Menu

Percik Kata Nieke

Kamis, 27 Agustus 2020

Dinner Mate: Drama Korea ala Nora Ephron dan Barisan Mantan Ngehek

Masih ingat mbak Seo Dan (Seo Ji-hye) dalam Crash Landing on You yang patah hati karena Kapten Ri Jeong-hyuk (Hyun Bin) jadian sama Yoon Se-ri (Son Ye-jin)? Duet Seo Ji-hye bareng Song Seung-heon dalam Dinner Mate bisa jadi obat kangen.

Dinner Mate drama korea CLOY
Review drakor Dinner Mate. Sumber foto: imdb

Hal pertama yang paling bikin saya ingin nonton drama Korea Dinner Mate adalah Seo Ji-hye yang bagus memainkan Seo Dan yang bad-ass di Crash Landing on You. Kedua, Song Seung-heon yang jadi lawan mainnya punya paras rupawan dan awet muda dan suami-able. Ketiga, saya sempat melihat trailernya dan melihat adegan Seo Ji-hye ‘menghajar’ pacarnya yang berselingkuh, yang diperankan Kim Jung-hyun—lawan mainnya di Crash Landing on You.

Penampilan Kim Jung-hyun di sini sebagai cameo lumayan apik. Walau pada awalnya penonton Crash Landing on You yang beralih ke drama ini rada kecewa. Cinta Seo Ji-hye dan Kim Jung-hyun di drama CLOY tidak kesampaian. Lha kok di sini tidak berjodoh lagi sih? Malah, Kim Jung-hyun jadi figur pria yang berselingkuh. Tapi tenang, drakor Dinner Mate memiliki alur yang cukup menarik ditonton sampai akhir. Enggak bakalan nyesel, ceritanya ringan tapi menggemaskan.

Di Crash Landing on You kita melihat Seo Ji-hye sebagai Seo Dan, perempuan tangguh yang anggun, elegan, independen, dan dari kelas borjuis. Di sini kita melihat Seo Ji-hye tampil sebagai Woo Do-hee wanita tangguh yang rada ceroboh, berantakan, dan spontan yang berasal dari kelas proletar. Woo Do-hee adalah seorang produser dari acara-acara yang ditayangkan di Youtube. Di drama Dinner Mate, ia sanggup melepas citranya dari peran Seo Dan, padahal jangka waktu CLOY rampung syuting dengan Dinner Mate tak terlalu jauh.

Sebelum saya mulai terlalu jauh, tulisan ini akan mengandung banyak spoiler, buat kamu yang belum menonton Dinner Mate. Tapi menurut saya sih, ini spoiler yang justru mengundang minat untuk menonton Dinner Mate.

*

Drama Dinner Mate dibuka dengan adegan ala Audrey Hepburn, artis asal Inggris yang legendaris. Seo Ji-hye berdandan mengenakan gaun hitam dengan cepol ala Audrey Hepburn. Dari episode awal hingga akhir, kita akan menyaksikan Seo Ji-hye dengan dandanan rambut cepolnya. Woo Do-hee, tokoh yang diperankannya memang mengidolakan aktris tersebut.

Woo Do-hee bukan seseorang yang beruntung dalam hubungan percintaan. Ia selalu bertemu pria-pria brengsek, salah satunya Lee Young-dong yang diperankan Kim Jung-hyun. Adegan saat Woo Do-hee menangkap basah kekasihnya berselingkuh adalah hal yang membuat saya tertarik menonton drama Korea ini. 


Review drakor romantis Dinner Mate
Kim Jung-hyun muncul sebagai cameo bersama Seo Ji-hye 
dalam Dinner Mate. Sumber: screenshot

Alih-alih menangis cengeng, ia malah menantang selingkuhan pacarnya dengan kalimat, “Kamu boleh ambil dia,” ucapnya. Kalau Bahasa Suroboyoan mungkin semacam: Nyoh, pek’en! Gak pateken aku! (Gih, ambil aja! Gak sudi!). Hahaha. Uwow, perkasa sekali tanpa perlu jadi drama queenDi saat Do-hee melabrak Lee Young-dong inilah, Kim Hae-kyung (Song Seung-hoon) pertama kali melihatnya. 

