korsel bareng rombongan pertemuan petinggi Korut dan Korsel di Seoul. Mayor Im menjadi agen khusus yang mengamankan para diplomat yang berkunjung ke Seoul, namun mengemban misi rahasia mengejar Cha Gi Seong. Dari sinilah duet  konyol dan seru antara Hyun Bin dengan Yu Hae-jin dimulai.

Duet Si Dingin Hyun Bin dan Si Ceroboh Yu Hae-jin 

Sementara itu di Seoul, Korea Selatan, polisi bernama Kang Jin Tae (Yu Hae-jin)  mendapat tugas rahasia dari NIS (agen rahasianya Korsel) untuk mengawasi Mayor Im yang bakal datang ke negaranya. Korsel mengetahui ada niat di balik pertemuan petinggi dua negara bersebelahan tersebut: pemburuan buronan bernama Cha Gi Seong. Namun Korsel tidak mengetahui kasus apa yang menjerat Cha Gi Seong. Itu sebabnya, detektif Kang memata-matai Im Cheol Ryeong.

Caranya, Korsel berpura-pura menyetujui membantu Korut untuk memburu Cha Gi Seong melalui sebuah proyek kerja sama investigasi. Detektif Kang menjadi rekan Im Cheol Ryeong untuk melakukan tugasnya.

Detektif Kang sendiri adalah polisi yang kerap gagal melaksanakan tugasnya. Ia sering melakukan hal-hal konyol dan ceroboh. Maka, tugas kerja sama dengan Korut ini dianggapnya sebagai cara agar ia memperoleh promosi dalam kerjanya.

Ketika Detektif Kang yang serba ceroboh bertemu dengan Im Cheol Ryeong yang serius dan dingin inilah yang menjadi bahan tertawaan penonton. Ada saja tingkah Kang Jin Tae yang kalau kita sebagai penonton melihat, akan menganggap dia menyebalkan. Bukan karena usilnya. Tapi karena ia sebenarnya memang ditugaskan menghambat pekerjaan Mayor Im. 

Coba saja intip adegan Hyun Bin lompat dari jembatan layang ini gegara mangkel (jengkel) karena Yu Hae-jin yang lelet.

Hyun Bin Confidential Assignment


Dalam 30 menit pertama, sudah dimulai konflik antara dua pemeran utama ini--Hyun Bin sebagai Mayor Im dan Yu Hae-jin sebagai detektif Kang yang menjengkelkan. Namun dalam 30 menit pertama itu pula, penonton mulai dibawa makin melaju dengan alur cerita dengan adegan-adegan  yang memacu adrenalin.

Di sinilah penonton yang pernah menyaksikan gagahnya Keanu Reeves dalam serial The Matrix bakal merasa dejavu melihat Hyun Bin se-cool Bang Keanu yang dikeroyok musuh. Duh, Hyun Bin jadi ganteng banget, gaes. Ganteng level damage!

Coba lihat trailernya di sini:



Sumber: Youtube CJ Entertainment


Ketika Yoona SNSD Caper ke Hyun Bin

Yoona anggota girl band SNSD tampil di film ini sebagai Park Min-young, adik ipar detektif Kang. Ia tinggal serumah dengan keluarga detektif Kang. Ketika detektif Kang mengajak Mayor Im menginap di rumahnya, hati Park Min-young seperti kita penonton perempuan. Oleng, gaes, oleng.  

Hati Mayor Im sedingin puncak Everest meski Park Min-young caper di depannya. Mulai dari memasakkan makanan, menawarkan bantuan, mengobati luka-luka akibat mengejar penjahat. 

Membaca gelagat Park Min-young yang makin agresif, Mayor Im malah berkata, "I'm already taken." Alias, saya sudah punya seseorang. Meski istrinya sudah meninggal. 

Uhuk! *keselek

Awas, jangan sampai halu juga kayak Park Min-young rampung nonton film Confidential Assignment atau yang bernama lain Cooperation ini. 

*

Apakah cinta Im Yoona bertepuk sebelah tangan? Apakah Hyun Bin berhasil menangkap pembunuh istri dan anaknya? Saya merekomendasikan banget untuk menonton film laga ini. Ibaratnya, level kegantengan Hyun Bin di Crash Landing on You itu cuma camilan dibanding di film Confidential Assignment.  Oya, film ini bisa disaksikan di televisi berlangganan berbayar atau aplikasi semacam V*u dan N*****x.

Kabar gembira, Confidential Assignment akan dibikin sekuelnya. Konon, Hyun Bin, Yu Hae-jin, dan Yoona telah diajak untuk kembali bergabung di film itu. Duh, makin tidak sabar menanti. 

