Menu

Percik Kata Nieke

Kamis, 12 Maret 2020

Kuliner Surabaya: Seafood dengan Saus Bahenol di Resto Alam Laut

Kata bahenol dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti perempuan cantik bertubuh indah. Namun bahenol di Resto Alam Laut di G Walk Surabaya berarti seafood atau makanan laut dengan saus bawang yang menyajikan rasa gurih dan pedas di lidah. Ini dia rekomendasi kuliner di Surabaya pekan ini.



Sesuai namanya Resto Alam Laut menyajikan seafood atau makanan laut. Letaknya di G-Walk sebuah kawasan pusat kuliner di Surabaya barat. Tak sulit mencari tempatnya. Begitu memasuki gerbang G-Walk, hanya sepelemparan batu, bangunannya terletak di sebelah kiri. Sebuah papan besar berwarna biru bertulis Alam Laut terlihat dari pinggir jalan. Ia diapit oleh kedai kopi dan kedai minuman kekinian boba.

Hari hampir senja tatkala saya tiba di sana. Saya kopi darat dengan beberapa teman yang doyan menjajal kulineran Surabaya. Rupanya saya yang pertama kali tiba. Memang saya sengaja datang lebih awal. Kami janjian pukul 18.00, saya tiba di sana pukul 17.15. 

Resto Alam Laut merupakan satu ruangan besar dan luas dengan meja-meja berbentuk persegi panjang. Di bagian sudut ruangan, terdapat sofa dengan sebuah layar televisi. Rupanya, sang pemilik resto menyediakannya untuk pengunjung yang ingin mempertunjukkan keahliannya menyanyi. Sementara di dinding bagian tengah terdapat lukisan sayap malaikat, yang disediakan sebagai spot foto Instagramable untuk pengunjung. 

Satu demi satu, kawan-kawan saya berdatangan. Kami melihat-lihat menu resto, harganya mulai Rp 50-an ribu, dengan porsi yang cukup banyak. Harus digarisbawahi, kalau semua makanan di sini tidak mengandung MSG. Tentu saja ini bikin saya bahagia.

Berhubung sejak siang hari begitu terik, sore ini saya memesan es kelapa muda untuk minumnya untuk melepas dahaga. Harganya Rp 29 ribu. Kelapa muda yang disajikan dengan tempurungnya. Teman saya memesan es buah yang harganya Rp 36 ribu. 

Makanan yang kami pesan malam itu adalah: kepiting saus bahenol, kepiting saus bawang putih, kerang hijau saus Padang, kerang batik saus bahenol, ikan sukang bakar, sup ikan dori, udang saus lada hitam, terong saus telur asin, sambel pencit (mangga muda) bawang goreng, pare cah telur, cah sawi jamur, dan terong udang pedas.  Ahaayyy banyak bangeeeet yaaa. Apakah saya bakal mukbang?

Tentu tidak! Kan makannya rame-rame. Ini cuma pose aja. Hahaha.

Omong-omong, seafood dengan saus bahenol rupanya adalah menu termutakhir dan jadi andalan di Resto Alam Laut. Ko Asen, sang pemilik resto yang malam itu ada di restorannya menjelaskan. "Ini menu baru lho, wajib coba," ucapnya, Selasa 11 Maret 2020.

Omong-omong, mendengar nama-nama menunya, saya pikir wah ini bakal pedas makanannya. Saus Padang misalnya, makanan Padang identik dengan makanan pedas. Tapi berhubung saya doyan seafood, setidaknya wajib dicoba. Kepedasan urusan belakangan, toh sudah ada es degan. Yekan?

Kerang batik saus bahenol, harga Rp 63 ribu.
Kalau yang di bawahnya itu tiga macam sambal Alam Laut:
dabu-dabu, bawang, tomat. Sambalnya gratis. Foto: Nieke
Tak berapa lama, makanan laut yang kami pesan keluar. Seafood yang pertama saya cicip adalah kerang batik dengan saus bahenol. Penasaran doong, dengan menu andalannya dan resep terbarunya. Rasa bawang putih sekaligus sedikit pedas terasa di lidah, kerangnya begitu lembut di mulut. Saya yang aslinya bukan penyuka makanan pedas, jatuh suka sama makanan ini. Kepiting saus bahenol ternyata rasa pedasnya lebih terasa. Saya tidak berani meneruskan makan, hanya secuil saja. Tapi teman saya yang memang doyan pedas, malah lahap banget. 

"Ini sih enggak pedas," ucapnya.

Saya he-eh aja. Hahaha.


Cumi saus Padang di Resto Alam Laut, GWalk Surabaya.
Harga Rp 69 ribu. Foto: Nieke
Nah kalau ini seafood atau makanan laut dengan saus Padang yang sempat saya sebut-sebut. Cumi saus Padang adalah hal kedua yang saya icip-icip. Jujur, awalnya saya sempat ragu soalnya saya cemen sama makanan pedas. Toh saya memutuskan nekad (bukan arek Surabaya kalau enggak bonek, yekan?). Jemari saya mengambil dua potong cumi yang dibungkus terigu, lalu hap hap. Ternyata rasa pedasnya hanya sedikit. Malah saus Padang itu yang bikin enak! Kerang hijau saus Padang kurang lebih sama enaknya.