Teaser bisa intip di sini:


Sumber video: channel Youtube MBC Drama


Kim Hae-kyung adalah seorang psikiater terkenal namun kerap enggan tampil di acara terbuka. Orang hanya mengenal suara dan figurnya, namun jarang yang mengenali wajahnya. Pertemuan itu kemudian menuntun pada pertemuan-pertemuan berikutnya hingga Kim Hae-kyung dan Woo Do-hee berlanjut makan malam di Pulau Jeju, di sebuah depot truk makanan, tepi pantai Jeju. Ibaratnya semacam pedagang kaki limanya Indonesia kali ya. 

Drama Korea dengan Cita Rasa Nora Ephron

Kalau saya sebut nama Nora Ephron, generasi milenial apalagi zenial belum tentu mengenalnya. Nah, saya sebagai generasi awal milenial (Ehem! Uhuk-uhuk!), cukup beruntung mengenal nama ini lewat film-film genre romcom alias romantik-komedinya yang populer di era 1990. Saya memang doyan nonton film. Sebut saja: Sleepless in Seatle (1993), You’ve Got Mail (1998), When Harry Met Sally (1989), Julie and Julia (2009), Bewitched (2005). Itu baru sedikit yang saya sebut. Masih bejibun film lainnya yang legendaris pada masanya.

Kenapa saya menilai Dinner Mate ini mengingatkan saya sama Nora Ephron? Alur ceritanya. Dua tokoh bertolak belakang karakter bertemu: Woo Do-hee yang slengekan dan Kim Hae-kyung yang super rapi dan teratur. Awalnya keduanya tidak tahu nama satu sama lain, meski menghabiskan waktunya bersama di Pulau Jeju. Bahkan makan malam bersama pun mereka tidak saling memperkenalkan diri. Woo Do-hee memberi julukan Nenek pada Kim Hae-kyung.

Malam pertama mereka—jangan membayangkan sesuatu yang romantis terjadi pada mereka ya—berakhir baik. Do-hee merasa berhutang budi pada Hae-kyung, pria asing yang menghiburnya kala putus cinta. Lantas Do-hee menawarkan bertemu lagi saat mereka di Seoul. Hae-kyung sebagai seorang pria mau menolak merasa tidak enak. Maka ia membuat sebuah tawaran pertemuan, yang ia prediksikan tidak mungkin terjadi. Ternyata, hal yang mustahil itulah yang justru terjadi. Keduanya pun kembali bertemu di Seoul.

Keduanya kemudian sepakat menjadi teman makan malam bersama, dengan kesepakatan tak menyebutkan identitas asli dan rumah mereka. Hae-kyung dan Do-hee ternyata memiliki persamaan dalam bidang cinta, selalu menjadi pihak yang diselingkuhi dan dicampakkan. Maka ketika bertemu, keduanya saling ‘ngrasani’ (membicarakan) dan memaki mantan-mantan mereka. Mengeluarkan uneg-uneg terpendam.

Sementara itu, Do-hee sebagai seorang produser mendapat tugas dari atasannya untuk memburu dokter tampan Kim Hae-kyung menjadi tamu dalam acaranya. Do-hee tidak tahu kalau pria yang selalu makan malam bersamanya adalah narasumber yang ia cari-cari. Sebab, Kim Hae-kyung memang tidak suka wajahnya diekspos di media massa. Pun demikian, Kim Hae-kyung tidak tahu kalau Do-hee adalah produser yang selalu mencarinya di tiap kesempatan, bahkan memburu hingga ke kantornya.

Bisa mulai terbayang kocaknya, kan?

Hae-kyung menolak Do-hee jadi narasumber di acaranya. Do-hee memaki-maki Hae-kyung melalui surat elektronik. Mereka menjadi Tom and Jerry dalam kehidupan nyata, namun menjadi teman baik yang tidak tahu identitas satu sama lain sebagai teman makan malam. Ini mengingatkan saya pada You’ve Got Mail, filmnya Nora Ephron dengan pemeran utama Tom Hanks dan Meg Ryan. Dua orang yang membenci satu sama lain di kehidupan nyata, namun saling jatuh cinta di internet. Sungguh menyenangkan menemukan cita rasa ala Nora Ephron di drama Korea ini.

Lihat trailernya di sini:

Film You've Got Mail.
Sumber: channel Youtube Warner Bros.

