Menu

Percik Kata Nieke

Selasa, 07 Desember 2021

Beli Koloke di Bakmi Gili Cuma Rp 20 Ribuan

Siapapun tahu, Bakmi Gili melegenda dengan bakminya. Kali ini, saya ingin menjajal menu koloke. Tips and Hacks kulineran buat siapapun yang mau ngirit tapi pengin makan enak.

Koloke di Bakmi Gili Surabaya
Koloke di Bakmi Gili. Saya beli separuh harga karena
pakai fitur Grab yang ini. Foto: @katanieke

 

Siapa yang suka makan koloke?

Buat penyuka Chinnese Food alias masakan China, nama koloke sudah tidak asing di telinga dan lidah. Pastinya sudah terbayang sausnya yang merah dan kental, serta ayam yang dibalut tepung. Ayam balutan tepung itu kemudian dicocol ke dalam saus merahnya. Nyam. Manis dan asam beradu dengan harmoni di lidah, beserta rasa gurih dari daging ayamnya.

Nah, buat yang belum pernah mencicipi koloke, yuk saya perkenalkan masakan Tionghoa ini. 


Koloke bakmi Gili Surabaya
Foto: @katanieke 

Makanan khas Tionghoa ini memang dibawa oleh perantau dari negeri Tirai Bambu itu saat masuk ke Indonesia. Dengan adaptasi tentu saja, daging koloke yang aslinya memakai daging babi diubah menjadi ayam.  Nama koloke tak jauh dari nama aslinya yakni guo lao ruo. Di Indonesia disebut koloke, keluyuk, kuluyuk. Masakan koloke inilah yang hendak saya coba citarasanya dari Bakmi Gili.

Oya, masakan koloke ini biasanya tersedia menu-menu hampir semua restoran Tionghoa atau Chinnese Food. Tentu saja, tiap resto biasanya punya citarasa yang berbeda-beda untuk satu jenis masakan ini. Lantas kenapa saya pilih Bakmi Gili?

Simpel saja. 

Beberapa waktu lalu, kebetulan saya ke salah satu mal di Surabaya untuk keperluan tertentu. Sesudah urusan rampung dan mendekati jam makan siang, perut keroncongan. Meluncurlah saya ke bagian pujasera yang terletak di lantai L2. 

Seperti biasa, saya mengecek aplikasi pesan makanan untuk melihat-lihat resto mana yang menawarkan diskon apabila saya mengambil opsi pesan ambil sendiri. Buka Grab, buka fitur pesan dan ambil sendiri, dan... muncullah nama-nama resto di mal tersebut. Berhubung saya malas kalau harus bergeser lantai, saya menyisihkan nama-nama kedai yang berada di lantai berbeda. 

Aha, ada Bakmi Gili. Saya buka menunya. Wah, udah lama enggak makan koloke  nih. Coba ah! Lalu saya pilih menu koloke, memastikan fitur pesan dan ambil sendiri di kolom, dan jreeeng.... keluarlah harganya yang sudah didiskon! Lumayan, dari sekitar Rp 45 ribuan, saya hanya membayar Rp 29 ribu.

Bentar, masih penasaran dengan cara makan enak dan murah ngirit ini? Yuk, nonton video ini.


   


Setelah memesan, saya menuju kasir di kedai Bakmi Gili yang terletak di pujasera alias foodcourt. Saya menunjukkan pesanan saya di aplikasi kepada karyawannya. Mereka memeriksa di ponselnya. Kemudian mereka segera melayani pembelian. Di pesanan saya, sebenarnya sudah tertera pukul berapa saya bisa mengambilnya. 

Oya, untuk fitur ambil sendiri ini hanya bisa menggunakan opsi pembayaran dengan Ovo. Jadi pastikan dana yang tersedia di Ovo mencukupi pembelian. Sebelumnya, saya pernah menulis juga menggunakan fitur ambil sendiri Grab Food untuk makan di waralaba fried chicken Tobys. Lumayan penghematannya, beli tiga menu di Tobys Surabaya hanya bayar Rp 30 ribuan. 

Sebenarnya karyawan Bakmi Gili sempat menanyakan apakah pesanan saya hendak disajikan untuk dimakan di tempat atau dibawa pulang. Saya memutuskan membawa pulang agar lebih nyaman.

Soal rasa, bumbunya lumayan enak. Daging kolokenya banyak. Lumayanlah satu porsi makanan itu sepertinya cukup untuk dua orang. Sebagai penutup, tulisan ini bukan merupakan tulisan berbayar. 

Pernah mencoba masakan koloke? 


Salam,

Kata Nieke

@katanieke_blog


Tulisan saya yang lain:

Kuliner Khas Korea di Surabaya: Review Oppa Corndog

27 komentar:

  1. bener, kebayang saos asam manisnya
    berhubung saya jauh dari pusat kota nih, dan di sini jarang banget ada chinese food, mau dong resepnya, biar bisa buat sendiri di rumah

    BalasHapus
  2. Di daerahq kayaknya belum ada jual koloke ini kak, jadi makin penasaran rasanya kayak gimana.

