Menu

Percik Kata Nieke

Senin, 12 Oktober 2020

Resep Makanan Halal ala Korea: Kebab Gulung Toby's

Apa jadinya kalau kebab dikawinkan dengan selada berisi daging khas Korea--yang biasa muncul di drakor? 

kebab gulung Tobys
Menu kreasi dengan ayam Toby's. Foto: Nieke.

Penonton setia drakor pasti paham, makanan ini kerap muncul di adegan makan dalam drama Korea. Sayuran selada yang dijadikan bungkus potongan daging barbeque, timun, tomat. Sayuran itu lalu digulung, dimakan sekali lep, masuk mulut. Nah, apa jadinya kalau makanan Korea ini dikawinkan dengan kebab? Bikin kepo bukan?

Kebab sebenarnya makanan khas Timur Tengah. Makanan ini berupa selembar kulit tortila yang digulung dan diisi dengan sayuran segar, daging sapi yang dipanggang seperti sate lalu diiris tipis-tipis, serta dibumbui mayones. Nah, Kak Manda Roosa mengawinkan kebab ini dengan makanan sayuran yang biasa muncul di drakor--seperti yang saya ceritakan di alinea pertama. Bahasa nginggrisnya when Asia meet Middle Eastern, begitu kali ya? 


kreasi masak tobys
Kak Manda Roosa membagikan resep masakan halal 
 berkreasi dengan ayam goreng Toby's. Foto: Nieke
 

Sebagai orang yang tidak terlalu suka masak  suka dengan masakan praktis, saya penasaran dengan resep Kak Manda Roosa yang memakai bahan makanan ayamnya Toby's--sebagai pengganti daging barbeque. Enaknya pakai Chicken Crispy stripnya Toby's adalah kita tidak perlu lagi bersihin dan masak daging ayam. Lagian, ayamnya sudah berbumbu. Jadi tinggal motong dan menumis saja. Sedangkan kebabnya memakai kulit lumpia. Oya, Toby's ini restoran waralaba asli Surabaya yang menu utamanya adalah ayam goreng. Beberapa bulan lalu Toby's meluncurkan ayam goreng dengan saus keju

Cocoklah menu kebab selada ala Korea ini buat variasi makanan di tengah suasana pandemi. Sewaktu Kak Manda mempraktekkan cara memasaknya di depan saya, langsung terlintas di pikiran. Wah ternyata cara bikinnya gampang banget dan enggak pakai ribet. Saya pun langsung membayangkan makan kebab selada ini sambil nonton marathon drama Korea di akhir pekan. 

Pengen tahu resep dari Kak Manda Roosa? Yuk kita siapkan dulu semua bahan makanan yang diperlukan sebelum mulai memasak.

Bahan-bahan:

4 potong Chicken Crispy Toby's
3 lembar kulit lumpia ukuran besar
1 butir telur dikocok
Daun selada segar secukupnya, cari yang daunnya lebar
1 buah tomat dipotong kecil-kecil
1 buah timun dipotong kecil-kecil
1 bungkus mayones
2 sendok minyak goreng

Cara memasaknya: 

1. Kulit lumpia dipotong menjadi dua bagian menyilang sehingga berbentuk segitiga. Olesi satu sisi kulit lumpia dengan telur yang sudah dikocok, kemudian gulung kulit lumpia itu hingga berbentuk kerucut. 

2. Buang biji timun dan tomat. Potong timun dan tomat berbentuk dadu. Demikian juga daging ayam crispy, potong berbentuk dadu. Potongan dadu timun dan tomat jadikan dalam satu wadah mangkok berukuran sedang.



3. Panaskan margarin dalam wajan. Ayam ditumis hingga matang.

4.  Masukkan ayam yang sudah ditumis matang tadi ke dalam wadah mangkok berisi potongan dadu timun dan tomat. Siram dengan mayones secukupnya. Aduk hingga bumbu mayones rata.




5. Ambil selembar selada. Taruhlah sesendok campuran ayam, timun, dan tomat tadi ke atas daun selada. Lalu digulung.



6. Masukkan selada berisi ayam, timun, dan tomat tadi ke dalam kulit lumpia yang sudah dibentuk kerucut.




7. Lakukan secukupnya. Taaadaaaa.... Kebab gulung Toby's siap disajikan.



Nieke Indrietta

Tulisan saya soal kuliner dan traveling lainnya, klik di sini.

8 komentar:

  1. Kebab gulung Toby's bisa tahan berapa lama kak ? apa saat dibuat saat itu juga harus dihabiskan ?

    BalasHapus
  2. Wah, ini kayanya gampang banget. Seger lagi ngeliat selada dan isiannya. Btw itu kulit lumpianya digoreng dulu nggak, Mbak? Kan abis diolesi telur ya salah satu sisinya?

    BalasHapus
  3. Saya belum pernah membuat kebab. Biasanya kalau mau makan kebab beli. Menurut saya membuat kebab itu cukup sulit. Tapi membaca ulasan ini, resep membuat kebab sepertinya cukup mudah ya...nanti saya mau coba buat juga

    BalasHapus
  4. Mantap kak Nieke resepnya. Kebab isi rasa Korea hmm gmn rasanya ya, jd penasaran. Bs jd ide cemilan nih thanks yaa

    BalasHapus
  5. Cantik sekali kebab dan selada ini.. idenya luar biasa, mengabungkan masakan timur tengah dan barat.. sangat menginspirasi dan semoga bisa saya coba di rumah

    BalasHapus
  6. Waktu ngeliat orang jualan Kebab di pinggir jalan, ngerasa aneh. Ini makanan apa sih ....
    Tapi setelah incip sendiri ternyata enak juga, jadi pingin bikin sendiri

    BalasHapus
  7. Cara membuatnya cukup mudah ya bisa dipraktekkan di rumah, saya juga sering menggulung makanan dengan selada dan menggunakan sumpit seolah2 sedang menikmati makanan korea :D

    BalasHapus
  8. Ayam goreng saus keju ... anak-anakku pasti suka.
    Terus .. when Asia meet Middle Eastern ... sungguh kupenasaran.

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Terima kasih pula untuk sudah berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan spam. Untuk setiap komentar, saya upayakan kunjungan balik ke blog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.