Menu

Percik Kata Nieke

Senin, 03 September 2018

5 Es Krim Unik dan Anti-Mainstream, Berani Mencoba?

Musim kemarau, paling enak memang makan es krim. Setelah diterpa teriknya sinar matahari, melenggang ke toserba dan membeli es krim untuk menyegarkan diri. Omong-omong soal es krim, saya kerap menemukan es krim dengan rasa unik atau penampilannya anti-mainstream.

1. Es krim rasa pecel Madiun

Saya menemukan es krim gelato rasa pecel Madiun secara tidak sengaja saat jalan-jalan di Tunjungan Plasa 1, Surabaya. Stand gelato Fruit-O terletak di lantai 5, depan bioskop 21 Cineplex.  Fruit-O punya banyak aneka ragam rasa es krim gelato yang tidak biasa. Tapi satu yang paling menarik perhatian saya ya es krim rasa pecel Madiun itu.  Satu cup satu skup harganya Rp 10.000,- untuk segala jenis rasa.

Saya pun menjajalnya. Saat memasukkan sendok berisi es krim ke dalam mulut, yang pertama terasa di lidah adalah kacang. Persis bumbu kacang dalam adonan bumbu pecel. Belum lepas sensasi rasa bumbu kacang bercampur dinginnya es krim, berikutnya mulai terasa pedas. WOW!  

Es krim lainnya juga merupakan campuran yang unik-unik. Saya juga mencoba yang rasa Yakult. 



2. Es krim rasa daun kemangi dan serai

Saya penasaran dengan Tempo del Gelato lantaran rekomendasi teman-teman. Kata mereka, es krim gelato ini sedang hits di Jogja. Kafenya pun Instagramable. Kedai pertamanya di Jalan Prawirotaman. Tempatnya tak begitu besar. Tapi jika musim liburan, antreannya mengular hingga trotoar di pinggir jalan. Kedai keduanya di Jalan Kaliurang, tempatnya lebih luas dan terdiri dari dua lantai. Inipun tetap overkapasitas pengunjung. Antrean bisa sampai seratus orang. Kalau datang bersama teman, mendingan bagi tugas. Ada yang nyari tempat duduk, ada yang mengantre. Terakhir, Tempo del Gelato membuka kedai ketiganya di Jalan Taman Siswa.

Tempo del Gelato mempunyai berbagai aneka rasa, dari yang biasa seperti vanila, strawberry, cokelat, hingga yang unik seperti chocho spicy alis cokelat rada pedas, daun kemangi, serai. Saya mencicipi yang rasa kemangi dan daun serai. Ketika memakannya, ternyata benar-benar seperti mengunyah daun kemangi, lho. Hahaha. Enak. Segar.
 

3. Snow affogato

Seperti namanya, es krim ini mengandung 'salju' yang terbuat dari permen kapas alias arum manis berwarna putih.  Bentuknya raksasa (lihat foto). Besarnya melebihi kepala saya, hahaha. Di balik permen kapas berukuran jumbo itu, terdapat gelas kecil berisi es krim vanila.  Saat pesanan datang, saya terpukau. 

Saya juga diberi gelas kecil berisi affogato (kopi). Nah, cara makannya ini yang unik. Saya mesti melubangi bagian tengah arum manis dengan sendok hingga menembus gelas berisi es krim vanila. Setelah itu, tuangkan kopi hitam affogato secara perlahan melalui 'terowongan' arum manis tersebut. 

Snow affogato merupakan salah satu menu istimewa dari kedai es krim Shirokuma. Saya menjajal gerai Shirokuma yang berada di Gandaria City, Jakarta.

4. Es krim Batavia Orgy

Batavia Cafe tak hanya merupakan restoran dengan bangunan kolonial yang terkesan unik dan vintage. Tapi juga punya menu es krim yang unik. Es krim di Batavia Cafe yang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta ini merupakan es krim homemade yang terbuat dari buah-buahan. Ada beberapa macam es krim. 

Saya memesan Batavia Orgy dengan ukuran small yang ternyata porsinya tidak sekecil yang saya bayangkan. Ini saja baru habis dimakan keroyokan lho. Apalagi kalau sebelumnya sudah makan menu utama. 

Selain beberapa skup es krim dalam gelas kaca berbentuk cawan, di pinggirannya diselipkan buah-buahan. Lalu bagian atasnya diberi buah cerry. Plus, kembang api yang sedang menyala sebagai hiasan.

5. Rujak Es Krim

Rujak dicampur es krim? Ya, seperti namanya, ini adalah rujak dipadu dengan es krim. Rujak buah yang diserut lalu disiram dengan bumbu gula manis. Bisa pesan level pedasnya, atau bahkan tidak pedas sama sekali. Terakhir, rujak itu diselimuti dengan es krim. 

Kamu bakal merasakan sensasi bumbu rujak yang pedes dan manis bercampur dengan rasa dinginnya es krim di mulut. Nyesss, segar!

Rujak es krim bisa kamu temukan di kawasan alun-alun Pakualaman, Jogja, Di sana, banyak terdapat pedagang yang menjual rujak es krim. Harganya juga tak bakal menguras dompetmu.


Apakah kamu pernah mencicipi es krim unik lainnya? Tulis di kolom komentar ya. 

Lihat juga video tentang es krim unik klik di sini ya: Kuliner Es Krim Unik


Nieke Indrietta


Tulisan lainnya soal traveling dan kuliner, KLIK DI SINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Terima kasih pula untuk sudah berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam dan tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Untuk setiap komentar, saya upayakan kunjungan balik ke blog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.