Karakter Woo Do-hee juga adorable dan komikal. Kita akan dibikin tertawa terpingkal-pingkal melihat kekonyolan Do-hee. Hal yang sama juga akan kamu temukan pada figur Song Seung-hoon yang biasanya mendapat peran-peran dengan karakter serius di drama-drama sebelumnya. Setiap episodenya, penonton perempuan akan dimanjakan dengan visual Song Seung-hoon yang menawan dan gentleman.

Begitulah, pertemuan mereka berdua sebagai teman makan malam semakin rutin. Tiap kali Do-hee dan Hae-kyung sepakat untuk tidak bertemu kembali, anehnya, semesta justru selalu mempertemukan keduanya secara kebetulan. Ujung-ujungnya berakhir dengan kembali makan malam bersama. Hal yang saya suka dari drama korea bergenre romantis-komedi ini adalah, setiap akhir episode hampir selalu diakhiri pertemuan keduanya yang secara tidak sengaja.

Nonton sebentar teasernya di sini:

Sumber video: channel Youtube MBC Drama.


Barisan Mantan Ngehek

Namanya juga teman curhat, maka pertemuan Hae-kyung dan Do-hee hampir selalu membahas mantan-mantan mereka yang menyebalkan. Namun di saat seperti itulah, justru mantan masing-masing kembali ke dalam kehidupan mereka.

Jin No-eul (diperankan Son Na-eun yang pernah bergabung di grup A-pink) adalah cinta pertama Kim Hae-kyung. Semasa mereka berdua menjalin hubungan, No-eul bolak-balik selingkuh, namun Hae-kyung woles karena saking cintanya pada No-eul. Dia menutup mata atas semua kejadian dan selalu memaafkan No-eul. Sayangnya, No-eul justru gemas melihat sikap Hae-kyung yang pasrah. No-eul memutuskan Hae-kyung. Kini, No-eul mendadak kembali ke kehidupannya dan dengan percaya diri yakin Hae-kyung masih seperti dulu yang selalu menerimanya.


Review drama Korea romantis Dinner Mate
Foto paling kiri dan kanan adalah para mantan Song Seung-heon dan Seo Jihye,
tokoh utama dalam Dinner Mate. Sumber foto: imdb

Do-hee mengalami kejadian sama. Cinta pertamanya adalah Jung Jae-hyuk, yang diperankan Lee Ji-hoon. Seorang sunbae alias kakak tingkat Do-hee ketika kuliah. Berpacaran sejak kuliah bertahun-tahun, mereka putus karena Jae-hyuk tiba-tiba pergi sekolah keluar negeri. Itupun, Jae-hyuk memutuskan hubungan dengan Do-hee melalui pesan di ponsel. Diputusin tanpa alasan hanya lewat pesan pendek itu mengesalkan, woy! Kini, tiba-tiba Jae-hyuk muncul kembali dalam kehidupan Do-hee—bahkan menjadi teman satu tim kantornya. Apa enggak nyesek tuh?

Maka, makin kompaklah Hae-kyung dan Do-hee sama-sama saling curhat soal mantan ngehek yang—tidak tahu diri ini—ujug-ujug minta rujuk setelah sebelumnya mencampakkan mereka hingga berkeping-keping. Hae-kyung malah membantu Do-hee dengan pura-pura menjadi pacarnya ketika Jae-hyuk  mengganggu. Di saat masing-masing mantan ngehek ini kembali, benih-benih cinta lahir antara Hae-kyung dan Do-hee. Toh, keduanya menyangkal perasaan masing-masing.

Belajar Move On Lewat Dinner Mate

Ketika drakor-drakor lain biasanya memainkan alur pemeran utamanya dibikin galau bimbang harus memilih cinta lama atau yang baru, Dinner Mate justru menawarkan optimisme. Bagaimana semestinya bertindak tegas terhadap mantan. Apalagi ketika mantan itu dengan agresif merecoki hubungan cinta yang baru, secara frontal di depan mata.

Ada satu adegan ketika Kim Hae-kyung tampil live streaming bersama Jin No-eul, sementara di tempat yang sama hadir Do-hee dan Jae-hyuk. No-eul terang-terangan memberi isyarat kepada semua orang bahkan penontonnya bahwa ia dan Hae-kyung punya hubungan istimewa di masa lalu. Bahkan No-eul melempar kode bahwa ia masih mencintai Hae-kyung.

