Menu

Percik Kata Nieke

Jumat, 06 November 2020

Drama Ji Sung, Entertainer: Persahabatan dan Perjuangan Anak Band Korea

Drakor Entertainer bercerita perjuangan anak band Korea. Dibintangi Ji Sung, Hyeri Girls'Day, Kang Min-hyuk CNBlue, Chae Jung-an, dan Ahn Hyo Seop. Banyak cameo idol di sini.

Drama Ji Seong Entertainer
Drama Korea Entertainer. 

Siapapun tak memungkiri gelombang hallyu kini telah mendunia. K-Pop, boy dan girlband, idol, drama serta film Korea dikenal penduduk planet bumi, termasuk Indonesia. Drakor Entertainer bercerita kerasnya perjuangan mereka yang berkarya di industri musik Korea. 

Banyak yang berpendapat drakor ini ratingnya rendah dan dinilai netizen Korea sebagai drama gagal. Sebelum memutuskan bikin tulisan ini, saya sempat browsing sana-sini dan menemukan sejumlah artikel yang menilai ini drakor gagal. Bukan karena para pemainnya, tapi karena cerita yang dianggap terlalu biasa.  

Saya hinggap ke drakor ini lantaran menelusuri karya-karya Ji Sung/Ji Seong. Pertama kali nonton drama Ji Sung justru di Doctor John. Kece banget aktingnya. Dari situ, barulah saya kepo sama drama-drama Ji Sung yang lain. Buset dah, ternyata dia memainkan berbagai peran yang berbeda dan aktingnya itu memang ciamik. Hingga saya kemudian mendarat ke drakor Entertainer yang episodenya mencapai 18.

Apa yang membuat drakor ini banyak dicibir? Bahkan sebelum drakor ini mulai syuting, saya baca artikel kalau banyak fans artis yang meminta Ji Sung dan Park Bo-gum menolak tawaran main di drama ini. (Yap, Park Bo Gum sempat ditawari, tapi kemudian menolak. Akhirnya Kang Min-hyuk CNBlue yang mengambil perannya).

Dan ternyataaa... saya betah menontonnya sampai rampung. Ceritanya sebenarnya membawa pesan yang bagus: persahabatan, keluarga, kesetiakawanan, nilai kejujuran, memaafkan, move on alias beranjak dari masa lalu. Paling penting: percaya bahwa tiap orang berhak atas kesempatan kedua dalam hidupnya. Percaya hal yang terbaik dalam diri seseorang. 

Believe that everyone deserve a second chance. Believe that there is always goodness inside a person.

Drakor ini terselamatkan oleh Ji Sung yang aktingnya prima, Kang Min-hyuk yang sebenarnya di CNBlue adalah drummer tapi di sini jadi vokalis dengan suara yang membius. Ahn Hyo Seop memerankan figur artis yang menderita mental illness. Beberapa artis lain mainnya juga tidak mengecewakan. 

Satu-satunya hal yang saya sayangkan di drakor ini adalah pemeran utama wanitanya. Hyeri yang banyak dipuji di Reply 1988, di drakor ini malah terlihat biasa saja. 

Dia tidak bisa membangun kemistri dengan Ji Sung. Perannya sebagai seorang perempuan yang memuja Ji Sung tidak terlihat baik lewat kemistri dan pancaran matanya. Di drakor ini, hubungan antara tokoh yang diperankan Ji Sung dengan Hyeri seperti dalam novel Daddy Long Legs.  

Barangkali ada yang bilang, mungkin karena jarak usianya kejauhan antara Ji Sung dengan Hyeri. Namun, Ji Sung di Doctor John juga dipasangkan dengan pemeran utama wanita yang seumuran Hyeri, yakni Lee Se-young. Tapi kemistrinya bagus banget. Kemampuan aktingnya Lee Se-young bisa mengimbangi Ji Sung yang memang aktor senior, yang sukses memerankan pria dengan tujuh kepribadian dalam drakor Kill Me Heal Me. 

Drakor lain yang menceritakan hubungan romantis dengan rentang usia pemainnya jauh, seperti Kim Go Eun dengan Gong Yoo dalam Goblin juga sangat apik. Pun Park Shin-hye dengan Kim Rae-won dalam Doctors.


