Menu

Percik Kata Nieke

Jumat, 16 November 2018

10 Alasan Kamu Harus Liburan ke Wisata Agro Wonosari


Bayangkan kamu sedang piknik di tengah kebun teh, dengan pemandangan gunung Arjuno, Semeru, dan Kawi. Jalan-jalan menyusuri kebun teh, melihat matahari terbit, dan menghirup udara segar. Belum lagi kalau menginapnya di hotel yang letaknya di tengah perkebunan teh. Begitu buka pintu balkon, yang dilihat perkebunan teh yang menghampar. Asyik kan ya? Inilah yang disajikan Wisata Agro Wonosari.

Wisata Agro Wonosari dulu lebih dikenal dengan nama Kebun Teh Lawang, karena letaknya di Lawang, lereng gunung Arjuno, Jawa Timur. Tepatnya di kompleks perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII). Dari Surabaya, jaraknya hanya sekitar dua jam perjalanan. Dalam kompleks wisata itu, terdapat hotel dan resort Rollaas. Dalam bahasa Jawa, rolas berarti dua belas--diambil dari nama pengelolanya, yakni PTPN XII.

Kalau kamu belum punya rencana mau liburan ke mana pada akhir tahun ini, Wisata Agro Wonosari bisa menjadi salah satu pertimbangan.

Hotel Rollaas di Lawang. Copyright @katanieke
Untuk menuju ke sana, dari Surabaya kamu bisa menyewa mobil ke lokasi hotel Rollaas Hotel dan Resort. Biaya sewa mobil beragam, gaes. Tergantung mau pakai sopir atau lepas kunci. Kalau saya, waktu itu berangkat siang hari dan sampai di lokasi sore sekitar pukul 17.30. 

Lobi Hotel Rollaas. Copyright: @katanieke

Berikut ini sepuluh alasan kamu mesti berlibur ke Wisata Agro Wonosari:



1. Mengintip Pabrik Teh Wonosari
Begitu tiba di hotel Rollaas, mandi dan merapikan diri, kalian bisa ambil paket berkunjung ke pabrik Teh Wonosari untuk melihat proses pembuatan teh dari pemilahan daun pucuk hingga sampai jadi bubuk teh. Selama kunjungan, kita akan didampingi pemandu dari pabrik Teh Wonosari yang akan menjelaskan cerita dan prosesnya. Lumayan untuk menambah pengetahuan, gaes. Letak pabriknya nggak jauh, kok. Masih satu kompleks. 


2. Menikmati Kopi dan Teh asli dari Kebun
Letak Hotel Rollaas berdekatan dengan pabrik Teh Wonosari dan Kafe Tea House. Usai berkunjung ke pabrik, kita bisa singgah dan nongkrong-nongkrong cantik di Kafe Tea House yang letaknya sepelemparan batu dari pabriknya. Berhubung udara malam menggigit kulit, kenakan jaket yang tebal ya, gaes. Di sini kita nggak hanya bisa mencicipi berbagai teh tapi juga kopi asli dari perkebunan milik PTPN XII. Kafenya Instagramable banget. Banyak dinding mural yang cantik buat foto-foto.


3. Belajar Jadi Barista Teh
Kamu juga bisa mengambil paket wisata belajar jadi barista teh di Hotel Rollaas. Tempat belajarnya di Kafe Tea House. Seru juga lho. Ternyata profesi barista bukan cuma untuk peracik kopi. Pemandu akan mengajari kamu untuk mengenali berbagai macam jenis bubuk teh. Lalu kita akan mencoba membuat teh mulai dari merebus air, menyaring bubuk, hingga menghidangkannya.

Cerita saya waktu blusukan ke pabrik Teh Wonosari dan belajar jadi barista teh, bisa dilihat di link ini ya. Silakan diketuk link ini: Belajar Jadi Barista Teh, Yuk!

4. Melihat Matahari Terbit
Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan di Wisata Agro Wonosari adalah menyaksikan matahari terbit dari balik gunung Semeru. Caranya mudah, kamu bisa mengambil paket ini di Hotel Rollaas dan mereka yang akan menyediakan transportasi dan akomodasi untuk menuju ke Bukit Kuneer. Ini adalah bukit yang berada di lereng Gunung Arjuno. Berupa hamparan perkebunan teh milik PTPN XII.

Biasanya, kamu akan menumpang jeep untuk menuju ke lokasi. Sebab, jalannya belum dilapisi aspal. Jadi rada offroad gitu, gaes. Seru, kok.