Reaksi Hae-kyung? Ooo, di sini para penonton wanita akan bertepuk tangan dan berharap memiliki kekasih seperti Hae-kyung yang bisa bersikap tegas tanpa tedeng aling-aling. Pria macam begini jarang ada di dunia. Jangan-jangan cuma di drama aja ya?

Seo-Jihye memerankan karakter Woo Do-hee yang mengidolakan
Audrey Hepburn dalam drakor Dinner Mate. Sumber foto: imdb


Hubungan Hae-kyung dan Do-hee juga sangat dewasa, keduanya sama-sama memberi waktu pada masing-masing pihak untuk menyelesaikan masa lalunya. Keduanya belajar saling percaya, meski sebenarnya menyimpan insecure alias perasaan tidak aman dalam hati.

Second Couple yang Bikin Ngakak

Salah satu ciri yang selalu kita temui dalam drama korea romantic adalah second couple. Apa sih second couple itu? Pemeran pendukung yang jadian atau ada tanda-tanda menjurus ke sana, begitu. Ya kayak Mbak Seo Ji-hye sebagai Seo Dan di Crash Landing on You  itu. Dia pemeran pendukung yang diharapkan penonton bakalan jadian sama Gu Seung-jun di Crash Landing on You. Nah kalau di Dinner Mate, adalah Ah-yeong dan Keanu. Tingkah keduanya bakalan bikin kita tertawa terbahak-bahak deh.

Belum lagi, tiap kali tokoh Keanu yang punya masa lalu misterius ini muncul, selalu ada lagu backsound khusus—musik gitar yang mengalun disertai siulan ala koboi. Musik ini seperti menjadi ciri khas tokoh Keanu. Plot twist drama Dinner Mate pun ternyata benang merahnya di tokoh Keanu.

Penampilan Yannie Kim Bareng Song Seung-heon

Yannie Kim adalah orang Indonesia yang menjadi artis di industri film Korea Selatan. Meski baru menjadi pemeran-pemeran figuran dan pendukung, namun Yannie Kim sering muncul dalam drama-drama Korea yang punya rating bagus. Salah satunya di Dinner Mate ini. Ia satu frame bareng Song Seung-heon dalam salah satu episodenya. Keren yaaaa...


review drama Korea Dinner Mate
Yannie Kim memerankan pasien Kim Hae-kyung (Song Seung-heon)
dalam drakor Dinner Mate. Sumber foto: screenshoot

Penampilan keren Yannie Kim lainnya bisa disimak dalam drama Korea populer di The Voice 3, episode 5 dan 6. Bahkan di drakor itu, Yannie Kim memadukan bahasa Indonesia dan Korea. Pertama kalinya Yannie Kim bikin gempar netizen Indonesia adalah saat ia muncul di drakor romantis dunia dokter berjudul Hospital Ship. Di situ, ia beradu akting dengan Ha Ji-won dan Joo Won. 

Obat Kangen dengan Crash Landing on You

Bonus dari nonton drama Korea Dinner Mate adalah… kita dikasih obat kangen sama Crash Landing on You. Banyak penonton kecewa lantaran kisah cinta second couple antara Seo Dan (Seo Ji-hye) dan Gu Seung-jun (Kim Jung-hyun) berakhir tragis. Maka, Seo Dan seperti dikasih akhir baik melalui penampakan Crash Landing on You di Dinner Mate.


Seo Ji-hye memparodukan Crash Landing on You
Seo Ji-hye menjelma jadi Seo Dan di Dinner Mate. 
Sumber foto: imdb.

Ada satu episode yang menampilkan Woo Do-hee menjalani terapi hipnotis dan ia melihat dirinya adalah gadis Korea Utara bernama Seo Dan dalam Crash Landing on You. Di alam bawah sadarnya, ia melihat pria tampan berpakaian tentara Korut menghampirinya. Siapa gerangan? Bukan, bukan Kapten Ri Jeong-hyuk (Hyun Bin). Tapi Song Seung-heon yang gagah dengan seragam tentara dan memanggilnya, “Seo Dan-ssi (Nona Seo Dan).” Uwu-uwu sekali lhoooo.


Song Seung-hoon memparodikan Crash Landing on You
Song Seung-heon di Dinner Mate memparodikan
Crash Landing on You. Sumber foto: imdb


 *

Intrik-intrik dalam Dinner Mate tak seberat dalam Crash Landing on You. Tapi saya suka sekali dengan jalinan ceritanya yang ringan dan menggemaskan. Rekomendasi buat binge-watching di akhir pekan—buat yang belum pernah menonton. Bisa bikin senyum, ketawa, dan obat sindrom hati hampa usai Crash Landing on You rampung. Belum lagi, lagu-lagu soundtracknya cukup empuk didengar telinga.

