Menu

Percik Kata Nieke

Jumat, 11 September 2020

Drakor XX, Cara Hani EXID Move On dari Mantan Pacar Selingkuh

Apa yang akan kamu lakukan kalau ternyata pacarmu berselingkuh dengan sahabatmu sendiri? Bagaimana kalau ternyata sahabatmu itu jadi bosmu?

Drakor XX, Hani EXID.
Desain Canva. Webdrama Korea, XX Playlist Global

Saya agak jenuh menonton drama Korea yang dipenuhi lantaran temanya begitu-begitu saja namun episodenya panjang-panjang. Belum menemukan yang gereget seperti Crash Landing on You. Biasanya kalau sedang begini, saya melirik webdrama Korea di saluran Youtube sebagai selingan. Bertemulah saya dengan cerita XX drama Korea yang dibintangi Ahn Hye-yeon alias Hani EXID. Kamu bisa menonton drakor XX di Playlist Gobal. Kalau mau teks Inggris bukanya Playlist Global, kalau teks bahasa Indonesia simak di Playlist Indonesia.

Ceritanya begini. Hani EXID memerankan Yoon Nana, bartender yang bekerja di sebuah bar bernama XX. Rekan kerjanya, cowok kalem mantan pemain bisbol bernama Park Dan-hee alias Danny. Nana bercita-cita membeli bar itu dengan menabung penghasilannya. Siapa nyana, Lee Roo-mi (Hwang Seung-on), seseorang yang pernah berselingkuh dengan pacarnya di masa kuliah, justru membeli bar XX dan jadi bos mereka.

Lebih pedih lagi, Lee Roo-mi dan Nana sebenarnya sahabat waktu kuliah. Jadi ceritanya, Nana ditikung sahabat. Mungkin kalau dibikin versi film televisinya dan disiarkan di salah satu televisi swasta lokal, judulnya bakal: Aku mencintai pria yang adalah pacar sahabatku. Atau, Bos baruku adalah mantan sahabatku yang pernah berselingkuh dengan pacarku. Wadiwaaw!

Makanya, enggak heran kalau Nana murka ketika bertemu Roo-mi. Ibaratnya kayak, ape lo, ape lo. Tapi Roo-mi terlihat woles menghadapi sikap sinis Nana. Bahasa Jawanya yang sungguh populer untuk menggambarkan ini adalah rai gedheg. Malah, Roo-mi telah menyiapkan kontrak Nana sebagai pegawainya, dengan klausul-klausul yang terlihat menguntungkan. Misalnya, menjanjikan keuntungan dan mendatang dapat kesempatan menjadi bos salah satu cabang bar.


cara move on dari mantan pacar
Roo-mi menunjukkan klausul kontrak Nana sebagai
pegawainya. Foto: skrinsyut dari drakor XX Playlist Global.


Kalau kamu jadi Nana, kira-kira kamu bakal curiga, enggak? Apa sih maunya orang ini? Begitulah Nana. Sepulang dari tempat kerjanya, ia langsung curhat pada teman seapartemennya, Jayden alias Hwang Jeung-dun (diperankan Lee Jong-won). Jayden ini punya bisnis parfum dan lulusan sekolah
fragrance di Prancis, sekaligus teman sekampus Nana dan Roo-mi juga. Tentu saja, Jayden tahu kisah Nana, Roo-mi, dan Seo Tae-hyun (Shin Jae-hwi)--mantan pacar Nana. 


Jayden (kanan) sahabat Nana, yang ahli investigasi pacar-pacar
tukang selingkuh. Foto: skrinsyut dari drakor XX Playlist Global.


Episode-episode awal, melalui kilas baliknya, akan menceritakan Nana, Roo-mi, dan Tae-hyun di masa kuliah berikut saat-saat ditikung. Bagaimana konflik itu masih memanas ketika mereka menjadi atasan dan bawahan, meski Roo-mi sudah punya pacar baru, seorang pengacara. 

Jalinan ceritanya begitu apik dengan konflik-konflik yang bisa terjadi dalam kehidupan nyata kita. Per episodenya hanya sekitar 30 menit. Cocoklah buat teman-teman yang biasanya kelelahan kalau harus binge-watching marathon drakor yang per episode biasanya makan waktu 1 jam. Secara keseluruhan, drama Korea XX rampung hanya dalam 10 episode. Pun, ceritanya tak bertele-tele, diselingi bumbu komedi.

Berhubung ceritanya berpusat di bar bernama XX yang jadi tempat kerja Nana, kita akan melihat bagaimana seninya minuman-minuman disajikan, dengan pengambilan gambar yang sinematografis, cantik, dan dramatis. Shot-shot diambil dalam jarak dekat, kadang adegan lambat. Detil.



Drakor XX menawarkan cerita yang optimistis, tentang bagaimana menyelesaikan konflik di masa lalu. Bahwa meredam kemarahan bukanlah penyelesaian. Bagaimana memaafkan diri sendiri lantaran perasaan bersalah menikung sahabat sendiri. Bagaimana memaafkan sahabat yang berselingkuh dengan pacar sendiri.

Paling penting--tentu saja, bagaimana cara move on dari laki-laki ngehek yang merusak persahabatan Nana dan Roo-mi. Yap! Tak cuma Roo-mi yang muncul dalam kehidupan Nana. Tae-hyun kembali hadir di saat Roo-mi dan Nana menjadi atasan dan bawahan. Makin menggemaskan, bukan? Semacam rasa menggemaskan yang bikin kita bikin uwel-uwel kertas lalu melemparnya ke dalam tong sampah.


webdrama XX. Foto: Playlist Global

Gulali di jalinan episode-episode drakor XX adalah Park Dan-hee alias Danny. Di tengah suasana menyesakkan itu--mantan pacar yang kembali dan mantan sahabat yang mendadak jadi bos--muncul seorang laki-laki kalem yang diam-diam naksir Nana. Bisakah Nana membuka hati setelah dikecewakan?


webdrama Korea XX
Danny yang kalem tapi menghanyutkan. 
Foto skrinsyut dari drakor XX Playlist Global.


Salam,

Nieke Indrietta 

Ingin baca review film atau drama lainnya? Klik di sini ya.

2 komentar:

  1. Judul filmnya pendek amat ya? Hihi kalo di lokal emang judul super panjang. Sedihnya ditikung sahabat sendiri. Pasti udah nahan hati saking gemeznya ketika ketemu lagi eh, jadi atasannya. Wuah.. ceritanya menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, judulnya pendek banget. Awalnya aku malah enggak kepikiran ini sejenis drakor. Tapi habis liat trailernya lha kok menarik, akhirnya aku tonton. hahahah.

      Hapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Terima kasih pula untuk sudah berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam dan tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Untuk setiap komentar, saya upayakan kunjungan balik ke blog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.