Baca juga: Drama Korea Tak Cuma Drakor Romantis, Ini Rekomendasi yang Wajib Ditonton


Berikut ini teaser drakor Entertainer. Lucu dan imut banget sebenarnya melihat gaya Ji Sung dan Hyeri di sini. Sayang, Hyeri tidak bisa menunjukkan kemistri ini dalam 18 episode drakornya. 

Klip teaser dari Youtube SBS Now


Saya bisa menonton dan menikmati alur drakor Entertainer, meskipun memang seperti keluhan penonton dan netizen Korea--dianggap terlalu lambat. Saya hampir tidak pernah menekan tombol forward sewaktu menonton drakor ini. Terlalu sayang melewatkan akting Ji Sung, Kang Min-hyuk, Ahn Hyo Seop yang memang menjadi sentral cerita di Entertainer.

Saya itu tipenya tidak suka dengan adegan yang terlalu mainstream dan klise. Kalau ada adegan drakor yang begitu, biasanya saya tinggalin ke dapur untuk mengambil minuman. Saya sambi dengan aktivitas lain. Atau malah saya pencet tombol forward (sadis bok! Hahaha). 

Plus, kalau kamu pecinta musik, kamu bakal menikmati banget drakor ini. Soalnya drakor ini dipenuhi dengan lagu-lagu. Ya iyalah, ceritanya saja anak band dan dunia industri musik Korea. Sesekali muncul lagu legendaris Dancing Quenn-nya ABBA, Nirvana, dan lagu-lagu jadul yang legendaris lainnya. Walau drakor ini bukan musikal seperti halnya drakor Dream High.

Belum lagi, drakor ini bertaburan cameo yang bukan kaleng-kaleng. Di antaranya Seo Kang-jun, Park Shin-hye, Kwon Na-ra, dan Park Eun-bin. Masih banyak lagi cameo yang muncul di sini baik idol maupun aktor/aktris. Makanya terlalu sayang kalau drakor Entertainer ini dilewatkan.

Berikut salah satu cuplikan adegan penampakan Seo Kang-jun yang keren. Dia berperan jadi musisi.

Sumber Youtube SBS Now


Baiklah, saya mulai bercerita soal drakor Entertainer alias Ddanddara dalam bahasa Koreanya, melalui para tokohnya.

Shin Suk-ho (Ji Sung)

Ji Sung memerankan Shin Suk-ho, seorang eksekutif di perusahaan manajemen artis ternama. Dia berjasa menemukan dan membesarkan band bernama Jackson. Salah satu vokalisnya adalah Ji Nu (Ahn Hyo Seop). 

Suk-ho pribadi yang arogan, di puncak kejayaan, dan menghalalkan segala cara mencapai tujuannya. Namun ia mentor yang baik bagi anak-anak didikannya. Ia memperlakukan musisi yang ia temukan sebagai teman dan keluarga. 

Suk-ho berambisi hendak membangun perusahaannya sendiri dan membawa Jackson keluar dari perusahaan sekarang ke perusahaan yang akan didirikannya. Namun sebuah insiden terjadi.

Bermula dari niat Suk-ho yang mengambil lagu ciptaan seseorang untuk diberikan kepada band Jackson, agar band itu bisa segera mengeluarkan album baru. Si pencipta lagu tidak terima karyanya diambil dan diberikan atas nama Jackson. Apalagi itu adalah karya debutnya. Namun Suk-ho memaksa dan bahkan menyuap dengan sejumlah uang.

Apa yang tidak disangka terjadi. Si pencipta lagu bunuh diri. Lantaran terkejut menerima berita itu, Suk-ho mengendarai mobil secara sembrono dan mengalami kecelakaan. Ketika tersadar, ia sudah di rumah sakit dan menghadapi tuntutan hukum atas kecelakaan tersebut. 

Tak hanya itu, ketika keluar dari tahanan, Suk-ho kehilangan pekerjaannya. Bahkan, Jackson band binaannya tak lagi berkomunikasi dengannya. Suk-ho kehilangan segala-galanya. Nama baik, reputasi, pekerjaan.