 

Salam,

Nieke Indrietta

Tulisan saya yang membahas drama Korea lainnya:

6 Alasan Gagal Move On dari Crash Landing on You 

Film Korea Tak Cuma Drama Romantis, Ini Rekomendasi yang Wajib Ditonton 

44 komentar:

  1. ternyata kakak suka film drama korea ya, saya sampai hari ini kalau nonton drakor suka bingung bedain pemainnya, mukanya sama semua mau laki-laki mau perempuan, ga bisa bedain hehehehe, dna film-film yang disebutin di atas tahu tapi belom pernah kutonton semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya penyuka film dan drama. Kebetulan dulu pernah belajar filmologi dan sinematografi. Pertama kali nonton drama--dari negara manapun--saya juga suka ga bisa bedain aktor-aktornya. Tapi karena sering nonton, mulai hapal deh. Hahaha.

      Hapus
  2. Aku ngikutin drama ini karena udah terlebih dulu ngikutin webtoonnya dan aku suka sama webtoonnya. Tapi, sepertinya sih agak beda ya dari webtoon tapi itu kan emang udah biasa ya Mba.

    Lama-lama suka sama tingkah uniknya Woo PD yang ajaib banget, beda sama dia di CLOY. Dan kisah cintanya juga manis sih menurutku tapi engga lebay jadi nyaman banget pas nontonnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya malah belum pernah liat dan baca webtoonnya. Iya betul, adaptasi cerita biasanya agak beda dengan versi aslinya supaya enggak ketebak.

      PD Woo memang ajaib banget ya. Kontras sama karakter dia di CLOY. Di Dinner Mate dia selebor banget, jauh dari kesan anggun dan berkelas di CLOY. Saya suka jalan cerita enggak lebay macam Dinner Mate ini.

      Hapus
  3. seru nih keknya drama korea yang satu ini. Seperti biasa sih, mainly drama korea bakal bikin ati dan mood penontonnya naik turun gak karuan. Pen nontonin drama yang satu ini deh habis baca review dan ceritanya di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Drakor itu jago di plot dan alur ya. Itu yang bikin ati dan mood penonton gak karuan. Konon, mereka mempelajari psikologis penonton loh.

      Hapus
  4. Sepakat untuk tidak bertemu tetapi kemudian ketemu lagi ya wkwkwk.

    BTW kalo Crash Landing on You ini banyak saya lihat blogger yang bahas ... fenomenal ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya itu yang kocak. Keteeemuuu terus jadinya.

      Hapus
  5. wah nonton drakor nih seru ya kisahnya mengharu biru dan sy ga mau berhenti klo sdh nonton hihi

    BalasHapus
  6. Saya lupa apakah pernah nonton film "You've got Mail" soalnya waktu remaja saya juga maniak film dan nontonnya di televisi swasta.
    Kalau "Sleepless in Seattle" sudah pernah.
    Nora Ephron memang hebat, menyutradarai film romantis dengan cara yang bikin penonton terkesan.

    Saya belum nonton drakor ini. Jadi pengen nonton. Cocok banget bagi yang pengen buang rasa senewen karena mantan atsu hiburan bagi ibu rumah tangga yang sehari-hari itu-itu terus.
    Drakor selalu istimewa bagi penontonnya jika dikemas dengan cara bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik kalau ketemu sesama movie/film enthusiast. Nora Ephron memang legenda banget di zamannya. Hampir semua filmnya blockbuster semua.

      Hapus
  7. dari tulisannya terlihat kalau betul betul menyukai drakor ini.. boleh juga ini sebagai resensi kalau udah malas nonton sendiri

    BalasHapus
  8. Hadeeuh gagal paham kak, berhubung gak hobi nonton drakor. Sukanya korea yg genre horor atau scince fiction gt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenaaang, genre horor dan sci-fi juga ada kok.

