Menu

Percik Kata Nieke

Sabtu, 10 Agustus 2019

Cara Agar Rambut Panjangmu Tampak Indah di Foto-foto Liburanmu

Ingin agar rambutmu tetap terlihat indah di foto-foto liburanmu? Ini rahasianya.


Saya sedang berpose di Kebun Teh Lawang. Foto: Nieke.


Punya rambut panjang sekaligus hobi kegiatan luar ruang, tentu perawatan rambutnya gampang-gampang susah. Masalahnya bukan hanya debu dan sinar matahari, tapi juga hal-hal lain seperti cuaca. Iya enggak sih? Jadi ribet kalau kita orangnya doyan jalan, piknik, liburan, lalu rambut panjangmu bandel dan mogok Instagramable. Lantas, gimana caranya supaya rambut panjang bisa kece-badai-hempaskan saat liburan di alam?

Cara paling sederhana buat melindungi rambut atawa kepala dari cuaca panas atau dingin, biasanya saya akali dengan topi kupluk macam di foto begini. Ini saat saya main-main ke Kebun Teh Lawang yang juga dikenal dengan nama Wisata Agro Wonosari. Jaraknya sekitar dua jam dari Surabaya. 

Lantaran letaknya yang berada di lereng Gunung Arjuno, jadi udaranya sejuk banget. Kalau pagi, bener-bener bisa bikin brrrr.... dingin. Makanya saya juga pakai jaket tebal. Soalnya foto ini dibuat setelah saya menyaksikan momen matahari terbit di Bukit Kuneer yang berada di lokasi Kebun Teh Lawang. Belum lagi, kadang ada angin nakal yang mengembuskan rambut panjangmu. Niat mau bikin foto dengan rambut panjang yang cantik dan rapi bisa jadi malah bubar jalan kalau si angin nakal berulah.


Saya memetik daun teh di perkebunan PTPN XII, Bukit Kuneer, Lawang.
Foto: Nieke.

Memakai topi caping juga jadi cara saya menyiasati agar rambut panjang ini tetap bisa kelihatan rapi saat foto kala liburan. Biar tetap keren gitu kalau dipajang di media sosial. Kebetulan saya sangat suka dengan alam. Jadi berbagai benda yang saya manfaatkan sekadar menyesuaikan dengan tempat itu. Biar menyatu dengan alam dan kearifan lokal, gitu, istilah kerennya. Etdah, bahasanya beraaaat.

Bisa aja sih, sebenarnya rambut ditata dulu lalu dikasih hair spray. Tapi saya enggak suka terlalu banyak bahan kimia di rambut. Lagian, kalau lagi liburan dengan latar belakang alam rasanya kok aneh kalau rambutnya rapi jali ala hair spray. Alami lebih baik.

Ternyata merawat rambut tanpa ribet itu bisa

Sekitar akhir Juli 2019, saya menghadiri acara Hair Beauty Dating and Sharing Session yang diselenggarakan produk perawatan rambut alami Natur di Hotel Ibis, Jalan Basuki Rahmat, Surabaya. Selama ini saya sudah menggunakan sampo Natur untuk cuci rambut. Awalnya saya kira itu sudah cukup. Ternyata saya keliru menerapkannya dalam perawatan rambut. Ini saya ketahui tatkala mendengar Mbak Dwina Sagitanova, Brand Activation produk Natur, PT Gondowangi Tradisional Kosmetika, yang memaparkan produk-produk Natur. Penjelasannya lengkap mulai dari sampo, masker rambut atau hair mask, vitamin rambut, sampai hair tonic.


Shampo dan perawatan rambut Natur. Foto: Nieke


Kata dia, Natur berbeda dengan sampo-sampo lain. Lantaran bahannya yang alami, maka warna cairan sabun cuci rambut itu coklat agak transparan. "Tak mengandung silikon dan deterjen," ucapnya. Ia juga membagi beberapa tip dan trik merawat rambut.

Sharing dari Mbak Dwina ini lalu saya terapkan di rumah ketika merawat rambut saya yang problemnya kerap rontok, agar tumbuh lebih lebat. Sebelum mencuci rambut, kini saya menyisirnya dulu supaya enggak kusut. Biasanya saya cuci rambut dulu, nyisirnya belakangan. Kamu gitu juga enggak? Hahaha. Ternyata cara kita salah lho, geys. Enggak heran kan, rambut rontok mulu.

Habis menyisir, barulah saya cuci rambut. Berikutnya, saya lumuri rambut dengan masker rambut. Eniwei baswei, ada yang baru lho dari kemasan masker rambut Natur. Isinya sekarang lebih banyak, 15 gram ditambah 7,5 gram. Saya pakai sampo dan masker rambut ginseng mengingat problem rambut saya adalah rontok.