Ia hampir memutuskan bunuh diri di Busan ketika tiba-tiba mendengar sebuah lagu yang sebenarnya adalah jingle sebuah sekolah kursus. Lagu itu dinyanyikan oleh Jo Ha-neul (Kang Min-hyuk CNBlue). Lirik lagunya berbicara, "Jangan menyerah dengan hidupmu..."

Suk-ho memutuskan mencari Jo Ha-neul dan merekrutnya sebagai artis di perusahaan kecil manajemen artis yang didirikannya bersama sahabat-sahabatnya.

Jo Ha-neul (Kang Min-hyuk)

Jo Ha-neul adalah murid SMA di tingkat terakhir. Sayangnya, ia tersandung kasus pelecehan atas laporan teman perempuannya, Lee Ji-young. Sebenarnya Jo Ha-neul tidak melakukan tuduhan itu. Ia difitnah. Sayangnya, situasi saat itu tidak menguntungkan baginya. Ia tak punya saksi dan bukti. 

Jadilah Ha-neul seperti pesakitan yang diadili dalam pengadilan anak bawah umur dan masuk ke dalam semacam rehabilitasi penjara anak-anak.

Ha-neul tinggal bersama kakak angkatnya, Jung Geu-rin yang diperankan Hyeri Girls'Day. "Kenapa kamu menyerah dan tidak banding?" tanya Geu-rin usai sidang.

"Percuma, tidak seorang pun akan mempercayai kata-kataku," ucap Ha-neul. Ia pasrah seumur hidupnya akan menanggung stigma atas tuduhan yang salah tersebut.

Tak hanya itu, akibat fitnah dan tuduhan salah, Ha-neul juga dirundung/dibully di sekolahnya. Bahkan ia nyaris dikeluarkan dari sekolah. Ha-neul sudah nyaris hendak melompat dari sebuah gedung tinggi ketika seorang pria memanggilnya.

Pria itu Shin Suk-ho. 

Suk-ho meyakinkan Ha-neul bahwa ia masih punya masa depan. Bahkan ketika Ha-neul bercerita ia menanggung aib tuduhan palsu. Suk-ho berjanji akan membantu memulihkan nama baik Ha-neul.

Drakor Entertainer
Entertainer--judul drakor ini--adalah nama band bentukan Suk-ho dengan
Ha-neul sebagai vokalisnya. Dalam bahasa Koreanya, Ddanddara.


Jung Geu-rin (Hyeri Girls Day)

Jung Geu-rin merasa gagal menjaga adik angkatnya ketika Ha-neul diadili dengan tuduhan palsu. Apalagi mereka sudah tidak lagi memiliki orang tua. Geu-rin mengorbankan kuliahnya dan bekerja paruh waktu di beberapa tempat sekaligus untuk menyambung hidup dan demi Ha-neul bisa bersekolah serta kuliah.

Tiba-tiba Geu-rin menerima telepon seseorang yang mengaku dari manajamen artis hendak merekrut adiknya. Ia berpikir itu telepon penipuan. Namun ketika bertemu Ha-neul, ia mengetahui kalau adiknya memang benar-benar akan dijadikan artis lantaran memiliki suara emas.

Sayangnya, Geu-rin teringat pesan mendiang orang tuanya agar Ha-neul tidak memasuki dunia industri musik. Maka Geu-rin meneruskan mandat itu dan melarang Ha-neul menjadi penyanyi. Apalagi kakak kandung Ha-neul, Jo Sung-hyun, meninggal bunuh diri juga karena dunia musik. 

Menyadari bahwa Ha-neul mencintai impiannya di tengah aib yang harus ditanggungnya, Geu-rin luluh. Ia melepas Ha-neul menjadi penyanyi dalam sebuah band yang akan dibentuk Suk-ho dengan syarat: Geu-rin harus menjadi manajernya.

Seiring waktu, Geu-rin menaruh rasa pada Suk-ho. Hubungan yang semula mentor dan mentee--Geu-rin belajar menjadi manajer dari Suk-ho--berkembang. Ia mengagumi Suk-ho yang pekerja keras dan berusaha membersihkan nama baik adik angkatnya, Ha-neul. Ia berempati pada Suk-ho yang kerap menanggung semua bebannya sendiri dalam mewujudkan cita-citanya. 