Nieke Indrietta

***

Tulisan lainnya soal film dan drakor, klik di sini

Ngefan mbak Seo Dan (Seo Ji-hye) sejak CLOY? Intip drakor terbarunya di sini.

20 komentar:

  1. Kalo udah mencintai sosok artis kayakna semua film filmnya atau serialnya bakalan ditungguin deh, karena pastinya mau liat aktingnya seperti apa lagi, bener tak begitu kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah. Benar. Kalau aktingnya bagus, pasti kita nungguin film barunya.

      Hapus
  2. Ternyata Drakor bisa juga bertema action atau detektif. Setau saya drakor biasanya bertema percintaan dan galau dengan drama khasnya. Menarik review filmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Film dan drama Korea sebenarnya genrenya beragam sekali. Mau genre apapun ada lho. Bagus-bagus malah.

      Hapus
  3. Cara Mbak Nikke menyampaikan sekuel ini benar benar menarik.. juga bikin penasaran.. setelah baca ini pasti banyak yang jadi pingin lihat seperti apa sekuel ini dan tahu kelanjutan ceritanya

    BalasHapus
  4. Seru nih. Baca reviewnya kebayang sama film-film Jackie Chan ha,ha. Lucu juga jika tokoh utamanya bertengkar terus tapi tetap actionnya jagoan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya! Kelupaan nyebut Jackie Chan. Dia kan aksi laganya seru juga. Filmnya biasanya genre laga-komedi. I'm a fan of him!

      Hapus
  5. Hyun Bin ini banyak banget yang bahas ya, ya filmnya, ya orangnya ya caranya memerankan hihi.

    Mbak Nieke, angkatan 9O-an yang dimaksud ini yang tahun segitu umurnya berapa? Kalau tamat SMA di awal 9O-an kayak saya masih masuk gak ya? Suka bingung kalo orang2 menyebut "angkatan 9O-an" soalnya saya masuk kuliahnya ya angkatan 92 tapi seringnya yang bilang angkatan 9O-an itu jauh lebih muda daripada saya ... eh OOT jadinya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wwkwkwkkw... Hyun Bin ini trending topic di mana-mana. Sejak drakor terakhirnya Crash Landing on You namanya makin tenar. Anggap saja angkatan 1990-an itu yang masuk kuliahnya tahun 1990-an :D Jadi kalau tamat SMA 1990-an ya tetap masuk.

      Hapus
  6. Hahaha aduuhh hyun bin ini emg ganteng gak ada obat ya mbaa. Nonton cloy aja camilan, gimana hidangan utama'y? 😍

    BalasHapus
  7. Aku pernah nonton filmnya! Emang keren bgt dia di sini. Agak kurusan daripada yg di CLOY kurasa. Filmnya sadis ngeri gitu, drama keluarga juga.

    BalasHapus
  8. aku pernah liat cuplikan adegan yoona yg salting ngeliat hyunbin di eksplore IG, oh jadi film ini..pensaran gmn endingnya hihi

    BalasHapus
  9. Selalu seru ya kalo mereview film-film Korea.
    Dannn... sukses bikin saya penasaran :)
    Jadi pengin nonton..

    BalasHapus
  10. Aduh. Aku suka Hyun Bin. Tapi gak mau nonton yang tragis-tragis. Masih taraf 'nyari hiburan' doang kalau ngedrakor. Gak suka nonton yang berar-berat. Pilih happy 😁

    BalasHapus
  11. Penggemar drakor pasti gak akan melewatkan cerita yang ada Hyun Bin nya ya mbak. Saya baru nonton beberapa drakor tapi yang edisi lama, seperti Winter Sonata dan Endless Love. Kalau yang baru2 belum sempat.

    BalasHapus
  12. Wah iya, kok ya kisahnya pun mirip dengan Jason Bourne yang harus kehilangan Marie gara-gara ditarget terus untuk dibunuh. Huhuuu... keren parah nih pasti kisah Mayor Im ini.

    BalasHapus
  13. Seruuu nih saya belum sempet nonton tapi, list drakor yg bagus2 banyak banget ya. Sampe bingung mau nonton yg mana tapi waktunya jg gak ada haha.

    BalasHapus
  14. Baca resensinya aja udah terasa keseruan film ini. Aku belum nonton CLOY apalagi ini hehehe. Sejauh ini baru menikmati drama seri dan filmnya Gong Yoo.

    BalasHapus
  15. Uda lama banget pingin nonton Confidential Assignment.
    Mengingat HB paling jago akting laga.

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Terima kasih pula untuk sudah berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam dan tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Untuk setiap komentar, saya upayakan kunjungan balik ke blog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.