Kalau saya dan kawan-kawan waktu itu menumpang truk karena kami jumlahnya sekitar 40 orang.

Ceritanya ada di sini: Mengejar Fajar di Bukit Kuneer

Untuk melihat matahari terbit, kamu harus bangun pukul 03.00 dan berangkat paling lambat pukul 04.00. Mau mandi dulu boleh, apalagi di Hotel Rollaas ada fasilitas water heater. Mau nggak mandi juga terserah lho. Hahaha.
 


5. Pemandangannya Bikin Kamu Terpukau
Usai melihat matahari terbit, kalian bisa menikmati keindahan pemandangan kebun teh Wonosari yang dikelilingi tiga gunung, yaitu Semeru, Arjuno, dan Kawi. Di situ juga ada bukit Budug Asu, yang konon dulu banyak sekali anjing dan macan berkeliaran di sana. Sekarang bukit itu malah sering dibuat olahraga lho. Kebun tehnya indah sekali, gaes!


6. Perfect Sweet Escape
Berada di Wisata Agro Wonosari harus dipuas-puasin. Buat saya sih, ini liburan terbaik saya dalam tahun ini. Pemandangannya yang indah bikin saya puas menghabiskan waktu di sana. Jepret-jepret buat foto. Rekam video. Selfie atau swafoto dan wefie bareng teman atau keluarga. Lebih sempurna lagi liburanmu karena jaringan provider PHP di sini. Sinyal redup. Jadi kamu nggak bakal khawatir suasana liburan rusak karena tiba-tiba bosmu atau rekan kerjamu menelpon minta ini-itu. Liburan ya liburan ya, gaes. Bukan mikirin kerjaan. 


7. Banyak Lokasi yang Instagramable 
Pengelola Wisata Agro Wonosari menyediakan beberapa spot yang Instagramable agar kamu bisa membuat foto kenang-kenangan indah yang bisa dipasang di media sosialmu. Misalnya jembatan cinta, beberapa rumah pohon, tulisan Wisata Agro Wonosari, rumah gubug, dan lain-lain.


8. Jadi Pemetik Daun Teh
Pada pagi hari, biasanya para buruh pemetik daun teh sudah berdatangan. Nah, kita bisa ngobrol dengan mereka sekaligus belajar bagaimana memetik daun teh. Ternyata memetik daun nggak sembarangan. Mesti memilih daun pucuk dan yang masih muda. Seru lho.


Kenakan pakaian yang nyaman sejak keluar dari hotel di pagi hari. Suhu di pagi hari sangat dingin. Mengenakan celana panjang dan sepatu kets akan lebih memudahkan bagi kita kalau melakukan aktivitas seperti ini. Ohya, jangan pakai parfum. Itu akan mengundang lebah untuk datang.
Baca juga: Cara Agar Rambut Panjangmu Tampak Indah di Foto Liburanmu

9. Sarapan dengan Pemandangan Kebun Teh
Restoran di Hotel Rollaas punya pemandangan yang bisa bikin kamu terpana, gaes. Tempatnya tak disekat dinding dengan rapat sehingga kita bisa menikmati pemandangan kebun teh yang ada di sekitar. Kita bisa menyeruput kopi dan teh sambil menghirup udara segar. Menu sarapannya juga enak.


10. Foto di Jembatan Cinta Bukit Kuneer
Pemandangannya seperti ini. Bakal jadi liburan yang berkesan. Tempat ini sangat bersih dan tidak ada sampah. Nah, karena itu kalau kalian berlibur, jangan meninggalkan sampah ya. Bawalah kantung sampah kalian sendiri. Nanti kan bisa dibuang sesampainya di hotel. Mari kita menjaga dan mencintai lingkungan kita.



Asyik ya! Untuk lebih detail soal tempat penginapan dan fasilitas apa saja yang ada di sana, bisa melihat di dua tulisan saya berikut. Di dua link itu, terdapat brosur mengenai paket apa saja yang ditawarkan beserta harganya, serta fasilitas apa saja yang terdapat di hotel.

Mengejar Fajar di Bukit Kuneer
Jadi Barista Teh, Yuk!





Sampai jumpa di tulisan saya yang lain. Ikuti saya di Instagram juga ya:@katanieke_blog

***
Baca tulisan traveling saya lainnya di sini
Kalau tulisan yang bahas film-film, klik di sini ya