Masker rambut Natur. Foto:  Nieke.

Aroma wangi dan sejuk nyess saat saya mengusapkannya di sepanjang batang rambut hingga ke bawah. Ini pertama kalinya saya mencoba pakai masker rambut Natur yang mengandung ekstrak ginseng. Fungsinya untuk menguatkan rambut. Enggak ada bau kayak jamu-jamu gitu. Masker rambut ini bisa sebagai pengganti kalau enggak sempat suka ke salon. 

Duh, iya, saya ngaku deh. Saya ini paling males perawatan rambut ke salon. Paling cuma potong rambut doang ke salon. Lebih suka perawatan sendiri di rumah. Saya enggak suka ribet dan milih yang praktis. Untung aja dikenalin sama produk masker rambut Natur. Sambil nunggu dua menit, kepala saya pijit-pijit sendiri. Setelah itu baru dibilas sampai bersih.

Rambut memang terasa lebih lembut dan enggak kaku. Biasanya rambut saya tuh kering, kadang kaku kayak ijuk. (Ngaku 'dosa' karena salah rawat rambut, Mak) Ya maklum, saya anaknya tomboy. Kalau kamu cewek yang enggak suka ribet, saya rekomendasiin nih pakai sampo Natur dan masker rambutnya. Praktis buat perawatan mingguan. Kamu juga bisa pakai vitamin rambutnya, tinggal disemprot ke rambut. Simpel.

*

Kenapa rambut bisa rusak

Sebenarnya, rambut tuh kenapa bisa rusak? Penyebabnya macam-macam. Mulai dari faktor usia yang menyebabkan rambut kita makin tipis, masalah genetik atau keturunan, hingga pola makan dan pola hidup. Misalnya terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkolesterol dan berminyak. Atau kita sedang mengalami stres dan kurang tidur.

Omong-omong, ini beberapa produk perawatan rambut beserta fungsinya:

Foto: Nieke

Conditioner:  untuk melembutkan dan melembabkan rambut. Saat memakai hindari terkena akar rambut, cukup di helai rambut saja, supaya tidak menjadi ketombe.

Hair Tonic : Semprot di kulit kepala agar meresap. Produk Natur tidak mengandung alkohol.

Hair Mask : Perawatan mingguan pengganti ke salon. Dipakai setelah sampo dan conditioner. Pakai selama sekitar dua menit sampai memijat batang rambut hingga ke ujung. Setelah itu dibilas sampai bersih. 

Hair Vitamin: Dipakai sebelum atau sesudah menata rambut. Biar rambutmu sehat dan kuat dari akar.

Kalau kamu penasaran dan ingin tahu lebih banyak soal perawatan rambut, ikuti aja Natur di akun media sosialnya. Instagram @backtonatur dan Facebook Fanpage Back to Natur.

Nah, kalau rambut udah kece badai macam begini, pede-pede aja bergaya ala 'hempaskan' rambut saat berfoto. Biar kayak model iklan sampo. Hahahaha.

Nieke Indrietta

Tulisan lainnya soal travel dan kuliner, klik di sini.

2 komentar:

  1. Dulu sebelum berhijab saya kalau foto suka diurai gtu mbaak, sambil ditata biar keliatan keriting gantung heheheh dr jaman kecil uda terkenal kalau natur pas banget menangani kerusakan pada rambutt mbaak, tp belum pernah coba sendiri. pengeen nyoba jdnya hehee

    BalasHapus
  2. Saatnya BACK TO NATUR da sudah lelah dengan rambut yang bermasalah. Gak tahu napa musim kemarau ini bikin rambut rontoknya kebangetan, emang, sih, cuaca mendadak berubah seakan lagi pemanasan global dan udara jadi lebih panas, lembap, bikin keringatan dan kulit plus rambut jadi kering.
    Rasanya tak nyaman. Jadi pengen segera coba produk Natur setelah ada rezeki agar bisa turun gunung ke kecamatan dan beli produk yang sesuai.
    Oh ya, saya memang sekarang kurang tidur dan kerap kelelahan setelah jadi pendiri sekaligus admin Indonesia Saling Follow, makanya masalah rambut rontok harus diatasi dengan produk yang tepat. Saya juga tidak suka produk yang mengandung banyak bahan kimia. Sukses untuk Natur, ya. Semoga kian banyak masyarakat yang percaya dan pakai.

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Terima kasih pula untuk sudah berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam dan tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Untuk setiap komentar, saya upayakan kunjungan balik ke blog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.