      Hapus
  9. Duh.. Saya belom kelar nonton CLOY tapi dinner mate ini emang saya sering lihat posternya dan jalan ceritanya terlihat menarik. Udah gitu song seung hoon ini yang dulu main endless love sama song hye kyoo kan...
    Saya dulu suka banget sama dia😍
    Mukanya kok nggak berubah ya...
    Awet muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeeh kok inget Endless Love. Iyaa dia pernah main sama Song Hyekyo.

      Hapus
  10. Aku ngikuti Dinner Mate ini, karena demen lihat mukanya Kim Hae Kyung. Nih orang beneran mirip Wine berkualitas :D Makin tua, makin gantengg :D
    ceritanya dinner mate juga enteng, mayan lah buat hiburan

    BalasHapus
    Balasan
    1. (((WINE)))

      Ahahaha. Kata yang COCOK, mbak, buat Song Seung-heon.

      Hapus
  11. omaiiigooddddd, Yannie Kim, saya sering liat yutubnya, dan lama-lama jadi suka banget liat si mamanya Eunbi itu, aktingnya tuh nggak kalah ama bintang lainnya.
    Mana usianya udah senior banget tapi mukanya bikin iri banget hahaha.

    btw kece juga nih drakor yak, saya jadi suka liat aktingnya siapa sih itu yang di CLOY itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah Mbak Rey ternyata nonton Yannie Kim jugaaak. Senangnya ada yang ngeh siapa itu Yannie Kim. Dia awet muda yaaa wajahnya.

      Hapus
  12. Aku juaaraang nonton korea loh Mbak... bingung aku

    BalasHapus
  13. Saya nonton nih dinner mate. Cerita'y bagus, ringan tp menarik. Mengajarkan bahwa cinta pertama tidak selama'y tidak tergantikan. Sukak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuuu. Drakor ini anti-mainstream, ngelawan pakem drakor yang selalu mainin cerita tentang cinta pertama.

      Hapus
  14. Jadi inget udah lama nggak dinner berdua bareng suami. Karena sekarang udah ada anak bayi, yang kalo diajak makan diluar cepet bosennya. Jadi kurang bisa menikmati makannnya deh. Mungkin karena dia ga diajak makan, belum boleh, wkwkwkw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uhuk, uhuuuk. Jadi inspirasi buat dinner ya.

      Hapus
  15. Ah aku suka drakor ini...
    Ceritanya simple, bikin rileks...
    Di drakor ini kita belajar, nggak selamanya cinta pertama itu tdk mudah dilupakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget. Drakor ini melawan pakem cerita drakor pada umumnya, soal cinta pertama.

      Hapus
  16. Sebagai bukan penggemar setia drakor, kepalaku cenut-cenut dengan beragam judul drakor yang ada. CLOY yang katanya keren banget sampai teman laki-laki ku ikut nonton pun aku belum nonton, hahaha ... Tapi aku menemukan alasan sih kenapa banyak orang suka nonton drakor.

    Kalau You've Got Mail, nah iniiii baru tahu. Mungkin kah kita seumuran? Hihihi ...

    BalasHapus
  17. wkwkwk lucu bgt akhirnya seo ji hye berpenampilan kaya di CLOY ya. aku inget endless love liat pemeran utamanya yaa..

    BalasHapus
  18. Ha ha.. Baca ini jadi pingin nonton filmnya. Saya belum pernah nonton drakor.

    BalasHapus
  19. Thankiss mbak Nieke review drakornya. Mau lah liatnya, hihihi. Apalagi itu pemainnya the best lah🤗. Stok drakor aman, hahaha

    BalasHapus
  20. Duh aku kayaknya udah ketinggalan jauh banget nih dari drakor-drakor masa kini. Padahal dulu update banget sama drakor-drakor. Kayaknya Dinner Mate ini menarik nih, catet ah besok-besok pengen nonton drakor lagi.

    BalasHapus
  21. Sepertinya ini cukup menghibur dan merefresh otak lagi ya mba... Aihh, jadi pengen nonton drama ini deh... Ada berapa episode sih yaa... Mau nonton kok kebayang marathonnya duluan, hihihi

    BalasHapus
  22. Aku nonton cuma sampai episode 2 atau 3 doang gitu. Entah kedistrak apa hingga akhirnya nggak nerusin. Padahal idolak banget tuh Song Seung Hun yang wajahnya nggak pernah tua hehe.

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Terima kasih pula untuk sudah berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam dan tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Untuk setiap komentar, saya upayakan kunjungan balik ke blog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.