Geu-rin ingin menjadi tempat untuk berbagi bagi Suk-ho. Akankah Suk-ho membalas perasaannya? Selisih usia mereka terpaut jauh. 

Ji Nu (Ahn Hyo-seop)

Ji nu, idol anggota Jackson adalah potret orang-orang yang berada dalam industri musik Korea yang keras. Ia disetir manajer, CEO, hingga perusahaannya. Ia kehilangan otoritas atas dirinya sendiri, bahkan atas privasi hidupnya. 

Ahn Hyo Seop dengan bagus memainkan karakter Ji Nu, penyanyi idola yang punya fans seabreg namun sebenarnya menderita mental illness. Tak hanya itu, ternyata Ji Nu berada di tempat kejadian perkara dalam kasus yang melibatkan Ha-neul dan Lee Ji-young.

Perubahan karakter Ji Nu dari seseorang yang menyerah dan mudah dikendalikan, menjadi seseorang yang ingin menjadi dirinya sendiri dengan bagus digambarkan Ahn Hyo Seop. Pergolakan batinnya bisa penonton lihat dan rasakan melalui kemampuan aktingnya.

Yeo Min-joo (Chae Jung-an)

Yeo Min-joo adalah tokoh anti-mainstream drama Korea. Ia anak chaebol alias konglomerat, namun tak seperti kisah-kisah drakor lain mainstream. Yeo Min-joo merahasiakan identitas keluarganya yang tajir, memilih bekerja sebagai karyawan biasa di industri musik. 

Ia sempat sekantor dengan Sin Suk-ho dan dari situlah ia memendam perasaan sukanya. Sayang, Suk-ho tidak peka melihat perhatian dari Yeo Min-joo. Jadilah hubungan mereka terjebak dalam friendzone.

Sebagai perempuan tangguh dan cerdas, Yeo Min-joo merintis karirnya benar-benar dari bawah, tanpa koneksi. Ia kemudian bekerja di perusahaan lain bernama Ocean Music. Meski demikian, ia selalu membantu Suk-ho dalam masa-masa sulitnya. 

*

Drakor Entertainer
Drakor Entertainer menceritakan sisi kelam dan kejam dunia industri musik Korea.


Dunia Industri Musik Korea yang Keras

Dalam 18 episode Entertainer, kita akan melihat kompetitifnya industri musik di Korea. Perjuangan idol untuk mencapai kesuksesan dan ketenaran, serta pengorbanan untuk sampai ke taraf itu. Sikut kiri, sikut kanan. Kompetisi yang tak sehat. 

Apa yang kita lihat pada diri idol hanya puncak gunung es. Kita tak melihat badan bahkan dasarnya. Lewat drakor ini, kita seperti menyaksikan di balik layar kerja keras artis, musisi, dan idol. Saat menonton, kita mungkin akan berdecak: oh ya ampun, begini toh yang mereka lakukan agar bisa sukses dan terkenal. 

Di tengah dunia yang keras itu, adalah figur Sin Suk-ho yang memperlakukan anak didikannya dengan hangat seperti teman dan keluarga. Dengan bagus, Ji Sung memperlihatkan hubungan emosi dengan anak didiknya di band Entertainer atau Ddanddara itu di layar kaca. Kadang getir, hingga saya menitikkan airmata. Kadang kocak, hingga saya gemas dan tertawa. Saya larut dalam cerita.

Suk-ho adalah tipe mentor yang akan berjuang maksimal, hingga terkadang ia menyimpan beban dalam pundaknya sendiri. Inilah kelemahannya. Sampai-sampai, Yeo Min-joo harus menyeretnya untuk berkonsultasi dengan psikiater. 

Ada beberapa episode yang saking mencekamnya membuat saya terpukau melihat kolaborasi akting Ji Sung dengan artis-artis lainnya. Pun dengan Kang Min-hyeok, ketika tokoh Ha-neul memperjuangkan nama baiknya dipulihkan. Jangan terlalu berharap banyak pada hubungan cinta antara tokoh Suk-ho dan Geu-rin yang kemistrinya garing. 