    BalasHapus
  3. Ide baru lagi nih, cari info makanan pake aplikasi ojol. Makasih mbak tips-nya, nanti saya coba praktekkan 😀

    BalasHapus
  4. Aku pernah kaak, tapi yang disiram saus kecap manis dan pedas. Emang enak kok rasanya,dan jadi penasaran sama yang pake sambal ini

    BalasHapus
  5. Hmmm.. pasti enyak ini! kresss... kresss.. dulu, terus celupin, kunyah semua ayamnya, waaaah harus kasih tau si dia ini buat cari resepnya, terus langsung eksekusi! :)

    BalasHapus
  6. Aku baru denger koloke kak. Tapi lupa2 inget juga pernah makan ga. Sausnya mirip saus dari apa itu masakan tionghoa yang pake telur, udang dan disiram saos merah juga. Aku lupa namanya

    BalasHapus
  7. Awal dengar namanya saya pikir ini makanan dari Makassar, Mbak, ternyata Chinese food ya? Makasih sharingnya. Bisa jadi menu baru untuk saya kalau kapan² ke counter Chinese food, gak cuma bakmi, nasi goreng, dan fuyunghai aja, hihii..

    BalasHapus
  8. jujur aku baru denger nama menu Koloke hahhahah, jadi pengen recook #eh! BTw, enak ya sekarang tuh banyak promo beli makan di grab food jadi bisa coba coba banyak menu kuliner hihihi

    BalasHapus
  9. Koloke itu ayam yg dibaluri tepung ya kak, nama makanannya baru pertama kali sih tau soalnya aku bukan pecinta jepang food. Tapi kalau soal rasanya enak sepertinya nih apalagi ditambah saos gitu, kalau ada makanan itu di sini jadi pengen coba deh...

    BalasHapus
  10. mbaa, aku belum pernah nyoba bakmi gili apalagi koloke. tapi aku penasaran dengan rasa asam manis nya, pedas kah atau miri saus asam manis?

    BalasHapus
  11. Dulu sewaktu .asih di Hong Kong sering masak makanan satu ini buat makan malam. Sekarang dah lama gak masaknya.

    BalasHapus
  12. Daku belum pernah coba koloke.
    Penasaran karena lihat bentuknya dan sepertinya ini hidangan yang bisa buat bolak balik makannya ya hehe

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah makan koloke nih kak. Wah harusnya nyobain juga nih hehhee

    BalasHapus
  14. Wah, baru tahu nih, masakan khas China, Koloke. Penasaran gimana rasanya, pasti enak nih. Karena kalau chiness food memang enak.

    BalasHapus
  15. Duh ini makanan favorit keluarga nih Mbak. Semua suka. Cuma seringnya beli habis tiap bikin rasa saosnya selalu gak pas hehe. Maklum gak jago masak.

    BalasHapus
  16. saya pikir bakmi gili ini tadi nama bakmi di daerah gili, mbak. hihi. ternyata masih di surabaya ya. kalau ayam koloke saya kayaknya pernah makan di salah satu restoran china ternama dulu

    BalasHapus
  17. Belum pernah coba Koloke. Makanan digoreng tepung dengan saus merah gini biasanya memang enak dan nagih ya

    BalasHapus
  18. Saya belum pernah makan koloke, Mbak Nieke. Sepertinya nanti saya akan mengintip koloke, soalnya anak-anak bakal suka nih menu seperti ini. Kalau jajan pakai aplikasi ojek online memang bisa hemat ya. Yang penting kita milihnya pas ada promo2.

    BalasHapus
  19. Aaahh baca ini jadi kangen makan koloke jugaa kak hihi.. Di sini ada yang jual koloke tuhh 50rb dapat banyaaaak banget bisa buat 10 orang keknya wkwkw, cuman sausnya ngga begitu enak..

    BalasHapus
  20. Saya suka bikin sendiri. Dulu pernah belajar buat sweet sour chicken ini saat saya jadi TKW. Majikan suka banget sama masakan daging asam pedas ini. Sekarang kalau mau tinggal pesan saja ya. Praktis

    BalasHapus
  21. Sebelum tau koloke, dulu saya taunya kuluyuk. Ternyata sama aja ya, hehe.
    Trus saya belum pernah sih nyobain fitur yang ambil sendiri kayak gitu. Tapi kalo pesan lewat aplikasi biasanya emang banyak diskon ya, Mbak. Bisa dicoba nih kapan2 :)

    BalasHapus
  22. mbak ini ada di daerah mana ya? duh ayam kluyuk emang enak banget sih pada dasarnya. btw ini udah halal mui belum mbak?

    BalasHapus
  23. Duh, kayaknya enak nih Koloke-nya, kebetulan aku belum pernah nyobain makanan yang satu ini yang ternyata ayam dibalur tepung ya, anak-anakku pasti suka nih sebagai penggemar ayam dengan segala resepnya. Dijadikan camilan juga enak kayaknya.

    BalasHapus
  24. Sekarang jelajah kuliner sudah terintegrasi dengan sistem digital ya. Jadi bisa cek dan ricek dulu di aplikasi tertentu. pAS sampai tempat bisa langsung pesan deh.

    BalasHapus
  25. Menarik ya,sekilas mirip jajanan yang ada di depan sekolah SD hehe. Tapi ini isiannya pasti gak kaleng-kaleng. Lebih tepat buat cemilan sih dibanding makan berat. Haha buat akuuuuu

    BalasHapus
  26. iya, koloke nya bakmi gili emang enak
    aq pernah nyobain mbak, apalagi anak anaku doyan

    BalasHapus
  27. Nah, satu-satunya fitur dari Grab yang belum pernah aku coba tuh..."Fitur Ambil Sendiri" ini.
    Padahal diskonnya gede yaak..
    Aku suka lupa cek kalau pas lagi jalan-jalan di mall.

    Asiknya..
    Makan Koloke di Bakmi Gili dengan harga super hemat. Yumm!

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Terima kasih pula untuk sudah berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam dan tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Untuk setiap komentar, saya upayakan kunjungan balik ke blog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.