Menu

Percik Kata Nieke

Sabtu, 22 Februari 2020

Toby's Say Cheese, Menu Baru Ayam Goreng Saus Keju

Toby's Fried Chicken punya menu baru: ayam goreng dengan saus keju. Lebih enak dan 'nendang' kalau cuilan ayam yang habis dilumuri saus keju itu kemudian dicocolkan ke saus pedas hot lava. Muantaaap puoool! 

Menu baru ayam goreng Tobys Say Cheese

Geng makan-makan ngajak kopi darat sambil mencoba menu barunya Toby's Fried Chicken di restonya yang berlokasi di BG Junction Surabaya. Saya membaca ajakan kopdar di aplikasi perpesanan Whatsapp, di grup WA yang anggotanya doyan makan dan jalan-jalan

Kebetulan, saya penyuka ayam goreng Toby's. Harganya enggak mahal, bumbu ayamnya merasuk ke dagingnya, dan gurih. Biasanya saya mampir Toby's seusai jalan-jalan dan menemani Ibu saya belanja di BG Junction. Atau memesannya melalui aplikasi ojek daring yang juga menyediakan jasa membelikan makanan seperti Gr** Food dan G* Food.

Budhaaaaal, Rek. (Berangkat, gaes).

Meluncurlah sore itu saya ke BG Junction dengan kendaraan daring, meski hujan. Mbak Yuni dan Fifi--anggota geng makan-makan sudah tiba duluan di sana. Kami mengambil tempat duduk di bagian pojok agar leluasa kalau mau petakilan. Tak lama, Cie Fenny datang. Di meja kami ada dua potong ayam di meja dengan saus keju. Rupanya sudah ada yang mulai 'bab pembukaan'.

Seperti apa sih Toby's Say Cheese ini? Saya beneran penasaran. Saya pun ke kasir memesan menu baru yang diluncurkan perdana pada tanggal cantik 20-02-2020. Nama menunya Paket Mujur Cheese, isinya ayam goreng, nasi, saus keju, dan es teh. Saya juga memesan saus hotlava untuk variasi pedasnya.

Outlet Toby's di BG Junction Surabaya
Outlet Toby's di BG Junction Surabaya.
Toby's adalah waralaba lokal Surabaya yang sudah 10 tahun berdiri.
Robek kulitnya, simpan untuk bagian terakhir. Konon, save the best for last. Saya termasuk pecinta kulit ayam. Lalu cuil dagingnya, celupkan ke saus keju. Sausnya lembut, creamy. Menurut saya, rasa kejunya cukup kalem dan tidak eneg. Kalau cuma dengan saus keju, yang terasa adalah rasa manis dan asin berpadu. Yang saya suka dari saus keju Toby's ini adalah rasa kejunya yang justru kalem. Rasa kejunya juga tidak seperti biskuit keju. Cocok dimakan sama ayam dan kentang goreng.

Ayam goreng dengan cheese sauce
Toby's Say Cheese, menu baru ayam goreng
dengan saus keju.

"Coba deh habis dicelupin ke saus keju, dicelupin lagi ke saus hotlava," kata Mbak Yuni yang terlihat sudah melakukannya terlebih dulu. Hahaha, mana doyan dia yang terlalu kalem.

"Pedes banget enggak, Mbak? Soalnya saya enggak suka dan enggak bisa makan pedas," tanya saya.

"Coba deh, enak kok," katanya.

Saya memberanikan diri (hahaha iya saya cemen banget dengan sambal) mencelupkan daging ayam ke saus hotlava setelah sebelumnya melumuri daging ayam dengan saus keju. Duh, deg-degan ini.

Menu baru Tobys Say Cheese, ayam goreng dengan saus keju
Kalau bagimu saus keju Toby's Say Cheese terlalu kalem,
tambahkan saus hotlava.

Leeep, daging ayam itu masuk ke mulut saya. Hal pertama yang dirasakan lidah saya adalah keju yang creamy dengan sedikit asin dan manis berpadu dengan saus hot lava yang lebih cair namun terasa sedikit pedas. Sensasi pedas dan gurih berkelindan dalam indera pengecap. Enak ternyata.

Giliran kentang pompom (kentang goreng berbentuk agak bulat) yang saya celupkan ke saus keju dan hotlava. Kriuk krenyes. Kentang goreng biasa juga oke rasanya. Omong-omong kentang goreng yang bentuknya panjang-panjang ini kalau dimakan tanpa saus apapun sudah terasa bumbu barbeque yang cukup kuat.  

Rekomendasi saya, kalau penyuka keju murni dan sama sekali tidak bisa makan pedas, makan dengan saus kejunya saja. Kalau berani eksperimen, padukan dengan saus hotlava. Kurang pedas? Banyakin tuangin saus hotlavanya  supaya lebih menggigit di lidah. Begitu. Tergantung selera. 

"Saus keju dan saus hotlava itu harus dimakan barengan, biar enggak jomblo," kata Mbak Yuni yang juga ternyata doyan makan di Toby's. Bersama keluarganya, ia biasa pergi ke outlet di Jalan Ngagel Rejo Surabaya.

Saya tertawa mendengar perumpamaan saus dengan status jomblo.

Soal harga, menurut saya masih terjangkau semua kalangan. Mulai dari harga Rp 18 ribu sudah bisa mencicipi Paket Mujur Cheese yang terdiri dari ayam goreng, nasi, saus keju, dan es teh. Harga minuman lain seperti es Thai Tea dan Milo Rp 10 ribu. Saya memesan lagi menu kentang goreng biasa yang bentuknya panjang-panjang itu. 