Drakor Entertainer menguliti satu demi satu tokoh-tokohnya, melalui kisah persahabatan. Membuat penonton merasa akrab dan mengenal siapa saja dalam band Ddanddara dan apa problem mereka. Saya ikut sedih dan gemas ketika band yang didirikan Suk-ho terhalang saat hendak debut. Lalu ikut bersorak ketika Ddanddara akhirnya tampil di televisi.

Inilah yang membuat saya betah menyantap tiap episode Entertainer hingga tandas hingga di pengujung episode 18.  Ibaratnya, drakor Entertainer ini perpaduan antara sitkom barat Friends, film School of Rock, dan drakor Dream High. 


Nieke Indrietta

Tulisan saya soal film dan drama Korea lainnya bisa dibaca di sini.

51 komentar:

  1. Wah seru juga ya ternyata jadi ikutan kepo deh pokoknya mah hehe

    BalasHapus
  2. Sebaik baiknya tontonan adalah ketika kkita dapat mengambil informasi aktual, ilmu yang bermanfaat dan pelajaran lain di dalamnya.. semoga Mbak Niekke juga bisa mengambil manfaat dari drama yang ditontonnya...Makasih banyak infonya untuk saya yang awam ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga semua drakor hanya sekadar cerita romansa. Banyak yang bisa memberi kita pelajaran hidup lewat kisahnya 😁

      Hapus
  3. 18 episode kak nieke nontonya tiap hari selama 18 hari, atau sistem ngebut ni satu hari bisa beberapa episode gitu ? akhir akhir ini saya mulai memahami betapa banyaknya pecinta drakor, hingga betah berjam2 nonton beberapa episode dalam satu waktu, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komplit ya cerita & tokohnya. Jd penasaran sesekali pingin nonton drakor. Masalahnya sy gak suka film dramaaa hihihi.

      Hapus
    2. Mbak Sarah, saya nontonnya nyicil sehari beberapa episode aja. :D

      Hapus
  4. Lagi stres pengen nonton drakor setelah beberapa hari dibikin geams oleh perilaku seorang peserta yang barusan masuk blacklist karena attitude minus.

    Drakor bikin cooling down. Sayang masih banyak kerjaan saya. Jawab wawancara dari Mbak Denik, susun konsep untuk Rabu Buku acara di grup Facebook Ibu-ibu Doyan Nulis, lantas nulis pos blog tentang Liebster Award.

    Aduh. Padahal Ji-Sing adalah aktor favorit saya. Juga Min Hyuk. Mereka rada mirip, ya. Matanya atau wajahnya.

    Saya banyak nonton tentang Ji-Sung. Film pertama yang saya tonton tentang musisi dan ada adegan gituan, hi hi. Tapi aktingnya memang piawai.

    Min Hyuk dengan matanya yang bersinar itu ganteng banget.

    Jadi pengen nonton, nih. Di aplikasi. mana adanya? Saya baru pasang Vidio.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren. Semoga sukses acara Rabu Buku-nya. Ji Sung dipasangin sama Min-hyuk bagus ya. Aktingnya OK.

      Saya tahu deh kayaknya film yang ditonton Mbak, itu judulnya My PS Partner. Kocak ceritanya cuma ya gitu, hehhehe. Saya kaget juga sih. Tapi aktingnya Ji Sung kece banget.

      Hapus
  5. Bagi pecinta drama korea emang nggak bakal kerasa mau nontonin sampai episode terakhir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya. Tapi ada juga beberapa judul drakor yang saya berhenti nonton di tengah jalan karena plot dan alurnya membosankan.

      Hapus
  6. Hm, rupanya ada juga yang bisa dinikmati dari drakor yang banyak dinilai gagal ini ya Mbak Nieke. Mbak Nieke malah bisa memetik nilai-nilainya persahabatan, keluarga, kesetiakawanan, nilai kejujuran, memaafkan, dan move on. Tapi memang sih, ya ... kalau kita bisa melihat sisi positif dari apapun itu, hidup jadi lebih menyenangkan atau menyenangkan sekali. ^__^

    BalasHapus
  7. Saya, belum menonton film Korea yang ini. Apa judulnya Mb' ? Itu film Korea terbaru kah ? Saya juga penggemar film drama Korea...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Judulnya Entertainer :) salam kenal sesama penggemar drako.