Udang windu bakar saus lada hitam di resto Alam Laut,
GWalk Surabaya. Rasanya manis. Harga Rp 98 ribu.
Ukuran udangnya sepanjang telapak tangan atau sekitar 15 cm..
Foto: Nieke
Seorang karyawan resto membawa keluar menu berikutnya yang terbungkus aluminium foil. Wah penasaran, ada apakah di balik bungkusan itu? Jeng, jeng, jeng... *drumroll Ternyata kepiting saus bawang yang dimasaknya dengan oven. Ini enak banget, nget, nget. Berhubung tadi saya tak sanggup makan kepiting bahenol yang pedas luar biasa, beruntunglah saya bisa menyantap kepiting saus bawang ini. Bumbunya begitu meresap sampai ke daging-dagingnya.

Hmm, dari tadi saya makan seafood terus. Mata saya kelayapan ke bagian sayur-sayuran: pare cah telur, terong saus telur asin, cah sawi jamur, terong udang pedas. Sepertinya telur asin menarik nih. Maksud hati cuma ambil terong saus telur asin eh tangan latah ikutan ambil pare cah telur. 

Parenya terasa pahit sedikit, namun kalau dimakan bebarengan dengan telurnya, rasa pahit itu bisa teratasi sedikit. Terong saus telur asin yang bikin lidah saya langsung menari-nari. Terongnya dibungkus dengan terigu yang kemudian dilumuri dengan bumbu saus telur asin. Sausnya meresap dengan rata. Asin tapi tidak asin banget. Doyan banget!

Rekomendasi saya berikutnya yang mesti dicoba adalah ikan sukang bakar. Ukurannya gedhe banget! Panjangnya sekitar 50 cm. Makan ikan ini enaknya dicocol sambal. Nah untuk sambal, Resto Alam Laut memberikan gratis sambal dabu-dabu, tomat, dan bawang. Kalau masih kurang nampol, pesanlah sambel pencit saus Thailand seharga Rp 32 ribu. 


Ikan sukang bakar di Resto Alam Laut, GWalk Surabaya.
Foto: Nieke
Masih belum kenyang? Ingin yang berkuah dan hangat? Ya makan sup ikan dori cocoknya. Rasa supnya menyegarkan dengan rasa kunir dan jahe. Harganya Rp 55 ribu.

Omong-omong, lagi ada promo potongan harga alias diskon di Resto Alam Laut, GWalk Surabaya. Intip aja Deal Java, vouchernya sungguh menggoda, karena potongannya sampai separuh harga.  

Di antaranya: 

Voucher seharga Rp 29,900 untuk nasi goreng spesial Alam Laut (2-3 orang) dari harga normal Rp 45.000 

Voucher seharga Rp 48.500 untuk menu kepiting soka telur asin Alam Laut (4 orang) dari harga normal Rp 76.000

Voucher seharga Rp 48.500 untuk kerang batik saus padang Alam Laut (3-4 orang) dari harga normal Rp 76.000

Voucher seharga Rp 49.900 untuk ikan bakar Papakulu bakar spesial Alam Laut (3-4 orang) dari harga normal Rp 80.000

Voucher seharga Rp 53.000 untuk cumi bakar bumbu spesial Alam Laut (3-4 orang) dari harga normal Rp 89.000

Voucher seharga Rp 160.000 untuk kepiting jumbo Alam Laut yang beratnya 7-8 ons (4 orang) dari harga normal Rp 220.000. Kepiting jumbo ini best seller, lho

Lumayan kan?

Resto Alam Laut
Jalan Food Garden FG 02,
G-Walk Surabaya
Buka pukul 11.00-22.00
Instagram: @alamlaut.sby

Jangan lupa nonton video ini biar puas lihat restoran dan makanan-makanannya, Rek.

Salam, 
Nieke Indrietta


Baca artikel tentang kuliner dan traveling lainnya, klik di sini

5 Hotel di Surabaya yang Terhubung dengan Mal

Mengintip Kamar Mewah Seharga Rp 30 Juta di Hotel Majapahit Surabaya

6 komentar:

  1. Wuaaah enak-enak banget menunyaa ya ... , aku jadi penasaran nih sama rasa ikan sukang bakarnya 😋

    BalasHapus
  2. Saya bisa menebak ownernya orang Sunda asli yang merantau ke Surabaya dengan memasukkan saus bahenol hehe.. Untuk penggemar seafood di Surabaya, tempat ini recommended banget

    BalasHapus
  3. Saya lumayan seykr Surabaya, tapi kalau ke tempat ini belum pernah. Next jadi rekomendasi buat nongkrong bareng temen

    BalasHapus
  4. Makanan seafoodnya bikin ngiler semua jadi inget sudah lama sekali gak makan seafood ini di tenda kaki lima mungkin sebelum covid kali ya hehehe

    BalasHapus
  5. Lucu banget ada makanan bahenol. Bikin penasaran saja n saya jadi lapar dan pengen makan seafood. Hi hi.
    Cuma pernah coba kepiting saus Padang waktu hamil Palung di tenda seafood Bandung.
    Saus Padang menang mantap.

    BalasHapus
  6. wah seafood ya, makanan favoritku kalau seafood, pernah juga makan sama teman di surabaya makan seafood tapi lupa nama tempatnya enak banget. duuhh hidangannya menggoda banget mba

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Terima kasih pula untuk sudah berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam dan tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Untuk setiap komentar, saya upayakan kunjungan balik ke blog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.