Omong-omong, Toby's adalah waralaba ayam goreng alias fried chicken franchise Surabaya. Iya, ini brand lokal Surabaya lho, Rek! Jumlah seluruh restonya delapan unit di Surabaya, empat di Sidoarjo, masing-masing dua di Gresik dan Jember, serta satu di Sumenep, Madura. Saya enggak menyangka ternyata Toby's ini sudah sepuluh tahun berdiri.

Perkenalan saya dengan Toby's berawal dari adanya stan di foodcourt BG Junction. Pas merasakan ayamnya, ternyata suka dengan bumbunya yang meresap ke daging, tepungnya juga tidak terlalu tebal, kulit ayamnya enak. Harganya cocok, ini yang paling penting. Hahaha!

Beberapa bulan kemudian, ternyata Toby's buka lagi outlet tersendiri di lantai yang sama dengan foodcourt BG Junction Surabaya. Letaknya tak jauh dari pujaseranya, tentu saja lebih nyaman karena ada ruangan tersendiri.

Restoran Toby's outlet di BG Junction Surabaya
Suasana outlet Toby's di BG Junction Surabaya.

Ohya, barangkali pengen tahu daftar harga menu saus kejunya Toby's, saya taruh di bawah ini.

Daftar Harga Paket Cheese

Paket mujur cheese 1 Rp 21.500

Paket mujur cheese 2 Rp 18.000

Paket mujur cheese 3 Rp 19.500

Paket LavaCheese 1 Rp 24.000

Paket  LavaCheese 2 Rp 20.500

Paket LavaCheese 3 Rp 22.000

Cheese  sauce Rp 4.500

French Fries BBQ Cheese Rp 14.000

Untuk paket Take Away menambah  Rp 1.500

Paket Mujur Cheese ini terdiri dari nasi, ayam, es teh manis, cheese sauce

Paket LavaCheese terdiri dari nasi, ayam, es teh manis, cheese sauce, hotlava sauce


Ohya, ada yang penasaran enggak, kenapa nama menu baru Toby's Fried Chicken ini Toby's Say Cheese? Filosofinya (ciee cieee pakai filosofi segala kayak sastra. Yaiyalah ya, filosofi kan bukan punya kopi aja. Ayam goreng juga berhak! Hahaha....)... Uhuk, saya ulangi...

Filosofinya, kalau makan ayam goreng saus keju ini, rasa kejunya bisa bikin hatimu yang ambyar kembali bersinar. Seperti kayak kamu kalau mau difoto itu lhooo. Kalau pas mau dijepret terus ada yang bilang, "Say cheeese!"--kan kamu otomatis ketawa, yekan yekan? Demikianlah sabda filosofi ayam goreng.

Contohnya seperti saya saat difoto di bawah ini. Ehem, ehem!

Tobys adalah brand lokal waralaba ayam goreng asal Surabaya
Di outlet Toby's BG Junction ada dinding penuh kutipan lucu,
cocok buat foto-foto.

Salam hangat,

Nieke Indrietta

Ketemu saya untuk update artikel terbaru di media sosial, IG: @katanieke_blog



Artikel review kuliner dan traveling yang lain, klik di sini

Artikel yang membahas seputar dunia film dan drama Korea, klik di sini

5 komentar:

  1. Uwaahhhhhh ini kenapa ga ada di jkt yaaaa :D. Aku bacanya lgs pengen bangettttt mba. Secara pecinta keju garis kerassss :D. Keju itu memang g akan pernah failed kalo disandingkan dengan menu apapun :D

    BalasHapus
  2. Ngiler pas kejunya disiram ke ayam gorengnya, ditambah saos lava juga ngeliat ini jadi pengen makan keju deh, oya harganya bersahabat ya mba pas nih kalau bisa buka cabang di Sumatera

    BalasHapus
  3. Ngrasain ayam goreng balut tepung dengan bumbu yang meresap itu adalah semacam kebahagiaan bagi pencinta ayam goreng krispy. Saya sering kecewa karena rasa ayam krispy hambar di bagian daging. Jadi pengen ngerasain yang Toby's. Lihat saus kejunya sudah bikin ngiler. Istimewa banget.
    Rekomendasi tempat makan yang benar-benar istimewa, harga terjangkau dan rasa menggiurkan.

    Oh ya, saya sudah coba saus sambal hot lava botolan. Asli pedas menggigit dan ada aroma berat kayak jamu atau cabai merah kering. Enak buat cocolan ayam goreng.
    Duh, lewat mitnait gini jadi pengen makan ayam goreng. Hi hi.

    Senang ada usaha lokal yang istimewa gini. Jadi inspirasi, atuh.

    BalasHapus
  4. Aduuh lihat ini beneran jadi bikin perut keroncongan.. apalagi cerita yang mengalir ini bikin saya nggak berhenti membaca sampai selesai.. Mabk Nieke ini memang penulis yang bagus.. review makanan bisa disampaikan dengan'hidup'.. tetap menulis dan berbagi ya.. terima kasih

    BalasHapus
  5. lama juga nggak ke BG junction, terakhir kesana maret lalu
    oke fix, aku noted dulu si tobys ini, lama juga nggak kesana :D dannnn saus kejunya udah pasti gurih gurih gimana gitu. ahhh ga sabaran pengen cobain juga

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Terima kasih pula untuk sudah berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam dan tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Untuk setiap komentar, saya upayakan kunjungan balik ke blog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.