      Hapus
  8. Aku jadi kepo penasaran pengin nonton seri ini, kayaknya kok seru :).

    BalasHapus
  9. Mba ini nonton drakornya di mana ya? Koq saya jadi kepo mau nonton aksi Jisung lagi, terakhir saya nonton drakornya Protect My Boss itu pun karena saya gak update sama drakor sih, tapi kepo juga mau liat cameonya Park shin hye dan Kwon nara, tau kwon nara juga abis nonton Itaewon Class, haha fav drakor saya masih random banget nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Drakor Entertainer bisa ditonton di Viu. (Hehehe bukan endorse ya, cuma nginfoin). Saya suka aktingnya Ji Sung sampai pengen nonton semua film dan dramanya, termasuk yang lama-lama. Protect The Boss, Ji Sung di situ masih kinyis cupu tapi tetep ganteng. Ya ampun dia bisa juga main komedi. Sukaaa.

      Hapus
  10. Sebagai produk jadoel dan penikmat musik, bagian ini yang paling menarik bagiku...: drakor ini dipenuhi dengan lagu-lagu, ada anak band dan dunia industri musik Korea. Mau denger lagu legendaris Dancing Quenn-nya ABBA, Nirvana, dan lagu-lagu jadul yang legendaris lainnya akutuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagu-lagu jadul legendaris enak-enak yaaa. Saya juga sukaaaa.

      Hapus
  11. Yeayyy asik asik, ada rekomendasi drakor yg lucuuuk :D
    AKu kayaknya pengin nonton deh mba
    mukanya Ji Sung nih manies, enak dilihat yaakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah penggemar oppa Ji Sung juga yaaa. *tos

      Hapus
  12. Walaupun aku engga nonton drakor, sejatinya aku kagum lho ama KorSel itu. Mereka bisa membranding negaranya melalui musik, seni, film, teknologi, dan kuliner. Aku amati teman-teman yg mereview drakor, terinsipirasi dari tema-tema yg diangkat pada film. Keren berarti penulis skripnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya brandingnya keren parah. Dari produk seni budayanya mereka juga sekalian promosi negara dan wisatanya. Saya pengen banget belajar penulisan skenario ala drakor.

      Hapus
  13. Wow lengkap ringkasannya dan bikin tertarik. Tapi saya musti menahan diri nih, soalnya ntar sekali jatuh cinta sama drama bakalan ga bisa lepas. Padahal saya sudah punya cinta yang lain wkwkwkwk.

    BalasHapus
  14. Saya termasuk yg maju mundur nonton ini. Pengen nonton karena Ji Sung yg main, di sisi lain byk yg blg sayang Ji Sung klo main d drama kayak gini "doang". Tp kek'y seru2 aja yak..

    Saya paling suka ntn dy d Innocent Defendant, Mba. Paraaahhh itu akting'y keren badaaaaiii. Wkwkwk. Dr. John juga jago bgt dy disitu. Huaaaa emg oppa satu ini top deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah. Saya belum nonton Innocent Defendant. Udah masuk list wajib tonton itu. Ji Sung kalau akting kece badai.

      Hapus
  15. Aku pertama kali nonton Ji Sung tuh di drakor Kill me Heal me dan memang tidak banyak aktor yang bisa memainkan peran kepribadian ganda seperti Ji Sung. Kalau drakor yang ini malah belum nonton nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bagus banget ya Ji Sung di Kill Me Heal Me. Saya sampai tertegun gitu liatnya.

      Hapus
  16. Korea Selatan itu industri entertainmentnya oke ya, mampu membuat drama2 yang menceritakan ragam genre dan ide cerita yang unik dan menarik. Apalagi banyak sekali penggemar drakor ini. Saya pernah nonton yang era jadul mbak di televisi, endless love, nah itu aku nonton sampai selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Endless Love drakor generasi pertama di Indonesia. Drakor awal itu banyakan sedih-sedih akhirnya.

      Hapus
  17. Drakor itu banyak banget yang menarik ya, sayang waktunya butuh banyak buat sampai ke endingnya :D
    makanya saya jarang liat drakor, padahal menarik, seperti ini yang menceritakan jatuh bangun perjalanan ketenaran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh. Iya episodenya memang banyak. Drakor Cina lebih banyak lagi, Mbak Rey. Ada yang sampai 70 episode.

      Hapus
  18. Pengen juga lihat seluk beluk kerasnya industri musik korea, in real life beberapa bintang korea sampai suicide gitu. Ngeri, harusnya ada yang ulik itu tuh. Ternyata audience korea memang standarnya tinggi juga ya, sampai serial ini dianggap biasa. Baru2 ini juga nonton drakor yang temanya dianggap 'ngga bagus', sebenarnya bukan karena kualitas ngga ok tapi memang sih ceritanya sensitif

    BalasHapus
  19. aq uda pernah nonton tapi blm sampai tamat ni
    mayan juga ya buat mengobati ketinduan drama baru dari jisung

    BalasHapus
  20. Kapan ya, owe punya waktu buat nonton drakor? Wkwkwkwk #Alesan

    BalasHapus
  21. wah hyeri jadi inget reply 1988 ya mbak nieke, aku belum nonton ini dan belum kenal lainnya. penasaran karena ada hyerinya lucu bgt di treasernya

    BalasHapus
  22. Saya kalo nonton drakor lebih banyak diskip. Bukan berarti enggak suka nonton drakor sih, cuma enggak telaten nonton berepisode-episode sekaligus. Kalo orang suka sebel sama spoiler, saya malah suka nyari2 spoiler,hehe. Biar tau kira2 drakornya layak diikuti sampai akhir episode atau enggak. Kadang udh nonton ternyata ceritanya zonk, jadi enggak semangat nyelesaiinnya,hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga suka ngintip spoiler. Kalau endingnya gak bagus, males nerusin hahahha

      Hapus
  23. Pertama tau Ji Sung di drama Kill Me Heal Me, kaget kok bagus banget actingnya, ceritanya juga bagus banget ya mbak..

    BalasHapus
  24. Aku nonton Entertainer doonk...
    Soalnya selain ada Jisung, ada Minhyuk CN Blue jugaa..Tatapan rama uri oppa.
    Dan meweek pas nonton ini.

    BalasHapus
  25. Udah masuk watch list dari kapan tahun tapi belum tersentuh juga, wkwk. Tergeser terus sama on going yang terus datang dan keren-keren semua. Tapi akting Ji Sung memang tak pernah tak memuaskan, selalu bisa mencuri hati. Dan drama yang diterima Ji Sung biasanya sih ceritanya nggak kaleng-kaleng. Jadi tambah pengen nonton, tapi kapan yaaa.. wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Wish list drakor saya juga masih numpuk gegara tergoda sama yang on going

      Hapus
  26. Drakor ini tentang persahabatan ya mbak. Saya seneng nih kalau masalah persahabatan, karena biasanya ada kejutan-kejutan yg tak terduga dalam setiap episode

    BalasHapus
  27. Saya tadinya nonton kill me heal me krn mau liat park seo joon, krn sy newbie di per-drakor-an. Tapi langsung terpesona sama actingnya Jisung yang keren banget, saat itu juga fix sy jatuh cinta sm jisung, akhirnya sy punya tokoh drakor yg sy idolakan.
    Sejak itu langsung cari tau drama2nya Jisung. Waktu itu nonton doctor john... Wah tambah sukaaa ama oppa jisung, actingnta luar biasa, sampe sy jd pengen belajar kedokteran wakakak ... Trus lanjut nonton innocent defendant, disitu baper banget deh, sampe ga nahan nontonnya... Tapi dia keren bangetttt... Trus lanjut ke familiar wife, yg ceritanya lebih ringan tapi bnyk sekali pelajaran berharga yg bs diambil ttg kehidupan suami istri. Lalu nonton secret, yg ini sy agak kurang suka krn penderitaan tiada akhir si pemeran wanitanya, kalo jisungnya sih ttp kere n...
    Sekarang baru aja nyelesain entertainer, bagus, suka sama lagu2nya, bener2 menikmati tiap episodnya... Msh blm bs move on utk lanjut ke drama berikutnya : protect the boss dan save the last dance for me...

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Terima kasih pula untuk sudah berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam dan tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Untuk setiap komentar, saya upayakan kunjungan balik ke blog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.